Home » Tutorial » 11 Cara Hapus Akun Mi & Data Mi Cloud Secara Permanen

11 Cara Hapus Akun Mi & Data Mi Cloud Secara Permanen

by Irfan Arrasyid, S.Kom.
by Irfan Arrasyid, S.Kom.

Dahulu bila pengguna ingin menyimpan file multimedia seperti foto dan video, biasanya pengguna akan menyimpannya di perangkat penyimpanan di ponsel atau bisa juga menyimpannya di Kartu SD sebagai antisipasi bila memori internal Hp kepenuhan.

Seiring dengan perkembangan teknologi kini kita bisa menyimpan file yang di miliki tidak hanya offline tapi bisa juga online. Caranya adalah dengan menyimpan file yang kita miliki melalui layanan cloud computing.  Dan salah satu layanan cloud computing yang populer di gunakan pengguna saat ini adalah Google Drive.

Melihat kepopuleran yang di miliki Google Drive, perusahaan ponsel asal China Xiaomi Inc pun ikut mengembangkan layanan Komputasi Awan (Cloud Computing) bernama Mi Cloud. Sehingga dengan Mi Cloud pengguna hp xiaomi tidak hanya dapat menyimpan file secara online. Tapi juga bisa melacak ponsel xiaomi yang di miliki dan melakukan syncronisasi data yang ada pada akun Mi Cloud menggunakan perangkat lain (laptop).

Namun karena semua data yang kita miliki tersimpan di Mi Cloud membuat kita harus berhati-hati agar data tidak bisa di lihat oleh orang lain. Terlebih bila data tersebut bersifat sensitive seperti data login media sosial, data mobile banking dan data lainnya.

Salah satu cara mengamankan data pengguna adalah dengan menghapus data akun Mi Cloud. Cara ini tentunya di perlukan khusunya bagi pengguna yang ingin menjual perangkat Hp Xiaominya ke orang lain.

Sehingga setelah akun Xiaomi (Mi Cloud) berhasil di hapus maka orang lain tidak bisa mengetahui data sensitive yang kita miliki. Sebelum kami menjelaskan cara menghapus akun Mi Cloud. Pada kali ini kami akan menjelaskan apa itu Mi Cloud.

Lalu Apa itu Akun Mi Cloud?

Mi Cloud adalah layanan penyimpanan awan dan komputasi awan yang di buat dan di miliki oleh perusahaan Xiaomi Inc. Dengan layanan ini pengguna bisa menyimpan data seperti kontak, pesan, foto dan catatan pada server komputer yang bisa di unduh melalui beberapa perangkat menggunakan MIUI.

Selain itu dengan layanan ini pengguna bisa melacak lokasi perangkat Xiaomi (MIUI) saat ponsel sedang hilang dan mampu melakukan remot jarak jauh agar data pengguna di ponsel tidak bisa di buka orang lain seperti menghidupkan alarm, mengunci perangkat atau mengatur ulang perangkat (reset) menggunakan perangkat lain dengan masuk ke email yang sama.

Fungsi Mi Account

  1. Sinkronisasi Data. Dengan menggunakan Mi Account maka pengguna bisa menikmati fasilitas Mi Cloud untuk melakukan sinkronisasi dan menyimpan data pribadi dari ponsel ke server MIUI. Contohnya seperti data dokumen, foto, video, audio dengan kuota penyimpanan hingga 5 GB (versi gratis)
  2. Security. Dengan akun Mi kita bisa melindungi data penting yang ada pada ponsel khususnya bila hp kita hilang atau di curi orang
  3. Pelacakan. Dengan Akun Mi kita bisa melacak dimana lokasi ponsel xiaomi kita secara realtime yang di deteksi oleh server xiaomi
  4. Mi Talk. Dengan Akun Mi pengguna bisa menggunakan layanan Mi Talk, yaitu media sosial khusus pengguna hp xiaomi, di mana aplikasi Mi Talk bisa di download secara gratis
  5. Forum MIUI. Dengan Akun Mi pengguna bisa bergabung dengan forum MIUI yang isinya komunitas para pengguna ponsel xiaomi. Untuk berbagi pengalaman maupun pertanyaan seputar hp xiaomi

Setelah kita mengetahui apa itu Akun Mi Cloud beserta fungsinya. Pada kali ini kami akan menjelaskan cara menghapus akun Mi Cloud milik kita secara permanent. Sehingga data yang kita miliki tidak di ketahui orang lain saat kita hendak menjual ponsel xiaomi kita. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

11 Cara Menghapus Akun Mi dan Data Mi Cloud Secara Permanen

Logout Akun Mi Cloud

Cara pertama yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun Mi Cloud secara permanent adalah dengan Logout akun Mi Cloud terlebih dahulu. Untuk menggunakan cara ini kita di haruskan mengingat password akun Mi kita. Adapun cara Logout akun Mi Cloud akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Logout Akun Mi Cloud

  1. Pertama-tama Buka Menu Setelan di Hp Xiaomi kita
  2. Setelah berada di halaman Setelan Scroll ke bawah hingga menemukan Akun Mi. Lalu Klik Akun Mi tersebut
  3. Setelah berada di Akun Mi. Lalu kita Klik menu Keluar
  4. Selanjutnya Mi Cloud meminta kita memasukan Password Akun Mi
  5. Setelah password di masukan. Lalu Muncul 3 Pilihan yaitu Simpan, Hapus dan Batal
  6. Selanjutnya kita Pilih Hapus untuk menghapus akun Mi
  7. Setelah berhasil di Hapus. Lalu Restart Hp Xiaomi kita
  8. Selesai. Kini akun Mi Cloud kita kembali kosong seperti pertama kali Hp Xiaomi di beli

Hapus Akun Mi Cloud Lewat PC

Cara ke dua yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun Mi Cloud secara permanen adalah menghapus akun Mi Cloud lewat PC. Dengan cara ini nantinya kita di haruskan mengakses situs resmi xiaomi melalui browser yang terpasang di laptop. Adapun cara menghapus akun Mi Cloud lewat PC akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Akun Hapus Mi Cloud Lewat PC

  1. Pertama-tama Buka Situs https://account.xiaomi.com/pass/del melaui browser laptop kita (Mozilla Firefox)
  2. Setelah halaman Xiaomi terbuka. Lalu Masukan Email dan Password dan Klik Masuk, agar bisa Login ke Akun Mi Cloud kita
  3. Setelah berhasil login. Lalu Muncul Jendela Pop Up yang berisi perintah Hapus Akun dan berikan Centang Tulisan Yes, I Want to Permanently delete my Mi Account and All its Data
  4. Kemudian kita Klik tombol Delete Mi Account
  5. Selanjutnya akun Mi akan memerintahkan untuk mengirim kode verifikasi ke email. Lalu kita Klik Kirim Kode Verifikasi via email
  6. Kemudian Muncul Halaman baru untuk memasukan Kode verifikasi
  7. Setelah itu kita Buka Email kita dan Pergi ke Kotak Masuk. Lalu Cari dan Buka email verifikasi dari akun Mi Cloud
  8. Seletelah kode verifikasi di email di ketahui. Lalu Copy code verifikasi tersebut ke halaman verifikasi akun Mi Cloud dan Klik Tombol Submit
  9. Setelah kode verifikasi berhasil di submit. Lalu kita Klik Tombol Delete Account
  10. Selesai. Kini akun Mi Cloud kita pun berhasil di hapus dari PC secara permanen

Hapus Akun Mi yang Lupa Password

Cara ke tiga yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun Mi Cloud secara permanent adalah cara hapus akun Mi Cloud yang Lupa Password. Hal ini biasanya terjadi bila seseorang membeli Hp Bekas (second) namun saat ingin menghapus akun Mi, pengguna tidak tahu password akun Mi pengguna lama. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Hapus Akun Mi yang Lupa Password

  1. Pertama-tama Buka Menu Setelan di Hp Xiaomi kita
  2. Setelah berada di halaman Setelan. Lalu Scroll ke bawah dan Pilih Menu Sistem & Perangkat dan Klik Menu Setelan Tambahan
  3. Setelah di Halaman Setelan Tambahan. Lalu Klik Menu Cadangkan dan Setel Ulang
  4. Selanjutnya Scroll ke bawah dan Klik Menu Reset Ke Setelan Pabrik
  5. Kemudian kita Klik Tombol Reset Ponsel yang ada di bawah layar
  6. Selesai. Kini Akun Mi kita berhasil di hapus dan kembali kosong. Dan pengaturan Hp Xiaomi kita pun kembali ke awal seperti saat pertama kali di beli

Menonaktifkan Akun Mi dari Smartphone

Cara ke empat yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun MI Cloud secara permanen adalah dengan menonaktifkan akun Mi dari Smartphone. Cara ini biasanya di pakai pada pengguna yang sudah merasa bosan, tidak suka atau hendak menjual Hp Xiaomi yang di miliki. Sehingga data pengguna tidak di ketahui orang lain. Adapun cara menonaktifkan akun Mi dari smartphone akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Menonaktifkan Akun Mi dari Smartphone

  1. Pertama-tama Buka Menu Setelan
  2. Kemudian kita Scroll dan Klik Menu Akun Mi
  3. Selanjutnya kita Klik Tombol Keluar
  4. Kemudian Muncul 3 Pilihan yaitu Simpan, Hapus dan Batal
  5. Lalu kita Klik Tombol Hapus
  6. Selanjutnya Masukan Password Akun Mi yang kita Miliki
  7. Kemudian Restart Hp Xiaomi kita
  8. Selesai. Kini Akun Mi Cloud kita berhasil di nonaktifkan secara permanent

Hapus Akun Mi Cloud Dengan Facebook

Cara ke lima yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun Mi Cloud yang kita miliki secara permanent adalah dengan menghapus akun Mi Cloud lewat facebook. Cara ini di khususkan untuk pengguna yang sebelumnya telah melakukan synkronisasi akun Mi Cloud dengan media sosial facebook. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Hapus Akun Mi Cloud Dengan Facebook

  1. Pertama-tama Buka Situs https://account.xiaomi.com/pass/del melalui browser Hp Xiaomi kita (Chrome)
  2. Setelah Halaman Login Terbuka. Lalu kita Klik Tombol icon Facebook yang ada di bawah layar
  3. Setelah itu Masukan Username dan Password Akun Facebook kita. Dan Klik tombol Login
  4. Setelah itu kita berhasil masuk ke Akun Mi Cloud via facebook. Lalu Munculah Jendela Pop Up Hapus Akun dan Centang Tulisan “I Want to Permanently delete my Mi Account and All its data”
  5. Selanjutnya kita Klik Tombol Delete Mi Account
  6. Kemudian kita Klik Tombol Send Verification Code to Email
  7. Lalu Munculah Perintah menginput kode verifikasi
  8. Selanjutnya Buka Kotak Masuk Email kita
  9. Lalu Copy Kode Verifikasi dari Akun Mi Cloud
  10. Selanjutnya Paste (Tempel) Kode verifikasi tersebut ke Halaman Verifikasi Akun Mi Coud
  11. Lalu kita Klik Tombol Submit
  12. Selanjutnya kita Klik tombol Delete Account
  13. Selesai. Kini Akun Mi kita berhasil di hapus secara permanent dengan login menggunakan akun facebook

Hapus Akun Mi Cloud Dengan Scan QR Code

Cara ke enam yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun Mi Cloud permanent adalah dengan menggunakan Scan QR Code. QR Code sendiri adalah sebuah kode batang dua dimensi yang berisi kumpulan informasi seperti link web, kode barang dan lainnya termasuk link akun Mi kita. Adapun cara menghapus akun Mi Cloud dengan Scan QR Code akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Menghapus Akun Mi dengan Scan QR Code

  1. Pertama-tama Buka Situs https://i.mi.com melalui browser di laptop kita (mozilla)
  2. Setelah berada di halaman Login. Lalu Klik Potongan Code QR yang ada di pojok kanan atas layar
  3. Kemudian Buka Akun Mi di Hp kita.Dan Pilih Opsi Scan QR
  4. Selanjutnya Arahkan Kamera HP ke QR Code yang ada di layar laptop. Dan kita pun bisa login Akun Mi tanpa Password tapi hanya menggunakan QR Code
  5. Selanjutnya Buka situs https://i.mi.com melalui browser Hp kita dan Klik tombol Signin with Mi Account
  6. Setelah berhasil masuk lalu Klik Menu Find Device > Disable > Disable Find Phone
  7. Kemudian Restart Hp Xiaomi kita
  8. Selanjutnya kita Reset Hp ke pengaturan pabrik. Caranya adalah Buka Menu Setelan > Setelan Tambahan > Cadangkan & Setel Ulang > Reset ke Setelan Pabrik > Reset Ponsel
  9. Selesai. Kini Akun Mi Cloud kita telah berhasil di hapus dengan scan QR Code

Hapus Akun Mi Cloud dengan IMEI

Cara ke tujuh yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun Mi Cloud permanent adalah menghapus akun Mi Cloud dengan IMEI. IMEI sendiri adalah kode unik yang terdiri 15 digit / angka berbeda yang di miliki oleh tiap transceiver perangkat telepon seluler. Adapun cara hapus akun Mi Cloud dengan IMEI akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

  1. Pertama-tama Buka situs https://i.mi.com melalui browser hp xiaomi kita (Chrome)
  2. Setelah halaman terbuka. Lalu kita Klik tombol “Kirim Permohonan Buka Kunci” yang ada di bawah layar (footer)
  3. Selanjutnya kita di haruskan memasukan Nomor IMEI ponsel kita dan memasukan Lokasi Negara tempat kita membeli ponsel Xiaomi
  4. Kemudian kita Klik tombol Berikutnya
  5. Selanjutnya kita di haruskan mengisi dimana Lokasi memperoleh hp xiaomi (contoh : mi.com atau lainnya), Isikan Nomor Pesanan pada kolom yang tersedia, dan Unggah Foto Kemasan & Invoice pembelian hp kita
  6. Kemudian kita Klik tombol Berikutnya
  7. Selanjutnya Masukan Nomor Hp kita untuk mengirim kode verifikasi
  8. Setelah kode verifikasi terkirim ke nomor HP kita. Lalu Masukan kode verifikasi tersebut ke dalam kolom verifikasi di halaman situs
  9. Selanjutnya kita harus Menunggu kurang dari 3 hari untuk proses pengajuan buka kunci akun Mi lewat IMEI
  10. Setelah pengajuan di setujui pihak Xiaomi. Maka kita bisa langsung login menggunakan password baru dan segera Menghapus akun Mi Cloud kita
  11. Selesai. Kini akun Mi Cloud kita berhasil di hapus dengan menggunakan IMEI

Hapus Akun Mi Dengan Fastboot (CMD)

Cara ke delapan yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun Mi Cloud adalah cara menghapus Akun Mi Cloud menggunakan Fastboot. Fastboot sendiri adalah sebuah protokol yang di gunakan untuk melakukan flash ulang partisi pada ponsel atau tab android. Adapun cara menghapus akun Mi dengan Fastboot akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Menghapus Akun Mi Cloud dengan Fastboot

  1. Pertama-tama Atur ponsel masuk ke mode Fastboot. Caranya adalah dalam keadaan ponsel mati lalu Tekan tombol Volume + Power secara bersamaan
  2. Selanjutnya Hubungkan Hp Xiaomi kita dengan laptop / komputer menggunakan kabel data USB bawaan ponsel
  3. Kemudian Buka Menu CMD (Command Prompt) pada perangkat laptop / komputer kita. Bagi yang bingung silahkan ketikan CMD pada kotak pencarian windows
  4. Setelah Jendela terbuka, lalu Ketikan Perintah di bawah ini
    • fastboot device (Enter)
    • fastboot -w (Enter)
    • fastboot erase config (Enter)
    • fastboot reboot (Enter)
  5. Setelah semua perintah CMD berhasil di lakukan. Lalu secara otomatis Hp Xiaomi kita Reboot (Restart)
  6. Selesai. Setelah Hp Xiaomi kembali hidup maka akun Mi Cloud kita berhasil di hapus dari perangkat ponsel kita

Hapus Akun Mi Cloud dengan UFi Box

Cara ke sembilan yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun Mi Cloud adalah menghapus Akun Mi Cloud dengan Ufi Box. Untuk menggunakan cara ini kita harus memiliki perangkat UFI Box. Bagi yang belum memiliki bisa meminjam ke teman atau membelinya di toko online dengan harga berkisar ratusan ribu (adapternya saja) hingga jutaan rupiah (Fullset).

Ufi (Universal Flashing Interface) Box sendiri adalah sebuah alat untuk memperbaiki semua jenis ponsel dengan kemampuan repairing & mengubah ukuran file dengan format EMMC. Adapun caranya akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Hapus Akun Mi Cloud dengan UFI Box

  1. Pertama tama Persiapkan terlebih dahulu peralatan yang di butuhkan seperti Laptop, Perangkat UFI Box, Software Ufi Android Tool Box, Kabel Data USB, USB Driver dan File Prog_emm_Firehose Xiaomi.
  2. Setelah semua tersedia. Lalu Matikan Ponsel dan Masuk ke mode fastboot dengan cara tekan tombol Power + Volume secara bersamaan
  3. Kemudian Hubungkan perangkat Laptop dengan Hp Xiaomi menggunakan kabel data USB. Dan Hubungkan perangkat UFi box ke port USB laptop
  4. Selanjutnya Buka Software UFI Android Tool Box
  5. Setelah Aplikasi terbuka. Lalu Pilih Chipset sesuai dengan target android xiaomi yang kita miliki. Contoh bila kita menggunakan Hp Xiaomi Redmi 5 Plus, maka kita Pilih Opsi: (Brand : Xiaomi, Platform : Qualcomm, Model : Redmi 5 Plus).
  6. Selanjutnya Kita Ceklist Opsi Firehose yang ada di bawah nya
  7. Kemudian Load File Prog_emm_firehose yang telah di siapkan dengan cara menyeretnya dengan Mouse ke area penempatan firehose di layar aplikasi
  8. Selanjutnya kita Klik tombol Identity Device yang ada di Pojok kanan atas layar
  9. Kemudian Munculah Informasi Device di Jendela Log yang ada di sebelah kiri layar. Dimana status device (perangkat) berubah jadi ON (aktif) yang berarti device terhubung dengan akun Mi ponsel kita
  10. Selanjutnya kita Klik Tombol Spesial Task berwarna ungu yang ada di tengah bawah layar
  11. Kemudian Munculah beberapa opsi. Lalu Kita Pilih Opsi Reset Mi Account Lock yang ada paling bawah
  12. Kemudian Jendela Log di sebelah kiri layar menampilkan informasi bahwa “ Reset Xiaomi Account Lock..Done” yang artinya proses penghapusan akun Mi Cloud yang terkunci telah sukses
  13. Selesai. Kini akun Mi Cloud kita telah berhasil di hapus menggunakan perangkat UFI Box

Hapus Akun Mi Cloud Dengan TWRP

Cara ke sepuluh yang akan kami jelaskan untuk menghapus akun Mi Cloud kita adalah cara menghapus Akun Mi Cloud menggunakan TWRP. Cara ini khusus di gunakan bagi pengguna yang sedang menggunakan custom rom MUI pada perangkat Hp Andromax, Evercross dan Lenovo dimana masalah yang muncul biasanya adalah “This Device Is Locked”.

Hal ini di karenakan Mi Account hanya khusus di gunakan untuk Hp dengan merek Xiaomi. TWRP (Team Win Recovery Project) sendiri adalah alternatif custom recovery untuk para pengguna perangkat android dalam lisensi terbuka. Adapun cara hapus akun Mi Cloud dengan TWRP akan kami jelaskan seperti di bawah ini.

Cara Hapus Akun Mi Cloud Dengan TWRP

  1. Pertama-tama Download Aplikasi Fix Mi Account di Hp Android kita
  2. Selanjutnya Masuk ke Custom recovery CWM atau CWRP
  3. Kemudian Instal dan Cari File Fix Mi Account yang telah berhasil di download
  4. Proses Load File pun berjalan hingga selesai
  5. Selanjutnya kita Pilih Opsi Wipe Cache / Dalvik
  6. Kemudian kita Pilih Opsi Reboot System
  7. Selanjutnya Ponsel Xiaomi kita otomatis melakukan Restart
  8. Selesai. Setelah Hp Xiaomi kita kembali menyala maka Akun Mi Cloud kita berhasil di hapus

Hubungi Xiaomi Indonesia

Cara terakhir yang akan kami jelaskan untuk menghapus Akun Mi Cloud secara permanent adalah dengan menghubungi pihak Xiaomi Indonesia. Cara ini di gunakan khusus bagi pengguna yang tidak mengalami pengetahuan tentang IT atau masih ragu bila hendak melakukan factory reset. Adapun daftar kontak yang bisa di gunakan untuk menghubungi pihak Xiaomi Indonesia seperti di bawah ini.

Daftar Kontak Xiaomi Indonesia

  1. Call Center : 0800-1-401558
  2. Whatsapp: +6282117236765
  3. Email : service.id@xiaomi.com
  4. Customer Service : https://mobile.mi.co.id/id/service/online/
  5. Facebook : https://m.facebook.com/XiaomiIndonesia/
  6. Pusat Service: https://mobile.mi.co.id/id/service/repair

Kesimpulan

Demikianlah penjelasan kami mengenai apa itu Akun Mi Cloud beserta fungsinya. Selain itu di jelaskan pula beberapa cara untuk menghapus akun Mi. Seperti dengan cara Logout Akun Mi Cloud, Hapus Akun Mi Cloud lewat PC, Hapus Akun Mi yang Lupa Password, Menonaktifkan Akun Mi dari Smartphone. Hapus Akun Mi Cloud dengan Facebook, Scan QR Code, Fastboot (CMD), UFiBox, TWRP, IMEI dan Hubungi Xiaomi Indonesia.

Dengan membaca penjelasan di atas tentu kini kita jadi lebih tahu tentang apa itu Akun Mi Cloud beserta manfaatnya. Selain itu dengan membaca penjelasan di atas kini kita tidak bingung lagi bila ingin menghapus akun Mi Cloud saat ponsel hendak di jual ke orang lain. Sehingga data di Akun Mi Cloud kita tetap aman dan tidak bisa di lihat orang lain.

You may also like