Inilah Cara Mengatasi Printer Brother Close Ink Cover Paling Mudah

Printer merupakan salah satu perangkat komputer yang kini semakin vital penggunaannya. Beberapa jenis jenis printer digunakan di Indonesia selalu membuat inovasi terbarunya. Mulai dari Canon, HP, Epson, dan masih banyak lagi. Adalah Brother, merk printer yang kini sedang populer di Indonesia. Mengapa printer Brother begitu populer? Printer Brother bahkan termasuk jenis printer untuk kalkir yang direkomendasikan. Selain memiliki fitur yang bagus dan awet, simaklah beberapa keunggulan printer bermerk Brother ini :

ads

1. Kualitas hasil cetakan lebih tajam dengan warna yang baik.

Brother memang printer biasa, artinya umum digunakan untuk print dokumen. Namun jika anda mencoba mencetak foto menggunakan printer ini, jangan kaget kalau kualitas foto print Brother sangat baik. Ini karena Brother memang memiliki kualitas cetak yang lebih tajam dengan 4 tinta pewarna dan memiliki resolusi hinga 6000 dpi. Karena itulah, jika anda memiliki printer ini, tidak perlu susah-susah ke tukang reklame hanya untuk print brosur maupun foto.

2. Pengendalian kertas yang mudah.

Pengendalian di sini maksudnya, jika anda ingin mencetak dengan banyak halaman, printer Brother mampu menyimpan hingga 150 kertas dalam baki kertasnya. Istimewanya, anda bisa mencetak berbagai ukuran kertas. Umumnya, printer hanya bisa mencetak maksimal ukuran F4 saja. Namun tidak untuk printer Brother. Dengan pengaturan yang sedemikian rupa, Brother memungkinkan mencetak dari berbagai ukuran kertas.

3. Mencetak dari mobile.

Hampir semua tipe printer Brother telah dilengkapi dengan fasilitas ini, yaitu mencetak dari mobile phone atau gadget yang lainnya. Dengan tanpa kabel, anda bisa mentransfer file ke printer sehingga printer bisa mencetak file anda. Ini karena Printer Brother dilengkapi dengan wireless. Jadi anda tidak perlu menggunakan kabel. Ada banyak merk printer bluetooth yang disediakan di pasaran, namun umumnya sebagai printer kasir saja.

4. Mencetak dengan biaya yang lebih hemat.

Ini adalah keunggulan yang sangat nyata dari sebuah merk Brother. Bayangkan saja, satu kali refill tinta printer Brother, bisa mencetak sekitar 13000 halaman. Hemat bukan? Selain itu, tinta asli yang compatible dengan printer Brother dibanderol dengan harga yang murah, sehingga akan jarang tinta palsu beredar.

5. Kecepatan cetak yang tinggi.

Biasanya kita mengenal printer Epson sebagai printer dengan kecepatan cetak tinggi. Kali ini ada Brother. Printer Brother mencetak dengan kecepatan yang lebih tinggi hingga 12 ipm (image per minute) untuk dokumen hitam putih dan 10 ipm untuk dokumen yang berwarna.

6. Mudah saat pengisian tinta

Ada satu fitur yang hanya dimiliki oleh Brother, yaitu Refill Printer. Fitur ini dirancang dengan smart sehingga membantu anda menyederhanakan proses saat pengisian tinta. Untuk mengisi ulang tinta, anda cukup membuka penutup tangki tinta saja. Desain printer Brother memudahkan anda melakukan pengisian tinta. Anda tidak perlu membuka penutup printer, kemudian menunggu cartridge bergeser ke tengah, dan sebagainya. Bahkan sudut isi ulang tinta telah dibuat 45 derajat sehingga meminimalisir kemungkinan tinta tumpah saat pengisian.


Anda juga tidak perlu repot-repot memberikan ink jet sendiri pada printer brother. Umumnya, printer Canon atau yang lain harus diberikan ink jet sendiri supaya pengisian tinta lebih mudah. Hal itu bahkan membuat printer kehilangan garansinya. Tapi jika anda memiliki Brother, hal itu tidak akan terjadi. Karena tinta yang berwadah bening didesain langsung tertanam pada printer.

7. Harga terjangkau.

Inilah alasan kuat mengapa Printer Brother memiliki banyak pengguna. Dengan fitur yang lebih lengkap, kualitas print yang bagus, Brother memiliki harga yang lebih murah dibanding printer merk yang lainnya. Harga dan segala kemudahannya sangat memberikan banyak keuntungan bagi penggunanya.

8. Bentuk yang lebih ramping dan ringkas.

Dilengkapi dengan botol tinta tanam dan LCD, tidak membuat printer Brother memiliki body yang besar. Justru printer ini termasuk printer yang mudah diletakkan dimanapun, sekalipun anda memiliki tempat yang cukup sempit. Bentuk printer Brother yang relatif lebih kecil dibanding printer yang lain, anda hanya membutuhkan tempat yang lebih kecil dibanding printer lainnya.

9. Garansi.

Ketika anda memodifikasi printer, biasanya garansinya akan langsung hangus. Tapi tidak untuk printer Brother. Anda tetap mendapatkan garansi ketika anda telah memodifikasi Pinter Brother. Jika anda membiarkan printer tanpa modifikasi, anda akan mendapatkan garansi 2 tahun. Sedangkan jika memodifikasinya, anda mendapatkan garansi 1 tahun.

10. Mudah diatasi ketika error.

Printer Brother telah dilengkapi dengan LCD sehingga anda tidak perlu bingung ketika tiba-tiba printer anda error. Dengan petunjuk melalui LCD tersebut, anda akan diberi tahu masalah yang membuat printer Brother error. Selain itu, printer ini dirancang sangat user friendly. Jadi anda tidak akan kalangkabut ketika printer ini error tiba-tiba. 


Salah satu masalah error printer Brother adalah adanya notifikasi ‘close ink cover’. Permasalahan ini terjadi biasanya karena saat kita menarik slot kertas, tidak sengaja cover yang berada di samping ikut tertarik. Akan muncul pesan ‘close ink cover’ pada LCD printer Brother. Selain itu, masalah ini bisa terjadi karena kurang sensitifnya sensor untuk cartridge sehingga tidak bisa mendeteksi keadaan cartridge yang sebenarnya sudah tertutup.

Berikut ini Cara Mengatasi Printer Brother Close Ink Cover :

  1. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah melepas cartridge pada printer Brother. Lepaslah cartridge satu persatu, kemudian pasang kembali. Jika tetap error, berarti sensor printer belum bisa mendeteksi cartridge yang telah normal.
  2. Jika bermasalah dengan sensornya, anda bisa melakukan langkah berikutnya. Lepas semua cartridge dan juga pengait sensor cartridge yang berada di sebelahnya. Setelah itu, pasang kembali semuanya. Pasanglah cartridge dan sensornya dengan benar.
  3. Lihatlah reaksi printer apakah telah mendeteksi cartridge dengan benar. Jika sudah, lakukan cleaning pada printer. Cek atau tes dengan mencetak dokumen anda.
  4. Jika langkah sebelumnya tidak bisa mengatasi, anda bisa melakukan cara selanjutnya. Sekarang waktunya anda melepas semua cover printer Brother. Jangan lupa melepas juga cartridgenya.
  5. Masukkan kembali cover satu persatu, cartridgenya juga.
  6. Untuk memasukkan cartridgenya, biasanya LCD printer akan memerintahkan untuk memasukkan warna tertentu. Ikuti saja petunjuk printernya.
  7. Setelah berhasil memasukkan semua cartridge, pasang kembali semua cover printer.
  8. Jika sudah selesai, anda bisa mencoba kembali printer Brother anda.
  9. Lakukanlah cleaning dan tes lah dengan mencetak beberapa dokumen.

Itulah Cara Mengatasi Printer Brother Close Ink Cover. Masalah di atas termasuk masalah mudah dan yang paling umum dialami Printer Brother. Selanjutnya, untuk menghindari permasalahan di atas, sebaiknya anda lebih berhati-hati untuk tidak ceroboh ketika melakukan kegiatan dengan printer. Ketika anda harus membuka cover printer, lakukanlah dengan hati-hati. Saat menutupnya kembali, pastikan cover benar-benar tertutup sempurna. Kapan anda membuka cover printer? Ketika anda harus mengisi tinta. Sehingga ini pasti anda lakukan. Dan jika permasalahan tidak juga berhasil diatasi, anda harus telaten dan sabar untuk kembali terus mengatasinya.

, ,
Oleh :
Kategori : Printer