8 Cara Memperbaiki Monitor LCD Gelap Wajib Diketahui

Monitor atau layar adalah salah satu bagian penting dari komputer yang tidak bisa diabaikan begitu saja apabila mengalami kerusakan, meskipun kerusakan yang dialami oleh perangkat yang satu ini tergolong kecil. Hal ini disebabkan karena perangkat monitor atau layar, baik yang LCD atau tidak, semuanya sangat penting karena merupakan bagian dari perangkat output dari suatu komputer. Artinya, tanpa monitor kita tidak akan memiliki perangkat output yang lengkap dan pastinya akan membuat kita kesulitan dalam menjalankan aktivitas di komputer.

ads

Salah satu jenis masalah yang mungkin akan kita alami pada layar kita yang berjenis LCD adalah layarnya yang terlalu gelap bagi diri kita. Hal ini bisa mengganggu karena kita akan kesulitan dalam melihat apa yang sebenarnya telah diproses oleh komputer yang kita miliki, sehingga kita tidak akan bisa bekerja atau beraktivitas dengan komputer sesuai dengan yang kita kehendaki. Oleh karena itulah kita seharusnya mengetahui bagaimana cara memperbaiki monitor LCD gelap agar kita bisa mengatasi hal ini. Layaknya kita mengetahui apa saja penyebab monitor berkedip terus.

Memangnya, apa saja yang bisa menjadi cara memperbaiki monitor LCD gelap tersebut? Apa saja yang bisa kita lakukan untuk membuat monitor LCD kita bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya kembali? Tanpa memperlama lagi, berikut ini adalah beberapa alternatif cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki monitor LCD yang gelap.

1. Pelajari jenis monitor LCD

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki monitor LCD dengan berbagai permasalahannya, termasuk masalah layar gelap ini adalah dengan mempelajari jenis monitor LCD yang akan kamu perbaiki. Tentunya hal ini sudah menjadi hal yang lazim khususnya apabila kamu merupakan seorang teknisi komputer. Akan tetapi untuk kamu yang masih belum memiliki pengetahuan hal ini, tidak ada salahnya untuk mempelajari dengan detail seperti bagaimana cara membongkar, bagaimana cara mencegah agar tidak kesetrum, dan berbagai macam hal lain mengenai monitor LCD yang kamu miliki. Tentunya kita semua telah mengetahui bahwa fungsi monitor LCD pada umumnya tetap sama, walaupun jenisnya berbeda-beda.

2. Cek keadaan fisik

Sebelum memperbaiki layar atau monitor LCD, tentunya kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa yang menyebabkan layar LCD yang kita miliki ini gelap dan tidak bisa terlihat terang atau memiliki pencahayaan yang cukup. Oleh karena itulah, salah satu hal yang perlu kita lakukan adalah melakukan pemeriksaan fisik monitor LCD yang kamu miliki tersebut, mulai dari hal yang paling kecil hingga hal yang paling rumit dari layarmu. Dengan melakukan hal ini secara tepat, ada peluang besar kita bisa menemukan masalah layar LCD yang gelap apabila yang menjadi masalah adalah pada segi fisiknya.

3. Cek perangkat lunak

Selain melakukan pemeriksaan dari segi fisik, tentunya kita juga perlu melakukan pemeriksaan layar LCD dari segi perangkat lunak yang kita miliki dalam menjalankan layar tersebut. Perangkat lunak yang dimaksud adalah meliputi driver kartu grafis, aplikasi pengaturan kecerahan di layar komputer, dan berbagai macam aplikasi lainnya yang berhubungan dengan masalah pengaturan kecerahan pada layar LCD. Dengan memeriksa hal ini, maka kita bisa memastikan bahwa ada atau tidakkah masalah perangkat lunak pada komputermu tersebut. Setidaknya kamu harus memastikan instalasi driver sudah benar, sistem pengaturan layar sistem operasimu berfungsi dengan baik, dan juga tidak ada fitur penghemat daya atau semacamnya yang membuat layar jadi lebih redup yang sedang berjalan di latar belakang.


4. Mengganti perangkat fisik

Setelah ditemukan penyebab dari layar monitor yang gelap tersebut, maka langkah berikutnya yang bisa dilakukan sebagai cara untuk memperbaiki monitor LCD gelap adalah dengan cara memperbaiki fisik dari monitor tersebut. Tentunya hal ini dilakukan apabila yang menyebabkan masalah monitor gelap tersebut karena kerusakan pada perangkat fisik yang terdapat pada laptopmu seperti misalnya konektor kabel, slot konektor, dan berbagai macam hal lainnya yang pada prinsipnya berfungsi untuk menjalankan monitor tersebut secara perangkat keras.

5. Mengganti kabel konektor

Seperti yang telah disebutkan di atas, salah satu cara memperbaiki monitor LCD gelap adalah dengan mengganti kabel konektor yang bermasalah. Kabel konektor yang bermasalah bisa menjadi salah satu penyebab mengapa layar LCD jadi gelap dan tidak bisa terang. Tentunya hal ini harus dilakukan apabila kabel konektor jelas-jelas rusak seperti putus, terbakar, dan lain sebagainya. Dengan melakukan cara itu maka kecerahan layar bisa diperbaiki apabila yang menjadi penyebabnya adalah karena arus data dari komputer yang tidak tepat karena kabel yang rusak. Kebal konektor yang rusak juga bisa menjadi penyebab montitor no signal detected lo.

6. Mengganti kartu grafis

Selain beberapa hal di atas, kamu juga bisa mengganti kartu grafis untuk membuat monitor LCD kita bisa kembali berfungsi dengan baik. Hal ini bisa dilakukan apabila yang menjadi penyebab layar monitor LCD gelap tersebut adalah karena kartu grafis yang mengalami kerusakan dan tidak bisa memproses output dengan baik. Tentunya kamu harus membeli kartu grafis terlebih dahulu apabila kamu tidak memiliki kartu grafis cadangan atau kartu grafis lain yang bisa digunakan untuk memperbaiki monitor yang gelap tersebut.

7. Memperbaiki tombol brightness

Salah satu jenis masalah yang mungkin bisa menjadi penyebab mengapa layar monitor gelap adalah karena rusaknya tombol brighness sehingga menyebabkan brightness menjadi terkunci pada angka yang kecil dan membuat monitor menjadi terlihat gelap. Tentunya hal ini harus diperbaiki dengan cara membongkar monitor tersebut dan kemudian memperbaikinya sesuai dengan masalah ini, yaitu dengan cara mengganti tombol brightness yang rusak agar bisa menyesuaikan dengan kecerahan yang biasanya. Cara ini juga bisa dicoba sebagai salah satu cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 8.

8. Membawa ke tukang servis

Selain cara-cara di atas, tentunya cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi atau memperbaiki monitor LCD gelap adalah dengan cara membawa monitor yang telah rusak ke tukang servis terdekat yang tepercaya. Hal ini bisa kamu lakukan apabila kamu tidak memiliki waktu untuk memperbaiki monitormu secara mandiri atau karena masalah lain seperti pengetahuan yang kruang mencukupi, atau berbagai macam masalah lain yang mungkin kamu miliki.

Tentunya hal ini bukan berarti bahwa cara ini merupakan cara yang keliru atau tidak tepat, bahkan cara ini sangat disarankan apabila kamu tidak mengetahui wawasan mengenai monitor LCD sebelumnya agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah. Kamu bisa menggunakan cara ini sebagai salah satu cara memperbaiki VGA onboard yang rusak dan tidak bisa kamu perbaiki sendiri.

Itulah beberapa cara memperbaiki monitor LCD gelap yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki monitor LCD mu yang rusak dan terlihat gelap terus. Beberapa cara di atas mungkin saja juga belum bisa menyelamatkan monitormu dari kerusakan, apabila hal tersebut yang terjadi, maka tidak ada cara lain selain membeli monitor baru yang lebih baik dan lebih tahan lama apabila dibandingkan dengan monitormu yang rusak tersebut.

Semoga beberapa informasi di atas bisa membantumu ya. Selamat memperbaiki monitormu yang mengalami kerusakan!

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Monitor