Home » Software » Search Engine » Google » 5 Fungsi Google Hangout yang Jarang Diketahui

5 Fungsi Google Hangout yang Jarang Diketahui

by Elang Hendy Subrata

Saat kita pertama kali menggunakan smatphone, biasanya kita akan menemukan salah satu aplikasi milik Google yang telah terinstal. Nama aplikasi tersebut adalah Google Hangout. Umumnya, kita pasti bertanya-tanya apa itu Google Hangout. Secara garis besar, Google Hangout ini tidak jauh berbeda dengan aplikasi pesan instan lainnya seperti Line, dan Whatsapp. Hanya saja, aplikasi ini adalah buatan Google sendiri. Jika Anda penasaran apa saja fungsi Google Hangout ini, berikut ulasannya.

1. Dapat berkomunikasi dengan banyak orang dalam satu kelompok

Kelebihan aplikasi hangout ini adalah bisa berkomunikasi dengan banyak orang dalam satu kelompok. Misalnya saja Anda memiliki 150 kontak dalam kelompok tersebut, nah, Anda dapat berkomunikasi dengan kelompok tersebut. Jumlah kontak yang bisa masuk ke dalam kelompok tersebut berdasarkan jumlah nomor kontak di dalam smartphone milikmu. Contoh lainnya adalah Anda memiliki proyek pekerjaan. Jika Anda dan beberapa orang yang terlibat memiliki akun Google, maka Anda bisa membuat kelompok Anda sendiri dengan mudah dan cepat. Bahkan Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pesan instan lainnya.

2. Dapat mengekspresikan interaksi dengan pesan status

Komunikasi yang dilakukan dengan Google Hangout ini tidak hanya melalui sebuah pesan, audio, gambar, atau video saja. tetapi kita juga dapat manfaatkan fitur interaktif lainnya melalui Google Hangout. Salah satunya adalah dengan pesan status.

Dengan menggunakan fitur status ini, kita dapat mengirimkan keadaan kita saat ini atau bisa menghubungi kelompok Anda menggunakan fungsi pesan status tersebut. Meskipun penggunaan Google Hangout ini menggunakan email. Akan tetapi, kita dapat menambahkan fitur-fitur khas dalam chattingan seperti emoticon maupun animasi GIF yang sangat menarik. Tidak hanya status dalam bentuk teks saja. Dengan Google Hangout ini, kita dapat mengirimkan status dalam bentuk multimedia lainnya seperti foto, video, atau lokasi Anda saat ini.

3. Dapat mengobrol secara bersamaan

Biasanya jika kita ingin menghubungi seseorang, kita hanya bisa melalui percakapan dengan satu orang saja. Akan tetapi, jika Anda menggunakan Google Hangout, Anda bisa melakukan percakapan dengan banyak kontak sekaligus dalam satu kelompok. Misalnya saja Anda memiliki 5 orang kelompok di dalam satu kontak, maka Anda dapat menghubungi kelima orang tersebut secara bersamaan.

Hal ini tentunya sangat membantu jika Anda ingin berkumpul namun tidak bisa datang secara fisik. Anda pun bisa menambah kontak baru di dalam kelompok selama tidak melebihi batas yang dianjurkan. Anda dapat menambah kontak dalam kelompok hingga mencapai 10 kontak saja. Hebatnya lagi Anda bisa melakukan percakapan secara gratis dengan menggunakan aplikasi Google Hangout. Selain dapat melakukan panggilan secara bersama, kita juga dapat melakukan percakapan melalui fitur chat seperti biasa meskipun kita sedang menerima panggilan dari video call. Hal tersebut cukup membantu kita dalam melakukan multitasking.

4. Dapat digunakan pada semua perangkat

Untuk dapat mengakses fitur-fitur Google Hangout, kita tidak hanya bisa didapatkan melalui smartphone saja. kita bisa juga mengakses Google Hangout melalui PC atau juga laptop melalui browser. Bahkan kita pun dapat melakukan sinkronisasi pada setiap perangkat dengan akun Google saja. hal ini juga semakin memudahkan kita saat akan berganti perangkat dari smartphone ke PC maupun sebaliknya.

Keunggulan lainnya dari Google Hangout ini adalah dapat digunakan pada berbagai macam web browser terbaik manapun. Jadi, Google Hangout ini dapat digunakan pada browser Firefox, Google Chrome, Opera, dan berbagai macam browser lainnya. Sistem Operasi yang digunakan pun dapat bermacam-macam, mulai dari Anroid, Ios, dan juga Windows.

5. Otomatis terkirim meskipun tidak ada jaringan internet

Kelebihan lainnya dari Google Hangout ini adalah pesan dapat terkirim secara otomatis meskipun saat itu tidak ada koneksi internet. Biasanya pada beberapa aplikasi pesan instan lainnya, kita harus mengirim ulang pesan yang kita kirim ketika tidak ada koneksi internet. Hal ini cukup berbeda dengan Google Hangout. Di aplikasi ini, kita tidak perlu repot-repot harus mengirimkan ulang ketika tidak ada koneksi internet.  

Saat tidak ada koneksi internet, sistem pada Google Hangout akan menunda pengiriman hingga koneksi internet muncul kembali. Hal ini juga berlaku saat koneksi internet berjalan lambat. Arus pengiriman pun akan berjalan lambat, namun tidak akan putus di tengah jalan selama masih ada arus internet.

Itulah 5 fungsi Google Hangout yang bisa belum diketahui banyak orang. meskipun produk yang satu ini buatan dari Google, akan tetapi aplikasi ini masih kalah dengan Whatsapp atau Line. Hal tersebut dikarenakan aplikasi ini masih cukup banyak kekurangannya dibandingkan dengan aplikasi pesan instan lainnya. Jika Anda ingin mencoba gunakan aplikasi ini namun lupa dengan akun Google yang digunakan, Anda bisa coba pelajari cara memulihkan akun Google yang lupa kata sandi atau menggunakan cara mendaftar akun Google di HP dan PC. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

You may also like