Begini 5 Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring

Mungkin kamu pernah melihat sebuah komputer yang sebut saja komputer A terhubung dengan komputer B. Lalu komputer B juga terhubung denga komputer C. Terus begitu sampai akhirnya komputer selanjutnya juga terhubung dengan komputer A. komputer-komputer yang saling terhubung tersebut merupakan contoh dari Topologi Ring.

ads

Jadi, apa itu Topologi Ring? Topologi Ring merupakan sebuah topologi jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Hubungan jaringan komputer ini seolah-plaj membentuk sebuah cincin. Pada umumnya abel yang digunakan pada topologi ring ini merupakan kabel jenis BNC. Oleh sebab itu, topoogi ring ini tidak perlu terminator untuk menghubungkannya.

Pada topologi ring, cukup sering ditemukan pada beberapa perusahaan. Tipikal karakter pada bagian topologi ring ini, bagian token akan melalui bagian titik yang nantinya akan muncul perintah tentang informasi yang melewatinya. Jika dibolehkan, maka token  akan mempersilakan data sehingga dapat berjalan kembali. Sebaliknya, jika tidak boleh, maka token akan melewati satu titik saja. Jika kita melihat karateristiknya, topologi ring ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Di dalam satu jaringan, komputer satu dan komputer lainnya dapat saling terhubung. Tidak hanya pada komputer, tapi juga berlaku untuk perangkat-perangkat lainnya dengan syarat masih dalam satu jaringan.
  • Apabila satu titik mengaami kerusakan, maka kerusakan juga terjadi pada titik yang lain. Akan tetapi dengan syarat masih dalam satu karingan.
  • Data-data yang mengalir dalam satu jaringan bisa dilakukan dari dua sisi, yakni sisi kanan dan juga sisi kiri.
  • Setiap titik-titik yang terhubung pada setiap komputer atau setiap perangkat memiliki pola yang seolah-olah membentu lingkaran.
  • Ketika akan melakukan proses pengiriman sebuah data, maka data tersebut hanya bisa dilakukan pada satu titik saja dalam satu waktu.

Setelah kita melihat karakter dari topologi ring, maka langkah selanjutnya adalah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan topologi ring. Untuk mengetahuinya, berikut adalah bagian kelebihannya terlebih dahulu.

1. Pemasangannya mudah

Kelebihan pertama jika menggunakan topologi ring ini adalah sangat mudah dalam bagian pemasangannya. Hal ini bisa terjadi karena topologi ring  sendiri memang sangat sederhana dalam tahapan perancangan dan juga pemasangannya. Dengan begitu, tidak perlu menggunakan metode-metode yang rumit seperti topologi yang lainnya.

2. Unggul dalam sisi performa

Jika kita melihat dari sisi performanya, topologi ring lebih unggul dibandingkan toplologi yang lainnya. Bahan topologi ring dapat mengalirkan data yang lebih besar sekalipun dengan lancar.

3. Mudah dalam memperbaiki kesalahan

Ketika terjadi kesalahan pada topologi ring, maka cara untuk mengetahui penyebabnya cukup mudah dikenali. Sebab, seperti yang sudah disebutkan pada bagian sebelumnya bahwa topologi ring melewati setiap perangkat secara berurutan. Artinya, ketika ada masalah pada bagian pertama, sudh dipastikan penyebabnya adalah pada perangkat sebelumnya.

4. Hemat kabel

Dengan menggunakan metode topologi ring, kabel yang digunakan pun bisa lebih hemat. Sebab, seperti yang telah disebutkan sebelumnya jika topologi ring hanya menghubungkan satu komputer atau satu perangkat ke perangkat lainnya secara berurutan sehingga lebih mudah mengatur kabel yang dibutuhkan.

5. Arus data lebih cepat

Dengan menggunakan metode topologi ring ini, arus data dalam perangkat satu ke perangkat lainnya dapat dilakukan dengan lebih cepat. Hal tersebut bisa terjadi karena metode topologi ring ini dapat mengambil dari dua jalur server. Bisa dari server kiri dan bisa dari server kanan. Maka dari itu, arus datanya bisa lebih cepat.

Setelah mengetahui kelebihan dari topologi ring, berikutnya kita simak apa saja kelemahan dari topologi ring berikut ini.

1. Satu kesalahan fatal akibatnya

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, jika ada satu kerusakan saja, maka akan berpengaruh terhadap seluruh jalannya sistem. Tentu saja semua sistem akan langsung terganggu bahkan terhenti.


2. Tidak fleksibel

 Dibandingkan dengan topologi lainnya, topologi ring adalah metode yang topologi yang tidak fleksibel. Hal tersebut disebabkan topologi jenis ini harus memperhitungkan perangkat-perangkat dan juga jaringan yang digunakan. Mengubah perangkat dan jaringan dapat berpengaruh terhadap jalannya sistem pada perangkat.

3. Bergantung dengan node

Penggunaan metode ini sangat bergantung dengan node. Tanpa node yang ada di jaringan maka komunikasi data akan sering berubah-ubah dan tidak tetap.

4. Jaringan sangat tergantung Jumlah komputer

Semakin banyak jumlah komputer yang harus dipasang, maka arus data yang menggunakan topologi ring ini juga semakin kecil. Hal ini tentunya akan sangat merugikan pada komputer-komputer tertentu yang membutuhkan arus data yang kencang.

5. Hanya dapat digunakan pada komputer skala kecil

Spesifikasi komponen komputer juga berpengaruh terhadap topologi ring ini. Semakin besar spesifikasi komputer yang dipakai, maka semakin susah digunakan metode topologi ring. Oleh sebab itu, hanya komputer dengan spesifikasi kecil saja yang dapat menggunakan topologi ring.

Itulah kelebihan dan kekurangan topologi ring dalam jaringan komputer. meskipun topologi ring masih cukup banyak digunakan pada beberapa perusahaan. tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan jaringan komputer terus maju dengan beberapa topologi lainnya yang juga telah berkembang lebih kompleks. namun, jika kamu menginginkan metode jaringan yang sederhana dan tidak membutuhkan biaya yang besar, maka topologi ring bisa menjadi solusimu. Semoga dapat menjadi manfaat untuk kamu semua.

, , , ,