10 Cara Memperbaiki Monitor LCD Blank Putih Dengan Mudah

Fungsi monitor LCD pada komputer merupakan salah satu hal yang penting bagi pengguna yang memakainya. Tentu jika perangkat ini mengalami permasalahan, sebagai pengguna anda tidak akan dapat lagi mengakses dan juga menggunakan komputer anda sebagaimana mestinya.

ads

Sama seperti perangkat keras lainnya Monitor Layar LCD tidaklah terlepas dari permasalahan. Menyelesaikan permasalahan yang ada pada monitor seringkali akan membuat frustasi. Selain anda tidak bisa berinteraksi dengan komputer anda, penyelesaian dengan pengetahuan tentang hardware layar LCD merupakan hal yang diperlukan untuk dapat memperbaiki layar LCD dengan efektif.

Salah satu permasalahan yang dapat terjadi pada monitor adalah keadaan dimana layar monitor anda berubah menjadi blank putih (white screen). Permasalahan ini sebenarnya dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Mulai dari faktor yang ringan hingga faktor yang membuat layar monitor sulit untuk diperbaiki.

Penting untuk diingat  bahwa monitor merupakan perangkat keras komputer dan fungsinya sangatlah penting bagi penggunaan komputer. Untuk  itu diperlukan perhatian khusus untuk memperbaiki monitor lcd blank putih agar tidak ada lagi kesalahan yang dapat memperparah kerusakan pada layar LCD monitor.

Penyebab LCD Blank Putih (White Screen)

Umumnya fungsi vga card yang bermasalah akan memberikan permasalahan juga pada monitor lcd. Permasalahan layar LCD blank putih (White Screen) seringkali terjadi pada layar LCD monitor yang ada pada laptop. Faktor – faktor penyebab yang umum membuat layar LCD monitor menjadi blank putih beberapa diantaranya adalah

  • Faktor usia laptop
  • Riwayat pernah terjatuh
  • Pernah terhimpit oleh benda keras pada bagian monitor
  • Faktor tekanan yang berlebihan atau terlalu kencang pada layar monitor laptop juga dapat akan membuat permasalahan pada kabel penghubung laptop dengan layar pada penutup laptop, yang mana akan berujung menjadi penyebab LCD Blank Putih (White Screen)

Kabel yang ada pada laptop terutama pada bagian sambungan antara layar dan juga bagian perangkat utama laptop sangatlah rentan pada permasalahan ini. Kabel tersebut sangat mudah putus ataupun menjadi longgar pada bagian soketnya. Hal inilah yang membuatnya menjadi faktor penyebab LCD blank putih (white screen).

Ciri – ciri dari permasalahan ini adalah munculnya permasalahaan pada LCD monitor ketika digerakkan atau ditekan pada bagian bawah. Meskipun demikian display layar LCD masih bisa menyala dengan normal untku beberapa saat dan kembali menjadi blank white screen.

Cara Memperbaiki monitor LCD blank putih

Jika anda sudah mengetahui penyebab layar LCD blank putih pada perangkat komputer ataupun laptop yang anda gunakan maka kita bisa memulai cara memperbaiki monotir LCD tersebut. Permasalahan LCD white screen bukanlah permasalahan berat yang ada pada layar LCD laptop. Anda masih bisa untuk melakukan perbaikan pada perangkat ini dan tidak perlu untuk mengganti layar lcd anda dengan layar lcd laptop yang baru. Solusi yang dapat anda lakukan adalah dengan mengganti kabelnya ataupun memperbaiki sambungan kabel tersebut. Berikut merupakan langkah yang dapat dilakukan untuk memperbaiki layar laptop blank putih :


  • Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah menekan tombol Fn + F2 sampai gambar yang ada di layar monitor LCD laptop anda muncul kembali.
  • Kemudian jangan menggerakkan layar penutup laptop sampai gambar yang ada pada laptop dapat muncul kembali. Jika anda melakukan hal ini anda dapat menambah resiko kerusakan kabel yang fleksibel.
  • Jangan sering buka dan tutup layar penutup laptop karena ini merupakan penyebab layar LCD blank putih
  • Tunggu hingga layar LCD laptop anda kembali seperti semula

Solusi diatas merupakan solusi awal yang dapat anda lakukan untuk menyelesaikan masalah pada layar LCD blank putih. akan tetapi jika cara tersebut tidak berhasil mengatasi masalah pada layar laptop anda, berarti layar laptop anda sudah mengalami permasalahan yang lebih serius daripada yang telah diperkirakan sebelumnya. Untuk melakukan metode alternatif perbaikan layar LCD blank putih kita bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

Cara Alternatif Memperbaiki monitor LCD blank putih

Perlu diingat jika anda tidak memiliki pengalaman dalam memperbaiki laptop sebelumnya maka akan lebih baik jika anda memberikan tugas tersebut kepada orang yang lebih mengetahuinya. Karena ditahap selanjutnya kita akan mencoba untuk membuka layar laptop dan juga casing laptop anda. Jika anda masih memaksakan untuk melakukan perbaikan terhadap hal tersebut hal yang dapat anda dapatkan hanyalah kerusakan yang lebih parah. Berikut merupakan cara lain memperbaiki layar laptop blank putih :

  1. Siapkan peralatan seperti obeng dan lainnya untuk membuka layar laptop anda.
  2. a. Karena ditahap selanjutnya kita akan mencoba untuk membuka layar laptop dan juga casing laptop anda. J Bagian laptop biasanya memiliki 4 baut penahan. Baut ini terletak pada bagian samping kiri dan kanan.
  3. Lepaskan baut tersebut bersamaan dengan layar monitornya kemudian tarik pelan – pelan dan letakkan di atas keyboard laptop. Perhatikan bagian belakang layar monitor LCD laptop, biasanya pada bagian ini terdapat beberapa kabel yang merupakan bagian dari kabel LCD, kabel camera, kabel antena perangkat WiFi serta kabel Inverter. 

  4. Lepaskan selotip atau penahan yang mempertahankan kabel pada posisisnya, kemudian tarik perlahan kabelnya sampai terlepas dari scoket yang ada, kemudian bersihkan pin connector penyambungnya.
  5. Jika sudah bersih, pasang kembali kabel tersebut dan ganti selotip yang telah menahan kabel tersebut dengan selotip baru yang lebih kuat sehingga nanitnya kabel tidak akan bergeser saat anda membuka atau menutup laptop.
  6. Hidupkan laptop anda untuk melihat apakah perbaikan yang sudah dilakukan memberikan penyelesaian terhadap masalah layar LCD white screen.
  7. Apabila layar LCD monitor pada laptop anda telah berjalan dengan normal. Pasang kembali layar LCD anda dan jangan lupa untuk memasangkan casing yang telah dilepakan tadi saat keadaan LCD masih terbuka dan layar laptop masih ON.
  8. Lakukan pengecekkan kembali dengan membuka dan menutup layar laptop anda secara perlahan dan dengan hati – hati. Kalau tidak ada masalah berarti layar laptop anda telah kembali menjadi normal dan masalah yang tadi hanya terbatas pada permasalahan socket kabel LCD yang longgar.
  9. Akan tetapi jika layar LCD laptop anda kembali lagi menjadi blank putih sesuai anda menyambungkannya. Berarti anda harus melepas kabel LCD nya untuk menyambungkan kabel yang mungkin megnalami kerusakan.
  10. Kabel yang rusak dan bermasalah sebenarnya sulit dan hampir tidak bisa lagi digunakan dan akan lebih baik jika anda menggantinya dengan kabel yang baru. Anda bisa mencoba cara mengganti LCD laptop untuk mengatasi permasalahan tersebut

Itu tadi pembahasan mengenai cara memperbaiki monitor LCD blank putih. Semoga pembahasan ini dapat membantu permasalahan anda. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Monitor