Home » Software » Search Engine » Google » Inilah 8 Cara Setting Google Assistant Bahasa Indonesia yang Mudah Dilakukan

Inilah 8 Cara Setting Google Assistant Bahasa Indonesia yang Mudah Dilakukan

by Elang Hendy Subrata

Google Assistant merupakan sebuah asisten virtual yang dibuat oleh Google untuk pengguna smartphone Android. Dengan adanya Google Assistant ini. kita dapat bertanya apapun pada Google melalui suara. Jika dulu kita harus bertanya menggunakan pada Google dengan mengetiknya, kini hal tersebut tidak perlu lagi saat Google Asisstant ini muncul.

Beruntunglah saat ini kita dapat menggunakan Google Assistant dengan menggunakan bahasa Indonesia tanpa harus melalui aplikasi apapun. Sebelumnya, Google Asistant lebih banyak menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa default-nya. Bahkan untuk mengubah bahasanya, kita membutuhkan aplikasi pihak ketiga seperti Google Allo.

Sebelum mengetahui lebih jauh mengenai cara settingnya, alangkah lebih baik kita perhatikan terlebih dahulu apa saja syarat yang harus dipenuhi untuk dapat mengubah Google Translate menjadi bahasa Indonesia. Berikut ulasannya.

1, Smartphone sudah mencapai Android 5.0 (Lolipop) ke atas

Syarat yang pertama adalah sistem operasi yang digunakan pada smartphone minimal sudah mencapai Android 5.0 atau mencapai versi Lolipop. Versi ini bisa dikatakan adalah versi yang cukup terbaru pada sistem Operasi Android saat ini. Dengan kata lain, smartphone yang masih menggunakan Sistem Operasi Android dibawah 5.0 tidak akan bisa mengubah bahasa pada Google Assistant menjadi bahasa Indonesia.

2. Aplikasi Google yang digunakan minimal versi 6.13

Syarat yang kedua adalah aplikasi Google yang digunakan minimal versi 6.13 atau lebih. Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya bahwa Google  Assistant yang dapat diubah memang haruslah menggunakan aplikasi Google versi terbaru atau minimal 1 tahun sebelum versi yang terbaru. Untuk itu, pembaharuan aplikasi mutal harus sering dilakukan.

3. Google Play terpasang dan menggunakan versi terbaru

Google Play mutlak harus ada dan terpasang pada smartphone. Hanya saja, beberapa orang kerap mengacuhkan pembaharuan dari Google Play ini. padahal Google Play yang tidak pernah diperbaharui dapat berpengaruh terhadap aplikasi lainnya, termasuk pada Google Assistant. Cobalah pelajari cara update Google Play yang tersebar di berbagai sumber. Jika Google Play mengalami error, silakan pelajari cara mengatasi Play Store error yang bisa dilakukan.

4. Memiliki memori internal minimal sebesar 1,4 GB

Selanjutnya adalah bagian yang tidak kalah penting, yakni memiliki memori internal minimal sebesar 1,4 GB. Hal ini kembali lagi pada poin sebelumnya bahwa pembaharuan sebuah aplikasi dapat meningkatkan memori internal. Oleh sebab itu, jika smartphone yang digunakan hanya berkisar 4GB atau 8 GB, maka akan sulit mendapatkan pembaharuan Google Assistant. Sebab saat ini smartphone yang menggunakan memori Internal sebesar 4 GB dan 8 GB sangat sulit bertahan di era sekarang. Oleh sebab itu, smartphone yang masih bisa bertahan saat ini adalah smarphone yang menggunakan memori internal sebesar 16 GB.

5. Resolusi layar sudah mencapai minimal 720p

Terakhir adalah resolusi layar yang sudah mencapai 720p atau lebih. Hal ini sangat berpengaruh terhadap tampila Google Asistant saat dibuka. Jika dbuka pada smartphone yang memiliki ukuran layar kurang dari 720p maka tampilannya akan kurang baik. Ukuran layar paling ideal untuk menampilkan Google Assistant adalah 1080p atau ukuran layar HD.

Jika semua persyaratan sudah lengkap, maka selanjutnya adalah masuk ke bagian langkah-langkah mengubah bahasa pada Google Assistant menajdi bahasa Indonesia. Berikut caranya.

  • Tahanlah simbol berbentuk “Home” yang lokasinya tepat dibagian tengah. Untuk simbol Home pada setiap smartphone bisa berbeda-beda. Maka dari itu, mungkin hal ini bisa berbeda pada simbol home masing-masing.
  • Setelah ditahan, nanti akan muncul logo “Google yang nantinya akan mengarahkan kita pada Google Assistant. Biasanya Google Assistant akan menyapa kita menggunakan bahasa Inggris seperti “Hi, How can i help?”
  • Untuk mengubahnya, silakan katakan “Setting” pada Google Assistant. Nanti, Google Assistant akan mengarahkan kita pada pengaturan ponsel kita sendiri.
  • Selanjutnya pilih “General” dan pilih “language”.
  • Di sana Anda harus mengubah bahasa defaultnya dari Inggris ke bahasa Indonesia.
  • Jika sudah, silakan kembali dan biasanya smartphone akan melakukan restart.
  • Apabila restart sudah selesai, maka semua tulisan pada smartphone akan berbahasa Indonesia, silakan kembali tahan tombol “Home”.
  • Setelah fitur Google Assistant keluar, cek bahasa yang digunakan. apabila mengunakan bahasa Indonesia, maka pengaturan bahasa telah berhasil dilakukan dan Anda dapat mengubah Bahasa Inggris pada Google Assistant menjadi Bahasa Indonesia.  

Dari penjelasan di atas, bisa kita simpulkan bahwa untuk mengubah bahasa pada Google Assitent pada versi terbaru, kita cukup mengubah bahasa yang digunakan pada smartphone. Jika kita ingin menggunakan Google Translate berbahasa Jepang, maka kita harus melakukan setting Bahasa Jepang pada smartphone yang digunakan. hal ini tentunya sangat praktis dan fleksibel karena kita tidak perlu menginstal aplikasi tambahan seperti Google Allo sebelumnya.  semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk semua.

You may also like