6 Penyebab Scanner Tidak Bisa Scan Wajib Diatasi

Scanner adalah salah satu jenis alat atau perangkat yang diperlukan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan kantor yang penting untuk kepentingan para penggunanya. Mulai dari mendigitalkan file penting yang belum berbentuk file digital, memfotokopi berkas-berkas penting, dan berbagai macam pekerjaan kantoran lainnya yang perlu dilakukan agar seseorang bisa bekerja dengan baik dan benar.

ads

Tentu saja kepentingan sekolah juga bisa menjadi salah satu hal yang bisa dibantu dengan adanya scanner tersebut. Oleh karena itulah, kita perlu mengetahui apa saja penyebab scanner tidak bisa scan sehingga kita bisa mengatasi masalah scanner yang tidak bisa melakukan scan dengan lebih cepat, ataupun menghindari masalah scanner tidak bisa melakukan scan.

Memangnya apa aja penyebab scanner tidak bisa scan tersebut? Apa saja hal yang bisa menjadi penyebab sebuah perangkat scanner tidak bisa berfungsi dengan sebagaimana mestinya? Apakah kamu sudah mengetahuinya atau belum? Apabila kamu belum mengetahuinya, tentu saja kamu harus membaca artikel kali ini sampai tuntas. Jangan lupa pula untuk melihat bagaimana cara mengatasi scanner macet ya.

Adapun beberapa macam penyebab scanner tidak bisa scan tersebut, di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Driver tidak terinstall

Salah satu jenis masalah yang bisa menyebabkan scanner tidak bisa berfungsi dengan benar adalah karena tidak adanya driver di komputer atau laptop yang sesuai dengan piranti perangkat keras yang kita miliki. Hal ini tentunya menjadi salah satu masalah mendasar yang bisa diselesaikan dengan cara menginstall driver sesuai dengan jenis scanner yang kita miliki. Akan tetapi, pada umumnya masalah seperti ini sudah mulai jarang ditemui mengingat sistem operasi modern, dan juga perangkat-perangkat modern, biasanya sudah menyematkan driver plug-n-play yang bisa mendeteksi dan menginstall secara langsung apabila kita memasukkan atau menghubungkan scanner melalui port USB.

Walaupun kemungkinan besar driver sudah terinstall, tidak ada salahnya apabila kita memeriksa kembali apakah driver untuk scanner sudah terinstall, dan apabila sudah terinstall berjenis apa, supaya kita bisa memastikan dengan tepat apakah ada masalah driver yang kurang atau tidak. Driver pada umumnya cenderung memiliki kelengkapan yang sama sekalipun berbeda jenis scanner dan fungsinya.

2. Driver corrupt

Penyebab lainnya yang masih berkaitan dengan driver scanner adalah karena masalah driver yang corrupt. Driver corrupt bisa terjadi karena ketika instalasi tidak berhasil dengan baik, maka file-file lain yang diperlukan agar driver bisa berfungsi dengan normal tidak tersedia di file sistem komputermu. Oleh karena inilah, scanner yang kamu miliki bisa saja tidak akan berfungsi dengan baik, salah satunya adalah tidak bisa melakukan proses scanning sebagaimana yang kamu harapkan. Untuk mengatasi masalah ini, tentu saja diperlukan proses instalasi ulang dengan driver yang cocok agar file driver yang dibutuhkan bisa dimiliki oleh file sistem komputer yang kamu miliki.

Apabila terjadi error ketika proses instalasi, ada baiknya apabila kamu mencoba untuk menguninstall terlebih dahulu driver yang sebelumnya diinstall, baru setelah itu dilakukan instalasi ulang driver yang dibutuhkan oleh scannermu. Jangan lupa untuk melakukan restart setelah melakukan uninstall ya.


3. Port keliru

Selain beberapa masalah di atas, salah satu hal yang bisa menjadi masalah yang menyebabkan scanner tidak bisa melakukan scan dengan baik dan benar adalah karena registrasi port yang keliru yang dilakukan ketika proses instalasi. Hal ini disebabkan karena berbagai macam hal, seperti salah komunikasi, gangguan program, bug, dan berbagai macam masalah lain yang membuat scanner tidak mendeteksi input dengan tepat sesuai dengan yang dikirim oleh aplikasi atau komputermu.

4. Kabel rusak

Selain karena beberapa hal di atas, sebab lain yang bisa membuat scanner tidak bisa melakukan scan adalah karena sebab fisik, yang dalam hal ini salah satunya adalah karena kerusakan pada kabel yang digunakan untuk menghubungkan scanner dengan komputer atau laptop yang kamu miliki. Untuk mendeteksi apakah kabelmu rusak atau tidak, cara termudah dan paling pasti adalah dengan cara mencoba untuk menggunakan kabel lain untuk melakukan proses scanning. Apabila proses scanning bisa dilakukan, tentunya hal tersebut menandakan bahwa scanner yang kamu miliki masih bisa berfungsi dengan baik sementara kabelnya mengalami kerusakan.

Apabila kabelnya rusak, tentu saja hal yang perlu kamu lakukan adalah mengganti kabel tersebut dengan kabel lain yang baru dan terbukti tidak rusak, sebagai media penghubung antara scanner dengan komputer atau laptop yang kamu gunakan. Kabel ini biasanya berharga murah, akan tetapi kamu harus memastikan terlebih dahulu dengan betul bahwa kabel scanner yang rusaklah yang menjadi masalah dan bukan yang lain, sebagai antisipasi agar kamu tidak mengeluarkan terlalu banyak uang tetapi tidak berdampak apa-apa terhadap perangkat keras yang kamu miliki. Masalah kabel rusak ini juga dibahas dalam cara mengatasi scanner tidak terdeteksi, jadi kamu bisa melihatnya lebih jauh apabila kamu juga mengalami masalah yang sama.

5. Slot kabel rusak

Selain karena kabel yang rusak, hal lain yang bisa menjadi penyebab mengapa scanner tidak bisa melakukan scanning adalah karena slot kabel yang rusak. Slot kabel yang dimaksud adalah tempat konektor untuk menghubungkan scanner dengan komputer yang kita miliki. Dengan kata lain, slot ini layaknya port USB yang bisa kita gunakan untuk menghubungkan antara printer dan laptop ataupun perangkat-perangkat keras yang lainnya. Apabila slot konektor kabel rusak, tentu saja scanner tidak bisa dihubungkan dengan laptop atau komputer.

Untuk memperbaiki masalah ini, tentu saja kita perlu melakukan penggantian slot kabel USB yang terdapat pada scanner ataupun komputer atau laptop yang kita miliki, tergantung mana yang mengalami kerusakan. Untuk melakukannya, dibutuhkan keterampilan teknis khusus yang mensyaratkan kita mengerti masalah solder mensolder. Apabila kamu tidak memilikinya, akan lebih baik apabila kamu meminta bantuan tukang servis yang bisa memperbaikinya.

6. Perangkat scan rusak

Selain karena berbagai macam masalah di atas, penyebab scanner tidak bisa scan lainnya juga bisa datang dari segi scanner itu sendiri. Dalam arti, scanner itu sendiri rusak sehingga dia tidak bisa memproses atau melakukan scanning sebagaimana yang diharapkan. Kerusakan dari segi scanner bisa meliputi pada perangkat pencitraan, perangkat penangkap hasil scan, prosesor, ataupun bagian lain yang membuat scanner tidak bisa melakukan tugas dan fungsinya dengan baik. Kerusakan semacam ini tentu saja juga bisa menjadi alasan mengapa kita perlu melakukan cara cleaning printer Windows 10.

Apabila perangkat scannermu rusak, tentunya cara terbaik untuk mengatasinya adalah dengan membawanya ke tukang servis agar bisa diperbaiki sesuai dengan kemampuan tukang servis tersebut. Atau apabila tidak demikian, kamu bisa saja membeli scanner baru untuk menggantikan scanner lama yang telah mengalami kerusakan tersebut.

Itulah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab mengapa scanner tidak bisa melakukan proses scanning. Semoga dengan beberapa hal di atas kita bisa menghindari masalah printer tidak bisa scanning ya. Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya seperti cara cleaning printer Canon.

Selamat merawat scannermu!

, ,
Oleh :
Kategori : Scanner