5 Cara Memperbaiki LCD Laptop Blank Putih Wajib Diketahui

Layar LCD laptop adalah salah satu bagian laptop yang penting. Tanpa adanya layar, tentu saja kita tidak akan bisa mengoperasionalkan komputer dengan baik. Seluruh aktivitas kita dengan komputer, sebagian besar di antaranya berhubungan dengan layar. Mulai dari mengetik, melihat video, mengedit film, mendengarkan musik streaming, dan lain sebagainya. Singkatnya, tanpa ada layar, maka kita tidak bisa beraktivitas sama sekali dengan komputer. Oleh karena itulah, sebagai pengguna komputer, kita perlu mengetahui beberapa cara mengatasi masalah layar laptop, seperti di antaranya adalah bagaimana cara memperbaiki LCD laptop blank putih. Hal ini sama pentingnya dengan kita mengetahui bagaimana cara memperbaiki monitor LCD blank putih.

ads

Apakah kamu sudah mengetahui bagaimana cara memperbaiki LCD laptop blank putih? Apa bedanya dengan memperbaiki kerusakan laptop yang lain? Apa saja alternatifnya? Apabila kamu belum mengetahuinya, tenang saja. Dengan membaca artikel kita yang satu ini kamu pasti bisa mengetahui apa saja cara yang bisa digunakan untuk memperbaiki LCD laptop yang mengalami kerusakan blank putih dengan lebih baik. Ingat, cara ini berbeda dengan cara memperbaiki monitor LED lo, karena terdapat perbedaan LED dan LCD pada laptop, meskipun beberapa di antaranya mungkin sama.

Tanpa memperlama lagi, berikut ini adalah beberapa cara untuk memperbaiki LCD laptop blank putih yang mungkin bisa kamu lakukan secara mandiri.

1. Membongkar laptop

Apabila layar LCDmu mengalami blank putih tanpa ada masalah software atau aplikasi sebelumnya, besar kemungkinan yang bermasalah adalah dari aspek fisik laptop yang kamu miliki. Kemungkinan kerusakan terjadi dari segi fisik biasanya cukup besar, terutama apabila kamu sudah memakai laptop tersebut cukup lama. Oleh karena itulah, langkah pertama dalam cara memperbaiki LCD laptop blank putih adalah dengan cara melihat kondisi fisik dari layar laptopmu itu sendiri. Cara ini juga dilakukan dalam cara memperbaiki monitor LCD gelap lo.

Untuk memeriksa kondisi layar laptop yang kamu miliki, tentu saja kamu harus membongkar layar laptopmu terlebih dahulu. Untuk melakukan pembongkaran layar laptop yang kamu punya, kamu harus mengikuti langkah-langkah yang sesuai dengan layar laptop yang kamu miliki. Ada berbagai variasi desain dari pabrik terhadap layar laptop ataupun laptop itu sendiri, sehingga kamu harus menemukan cara membuka layar laptop yang sesuai dengan tipe laptopmu.

Biasanya kamu membutuhkan peralatan maintenance komputer yang juga tidak sedikit, oleh karena itu sebaiknya kamu memikirkan dengan matang terlebih dahulu apabila ingin membongkarnya secara mandiri.

2. Periksa koneksi kabel layar

Langkah berikutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa kondisi fisik dari perangkat layar dan juga kabel layar yang kamu miliki. Ada baiknya apabila kamu memeriksa kondisi kabel terlebih dahulu, karena biasanya masalah kabel ini bisa menjadi penyebab mengapa layar menjadi blank putih atau bahkan blank hitam. Sebabnya karena koneksi kabel mengendor, atau justru tertekan karena peletakan yang kurang tepat atau karena sudah terlalu usang.


Setelah kamu membongkar laptop, periksalah koneksi kabel penghubung layar ke mainboard, perhatikan apakah ada yang cacat atau patah. Apabila ditemui kerusakan jangan lupa untuk segera menggantinya dengan kabel yang baru. Selain itu, cobalah untuk menjajal apabila posisi kabel tidak tertekan, apakah distribusi output ke layar bisa dilakukan atau tidak. Walaupun penempatan kabel yang keliru dan membuat kabel yang tertekan bisa diperbaiki dengan cara yang relatif murah, akan tetapi perlu disadari bahwa kabel yang sudah tertekan kemungkinan besar sudah mengalami kerusakan atau putus di dalamnya. Sehingga akan lebih baik apabila diganti.

Selain mengecek koneksi kabel ke mainboard, perhatikan pula koneksi kabel dari layar itu sendiri. Kadang kala kabel dari layar putus atau rusak di tengah-tengah sementara kabel yang terhubung ke mainboard masih baik-baik saja. Oleh karena itu, kamu harus mengamatinya dengan teliti.

3. Cek fisik layar laptop

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap kabel layar lcd laptopmu, maka langkah berikutnya yang bisa kamu gunakan untuk memeriksa dan memperbaiki layar lcd laptop adalah dengan memeriksa keadaan fisik dari layar laptop itu sendiri. Untuk bisa membedakan mana yang rusak dan mana yang tidak, tentunya kamu perlu mempelajari terlebih dahulu mengenai perangkat fisik layar laptop. Ada risiko yang cukup besar apabila kamu tidak bisa mencoba untuk membongkar layar laptopmu tanpa wawasan yang cukup mengenai perangkat layar laptop, oleh karenanya ada baiknya apabila kamu mempelajarinya terlebih dahulu.

Kamu juga bisa memanfaatkan jasa tukang servis untuk membuka dan memperbaiki layar laptop yang kamu miliki. Tentunya kamu harus membayar jasa tukang servis tersebut. Ada baiknya apabila kamu juga mengamati proses pembenahan dari layar laptop yang kamu miliki agar kamu bisa mendapatkan wawasan yang lebih banyak mengenai perangkat layar laptopmu, sehingga bisa mencoba membongkarnya kelak apabila mengalami masalah yang serupa.

4. Ganti layar

Apabila sudah dipastikan apa yang menyebabkan layarmu mengalami blank putih dan hal itu tidak bisa diatasi selain dengan cara mengganti layarmu, maka tentu saja opsi terakhir yang bisa kamu pilih adalah mengganti layar laptopmu. Langkah atau cara mengatasi layar blank putih yang satu ini tentu saja membutuhkan biaya yang cukup besar apabila dibandingkan dengan sekedar memperbaiki koneksi kabel atau mengganti bagian dari perangkat layar. Akan tetapi, apabila kamu memang ingin tetap menggunakan laptopmu yang mengalami kerusakan layar tersebut, langkah yang satu ini tidak bisa untuk dihindari.

Sebelum kamu memutuskan untuk mengganti layar, ada baiknya apabila kamu mempertimbangkan hal-hal lain seperti misalnya penggunaan jangka panjang dari laptopmu tersebut. Apabila umurnya sudah sangat tua, ada baiknya apabila kamu membeli laptop baru yang memiliki kemungkinan daya tahan yang lebih lama apabila dibandingkan dengan laptopmu yang lawas tersebut. Dengan demikian kamu bisa lebih untung meskipun mengeluarkan uang yang lebih banyak. Untuk mempelajari bagaimana cara mengganti layar, kamu bisa melihat di pembahasan mengenai cara mengganti LCD laptop.

5. Periksa dan ganti driver

Selain potensi kerusakan dari fisik, kadang kala kerusakan software atau driver juga bisa menyebabkan layar laptopmu menampilkan tampilan blank putih atau blank hitam saja, walaupun kemungkinannya relatif lebih kecil. Akan tetapi tidak ada salahnya apabila kamu memeriksa terlebih dahulu kondisi driver yang kamu install, terlebih apabila errornya hanya muncul ketika saat-saat tertentu saja, alias tidak dari awal kamu menyalakan laptopmu. Error yang muncul di saat-saat tertentu merupakan salah satu indikasi yang menunjukkan ada masalah di driver VGA ataupun VGA itu sendiri, oleh karena itu perlu dipastikan lebih lanjut lagi.

Itulah beberapa cara memperbaiki LCD laptop blank putih yang mungkin bisa kamu coba. Semoga dengan beberapa cara di atas, kamu bisa memperbaiki layar LCD laptopmu yang rusak dengan lebih mudah ya. Jangan lupa untuk memasrahkan ke yang ahli apabila kamu merasa tidak ada waktu atau wawasan yang cukup untuk memperbaiki laptopmu. Selain itu, jangan lupa merawat layar laptopmu dengan cara membersihkan LCD laptop yang tepat ya.

Selamat memperbaiki laptopmu!

, , ,