Home » Software » 10 Perangkat Lunak Situs Web Desain Terbaik Selain Adobe

10 Perangkat Lunak Situs Web Desain Terbaik Selain Adobe

by syifaul fuadi
by syifaul fuadi

Pekerjaan seorang desainer web membutuhkan banyak alat, beberapa di antaranya adalah gratis, sementara yang lain memerlukan langganan yang agak mahal. Karena itu, perancang web biasanya membutuhkan beberapa opsi perangkat lunak ini untuk melengkapi kotak peralatan mereka sendiri, tidak hanya satu. Itulah mengapa kami ingin menguraikan perangkat lunak desain situs web terbaik yang tersedia untuk membangun situs web yang hebat untuk anda.

Kami akan membahas semuanya mulai dari alat desain grafis dasar, hingga editor teks, hingga perangkat lunak UX yang lebih canggih, dan segala sesuatu diantaranya. Ini adalah yang terbaik dari yang terbaik, dengan beberapa menyebutkan sistem pengelolaan konten juga!

1. Figma

Figma berfungsi sebagai alat kolaborasi dan prototipe utama untuk tim desainer kecil hingga besar. Perangkat lunak figma dibuat untuk meningkatkan alur kerja tim secara keseluruhan, sehingga anda dapat merancang situs web, membuat prototipe untuk pemangku kepentingan, lalu berkolaborasi dengan tim anda, semuanya di browser individual.

Harga Figma dimulai dari $ 0 untuk dua anggota dan tiga proyek. Peningkatan biaya $12 per editor per bulan untuk editor dan proyek tanpa batas. Ada juga rencana organisasi untuk mereka yang bekerja dengan tim besar dan mereka yang membutuhkan fitur lain seperti kepemilikan draf dan log aktifitas.

Prototipe yang efisien dilakukan dengan bantuan bingkai perangkat, overlay, dan interaksi. Anda juga bisa melibatkan seluruh tim anda dalam proses desain dengan komponen, gaya, dan pustaka tim. Secara keseluruhan, semua fitur, mulai dari komentar hingga pengeditan multilayer, menjadikannya salah satu perangkat lunak desain situs web terbaik untuk kolaborasi.

2. Adobe Photoshop

Adobe Photoshop yang sangat populer adalah perangkat lunak pengedit foto teratas untuk profesional dan amatir. Tapi bagaimana cara kerjanya utnuk desainer web? Nah, desainer web cukup sering menggunakan foto, dan banyak desainer mahir dalam banyak produk Adobe. Dengan integrasi seperti mendorong foto instan, kombinasi ini memiliki banyak tujuan untuk desainer rata-rata.

Jadi, misalnya, anda dapat mendesain gambar header yang indah untuk toko online baru yang anda buat. Semua pengeditan foto dilakukan di Photoshop, dan anda benar0benar dapat menempelkan versi grafis berlapis-lapis ke alat lain.

3. GIMP

Jika anda tidak ingin membayar untuk Photoshop, tersedia beberapa opsi menyediakan fitur serupa. Alternatif gratis yang paling populer disebut GIMP (GNU Image Manipulation System). GIMP adalah perangkat lunak sumber terbuka yang tersedia di Windows, OS X, dan Linux. Modul pengeditan manipulasi foto adalah area utama tempat sebagian besar desainer dan pengembang menghabiskan waktu mereka. Anda dapat menyelesaikan semuanya mulai dari retouching foto hingga manipulasi lanjutan. Dalam hal desain situs web, GIMP memungkinkan pembuatan ikon, tombol, gambar spanduk, dan banyak lagi. Anda bahkan dapat membuat mockup atau wireframe yang benar benar tergantung pada apa yang butuhkan.

GIMP terintegrasi dengan baik ke berbagai alat pihak ketiga. Yang hebat adalah para pengembang telah memutuskan untuk membuat integrasi dengan sebagian besar aplikasi dan perangkat lunak gratis dan sumber terbuka. Misalnya, desainer ingin memastikan bahwa semua warna situs web cerah dan akurat. GIMP bekerja dengan alat seperti SwarchBooker, Inkscape, dan Scribus untuk mengelola semua warna tersebut.

Terlbih lagi, seluruh antarmuka dapat disesuaikan dengan perangkat lunak anda yang lain. Saya merasa antarmuka tidak semodern dan bersih seperti Photoshop, tetapi fungsinya agak mirip tanpa label harga. Selain itu, Photoshop juga memiliki kurva belajar, jadi kebanyakan orang yang baru memulai dengan kedua alat ini perlu melakukan beberapa pembelajaran .

4. Webflow

Webflow adalah yang paling mendekati layanan seperti Wix sambil tetapi menyediakan alat yang sangat baik untuk perancang web yang lebih mahir. Ini adalah platform yang dihosting sepenuhnya dengan dukungan untuk hal-hal seperti e commerce dan situs web biasa. Ini adalah perangkat lunak awal yang bagus untuk desainer dengan pengetahuan pengkodean yang lebih rendah. Saya juga suka untuk desainer dengan pengetahuan pengkodean yang lebih rendah. Saya juga suka untuk desainer yang lebih mahir, karena ini mempercepat seluruh proses tanpa membuatnya bodoh .

Sistem prototipe di Webflow sangat bagus untuk agensi dan semua desainer web. Semua prototipe ini ada di dalam dasbor webflow, jadi anda tidak memerlukan perangkat lunak lain untuk melakukan ini. Selain itu, anda dapat mendesain dengan HTML dan CSS.

Dari perancang yang ramping hingga opsi untuk CMS, e commerce, dan halaman arahan, perangkat lunak Webflow adalah salah satu yang sulit untuk dilewarkan, terutama jika anda sedang mempelajari cara membuat situs web atau ingin mempercepat.

5. Sketch

Sketch memenuhi beberapa kebutuhan desain bagi mereka yang bekerja di komputer mac. Semuanya mulai dari web hingga seluler dan desain UI dimungkinkan di Sketch. Beberapa mungkin membandingkan Sketch dengan Photoshop, tetapi sebenarnya ini lebih merupakan kombinasi dari beberapa alat. Misalnya, ia memilikipengeditan vektor Illustrator dan pembuatan prototipe seperti figma.

Sketch lebih dari mampu membangun seluruh prototipe situs web, dan juga memiliki alat untuk mengeskspor kode untuk dibawa ke tempat lain. Alat kolborasi juga bagus, memberi anda dan tim cara untuk berbagi satu sama yang lain dan berkomunikasi.

Anda juga mendapatkan akses ke berbagai plugin yang hanya terhubung ke Sketch. Bersamaan dengan pengeditan non-destruktif dan ketepatan yang luar biasa, pengguna Mac harus mempertimbangkan Sketch sebagai salah satu opsi perangkat lunak desain situs web terbaik.

6. WordPress

WordPress selalu terbukti sebagai platform pembuatan situs web pembangkit tenaga listrik. Ini juga merupakan sistem manajemen konten tidak akan hilang dalam waktu dekat. WordPress memberikan opsi untuk semua jenis desainer. Pemula absolut mungkin mempertimbangkan WordPress.com, atau mereka bahkan dapat menghabiskan beberapa jam mempelajari betapa sederhananya menggunakan WordPress.

Di sisi lain, seorang desainer yang terampil memiliki kebebasan mutlak untuk memasukkan file, kode, tem, dan plugin baru. Tidak hanya itu, komunitas WordPresst juga cukup kuat dan menyenangkan untuk berinteraksi.

Begitu banyak hal yang diuntungkan dari WordPress, termasuk kemampuannya untuk mengontrol setiap aspek website anda. Saya juga suka bahwa WordPress adalah open-source, memiliki ekstensi yang luar biasa, dan murah untuk di hosting.

7. XAMPP

XAMPP adalah solusi masuk untuk mengembangkan apa pun dari situs web hingga aplikasi di lingkungan lokal. Ini berarti desainer dapat melakukan penyesuaian pada mesin mereka tanpa dilihat oleh publik. XAMPP bekerja pada beberapa platform, termasuk Windows, Linux, dan OS X. Setelah produk selesai, anda dapat memasukkan semua file anda ke host dan menerbitkannya agar dapat dilihat dunia.

Semua aplikasi web anda dapat dibuat dengan menggunakan database MySQL, PHP, dan Apache. Anda bahkan dapat memanfaatkan PHPMyAdmin untuk memudahkan pengelolaan database anda. Unduhannya gratis, dan ini memberi anda fungsionalitas untuk berbagi pekerjaan dengan beralih antara mode offline dan online. Bersama dengan alat untuk membuat alias dan mengakses log anda, XAMPP adalah salah satu perangkat lunak desain web terbaik untuk pengembangan lokal.

8. Visual Studio Code

Sebagian besar perancang dan pengembang web membutuhkan editor teks di beberapa titik waktu. Mereka berfungsi sebagai opsi hebat untuk memodifikasi koleksi file besar dan menemukan elemen tertentu dan mengubah banyak contoh. Editor teks juga bagus untuk mendapatkan visual kode yang lengkap, karena yang bagus menawarkan sintaks dan penyorotan di seluruh dokumen .

Visual Studio Code memiliki unduhan untuk Windows, Mac, dan beberapa platform lainnya. Salah satu bagian terbaik dari Visual Studio Code adalah sistem IntelliSense, yang melampaui saat menawarkan penyelesaian cerdas tergantung pada apa yang anda ketik. Ini juga membantu penyorotan standar dan alat perlengkapan otomatis yang dimiliki semua pengembang yang diharapkan dari editor teks.

Bersamaan itu, Visual Studio Code menawarkan solusi debugging yang lebih modern, menghilangkan pernyataan cetak dan sebagai gantinya membiarkan pengembang men debug dari editor. Pasangkan itu dengan perintah Git bawaan dan integrasi untuk salah satu editor teks paling mengesankan di pasar untuk opsi pengeditan teks yang sangat baik.

9. Adobe Illustrator

Adobe Illustrator adalah produk Adobe lainnya yang meruapakan bagian dari Creative Suite dan terintegrasi dengan semua produk Adobe lainnya. Ini terutama benar ketika berbicara tentang Photoshop. Illustrator adalah program desain berbasis vektor, sehingga berfungsi untuk desain yang ingin membuat logo dan grafik bergambar lainnya.

Setelah mednesain vektort, Illustrator memiliki opsi untuk mendorong produk jadi ke Photoshop. Vektor dapat tetap menjadi item berlapis, dan selalu dapat dikirim kembali ke Illustrator untuk lebih banyak penyesuaian .

Secara keseluruhan, Illustrator adalah editor vektor berkualitas tertinggi di pasaran, dan memungkinkan anda untuk menghasilkan apap pun mulai dari ilustrasi web hingga ikon dan logo. Tipografi juga sangat dapat disesuaikan untuk mengelola gaya dan menambahkan efek, yang semuanya penting untuk membuat tipografi agar terlihat bagus di desain situs web anda.

10. Coolors

Sebagian besar dari mendesain situs web melibatkan pencocokan warna dan pemilihan skema warna yang tepat berdasarkan branding dan elemen lainnya. Misalnya, klien desain dapat memberikan logo dan meminta anda mengembangkan merek untuk mereka menggunakan warna primer dan sekunder yang sama. Tapi tidak semua warna serasi! Disitulah generator skema warna seperti Coolors berperan.

Alih-alih mencoba menebak warna mana yang membuat kombinasi hebat, anda memiliki kemampuan untuk menggunakan generator yang memberi anda saran yang layak. Misalnya, anda dapat mempertimbangkan untuk menempelkan beberapa kode warna yang diinginkan. Setelah itu, Coolors menghasirkan tiga warna lagi yang tampil menyenangkan dengan pilihan anda sendiri .

Setelah anda menmukan kombinasi warna yang cocok, Coolors memiliki berbagai pengaturan untuk disesuaikan, seperti panel yang memberikan corak alternatif untuk setiap warna. Anda juga dapat berpindah-pindah warna untuk mendapatkan tampilan yang berbeda, sambil juga mengubah hal-hal seperti corak, saturasi, dan kecerahan. Dari opsi untuk memilih warna dari foto hingga membuat template untuk buta warna, Coolors memiliki apa yang anda butuhkan untuk mengelola warna.

Baiklah itu tadi 10 daftar situs web desain terbaik dipasar untuk saat ini .

You may also like

Leave a Comment