Home » Jaringan Komputer » Hardware Jaringan » Inilah 7 Fungsi Token Ring Card dalam Jaringan Komputer

Inilah 7 Fungsi Token Ring Card dalam Jaringan Komputer

by Elang Hendy Subrata

Untuk dapat menghubungkan komputer dengan jaringan internet maupun perangkat lainnya, maka diperlukan sebuah perangkat keras jaringan komputer. Saat ini mungkin kamu lebih kenal dengan jaringan ethernet sebagai media untuk menghubungkan jaringan komputer. Namun, perlu kamu tahu bahwa perangkat jaringan komputer masih banyak jenisnya. Salah satunya adalah Token Ring Card.

Secara singkatnya, Token Ring Card merupakan salah satu perangkat jaringan yang kembangkan oleh IBM. Sistem kerjanya sendiri adalah menggabungkan setiap perangkat komputer seolah-olah membentuk sebuah cincin atau lingkaran. Untuk mengetahui paa saja fungsi dari token ring card ini, berikut ulasannya.

1. Memberikan akses yang sama pada setiap perangkat

Penggunaan token ring card ini memiliki akses yang sama pada setiap perangkat. Misalkan saja jika perangkat komputer “A” akan mengirimkan data ke perangkat “B” yang secara bersamaan sedang mengirimkan data ke perangkat “C”, maka data yang terkirim tidak akan mengalami tabrakan. Hal ini tentunya memudahkan pengguna dalam mengirimkan data.

2.Tabrakan data bisa dihindari

Dengan menggunakan token ing card, tabrakan data antara perangkat satu dengan perangkat lainnya bisa dihindari dengan mudah. Hal tersebut bisa terjadi karena kartu jaringan ini menggunakan aliran topologi ring. Hal tersebut membuat arah aliran data hanya dilakukan dalam satu arah saja. Dengan begitu, collision data atau terjadinya tabrakan data bisa dilewati.

3.Dapat mengatasi arus lalu lintas data yang padat

Penggunaan token ring card ini dapat melayani aliran data yang cukup padat. Hal tersebut disebabkan transfer data menggunakan token ring card ini dapat mengalir dari kiri maupun kanan perangkat. Aliran data tersebut juga dipengaruhi oleh sistem topologi yang dipakai yakni topologi Ring. Meskipun arus data yang mengair cukup banyak, tidak akan terjadi tabrakan data yang tidak diinginkan.

4.Token Ring Card terdapat Access Priority

Salah satu fungsi yang ada di dalam token ring card ini dapat digunakan sebagai access priority. Dengan menggunakan akses ini, perangkat dapat menggunakan prioritas utama saat menggunakan topologi ring. Seperti yang telah diketahui bahwa penggunaan topologi ring terdapat beberapa perangkat yang menggunakan akses khusus untuk dapat mengirimkan data maupun pesan secara bebas. Dengan begitu, tidak sembarangan perangkat dapat mengaksesnya.

5.Token Ring Card mendukung alamat MAC

Mungkin kamu belum memahami apa itu alamat MAC. Umumnya, jika kamu sudah mengetahui NIC atau Network Interface Card, maka pengertian alamat MAC pun seharusnya sudah paham. Seara singkat alamat MAC merupakan sebuah identitas unik yang diberikan produsen ke pada sebuah perangkat jaringan. MAC sendiri merupakan kepanjangan dari Media Access Control.

Dengan menggunakan Token Ring Card, pengguna  dapat mengenai identitas perangkat jaringan dengan mudah tanpa harus menggunakan alat lainnya. Hal tersebut berbeda dengan perangkat lainnya yang harus menggunakan alat lain untuk dapat membaca alamat MAC pada perangkatnya.

6. Memudahkan sistem jaringan Topologi Ring

Apabila sistem jaringan yang dikembangkan oleh penggunan menggunakan jenis Topologi Ring, maka Token Ring ini bisa menjadi pilhan terbaik. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa perangkat ini sangat mudah diaplikasikan serta memudahkan setiap perangkat untuk saling berkomunikasi tanpa mengalami hambatan. Bisa dikatakan token ring card ini sengaja dibuat untuk memudahkan pengguna saat menggunakan konsep jaringan opologi ring untuk setiap perangkatnya.

7. Biaya yang lebih murah

Fungsi yang terakhir dari sisi harga. perlu kamu kamu ketahui bahwa untuk memasang sebuah jaringan pada perangkat, banyak faktor yang harus diperhiungkan. Salah satu faktor penentunya adalah dari sisi biaya. Token ring card bisa dikatakan memiliki harga yang lebih ekonomis jika dibandingkan perangkat jaringan lainnya. Apalagi siste topologi ring termasuk tidak terlalu membutuhkan banyak kabel serta perangkat yang dibutuhkan. Otomatis, biaya yang dikeluarkan pun bisa lebih ditekan.

Itulah beberapa fungsi token ring card dalam sebuah jaringan komputer. Meskipun terlihat memiliki banyak fungsi yang dibutuhkan oleh perangkat komputer, saat ini penggunaan token ring card sudah digeser oleh Ethernet. persaingan dengan sistem jaringan pada ethernet serta perkembangan jaringan komputer di seluruh dunia telah mengakhiri karir dari token ring card ini.

Apalagi, sekarang sistem topologi tidak selalu bergantung pada topologi ring. Dengan adanya sistem topologi broadcast yang jauh lebih luas, penggunaan topologi ring  murni pun sudah lama ditinggalkan. Mskipun begitu, kita harus berterima kasih pada perusahaan IBM karena telah melahirkan perangkat ini.

Tanpa adanya IBM, maka perkembangan jaringan komputer di seluruh dunia tidak akan seluas ini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat yang besar untuk pembaca semua.

You may also like