Ini Dia 2 Cara Remote Komputer Lewat IP Address

Saat ini, perkembangan internet sudah semakin canggih. Berbagai hal kini bisa dilakukan menggunakan internet. Bahkan, kini sudah ada teknologi Internet of Things (IoT) yang sudah merambah ke dunia manufaktur. Peran internet sebagai remote untuk mengendalikan mesin-mesin industri kini sudah mulai diterapkan di industri-industri besar.

ads

Bicara soal remote, remote komputer atau biasa dikenal dengan remote desktop, biasanya digunakan untuk membantu seseorang yang sedang kesulitan dalam memakai komputer atau saat mengatasi masalah pada komputer tersebut. Orang yang membantu akan menggunakan remote desktop ini untuk memperbaiki komputer yang bermasalah. Selain itu, remote desktop juga banyak dimanfaatkan untuk membuka bisnis sewa RDP (Remote Desktop Protocol) dan jasa reklame yang mengandalkan teknologi LED.

Oh iya, memang apa sih itu Remote Desktop? Remote desktop adalah salah satu fitur yang terdapat pada Windows XP, Windows Server 2003/2008, Vista, 7, dan di atasnya, yang mengizinkan penggunanya untuk mengakses komputer lain dari jarak jauh seolah-olah mereka sedang berada di depan komputer yang sedang diremote.

Untuk menggunakan fitur remote desktop ini, komputer yang mengatur dan yang diatur harus terkoneksi dengan jaringan (LAN/Internet) yang sama. Itulah syarat utamanya, terhubung di jaringan yang sama. Pada kali ini, kami akan membahas seputar cara remote komputer lewat IP, baik menggunakan aplikasi remote komputer bawaan Windows dan juga aplikasi dari pihak ketiga. Berikut ini ulasannya untuk Anda.

Remote Komputer menggunakan Remote Desktop Connection

Remote Desktop Connection adalah software remote desktop bawaan Windows. Anda bisa menggunakan software ini untuk mengendalikan komputer yang berada pada jaringan LAN atau lokal.

Komputer yang ingin diremote harus mengizinkan komputer lain untuk bisa meremote komputer tersebut. Oleh karena itu, Anda harus mengatur terlebih dulu komputer yang akan diremote agar bisa dikendalikan oleh komputer yang ingin meremote komputer tersebut. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Windows Explorer, lalu klik kanan pada “This PC” untuk Windows 10 atau “Computer” untuk Windows 7, kemudian pilih Properties.
  2. Selanjutnya akan muncul jendela System. Pada jendela tersebut, klik pada “Advanced system settings”
  3. Pada jendela “System Properties”, pindah ke tab “Remote”, lalu berikan tanda centang pada “Allow Remote Assistance connections to this computer” dan “Allow remote connections to this computer”. Jika sudah klik OK.
  4. Ulangi lagi langkah nomor 1. Lalu pada jendela “System”, catat nama komputer yang ada pada “Computer name”.
  5. Jangan lupa untuk mencatat nama user. Caranya, Anda bisa melihatnya dengan menekan tombol Start. Lalu lihat nama user yang tertulis di bawah atau samping foto user.
  6. Catat IP Address yang digunakan. Cara cek IP address adalah dengan membuka command prompt atau CMD, lalu tulis “ipconfig” dan tekan Enter. Selanjutnya, IP address bisa dilihat pada IPv4 Address.
  7. Selanjutnya, Anda harus memberikan password pada komputer yang ingin di-remote. Jika sudah ada, maka Anda tidak usah memberi password lagi.

Sebelum menghubungkan komputer yang akan diremote dengan komputer Anda, kedua komputer tersebut haruslah berada pada jaringan yang sama, baik melalui jaringan LAN, MAN, dan WAN. Jika tidak terhubung, maka kedua komputer tersebut tidak bisa melakukan komunikais dengan remote desktop. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk mulai melakukan remote desktop dengan komputer lain:
  1. Buka jendela run dengan cara menekan tombol Windows + R, lalu tulis “mstsc” dan klik OK atau tekan Enter.
  2. Kemudian akan muncul jendela “Remote Desktop Connection”. Klik pada “Show Options”
  3. Lalu, isi kolom “Computer” dengan IP Address yang sudah dicatat sebelumnya. Isi juga kolom “Username” dengan Nama komputer atau nama user yang sudah dicatat sebelumnya. Lalu klik “Connect”.
  4. Pada dialog “Enter your credentials”, masukkan password komputer yang ingin Anda remote, kemudian klik tombol “OK”.
  5. Jika ada dialog “The identity of the remote cannot be verified. Do you want to connect anyway?”, klik saja pada tombol “Yes”.
  6. Kemudian Anda akan tersambung dengan komputer yang akan diremote. Selanjutnya Anda bisa mengatur komputer yang di-remote seperti halnya Anda sedang duduk langsung di depan komputer tersebut.
Remote Komputer menggunakan TeamViewer

Selain menggunakan software bawaan Windows, Anda juga bisa melakukan cara remote komputer lewat IP dengan software pihak ketiga. Nah, software pihak ketiga yang sering digunakan oleh banyak pihak adalah TeamViewer.

TeamViewer adalah software yang digunakan untuk meremote komputer dari jarak jauh. Anda bisa mendapat akses desktop komputer lain hanya dengan koneksi internet. Tak hanya di jaringan internet saja, Anda juga bisa melakukan remote desktop via TeamViewer ini menggunakan jaringan komputer lokal, baik jaringan LAN dan Wi-Fi. Berikut ini adalah cara melakukan remote desktop dengan TeamViewer:

  1. Sebelum memulai, pastikan komputer Anda sebagai pengendali dengan komputer-komputer yang akan dikendalikan telah terkoneksi pada satu jaringan yang sama.
  2. Jika Anda belum memiliki software TeamViewer, Anda bisa mendownloadnya di website TeamViewer. Setelah di-download, instal program seperti biasa. Lalu, jalankan TeamViewer. Pada tampilan awal, akan ada kolom yang berisi ID dan Password yang dibuat secara acak / random.
  3. Selanjutnya, atur TeamViewer Anda. Caranya, klik menu “Extras” > “Options”. Selanjutnya akan muncul jendela baru, lalu klik tab “General”.
  4. Jika Anda hendak mengatur komputer di jaringan LAN, pada bagian “Incoming LAN Connections”, ubah valuenya menjadi “Accept Exclusively”. Klik Ok.
  5. Sementara jika Anda hendak mengatur komputer di jaringan VPN, pastikan Anda telah menginstal TeamViewer VPN dan abaikan langkah pada nomor 4.
  6. Jika Anda telah mengatur TeamViewer untuk jaringan LAN, tampilan ID-nya sudah tidak random lagi dan sudah berubah menjadi IP address komputer Anda.
  7. Sampai tahap ini, Anda sudah bisa me-remote PC melalui jaringan lokal. Jika Anda ingin mengubah password sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa klik “Extras” > “Options”. Kemudian klik tab “Security”, dan masukkan password yang Anda inginkan. Klik Ok untuk menyimpan pengaturan.

Nah sekarang bagaimana jika Anda hendak melakukan remote desktop ke komputer lain? Caranya sangat mudah kok. Berikut ini cara untuk memulai remote desktop dengan TeamViewer:

  1. Buka software TeamViewer di komputer. Anda juga bisa menggunakan aplikasi smartphone TeamViewer yang bisa Anda download di Google Play Store untuk perangkat Android dan Apps Store untuk perangkat iOS. Jika Anda pengguna Android, pastikan Anda telah melakukan cara mengaktifkan Play Store di perangkat Anda.
  2. Masukkan IP Address dari komputer yang akan diremote pada kolom ID Partner.
  3. Masukkan passwordnya, lalu klik “Connect to Partner”.
  4. Tunggu sebentar hingga aplikasi TeamViewer berhasil terhubung dengan komputer yang akan diremote.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara remote komputer lewat ip menggunakan software bawaan Windows dan software pihak ketiga. Jika Anda hendak meremote komputer dari perangkat Android, simak cara remote PC dengan Android yang pernah kami bahas sebelumnya di situs ini. Selamat mencoba.

, , , ,
Oleh :