7 Cara Membuka Situs Internet Positif Paling Mudah Dipahami

Di artikel kali ini, akan dibahas mengenai penerapan untuk cara membuka situs internet positif, yang bisa dilakukan baik dengan melakukan setting internal sistem windows, maupun dengan melakukan sedikit ubahan konfigurasi atau melalui service online yang bisa Kita gunakan. Hal ini terkait dengan dampak positif dan negatif sosial media.

ads

Untuk bisa melakukan hal ini, Kita butuh sedikit pengetahuan akan setting dan konfigurasi dasar Windows, serta Toolt-tool sistemnya. Adapun manfaat yang bisa didapat dari cara membuka situs internet positif ini adalah memberikan safe environment terhadap aktivitas browsing yang Kita lakukan, disamping juga mengurangi tingkat risk akibat kesalahan pola pengunaan atau aktivitas browsing.

Ada beberapa cara untuk membuka situs internet positif, baik dengan menggunakan bantuan software, atau tanpa bantuan software. Maka diartikel kali ini akan dijelaskan beberapa langkah yang bisa diterapkan guna membuka situs internet positif.  Adapun beberapa hal berikut membantu dalam memberikan gambar tentang manfaat cara membuka situs intenet positif.

Situs internet positif sendiri memberikan banyak nilai tambah diantaranya :

  1. Bebas virus. Hampir bisa dipastikan, situa internet positif sendiri memiliki sifat yang bebas virus, dimana pengunjunganya tidak perlu khawatir akan keamanan situs ini;
  2. Mendukung ssl dan https. Hampir bisa dipastikan, bahwa situs internet positif memiliki dukungan protokol untuk ssl dan https. Meski demikian, tidak berarti situs yang tidak memiliki kedua protokol ini tidak dikategorikan sebagai situs internet positif;
  3. Konten yang aman. Situs internet positif juga menjanjikan keamanan pada konten yang dimilikinya. Jadi, bisa dipastikan bahwa konten yang ada pada situs yang memiliki kategori ini, aman untuk visibilitas publik;
  4. Mendapatkan rating yang baik dari antivirus web dan internet. Jika Anda pernah menginstal aplikasi toolbar web browser security seperti mcafee web toolbar security, dan avg web shield, maka untuk situs yang aman saat mengunjungi, akan di mark sebagai safe website.

Cara Membuka Situs Internet Positif

1. Menggunakan web shield

Web Shield merupakan sebuah plugin atau semacam applet yang digunakan untuk melindungi track browsing website Anda. Dengan menggunakan web shield, maka aktivitas browsing Kita akan terkendali dari kunjungan Situs-situs yang dirasa mencurigai. Web shield berbentuk applet yang terpasang di toolbar web browser, cara kerjanya adalah dengan memeriksa setiap website yang Kita buka dan melakukan pengecekan berdasarkan track histori web di server dan testimni atau report dari user.


2. Menggunakan Antivirus Internet Security

Berbeda halnya dengan web shield diatas, antivirus yang berjenis web shield ini memiliki fungsi untuk memberikan keamanan dalam berselancar di dunia maya, termasuk cara menghilangkan virus autorun. Cara kerjanya hampir mirip dengan web shield diatas, akan tetapi antivirus internet security ini memiliki sistem aplikasi yang lebih terpadu dimana penggunaannya biasanya disertakan fitur tambahan atau extended, dan berbagai opsi parameter guna menambah kemampuan aplikasi dalam memberikan perlindungan atau keamanan ekstra dalam aktivitas membuka situs internet positif ini.

3. Menggunakan proxy service

Service proxy yang dimaksud adalah service proxy yang sudah menggunakan filter sehingga memungkinkan Kita untuk menjelajah berbagai situs dengan aman. Kita tidak perlu khawatir bahwa aktivitas berselancar di dunia maya menjadi tidak aman, mengingat berbagai informasi sebelum informasi yang Kita cari masuk, maka akan difilter melalui proxy service yang ada.

4. Menggunakan DNS Service

Lalu Kita masuk pada cara cek ip address, dengan merubah  DNS service. DNS service merupakan public service yang memungkinkan end user mendapatkan akses internet melalui gateway. Penggunaan dns service semacam dns nawala bisa membantu Kita sebagai cara membuka situs internet positif. Hampir sama seperti langkah diatas, dns service ini bekerja dengan cara memberikan layanan dns publik kepada Kita dengan tujuan mengatur agar aktivitas browsing menjadi mudah.

Langkah untuk menggunakan DNS service :

  1. Buka menu start > akses ke control panel;
  2. Masuk pada network connection;
  3. Klik kanan pada adapter network yang dipakai > klik properties. Untuk internet yang terhubung melalui media LAN, biasanya namanya berupa : local area connection. Sedangkan jika internet terhubung langsung dengan media perantara modem, biasanya namanya menyesuaikan tipe atau jenis modemnya;
  4. Pada kotak dialog network connection, sorot pada bagian internet protocol version 4 (tcp/ipv4), kemudian klik properties;
  5. Pada kotak dialog internet protocol version 4 (tcp/ipv4 properties, klik pada opsi use the following dns server addresses, kemudian ketikkan ip address dns sebagai berikut : preferred dns server -> 180.131.144.144, alternate dns server : 180.131.145.145;
  6. Jika sudah selesai klik OK, dan tutup kotak dialog yang ada;
  7. Umumnya untuk sistem operasi windows 7 membutuhkan restart pc atau laptop untuk meng-apply perubahan pada ip termasuk dns, jadi sebaiknya restart windows 7. Kemudian coba lakukan test internet kembali.

5. Verifikasi E-Mail Masuk

Dengan memastikan dan melakukan verifikasi pada setiap email yang akan dibuka, membantu dalam membuat aktivitas yang berkaitan dengan internet menjadi lebih baik. Ini merupakan kelebihan dan kekurangan email dimana ini merupakan satu dari cara membuka situs internet positif. Langkah untuk memastikan dan memverifikasi email masuk bisa dilakuakan dengan cara mengecek inbox yang masuk ke folder spam, atau bisa juga menggunakan layanan spam scanner yang tersedia baik secara offline (untuk mail client yng terinstal di pc), atau online (untuk mail client berupa server yang diakses via internet). 


6. Membatasi  Informasi Pribadi

Informasi pribadi sebaiknya dibatasi  dari penggunaan fitur login web browser, hal ini dilakukan untuk menjaga agar aktivitas browsing menjadi aman dan terkendali. Untuk penggunaan pc atau laptop pribadi, mungkin tidak menjadi masalah untuk menggunakan fitur autofill form, retain login, dan remember password. Tetapi untuk pc atau laptop yang pemakaiannya bergantian, ini dapat menimbulkan masalah privasi, sehingga sebaiknya Fitur-fitur tersebut tidak Kita gunakan, kecuali untuk penggunaan sendiri.

7. Update Pembaharuan Web Browser

Hal penting yang harus dilakuka adalah dengan melakukan update web browser secara berkala dan kontinue, update ini sendiri meliputi core dari web browser, plugin, addon, dan atau extension yang terinstal pada aplikasi web browser yang digunakan. Update web browser ini biasanya dilakukan secara otomatis setiap aplikasi web browser pertama kali di start, tetapi ada baiknya untuk memastikan bahwa aplikasi web browser yang digunakan sudah diupdate dengan mengecek melalui menu tentang atau bantuan yang ada, dari aplikasi web browser yang bersangkutan.

Demikianlah ulasan dari artikel cara membuka situs internet positif. Semoga artikel yang sudah dituliskan ini dapat memberikan pengetahuan dan wawasan tambahan bagi pembaca dalam hal menambah referensi pengetahuan tentang dampak positif dan negatif internet serta tentang pemanfaatan dan tool apa saja yang digunakan sebagai cara membuka situs internet positif. Semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 01st, December 2017 / 13:32 Oleh :