Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Virtual Memory Low pada Komputer

Sponsors Link

Pernahkah anda sedang asik mengoperasikan komputer lalu muncul peringatan “virtual memory low” ? Tentunya hal ini akan sangat mengganggu aktivitas anda. Virtual memory sendiri merupakan memori yang dapat digunakan oleh pengguna komputer, memori inilah yang digunakan oleh aplikasi-aplikasi yang terpasang di komputer anda sebagai bagian dari memori sekunder yang seolah-olah digunakan sebagai RAM fisik. Virtual memori dapat dibuat dengan menggunakan memori yang terdapat pada hardisk. Jumlah penggunaan memori ini tidak dibatasi namun tergantung dari besarnya sisa memori yang terdapat pada hardisk. Lalu apa yang harus anda lakukan untuk mengatasi virtual memory low? Berikut penjelasannya.

ads

Baca juga:

Cara Mengatasi Virtual Memory Low

Terdapat beberapa cara yang anda dapat lakukan untuk mengatasi virtual memory low pada komputer anda, antara lain adalah:

1. Pemeriksaan terhadap memori komputer anda

Bila terjadi kesalahan memori yang tidak cukup pada komputer anda, mungkin penyebab nya dapat terjadi karena memori yang telah rusak. Sehingga cara terbaik yang harus anda lakukan adalah menjalankan tes memori untuk memastikan bila memori komputer anda berfungsi dengan baik. Windows memiliki memory diagnostic tools yang dapat memeriksa apakah terdapat masalah pada RAM komputer anda. Dan untuk mengatasi virtual memory pada komputer, anda dapat melakukan hal dibawah ini:

  • klik start
  • ketik memory pada kotak pencarian
  • pilih memory diagnostic tools
  • kemudian pilih opsi untuk memeriksa memori anda.

Baca juga :

2. Adjust Visual Peformance

Windows memang memiliki user interface yang bagus namun beberapa fitur didalamnya tidak sama sekali diperlukan dalam kinerja komputer anda. Semua fitur UI yang ada pada RAM komputer anda dapat menyebabkan peringatan virtual memory law sering terjadi pada komputer anda. Sehingga bila anda ingin menghindari kesalahan karena memori komputer yang tidak cukup dan mempercepat PC anda maka anda dapat mengatur pilihan visual pada komputer anda dengan cara berikut.

  • klik start
  • klik control panel
  • klik advanced settings
  • kemudia klik setting di bawah peformance
  • Di bawah visual effect, anda dapat memilih beberapa daftar pilihan seperti adjust for best peformance ataupun custom. Bila anda memilih adjust for best peformance maka semua fitur dapat anda hilangkan dengan menghilangkan centang yang ada. (Baca juga : Kapasitas RAM Terbesar Saat Ini , Bahasa Pemrograman Web Paling Populer)
Sponsors Link

3. Mengaktifkan dan mengatur virtual memory

Cara lainnya yang dapat anda lakukan untuk mengatasi virtual memory low adalah dengan membebaskan beberapa ruang pada memori anda dengan mengakses paging file anda. Virtual memory dapat menghentikan kesalahan atau peringatan “your computer is low in memory” dengan membuat ruang bebas pada hard drive yang bertindak sebagai RAM komputer anda. Nah berikut ini beberapa langkah yang anda lakukan.

  • anda dapat menuju system properties pada menu control panel
  • di bagian bawah advance tab di bawah peformance, klik menu setting
  • pilih advanced
  • kemudian pilih change di bawah virtual memory
  • pilih hard disk anda
  • dan klik sistem managed size

Baca juga:

Komputer yang sering terkena virtual memory low biasanya dikarenakan kolom paging file for selected drive terjadi beberapa kesalahan seperti:

beberapa aturan umum yang dapat anda terapkan untuk penyetalan virtual memory antara lain adalah:

  1. pilih custom size, bila anda memiliki hard disk yang cukup besar, anda dapat mengatur initial size nya pada 1024 mb dan maksimum size nya pada 4096 mb. Windows XP sendiri memiliki maksimum size yaitu 4 GB.
  2. bila terdapat dua hard disk, maka gunakan pastisi lain selain partisi sistem. Misal ada C: dan D: atau anda dapat gunakan lainnya. Anda juga bisa menggunakan D: sebagai media virtual memory. Setelah diatur biasanya komputer akan minta di restart. (Baca juga : Penyebab RAM PC Penuh , Penyebab Kerusakan RAM pada Laptop)

4. Menggunakan Ready Boost 

Ready Boost merupakan salah satu fitur yang ada di dalam Windows Vista atau yang lebih baru yang dapat berfungsi untuk menggunakan perangkat penyimpanan USN sebagai memori sekunder komputer anda. Hal ini sama dengan bertindak sebagai virtual memory RAM komputer anda. Dengan sering menggunakan ready boost, maka komputer anda akan lebih cepat dari memori paging file seperti yang dijelaskan di atas. Menggunakan ready boost merupakan cara yang paling efektif untuk menghindari kesalahan pada memori yang tidak cukup. Untuk menggunakan fitur ready boost, berikut cara penggunaannya

  • masukkan perangkat USB pada komputer anda
  • klik start
  • klik computer
  • klik kanna perangkat USB anda
  • pilih properties
  • pilih ready boost
  • kemudian anda sesuaikan dengan cara ” Space to reserve for system speed” dengan menggeser bar.

Baca juga:

Sponsors Link

5. Menghapus program yang tidak digunakan

Biasanya terdapat beberapa aplikasi ataupun program yang masih anda simpan padahal anda sudah tidak menggunakannya kembali. Sehingga akan memenuhi ruang memori anda dan menyebabkan virtual memory law. Untuk itu tidak ada salahnya jika anda menghapus program-program yang sudah tidak terpakai dengan cara menguninstallnya. (Baca juga : Cara Mengatasi Notebook Lemot , Fungsi RAM)

Selain itu ada beberapa cara yang bisa anda lakukan juga untuk membntu mengatasi virtual memory low pada komputer anda, antara lain adalah:

  1. Meningkatkan virtual memory low, cara ini dianggap salah satu cara yang efektif untuk mengatasi
  2. Anda dapat menguninstall program-program di komputer yang sudah tidak diperlukan lagi. Sehingga hal ini akan menyebabkan berkurangnya memori yang anda gunakan.
  3. Menghapus beberapa file yang tidak diperlukan seperti file-file yang double, log file, dan file-file sampah. Misalnya yang terdapat di prefecth, anda dapat meng klik menu start run kemudian ketik prefecth -> sellect all dan tekan tombol Shift+Del pada keyboard.
  4. Anda juga melakukan pembersihan pada recycle bin, cookies, dan lainnya.
  5. dan masih banyak lainnya

(Baca juga : Fungsi Harddisk Pada Komputer , Cara Mengatasi Komputer Sering Mati Sendiri)

nah itu tadi beragam cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi virtual memory low pada komputer anda. Jangan mengabaikan pesan ini jika muncul dalam komputer anda, bisa saja nanti dapat mengakibatkan kerusakan pada memory anda. Semoga informasi di atas dapat membantu anda.

 Baca juga:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 20th, December 2016 / 00:47 Oleh :
Kategori : Ram