Home » Software » Sistem Operasi » Andoid » 6 Fitur Tersembunyi Android Nougat yang Jarang Diketahui

6 Fitur Tersembunyi Android Nougat yang Jarang Diketahui

by Elang Hendy Subrata

Android Nougat merupakan salah satu sistem operasi Android yang menarik. Diperkenalkan semenjak tahun 2016, sistem membawa angin segar para pengguna smartphone. Hal tersebut membuat sebagian orang mulai beralih dari Sistem Operasi Android Marshmallow atau Lolipop menuju versi Nougat ini.

Meskipun memiliki fitur yang lebih baik dari beberapa seri sebelumnya, namun sebagian besar pengguna tidak menyadari bahwa Android Nougat ini memiliki banyak fitur-fitur tersembunyi. Untuk mengetahui apa saja Fitur Tersembunyi Android Nougat ini, berikut ulasannya.

1. Fitur Quick Camera

Fitur Tersembunyi Android Nougat yang pertama adalah fitur cepat untuk bisa langsung menuju kamera. Biasanya jika kita akan memfoto dengan menggunakan kamera, kita harus menggunakan tombol yang ada di layar untuk pemotretan. Akan tetapi pada sistem Android Nougat, kita dapat membuka file camera dengan menekan tombol volume.

Cara untuk melakukannya adalah Anda tinggal ke bagian setting kamera. Setelah itu, Anda tinggal pilih bagian tombol volume untuk mengambil gambar. Secara otomatis, kita dapat mengambil gambar hanya dengan menekan tombol volume saja. Apabila ingin dikembalikan seperti semula, Anda tinggal nonaktifkan kembali fitur tersebut pada setting kameranya.

2. Mengubah DPI

Kenyamanan tampilan smartphone sangat berpengaruh saat kita menggunakannya. Khususnya bagi anda yang sering membaca pada layar smartphone. Umumnya, jika kita ingin memperbesar suatu tulisan atau suatu gambar menggunakan smartphone, terkadang kita tidak melihat bagian detilnya dengan mudah. Padahal resolusi layar kita sudah cukup untuk melihat sebuah gambar atau tulisan dengan jelas. Ternyata hal tersebut berhubungan dengan DPI atau Dots per inch.

Kita dapat mengatur DPI pada smartphone yang menggunakan Sistem Android Nougat. Caranya adalah masuk terlebih dahulu pada bagian setting. Setelah itu, pilihlah pada bagian “display size”. Di bagian tersebut, kita dapat mengatur DPI sesuai dengan keinginan.

3. Tambah bahasa baru

Salah satu keunikan dari sistem Nougat ini adalah kita dapat menambah bahasa baru yang tidak ada dalam sistem default. Biasanya, bahasa yang sudah ada di dalam smartphone adalah bahasa nasional dari negara masing-masing. Contohnya seperti Indonesia yang menggunakan Bahasa Indonesia sebagai bahasa nasionalnya, maka secara otomatis kita dapat menemukan pilihan bahasa Indonesia di dalam setting. Lalu bagaimana jika kita ingin menambahkan bahasa daerah? Di sinilah keunikan dari fitur ini.

Untuk caranya sendiri, Anda masuk ke bagian setting. Setelah itu masuk ke bagian bahasa dan pilih input pada menu setting. Setelah itu, tekan saja pada bagian langueges sehingga Anda dapat menambahkan bahasa baru atau bahkan menata ulang kamus baru berdasarkan buatan Anda. Apabila Anda bingung untuk mengulang bahasa baru, Anda bisa melakukan pengaturan kembali pada languages dan input. Setelah itu pilih ke bagian virtual keyboard. Kemudian pilih Google Keyboard, languages dan pakai silinder untuk memilih bahasa yang ingin dipakai.

4. Fitur informasi darurat

Pada sistem operasi ini terdapat fitur yang cukup berguna untuk Anda saat keadaan genting. Fitur ini dilengkapi berbagai informasi penting yang bisa Anda gunakan dalam keadaan terdesak atau kejadian yang tidak terduga seperti info kontak, info polisi, pemadam kebakaran, rumah sakit, dan berbagai kontak darurat lainnya. Bisa dikatakan fitur ini merupakan jalan pintas untuk user yang akan menghubungi beberapa kontak yang sangat penting sehingga tindakan cepat langsung dilakukan dibandingkan kita harus mencari-cari kontak yang bisa membuang banyak waktu penting.

Untuk cara mengaktifkan fitur ini, Anda pergi ke bagian setting. Setelah itu, tekanlah tombol ikon yang nantinya akan muncul di bagian kolom quick setting. Selanjutnya Anda pilih bagian menu emergency information sehingga Anda dapat menambahkan informasi-informasi yang anggap penting. Setelah itu tekan simpan atau Ok. Dengan begitu setiap Anda ingin menghubungi nomor-nomor darurat tersebut bisa lebih cepat.

5. Fitur “Jangan mengganggu”

Fitur Tersembunyi Android Nougat selanjutnya yang tidak kalah unik adalah fitur “Do not Disturb”. Fitur ini memungkinkan kita untuk menonaktifkan berbagai notifikasi yang dianggap tidak penting serta cukup mengganggu untuk sementara waktu atau seterusnya. Biasanya fitur ini sangat berguna saat kita sedang sibuk dalam pekerjaan atau kegiatan yang membutuhkan fokus yang tinggi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, pertama Anda tekan cukup lama pada bagian tombol notifikasi atau bisa melalui pemberitahuan sampai muncul ikon roda gerigi. Setelah itu, tekanlah roda gerigi tersebut sehingga muncul pilihan. di sinilah kita bisa pilih ingin notifikasi yang seperti apa. Kita bisa memilih “Show Notification silently”. “Block All Notification”, dan “Don’t Silence or Block”. Anda bisa pilih sesuai dengan keinginan.

6. Fitur penghemat data

Kelebihan yang sangat dibutuhkan oleh beberapa pengguna adalah fitur penghemat data. Jika Ada sering menggunakan sistem kuota saat menggunakan internet dan merasa selalu boros saat menjelajahi dunia maya dengan menggunakan smartphone, kini masalah tersebut bisa diatasi dengan kehadiran fitur ini.

Untuk cara mengaktifkannya, masuklah ke bagian setting. Pilih “Data Usage Setting”. Setelah itu, carilah “Quick Setting” lalu masukan aplikasi yang menurut Anda sering membuat boros kuota. Untuk mode penghematan yang maksimal, Anda bisa pilih “Unrestricted Data Acces” sehingga Anda memilih aplikasi mana yang perlu diutamakan penghematannya. Jika sudah Anda bisa kembali dan silakan coba hasilnya.

Itulah 6 fitur tersembunyi Android Nougat yan tidak banyak diketahui banyak orang. Anda bisa melihat beberapa informasi menarik lainnya mengenai sistem Android Nougat seperti cara root android nougat serta kekurangan android nougat. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat untuk pembaca semua.

You may also like