Home » Software » Search Engine » Google » 6 Fungsi Google Docs untuk Mempermudah Pekerjaan

6 Fungsi Google Docs untuk Mempermudah Pekerjaan

by Elang Hendy Subrata

Seiring dengan perkembangan jaringan komputer, kini sudah banyak aplikasi-aplikasi alternatif yang menggunakan sistem online. Mulai dari penyimpanan online seperti cloud server hingga aplikasi edit dokumen seperti kepunyaan Google, yakni Google Docs.

Google Docs merupakan salah satu aplikasi yang berhubungan dengan file dokumen seperti PDF, Word, Excel, dan Power Point menggunakan jaringan internet. Banyak fungsi yang bisa kita dapatkan dengan mengakses Google Docs seperti berikut ini.

1. Dapat mengedit file-file dokumen tanpa aplikasi di Komputer

Kelebihan utama dari Google Docs ini adalah kita dapat membuka dan mengedit file-file dokumen tanpa harus menggunakan aplikasi di komputer. Sebelum Google Docs dibuat, kita harus membuka file dokumen hanya melalui komputer. Bahkan saat itu file dokumen yang bisa kita buka hanya dari aplikasi buatan Microsoft. Jadi, apabila kita membuat file dokumen selain buatan Microsoft, kita akan mengalami kesulitan untuk membuka bahkan mengeditnya. Begitu juga dengan file yang berbentuk PDF, kita hanya bisa membukanya pada aplikasi-aplikasi yang khusus membuka file PDF di komputer seperti Adobe Reader dan sejenisnya.

Namun, semenjak adanya Google Docs ini kita tidak perlu memasang aplikasi satu-satu di Komputer atau smartphone hanya untuk membuka berbagai file dokumen. Anda cukup aktifkan akun Google pada browser dan Anda sudah dapat menggunakan Google Docs ini. tidak hanya melihat file dokumen saja, Google Docs ini dapat digunakan untuk mengedit file dokumen tersebut.

2. Dapat digunakan untuk convert file dokumen ke PDF

Untuk melakukan convert file dokumen ke PDF biasanya kita membutuhkan sebuah aplikasi khusus. Aplikasi ini umumnya juga hanya bisa dilakukan pada PC saja dan ukurannya cukup besar. Nah, dengan adanya Google Docs ini, kita tidak perlu menginstal aplikasi tertentu hanya untuk melakukan convert. Google Docs ini juga termasuk ke dalam cara convert word ke PDF tanpa software. Anda tinggal unggah file dokumen yang diinginkan. Setelah itu, bukalah file dokumennya lalu klik “File” lalu pilih “Save As” jika Anda menggunakan Google docs pada Andoroid. Sedangkan jika Anda menggunakan PC, klik “File” dan pilih “Download as PDF Document (*pdf)”. Secara otomatis, file dokumen akan terkonvert menjadi file PDF.

3. Dapat mengubah File PDF ke file Word

Fungsi Google Docs ini adalah bisa digunakan sebagai cara memindahkan file PDF ke Word. Caranya sendiri cukup mudah. Pertama-tama Anda unggah terlebih dahulu file PDF yang diinginkan. Kemudian, klik File dan pilih Download as Microsoft Word (docx). Dengan begitu, secara otomatis file akan terunduh dengan format dokumen Word. Hal ini tentunya sangat membantu Anda yang ingin mengedit file dokumen yang memiliki ekstensi PDF. Seperti yang kita tahu kalau file PDF sangat susah untuk diedit tanpa sebuah aplikasi khusus.

4. Dapat mengubah file gambar ke PDF

Apakah Anda bingung ingin mengubah format gambar ke file PDF? Kini Anda tidak perlu bingung lagi sebab dengan Google Docs Anda sudah dapat mengetahui cara merubah file JPG ke PDF di Android dan komputer tanpa menginstal aplikasi. Cara untuk melakukannya pun cukup mudah. Pertama-tama Anda masukan gambar ke Aplikasi Microsoft Word atau sejenisnya. Setelah itu, simpan filenya dan beri nama sesuai dengan keinginan. Selanjutnya adalah buka Google Docs pada browser lalu unggah file word tadi. Kemudian, buka file word yang sudah diunggah sebelumnya dan Download sebagai PDF seperti cara kedua dan ketiga.

5. Dapat digunakan dalam berbagai perangkat

Bagian ini juga seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa dengan adanya Google Docs ini, Anda tidak perlu repot harus membuka file dokumen di komputer. Semenjak perkembangan smartphone semakin maju, Google Docs pun juga dapat dibuka pada smartphone dengan mengunduhnya di Play Store. Kemudahan inilah yang membuat banyak orang menggunakan Google Docs sebagai alternatif aplikasi edit file dokumen.

6. Memiliki fitur Pemeriksa Ejaan

Fungsi Google Docs ini adalah terdapat fitur pemeriksa ejaan. Dengan adanya fitur pemeriksa ejaan ini, Anda tidak perlu khawatir ada kata-kata yang tidak sesuai dengan EYD atau Ejaan Yang Disempurnakan. Caranya sendiri cukup mudah. Jika Anda sudah ada file dokumen yang selesai dibuat, Anda tinggal klik tombol “A” yang letaknya sejajar dengan gambar printer di taskbar. Klik saja tombol tersebut, maka secara otomatis kata-kata yang tidak sesuai EYD akan disortir. Di bagian ini, Anda tinggal klik “Ubah” makasecara otomatis kata akan berubah sesuai dengan EYD.

Itulah 6 fungsi Google Docs yang sebaiknya Anda ketahui. Bisa dikatakan dengan adanya Google Docs, Kita tidak perlu bingung untuk melakukan pengeditan atau melihat file-file dokumen di komputer maupun di Android. Cukup dengan adanya akses internet, maka Anda sudah dapat menggunakan Google Docs ini.

You may also like