5 Cara Mengatasi Black Screen Windows 8 dan Penyebabnya

Windows 8 adalah salah satu versi dari jenis sistem operasi komputer keluaran Microsoft. OS ini adalah versi selanjutnya dari Windows 7. Banyak fitur-fitur baru yang ditawarkan pada Windows 8. Beberapa fitur yang sangat mencolok dan menjadi ciri khas dari Windows 8 adalah dukungan OS ini terhadap perangkat mobile dan tampilan “Start Menu” yang benar-benar baru. Fitur yang kedua disebutkan barusan memang menjadi bahan perbincangan oleh para pegiat teknologi, khususnya bagi mereka yang tidak rela fitur “ciri khas Windows” diganti.

ads

Terlepas dari kelebihan dan kekurangan Windows 8 yang disebutkan di atas, faktanya masih ada pengguna laptop atau komputer yang menggunakan Windows 8. Nah, mereka mungkin pernah merasakan saat ketika Windows 8-nya tidak muncul dan malah muncul black screen. Bisa jadi, Anda juga pernah mengalaminya?

Lalu, gimana sih cara mengatasi black screen Windows 8? Kali ini, kami akan membahasnya untuk Anda. Namun sebelum itu, kami jelaskan dahulu beberapa penyebab black screen pada laptop atau komputer yang biasa ditemukan.

Penyebab Black Screen (Layar Hitam)

Dengan mengetahui apa saja penyebab black screen pada OS Windows 8, maka Anda bisa menghindari munculnya masalah tersebut sekaligus mengantisipasi jika beberapa indikasi telah dialami oleh laptop atau komputer Anda. Dengan begitu, Anda bisa mencegah terjadinya black screen pada Windows 8 dengan cepat dan efektif. Berikut ini adalah beberapa macam penyebab black screen atau penyebab layar laptop blank pada Windows 8:

  • Layar rusak. Jika monitor atau layar rusak, maka OS Windows 8 tidak bisa muncul walaupun sebenarnya dari segi perangkat keras lainnya tidak bermasalah.
  • Driver VGA bermasalah. Masalah di sini bisa berupa corrupt, tiba-tiba mengeluarkan pesan BSOD, dan lainnya
  • Sistem Windows bermasalah. Untuk satu ini, biasanya terindikasi dari munculnya pesan BSOD dari Windows pada layar sebelum black screen.
  • Kabel penghubung layar rusak. Jika Anda menggunakan laptop, kemungkinan besar kabel penghubung layar terhimpit oleh komponen lain di dalam laptop. Sedangkan jika Anda menggunakan komputer, mungkin saja kabel VGA dari CPU ke monitor tidak tersambung dengan baik.
  • Pin konektor rusak. Khusus komputer, jika Anda telah memastikan kabel VGA tidak bermasalah, kemungkinan besar ada masalah pada pin konektor VGA di monitor atau CPU.
  • RAM rusak atau bermasalah. Untuk satu ini, biasanya terdeteksi dari munculnya pesan BSOD dari Windows pada layar sebelum black screen.
  • Harddisk rusak. Black screen pada kasus ini adalah akibat dari gagalnya sistem untuk meng-load sistem operasi yang terinstal di dalam harddisk.
  • Software hang atau bermasalah. Jika Anda mengalami masalah black screen ketika hendak menjalankan sebuah software, bisa jadi software tersebut bermasalah. Untuk kembali ke Windows, tekan Ctrl + Alt + Del dan hentikan proses software yang bermasalah tersebut.

Cara Mengatasi Layar Hitam

Setelah tadi Anda tahu apa saja penyebab dari black screen pada Windows 8, kali ini saatnya Anda untuk tahu cara mengatasi black screen Windows 8? Berikut ini cara-caranya:

  1. Mengganti monitor atau layar

Coba ganti layar laptop atau monitor komputer Anda dengan yang baru, meskipun cara ini akan membutuhkan uang yang cukup banya. Oleh karena itu, ada baiknya jika Anda meminta bantuan kepada orang yang ahli, kecuali jika Anda memiliki keahlian untuk melakukannya.


Cara ini perlu dilakukan jika memang penyebab kerusakan adalah dari monitor atau layar komputer Anda. Untuk memastikan apakah layar laptop atau monitor komputer Anda rusak atau tidak, Anda bisa membawanya ke toko reparasi terdekat untuk dilihat kondisi fisiknya secara langsung.

  1. Mengganti konektor/pin monitor

Bisa saja, black screen pada layar atau monitor terjadi karena masalah konektor atau pin VGA. Hal tersebut bisa terjadi karena kondisi kabel, konektor, atau pin, yang rusak secara fisik akibat benturan, terjepit, dan lainnya. Oleh karena itu, Anda perlu menggantinya agar layar laptop atau monitor komputer Anda bisa kembali berfungsi dengan normal. Cara ini juga bisa Anda lakukan sebagai cara memperbaiki layar laptop bergaris.

  1. Instal ulang Windows

Pada beberapa kasus, black screen adalah akibat dari sistem Windows 8 yang bermasalah dan tidak dapat berfungsi dengan baik. Kerusakan tersebut misalnya akibat adanya file sistem yang corrupt, driver yang rusak, dan lainnya. Oleh karena itu, salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan melakukan instal ulang Windows pada laptop atau komputer Anda. Dengan begitu, maka Anda akan mendapatkan sistem Windows yang bersih dan “segar” seperti saat pertama diinstal. Cara ini juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi layar hitam pada laptop Windows 7. Eitsss, sebelum instal ulang, backup dahulu data-data yang Anda punya, terutama pada partisi sistem.

  1. Mengganti RAM atau Harddisk

Jika RAM rusak atau bermasalah, maka prosesor tidak bisa memproses data dengan baik. Begitu pun jika harddisk rusak, juga bisa membuat sistem Windows tidak bisa membaca file sistem dengan baik. Akibatnya, munculah kasus blank screen yang menunjukkan bahwa tidak ada masukan data pada prosesor atau tidak ada sistem yang bisa diload oleh komputer Anda.

Untuk memeriksa apakah RAM atau harddisk rusak atau tidak, Anda bisa melakukannya dengan cara memasang RAM atau harddisk Anda ke komputer atau laptop lainnya. Dengan begitu, Anda bisa tahu jika RAM atau harddisk Anda rusak atau tidak dengan cepat. Jika Anda tidak memiliki laptop atau komputer lain, maka Anda bisa membawanya ke tukang reparasi terdekat. Komponen yang rusak ini juga bisa menjadi penyebab laptop tidak mau menyala lampu indikator hanya berkedip.

Apabila ternyata salah satu atau kedua komponen tersebut memang bermasalah, maka mau tidak mau Anda harus mengganti RAM atau harddisk yang rusak tersebut. Saat ini, sudah banyak jenis RAM dan harddisk yang bisa Anda pilih. Namun, Anda harus mencocokannya dengan spesifikasi dari laptop atau komputer Anda.

  1. Instal ulang driver VGA

Apabila penyebab dari black screen tersebut adalah driver VGA yang bermasalah atau rusak, maka Anda bisa memperbaikinya dengan cara menginstal ulang driver VGA yang Anda instal sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa memperbaiki driver VGA yang bermasalah tersebut agar dapat kembali berfungsi dengan normal. Eitsss, pastikan bahwa yang benar-benar rusak bukanlah layar atau monitor dengan memerhatikan beberapa hal, salah satunya yaitu ciri ciri lcd laptop rusak.


Jika Anda tidak bisa sama sekali menggunakan komputer Anda karena layar yang langsung blank saat masuk ke sistem Windows, maka Anda bisa mencoba untuk memperbaiki layar atau monitor Anda dengan masuk ke “Safe Mode” Windows 8 yang bisa Anda akses dengan cara menekan F8 atau melakukan interrupt saat proses booting ke Windows. Prinsipnya, dengan masuk ke “Safe Mode”, Anda dapat men-disable driver yang bermasalah dan menghapusnya agar bisa kembali ke mode normal Windows untuk menginstal driver baru.

Sekian artikel kali ini seputar cara mengatasi black screen windows 8. Semoga artikel kali ini dapat membantu Anda untuk memperbaiki black screen pada Windows Anda.

, , ,
Oleh :
Kategori : Troubleshooting