Home » Jaringan Komputer » Teknologi Jaringan » Inilah 7 Keunggulan Jaringan 5G yang Bermanfaat di Masa Depan

Inilah 7 Keunggulan Jaringan 5G yang Bermanfaat di Masa Depan

by Elang Hendy Subrata

Beberapa bulan terakhir ini, kita sudah sering mendengar bahwa teknologi jaringan 4G sebentar lagi akan digantikan oleh jaringan 5G. Isu ini bukanlah isapan jempol belaka karena beberapa ahli telekomunikasi di dunia saat ini masih melakukan uji coba terhadap jaringan 5G ini.

Mungkin buat kita yang hanya pengguna biasa berpikir bahwa jaringan 4G saja sudah cukup cepat, untuk apa harus melakukan pengembangan jaringan 5G? Buat kamu yang penasaran apa saja keunggulan jaringan 5G untuk masyarakat luas, berikut ulasannya.

1.Koneksi internet menjadi lebih cepat

Bagian pertama ini tentunya merupakan keunggulan dasar pada jaringan 5G. Sesuai dengan nama generasi jaringan ini, kecepatan data transfer yang akan diperoleh diklaim bisa dua kali lipat dari kecepatan 4G. Hal tersebut tentunya sangat menguntungkan bagi beberapa orang yang sangat bergantung pada internet. Khususnya bagi pengusaha dan para pebisnis.

2.Dapat menghemat baterai smartphone

Keunggulan selanjutnya akan sangat membantu pengguna smartphone. Sebab, jaringan 5G ini dapat menghemat baterai pada smartphone. Seperti yang kita tahu bahwa baterai pada smartphone rata-rata tidak dapat bertahan seharian penuh. Penyebab baterai cepat boros antara lain dusrasi penggunaanya yang terlalu sering hingga jaringan 4G yang digunakan. Banyak cara agar baterai android awet dan taha lama, namun cara tersebut tidak selalu berhasil.

Nah dengan pengembangan jaringan 5G ini, ponsel tidak harus bekerja keras untuk mencari sinyal layaknya pada jaringan 4G maupun 3G. Hal tersebut disebabkan pada jaringan 5G cakupannya jauh lebih luas dan terjangkau dari kota hingga daerah.

3.Aktivitas lebih efisien dan cepat

Sama halnya dengan poin pertama. Dengan jaringan 5G ini, pekerjaan pun menjadi lebih cepat dari biasanya. Contohnya saja, jika menggunakan jaringan 4G memakan waktu 10 menit untuk unggah file yang besar, maka dengan jaringan 5G, waktu yang ditempuh bisa lebih cepat dari sebelumnya. hal ini tentunya sangat menghemat biaya dan waktu.

4.Dapat digunakan sebagai media pengawasan jarak jauh

Saat ini penggunaan CCTV telah digunakan hampir disetiap tempat. Baik itu di sekolah, SPBU, kantoran, kafe, bahkan beberapa toko kelontong pun sudha menggunakan CCTV sebagai alat pengamanan secara elektronik. Akan tetapi, untuk melakukan pengaturan tersebut, kita harus melakukannya secara manual dan kalaupun menggunakan remote, hanya dapat dilakukan pada jarak yang dekat.

Saat kita ingin emngatur CCTV pada toko yang kita kelola, kita tidak harus melakukannya secara manual. Cukup dengan menggunakan smartphone yang terkoneksi jaringan dengan CCTV, kita dapat melakukan pengaturan meskipun kita tidak ada di tempat.

5.Dapat mengontrol PC dari jarak jauh

Selain perangkat seperti CCTV, perangakat PC dan laptop pun juga dapat dikontrol dengan menggunakan jaringan 5G ini. hampir sama dengan konsep yang ada pada CCTV, dengan memanfaatkan jaringan Wifi yang ada pada perangkat PC atau laptop dan pada smartphone, kita dapat mengaturnya dalam jarak jauh. Bahkan, PC maupun laptop ini bisa menjadi CCTV dadakan dengan catatan memiliki kamera webcam. Dengan hal ini, kita dapat menjamin keamanan di dalam rumah saat kita berada di luar.

6.Dapat “berbicara” pada sesama kendaraan

Hal canggih lainnya adalah jaringan 5G ini nantinya akan disematkan pada kendaraan umum, terutama mobil. Saat ini, pengembangan 5G memungkinkan pemilik kendaraan mobil dapat berkomunikasi satu sama lain saat di jalan. Hal ini sangat diperlukan terutama untuk beberapa orang yang ingin melakukan konvoi. Dengan komunikasi lancar seperti 5G, setiap kendaraan dapat terlacak dengan mudah.

7.Dapat mendeteksi adanya bencana alam dan juga orang yang hilang

Terakhir adalah jaringan 5G dapat digunakan untuk mendeteksi adanya bencana alam dan pencarian orang hilang. Bencana alam memang tidak ada yang tahu kapan akan datang, namun bukan bearti tidak bisa diprediksi. Saat ini, alat pendeteksi bencana seperti gempa, tsunami, dan gunung meletus memang telah ada. Nantinya, jaringan 5G ini akan memiliki kemampuan yang mirip dengan alat tersebut. Dengan begitu, kita dapat waspada apabila bencana terjadi kapan pun.

Selain itu, jaringan 5G juga dapat digunakan sebagai alat pelacak orang hilang. Konsepnya sendiri hampir mirip dengan cara melacak orang dengan GPS. Dengan begitu, jaringan ini dapat membantu tim evakuasi untuk pencarian orang hilang atau korban kecelakaan yang tidak mudah ditemukan.

Itulah keunggulan jaringan 5G yang sangat bermanfaat di masa depan. Perkembangan jaringan komputer terus-menerus membuat kita merasakan kemudahan dalam berbagai hal. Meskipun saat ini hanya masih dalam tahap pengembangan dan baru beberapa kalangan yang sudah memakainya, namun bukan berarti kita sebagai rakyat biasa tidak dapat menggunakannya. Sama halnya dengan jaringan 4G, seiring dengan berjalannya waktu kita dapat merasakan jaringan 5G di kemudian hari. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca.

You may also like