8 Jenis Komputer Server dan Penjelasannya Terlengkap

Perkembangan dunia komputer sudah semakin menyebar di dalam masyarakat. Kini semua lapisan masyarakat sudah merasakan manfaat yang didapatkan dari perkembangan komputer ini. Mulai dari sekadar mencari informasi yang bermanfaat sampai ke tingkat yag lebih resmi seperti pendaftaran secara online.

ads

Akan tetapi, risiko dalam menggunakan komputer dan juga jaringan internet dalam melakukan transaksi adalah sering terjadinya error. Error yang terjadi pada sebuah website selalu terjadi karena ada masalah di dalam server jaringan. Pastinya kamu sering mendengar alasan ini ketika terjadi masalah pada sebuah website. Namun, apakah kamu sendiri tahu apa itu komputer server?

Ciri-ciri Server

Pada umumnya, server merupakan sebuah sistem pusat jaringan yang memberikan pelayanan pada komputer client. Jenis layanan yang server berikan sangat bergantung dengan layanan yang diminta oleh komputer client. Beberapa hal yang menjadi ciri khas dari komputer server adalah sebagai berikut.

  • Berdiri sendiri

Maksud dari berdiri sendiri adalah komputer server tidak membutuhkan komputer client untuk dapa menjalankan datanya. Sebab, komputer server adalah pusat dari semua data yang nantinya akan disebarkan pada komputer client. Berbeda dengan komputer client yang sangat tergantung dengan komputer server. Sebab, seperti yang sudah disebutkan di awal. Ketika komputer server bermasalah maka website yang disebarkan pada komputer client pun juga bermasalah

  • Spesifikasi yang lebih tinggi

Cara memilih komputer server adalah menggunakan spesifikasi komputer yang jauh lebih tinggi. Itulah perbedaan komputer server dengan komputer biasa Contohnya saja, RAM yang digunakan pada umumnya lebih dari 6 GB. Begitu juga dengan memori ROM yang digunakan harus lebih besar dari komputer client. Hal ini bertujuan agar kinerja pada komputer server tidak sampai menghambat ke komputer client sehingga tidak menimbulkan masalah.

  • Menggunakan sistem operasi khusus

Komputer server tidak menggunakan sistem operasi yang selama ini beredar di masyarakat seperti sistem operasi Windows. Pada umumnya sistem operasi yang digunakan komputer server adalah sistem operasi server. Tujuan menggunakan sistem operasi khusus adalah untuk menjaga data-data yang ada pada server sehingga tidak bisa dibongkar oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Jenis-jenis komputer server

Komputer server memiliki banyak jenisnya. Jenis-jenis komputer server dibedakan berdasarkan fungsi komputer server dan juga ciri-ciri yang digunakan. Untuk mengetahuinya lebih dalam, berikut daftarnya.

  1. News Server

News server merupakan sebuah komputer server yang mempunyai data-data yang berhubungan dengan macam-macam berita. Di dalam news server ini, pengguna dapat mengakses berita-berita yang selama ini dibaca secara online, baik itu masih baru maupun yang sidah lama diterbitkan. Selain menampung data-data berita, news server juga berperan dalam menyalurkan berita-berita yang sudah dibuat ke berbagai jaringan di seluruh dunia.

  1. Aplikasi Server

Aplikasi server adalah sebuah server yang bertugas untuk menyambungkan pengguna dengan database sebuah aplikasi. Pada umumnya, aplikasi-aplikasi yang berbasis online akan menggunakan jenis aplikasi server ini. Hampir sama dengan news server, data-data yang disimpan dalam server ini merupakan basis data yang berhubungan dengan kinerja sebuah aplikasi yang digunakan client. Contohnya aplikasi game di dalam smarthphone, aplikasi akuntansi, dan aplikasi-aplikasi lainnya.

  1. Mail server

Sesuai dengan namanya, server mail server lebih berfokus kepada data-data yang berhubungan dengan email dari komputer client. Contoh paing mudah adalah Gmail, Yahoo mail, dan lain-lain. Dengan banyaknya jumlah email yang selalu ada setiap saat di seluruh dunia ini, bisa kamu banyangkan sebesar apa kapasitas memori yag ada pada server milik Google maupun Yahoo saat ini.


  1. Telnet Server

Buat kamu yang sering melakukan login maupun logout ketika masuk ke dalam suatu aplikasi, maka Telnet server ini penanggung jawabnya. Telnet server memiliki tugas untuk mengkoodinir komputer pada saat client akan melakukan login maupun logout.

  1. Proxy Server

Di dalam sebuah server, terdapat seorang “pengawas” dalam lalu lintas yang terjadi antara server dan juga client. Nama server tersebut adalah Proxy Server. Proxy Server adalah server yang memiliki tugas untuk mengawasi jalannya koneksi, pembatasan data permintaan.dan juga memeriksa kinerja pada koneksi.

  1. Web server

Nah, buat  kamu yang sering mengunjungi situs-situs yang ada di dalam website, server yang digunakan untuk dapat menjalankan fitur –fitur di dalam website adalah web server. Di dalam web server terdapat fitur-fitur dan juga data-data yang berhubungan dengan website tersebut.

  1. Audio dan Video Server

Buat kamu yang sering menjelajahi website yang lebih fokus pada konten video dan juga audio seperti Youtube, Soundcloud, Spotify, dan lain-lain, maka server yang digunakan untuk mengatur semua konten tersebut menggunakan Audio dan Video Server. Selain itu, website yang menyajikan konten video dan audio juga menggunakan server ini.

  1. FTP Server

FTP Server merupakan sebuah server yang lebih fokus dalam mengkoordinasi perpindahan data yang terjadi pada sebuah website. Contohnya saja, ketika kamu ingin mengunggah ataupun mengunduh suatu file yang ada di dalam suatu website, maka hal itu diatur pada FTP server.

Itulah ciri-ciri komputer server berdasarkan jenis yang digunakan, semoga artikel ini berguna untuk kamu semua.

, ,