5 Cara Memperbaiki Volume Laptop yang Bermasalah

Sebagai perangkat yang dapat menggantikan fungsi komputer, laptop seharusnya bisa digunakan juga untuk keperluan hiburan. Mulai dari memutarkan film, musik, bermain game, atau streaming video favorit di Youtube. Nah, semua keperluan hiburan tersebut harus ditunjang dengan keoptimalan komponen-komponen laptop, khususnya di bagian layar dan speaker.

ads

Bicara soal speaker, pernahkah Anda mengalami masalah speaker laptop tidak bersuara? Mungkin volume laptop Anda pernah tidak terdengar padahal sudah dalam posisi maksimal, atau suara pada laptop Anda sama sekali tidak ada karena volumenya tidak bisa diatur?

Lantas, gimana cara memperbaiki volume laptop yang bermasalah? Berikut ini kami akan ulas beberapa caranya yang bisa Anda praktekkan guna mengatasi masalah laptop yang tidak mengeluarkan suara.

1. Analisa masalahnya

Berikut ini adalah langkah-langkah troubleshooting masalah pada laptop yang tidak ada suaranya:

  • Apakah speaker built-in laptop Anda dimatikan? Cara mengeceknya:
    • Tekan tombol kombinasi untuk mengaktifkan speaker. Setiap jenis laptop memiliki tombol kombinasi masing-masing untuk mengaktifkan speaker. Sesuaikan dengan laptop yang digunakan.
    • Tekan tombol kombinasi untuk menaikkan volume speaker laptop. Jika Anda menggunakan aplikasi yang memiliki kontrol volume sendiri, periksa volume dan dinaikkan.
  • Coba cek kontrol volume. Caranya:
    • Klik Start > Programs > Aksesoris > Entertainment
    • Klik kontrol volume dan naikkan.
  • Jika terdapat speaker eksternal, pastikan speaker tersebut sudah terhubung dengan baik dan volume suaranya sudah dinaikkan.
    • Jika speaker tersebut memiliki tombol mute, pastikan dalam keadaan tidak aktif.
    • Jika speaker menggunakan baterai, pastikan sudah terpasang dengan baik dan benar.
  • Jika sebelumnya Anda menghubungkan headphone atau kabel audio ke lubang jack audio laptop, lepaskan kabel.

Setelah tadi pengecekan secara hardware, berikut ini adalah cara pengecekan melalui software. Ada dua metode yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Melalui “Device Manager”
    • Klik Start > klik kanan pada My Computer > pilih Properties
    • Pada jendela System Properties, pilih Device Manager
    • Pada jendela Device Manager, klik dua kali pada “Sound, Video and Game controllers” dan cek apakah ada nama driver sound di situ.
    • Jika ada ikon tanda tanya atau tanda seru, itu menandakan driver speaker pada laptop Anda mengalami kerusakan dan Anda harus menginstal lagi driver sound tersebut.
    • Klik kanan pada nama audio device (atau unknown device) dalam Device Manager dan pilih Properties.
    • Selanjutnya akan muncul jendela dari driver speaker yang digunakan pada laptop, atau lebih tepatnya jendela “Audio Properties”. Pastikan pada “Device Usage” berada pada opsi “Use this device (enable)”.
    • Selanjutnya pilih tab Properties dan buka bagian “Audio Devices”.
    • Selanjutnya, Anda bisa melihat rincian driver saat ini dan memulai wizard “Update Driver” atau “Roll Back Driver”. Fitur “Roll Back Driver” akan berguna jika Anda sebelumnya memperbarui driver audio dan suara pada speaker menjadi tidak ada setelah itu. Fitur ini akan memulihkan driver speaker berdasarkan salinan driver yang disimpan oleh Windows.
    • Anda juga bisa melakukan “Update Driver” untuk memperbaiki driver yang rusak. Caranya, klik tombol “Update Driver” dan ikuti langkah selanjutnya. 

  • Melalui “Sound and Audio Device Properties”
    • Klik Start > Control Panel
    • Pada halaman Control Panel, klik “Sounds, Speech and Audio Devices”atau langsung saja klik “Sounds and Audio Devices” untuk tampilan klasik Control Panel.
    • Pada halaman “Sounds and Audio Devices Properties”, klik tab “Audio” dan lihat di bagian “Sound Playback”. Pilih device sound yang masih dalam keadaan baik. Jika sudah, klik OK.
    • Jika suara pada speaker masih tidak ada, kemungkinan besar penyebabnya adalah kerusakan pada hardware dari sound di laptop Anda.

2. Mengganti soundcard laptop

Suara yang dikeluarkan oleh laptop Anda melalui aplikasi-aplikasi tertentu, dari segi fisiknya dikelola oleh sebuah perangkat keras yang disebut soundcard. Nah, soundcard ini menerima instruksi dari prosesor untuk mengeluarkan sebuah suara dengan bunyi tertentu berdasarkan pada kode-kode bit tertentu. Dengan kata lain, perangkat ini bertugas untuk mengubah masukan data digital menjadi sebuah keluaran berupa suara yang akan dikeluarkan melalui speaker. Saat komponen ini rusak, tentu saja suara yang dikeluarkan oleh speaker tidak akan ada.

Oleh karena itu, Anda mau tak mau kamu harus menggantinya dengan yang baru. Mengganti sound card laptop juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi headset tidak terdeteksi di laptop Anda. Letak dan jenis soundcard tiap laptop berbeda-beda, tergantung dari merk dan tipe laptop yang digunakan. Jadi, Anda harus mengidentifikasi jenis sound card apa yang dimiliki oleh laptop Anda. Jangan lupa, kamu juga harus melakukan instalasi drivernya. Jika tidak punya CD drivernya, Anda bisa menerapkan cara instal driver tanpa CD yang pernah kami ulas di situs ini.

3. Mengganti speaker laptop

Speaker adalah komponen yang bertugas untuk mengeluarkan suara setelah diproses oleh sound card. Jika laptop Anda tidak mengeluarkan suara, bisa jadi penyebabnya adalah adanya kerusakan pada bagian speaker. Setelah Anda memastikan kerusakan pada speaker laptop, langkah selanjutnya adalah mengganti speaker tersebut jika memang sudah bermasalah.

4. Menginstall driver sound card

Cara memperbaiki volume laptop selanjutnya ada hubungan dengan software. Bisa saja, masalah pada volume speaker laptop Anda juga berasal dari driver sound card yang tidak cocok atau laptop Anda malah tidak terinstal driver sound card sama sekali. Akibatnya tentu saja sound card yang ada di laptop tidak mampu memproses data suara yang berasal dari aplikasi yang Anda jalankan.

Pastikan driver sound card yang laptop Anda miliki telah terinstal dengan baik, benar, dan sesuai dengan sound card yang tertanam. Jika Anda tidak menginstalnya dengan benar, atau mungkin menginstall driver yang salah, maka sound card laptop Anda tidak akan berfungsi dengan normal. Sehingga laptop Anda tidak dapat mengeluarkan suara sama sekali. Pastikan Anda menginstall driver yang sesuai dengan bit dari OS laptop Anda. Jika Anda tidak tahu bit dari OS laptop Anda, Anda bisa mencari tahu hal tersebut dengan menyimak artikel kami seputar cara mengetahui bit laptop di situs ini.

5. Menginstall kernel yang sesuai

Jika Anda menggunakan sistem operasi Linux pada laptop Anda, apapun itu distro yang Anda gunakan, maka salah satu hal yang bisa menjadi penyebab laptop Anda tidak mengeluarkan suara adalah karena kernel yang Anda gunakan tidak cocok dengan sistem operasi yang terinstal. Atau bisa jadi ada bug tertentu pada kernel tersebut. Oleh karena itu, maka hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan cara menginstal kernel Linux yang tepat.


Anda bisa memilih kernel yang tepat dengan cara mendownload variasi kernel yang sesuai dengan distro Linux yang Anda gunakan di berbagai repositori online. Alternatif lainnya, Anda bisa menggunakan sebuah aplikasi yang bernama Ukuu-GTK untuk mengelola kernel yang terinstal di dalam sistem operasi Linux yang Anda gunakan.

Sekian artikel kami kali ini seputar cara memperbaiki volume laptop. Semoga informasi yang kami berikan bisa berguna bagi Anda. Jika yang mengalami masalah suara tidak keluar adalah PC Anda, lakukan cara mengatasi sound PC tidak bunyi di situs kami ini.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting