Home » Software » 5 Software Coding Terbaik di Komputer atau Laptop

5 Software Coding Terbaik di Komputer atau Laptop

by YogaBayu
by YogaBayu

Setelah kita banyak membahas mengenai pemrograman Arduino dan Bootstrap, tentunya terdapat satu hal penting yang sangat mempengaruhi pemrograman tersebut yaitu aplikasi pemrograman atau coding. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan programer untuk melakukan proses menulis, menguji, dan memperbaiki serta memelihara kode atau script yang digunakan untuk membangun suatu sistem.

Tentunya teman – teman sudah benyak mengetahui tentang aplikasi komputer yang digunakan untuk pemrograman. Bahkan ada satu aplikasi bawaan sistem operasi windows yang dapat teman teman gunakan sebagai software coding yaitu Notepad.

Notepad dapat teman teman gunakan untuk memprogram suatu sistem dengan disimpan pada format yang tepat tentunya.

Okelah langsung saja kita mulai apa saja 5 Software coding terbaik untuk komputer atau laptop.

Section Artikel

Notepad ++

logo notepad
logo notepad

Apakah ini sama dengan Notepad bawaan windows ? jawabannya tentu saja berbeda, tetapi Notepad++ merupakan aplikasi yang dikembangkan dari notepad bawaan windows. Notepad++ merupakan text editor yang berjalan pada sistem operasi windows dengan kemampuan yang dapat melakukan pembuatan, menampilkan, dan menyunting text atau source code dalam berbagai bahasa pemrograman.

Notepad++ juga merupakan Freeware atau perangkat lunak bebas yang mengantongi lisensi GNU General Public License dengan ukuran aplikasi yang terbilang paling kecil diantara yang lain yaitu hanya sekitar +- 6 mb saja. Versi terbaru dari notepad++ adalah versi 7.9.1 saat artikel ini ditulis.

Banyak sekali bahasa pemrograman yang didukung oleh notepas++ diantaranya:

  • C , C++, C#
  • HTML, PHP, MySql, CSS
  • Objective-C
  • Pascal, Perl, PHP, Postscript, PowerShell, Properties file, Python
  • XML, YAML
  • dan banyak lainnya, teman bisa cek di Bahasa Pemrograman Notepad++

Setelah mengetahui sedikit tentang Notepad++, Berikut kelebihan dalam penggunaannya:

  • Simple dan mudah – Tampilan pada Notepad++ merupakan tampilan umum yang sering kita lihat sehari hari dengan sedikit penyesuaian tentunya. Mudah karena ketika program notepad++ dijalankan akan langsung membuka file terakhir yang sebelumnya dibuka.
  • Ringan – Kelebihan yang ini sangat sulit ditandingi oleh software yang lain pasalnya ukuran notepad++ hanya sekitar 6mb dengan ada beberapa pilihan instalasi mulai dari portabel sampai intal ke sistem komputer.
  • Syntax Highlighting atau Perbedaan warna – ini merupakan fitur yang memungkinkan perbedaan warna pada syntax permograman yang memiliki bahasa pemrograman yang berbeda, sehingga kita dapat mudah untuk membedakan satu sama lain
  • Auto Complete – adalah fitur notepad yang terdapat pada versi 6.7.3 ke atas dan memungkinkan kita untuk mengetikkan sesuatu yang berpasangan dengan hanya mengetikkan salah satu nya saja contoh <html> dengan fitur ini akan langsung muncul </html>
  • Multi tab – Tampilan pada notepad++ juga mendukung multi tab atau kita dapat membuka banyak tab secara bersamaan.
  • Gratis – Seperti yang telah teman – teman ketahui sebelumnya bahwa notpad++ telah mengantongi licensi GNU General Public Licanse.

Setelah mengetahui kelebihan nya, berikut kekurangan dari notepad++:

  • Tidak ada fitur Auto update – yang dimaksud auto update disini adalah ketika kita melakukan web design maka kita perlu melihat pada Chrome (jika yang digunakan sebagai kompiler adalah chrome) setiap kali kita melakukan perubahan script dengan menyimpannya terlebih dahulu.
  • Tampilan membosankan – ini berlaku pada beberapa orang yang menggunakan aplikasi ini dalam jangka waktu yang lama (termasuk saya).

Untuk download nya silahkan teman-teman masuk ke download notepad++

Sublime Text

logo sublime text

Aplikasi selanjutnya yang sangat bagus untuk melakukan pemrograman adalah Subime Text. Sublime Text merupakan aplikasi text editor yang berbasis Python, yang kompatible dengan sistem operasi Windows, Linux, atau Mac OS. Sublime text dikembangkan oleh Sublime HQ dengan rilis pertama pada 18 Januari 2008.

Aplikasi ini merupakan Aplikasi dengan lisensi pembelian didalamnya, tetapi juga dapat digunakan secara gratis dengan jangka waktu tertentu. Ketika kita membeli lisensi nya akan membuka beberapa fitur seperti instant project switch, customize anything, goto anything, command palette, dll. Sublime Text sering di bandingkan dengan Notepad++ loh, karena kedua palikasi ini mendukung banyak bahasa pemrogaman dan memiliki fitur yang sangat membantu khususnya bagi orang yang baru mengenal pemrograman.

Kelebihan dari Sublime Text:

  • Auto Save – fitur ini pastinya sangat berguna bagi teman – teman yang sering lupa menyimpan hasil pemrograman yang memungkinkan meminimalisir kehilangan hasil pekerjaannya.
  • Ringan – Aplikasi ini tidak memakan banyak RAM atau pun penyimpanan dari komputer teman karena ukuran nya yang ringan yaitu hanya +- 10 mb (meskipun lebih ringan notepad++). Sublime Text juga terdapat versi portabel ya.
  • Split Mode – fitur ini akan terbuka setelah membeli lisensi dan memungkinkan untuk membuka 2 atau lebih program secara bersamaan tanpa berpindah – pindah tab
  • Command palette – ini merupakan fitur pencocokan untuk semua masukkan yang dimasukkan oleh keyboard
  • Goto anything – fitur ini merupakan navigasi cepat ke file, project atau simbol .

Kekurangan dari Sublime text:

  • Beberapa fitur tidak tersedia secara gratis
  • Saya saran kan teman – teman mempelajari shorcut keyboard pada sublime text karena ada beberapa fitur yang ditampilkan dengan shortcut seperti Command palette.

Versi terbaru dari sublime text adalah versi 3 atau biasa disebut Sublime Text 3 dan dapat teman – teman download di download sublime text

Visual Studio Code

tampilan

Selanjutnya adalah Visual studio code. Visual studio code atau VS code adalah sebuah sebuah text editor gratis yang dikembangkan oleh Microsoft untuk sistem operasi Windows, Linux, dan macOS. Banyak fitur yang bagus di VS code seperti debugging , syntax highlighting , intelligent code complete , snippet , code refactoring , dan embedded Git.

Dirilis pertama kali pada 29 April 2015 dengan versi terbaru adalah 1.50.1 . Secara tampilan VS code lebih bagus dibandingkan Notepad++ dan Sublime Text, tetapi mempunyai ukuran aplikasi yang cukup besar yaitu 40.8– 68.3 MB untuk sistem operasi windows, 46.5–66.6 MB untuk sistem operasi Linux, dan 67.5 MB untuk sistem operasi MacOS.

Kelebihan VS code diantaranya:

  • Cross Platform – Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa VS code dapat dijalankan dengan sistem operasi Windows, Linux, atau MacOS tanpa khwatir harus belajar lagi text editor ketika pindah platform
  • cepat, dan mudah – Dapat mengontrol tema, bahasa, debuger, command serta plugin dengan cepat dan mudah.
  • Code debugging – fitur yang sangat bagus pada VS code yaitu digunakan untuk membantu programer dalam mengawasi script yang telah ditulis apakah ada kesalahan penulisan atau bahkan kurang tepat simbolnya.
  • Source Control – VS code telah terintegrasi dengan source control seperti GItT sehingga mudah dalam menentukan perubahan source codenya dari pada membuat file baru atau lebih tepatnya mempermudah dalam hal mengetahui mana program sebelumnya dengan program yang baru ditambahkan
  • Integrated Terminal – dapat membuat banyak terminal dalam sekali waktu sehingga sangat menghemat waktu saat melakukan pemrograman yang banyak.

Kekurangan VS Code diantaranya:

  • Lumatan berat – dibanding text editor yang lain VS Code termasuk yang berat dijalankan dalam laptop dengan RAm yang kecil.
  • Shortcut di VS code menggunakan ALT + tombol, bukan CTRL + tombol. sehingga perlu penyesuaian

Atom

logo atom

Atom adalah sebuah text editor open source yang gratis dan dikembangkan oleh GitHub untuk sistem operasi windows, linux, dan MacOS. Atom memiliki dukungan plugin yang ditulis dalam Node.js dan mempunyai Git control sendiri. Atom rilis dalam versi beta yaitu versi 1.0 pada 25 Juni 2015. Pengembang atom menyebut Atom sebagai “text editor yang dapat diretas pada abad ke 21” karena kita dapat menyesuaikan sesuai kebutuhan kita.

Karena atom dibuat oleh GitHub yang memiliki komunitas yang luas serta kode sumber yang tersedia secara terbuka sehingga siapa saja dapat berkontribusi dalam pengembangan atom termasuk teman – teman. Atom sendiri dikenal sebagai pesaing dari sublime text.

Kelebihan dari Atom diantaranya:

  • Terintegrasi dengan Git – karena atom dibuat oleh GitHub yang merupakan situs repositori online maka tentu saja atom mendukung adanya integrasi dengan Git. Terdapat hal yang menarik, atom akan memberikan warna tertentu pada setiap file yang mengalami perubahan sesuai status di git. Jadi kita tahu file mana yang telah mengalami perubahan dan tidak.
  • Tersedia banyak tema – Tampilan merupakan hal penting bagi programer agar tidak merasa bosan serta memperindah suasana tentunya. Dalam atom kita dapat merubah tema sesuai keinginan kita dan juga dapat diunduh secara gratis di repositori nya.
  • Tersedia banyak plugin – Plugin atom sangat banyak, teman – teman tinggal memilih dan menginstal secara gratis dengan mengunduhnya terlebih dahulu pada repositori atom.
  • Tersedia package manager – Dalam atom terdapat atom package manager yang memungkinkan kita menginstal tema dan plugin melalui terminal
  • Multiplatform – sesuai yang saya terangkan di awal bahwa atom dapat dijalankan pada sistem operasi windows, linux atau MacOS

Untuk tema – teman yang ingin mencoba text editor atom silahan download di http://atom.io.

Adobe Dreamweaver

logo Dreamweaver

Yang terakhir ini khusus pemrograman web ya teman teman. Adobe Dreamweaver adalah aplikasi untuk membuat halaman web yang dikeluarkan oleh Adobe System yang kalau teman – teman tahu dulu disebut Macromedia Dreamweaver. Aplikasi ini banyak digunakan pengembang web karena mudah dalam penggunaannya serta memiliki fitur – fitur yang menarik. Versi terakhir dari Adobe Systems adalah versi 13 yang ada dalam Adobe Creative Cloud.

Dalam dreamweaver membuat halaman web serasa mudah karena tersedia nya fitur – fitur otomatis yang memudahkan pengguna awam sekalipun, seperti kita dapat melihat hail codingan secara langsung disamping kanan. Ada 3 macam tampilan dalam Dreamweaver yaitu

  • Code view – bagi teman – teman yang terbiasa dengan kode – kode atau script pemrograman web
  • Design View – cocok bagi teman – teman yang mengutamakan tampilan visual dalam pembuatan web karena akan disediakan beberapa ikon yang dapat digunakan untuk mendesain dengan baik.
  • Split view – merupakan gabungan dari Code voew dan Design view sehingga kita dapat menulis kode sekaligus melihat hasilnya.

Kelebihan Adobe dreamweaver diantaranya:

  • Memiliki banyak plugin
  • Memiliki banyak tema
  • Terdapat 3 tampilan yaitu Design view, Code view, dan split view
  • Terdapat vitur Live view code (menulis kode sekaligus melihat hasilnya)
  • Sangat mudah dioperasikan oleh pemula untuk mendesain website

Kekurangan Adobe Dream weaver diantaranya:

  • Harga lisensi yang mahal.

Baiklah itulah beberapa text editor untuk pemrograman yang paling bagus menurut saya, bagi teman teman yang pemula dalam permograman saya sarankan menggunakan Notepad++ atau Sublime text karena fitur nya yang mdah dipahami.

Jika ingin lebih merasakan kesan permograman saya sarankan mengggunakan Atom atau VS code karena disini akan teman – teman temui plugin yang lebih lengkap sehingga dapat menunjang pemrograman .

Untuk Adobe Dreamweaver sendiri sangat cocok untuk teman – teman yang ingin membuat desain web untuk pemula ya. Kalau sudah tingkat lanjut saya memilih atom atau notepad++ .

You may also like