Home » Jaringan Komputer » Hardware Jaringan » Inilah 7 Fungsi Localtalk Connector dalam Jaringan Komputer

Inilah 7 Fungsi Localtalk Connector dalam Jaringan Komputer

by Elang Hendy Subrata

Perangkat keras jaringan komputer memiliki banyak jenisnya. Seiring dengan perkembangan jaringan komputer di dunia, perubahan pada perangkat kerasnya pun tidak bisa dihindari. Hal ini tentunya bertujuan untuk memperlancar transfer data yang semakin baik dan semakin mudah digunakan.

Salah satu jenis perangkat keras jaringan komputer yang digunakan oleh beberapa PC, yakni Localtalk Connector. Jenis perangkat keras ini mungkin masih asing di beberapa kalangan jika dibandingkan dengan kartu jaringan Ethernet. Meskipun begitu, localtalk connector ini memiliki beberapa fungsi yang belum diketahui banyak orang. Untuk mengetahuinya, berikut ulasannya.

1. Khusus untuk Processor Macintosh

Pada dasarnya, Localtalk Connector memang dirancang dan dibuat sendiri oleh Apple Computer, inc. Maka dari itu beberapa komputer yang menggunakan Sistem Operasi Macintosh, kebanyakan menggunakan sistem jaringan ini. Seperti yang kita ketahui bahwa Apple dan Microsoft sudah bersaing sejak lama sebagai perusahaan teknologi komputer terbaik di dunia. Selain membuat sistem operasi sendiri, Apple juga membuat perangkat jaringan keras sendiri yang bernama Localtalk Connector ini.

2. Menggunakan metode CSMA/CA

Metode yang digunakan pada localtalk connector adalah metode CSMA/CA atau singkatan dari Carrier Sense Multiple Access With Collison Avoidance. Dengan menggunakan metode ini, node jaringan yang akan mengirimkan data ke node tujuan akan memastikan dulu apakah jaringan sedang digunakan atau tidak. hal tersebut bertujuan agar tidak terjadi tabrakan data. Metode ini juga sering digunakan pada jaringan LAN, MAN, dan WAN.

3. Dapat menghubungkan beberapa komputer yang melewati port serial

Salah satu fungsi yang cukup berguna dengan menggunakan Localtalk connector ini adalah dapat menghubungkan beberapa komputer yang melewati port serial. Hal tersebut disebabkan localtalk connector menggunakan adaptor localtalk dan juga menggunakan kabel twisted pair khusus. Seperti yang kita tahu bahwa jenis kabel twisted pair merupakan sebuah jenis kabel UTP yang konsepnya adalah dua konduktor digabungkan agar mengurangi terjadinya gangguan eletromegnetik.

4. Cocok digunakan pada model topologi bus, star dan tree

Topologi jaringan komputer saat ini memiliki cukup banyak tipe yang sering digunakan. Secara sederhana, topologi jaringan merupakan desain jaringan komputer yang dibutuhkan oleh berbagai teknisi jaringan agar dapat membantu pembangunan jaringan sebuah komputer. Untuk localtalk connector sendiri, cocok digunakan untuk model topologi bus, topologi star, dan topologi tree. Bisa dikatakan localtalk connector dapat digunakan untuk desain jaringan yang populer digunakan di dunia.

5. Dapat dihubungkan pada port pinter

Keunikan yang didapat dengan menggunakan localtalk connector ini adalah dapat dihubungkan pada port printer. Pada localtalk connector, terdapat sebuah kotak adapter yang khusus dibuat untuk printer. Hal ini membuat localtalk connector cukup multifungsi sehingga tidak perlu memasang port tambahan untuk menghubungkan PC dengan printer. Port tersebut memang senagja dibuat untuk memudahan pengguna dalam menghubungkan kabel jaringan dengan kabel printer.

6. Mendukung Sistem Operasi Macintosh

Seperti yang sudah disebutkan pada poin awal bahwa sistem localtalk connector ini dibuat oleh perusahaan Apple. Maka secara otomatis, protokol ini juga mendukung Sistem Operasi Macintosh. Koneksi yang digunakan oleh Macintosh sendiri dapat menghubungkan ke beberapa komputer menggunakan sistem jaringan peer-to peer. Artinya, untuk menghubungkan jaringan, tidak menggunakan aplikasi khusus atau tambahan.

7. Mendukung jenis kabel twisted pair

Kabel twisted pair atau biasa disebut dengan UTP merupakan salah satu jenis kabel jaringan yang digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lain. Kelebihan dari jenis kabel UTP ini adalah dapat mengurangi terjadinya interfensi dari arus listrik. Pada umumnya kabel ini menggunakan empat hingga delapan kabel dengan warna yang berbeda-beda.

Localtalk connector dapat mendukung kabel tipe ini dalam menghubungkan jaringan pada komputer. Kabel Utp dapat mendukung transfer data yang mencapai 100 Mbps. Oleh sebab itu, jenis kabel yang satu ini masih sering digunakan sebagai media transfer data kabel pada komputer.  

Jika kita melihat dari beberapa fungsi yang sudah dijabarkan, bisa kita simpulkan bahwa sistem topologi Localtalk connector ini merupakan salah satu terobosan baru di dalam dunia jaringan komputer. Bahkan, jika dibandingkan dengan jaringan ethernet, sistem yang diberikan oleh localtalk connector ini terlihat seperti versi pembaharuannya.

Akan tetapi, ada satu kekurangan yang dimiliki protokol ini. kelemahannya ada di kecepatannya yang maksimal mencapai 230 Kbps atau sekitar 0,23 Mbps saja. jika melihat kecepatan seperti itu di zaman sekarang, tentunya sudah sulit dipakai lagi. Bisa kita lihat di zaman sekarang, minimal untuk melakukan transfer data diperlukan 1 Mbps. Maka dari itu, localtalk connector sudah jarang digunakan kembali saat ini. meskipun begitu, melihat dari sisi sejarahnya, protokol ini tetap masuk sebagai salah satu perangkat keras jaringan komputer bersejarah.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk Anda semua.

You may also like