Sponsors Link

Pengertian Web Server Menurut Para Ahli

Sponsors Link

Web Server merupakan salah satu bentu dan juga jenis dari server. Web server pada dasarnya merupakan sebuah server yang ditujukan untuk penggunaan dari sebuah alamat web atau website di dalam jaringan internet. Maka dari itu, untuk memahami pengertian dan juga penjelasan dari web server, ada baiknya kita mengetahui beberapa konsep dasar mengenai pengertian dari web dan juga server.

Pengertian Web

Sebelum beralih menuju web server, maka sebalumnya kita harus mengenali tentang konsep dari sebuah web. Ada beberapa ahli yang mnegatakan pengertian dan juga definisi mendasar mengenai apa itu sebuah web. Berikut ini adalah beberapa pengertian web menurut parah ahli:

  1. Suwanto Raharjo

Menurut Suwanto Raharjo, Web merupakan salah satu layanan internet yang paling banyak digunakan oleh usernya dibandingkan dengan layanan lain seperti, seperti layanan internet ftp, gopher, news dan juga layanan surat elektronik atau email.

  1. Wahana Komputer

Menurut Wahana Komputer, Web merupakan sebuah formulir komunikasi interaktif yang digunakan pada sautu jaringan komputer, salah satunya adalah penggunaan pada jarinan internet.

  1. Taufiq Hidayatullah

Menurut A. Taufiq Hidayatullah, Web merupakan bagian dari sebuah aplikasi di dalam internet paling terlihat, dan juga paling banyak digunakan oleh user atau clientnya.

  1. Haertalib

Menurut Haertalib, Web merupakan sebuah lokasi di dalam jaringan internet, dimana lokasi tersebut memiliki tempat dan juga alamt tertentu, sehingga bisa diakses siapa saja.

  1. Boone

Menurut Boone, Web merupakan sebuah koleksi sumber informasi yang kaya akan desan dan juga grafis yang mana dapat saling berhubungan satu sama lain dalam suatu jaringan internet yang lebih besar.

  1. Feri Indayudha

Menurut Feri Indayudha, Web adalah suatu program yang dapat memuat banyak hal, seperti film, gambar, suara, serta musik yang dapat ditampilkan dan juga dilihat, dengan menggunakan teknologi jaringan internet yang ada.

  1. Yuhefizar

Menurut Yuhefizar, Web merupakan suatu metode untuk menampilkan informasi di dalam jaringan internet, baik berupa teks, gambar, suara, maupun video yang interaktif. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa web mempunyai kelebihan untuk menghubungkan (link) satu dokumen dengan dokumen lainnya (hypertext) yang dapat diakses melalui sebuah browser.

Itulah beberapa pengertian dari web menurut beberapa ahli. Apabila disimpulkan, maka dapat dikatakan bahwa yang dimaksud dengan web merupakan suatu metode menampilkan informasi di dalam browser. Penampilan informasi ini membutuhkan user untuk melakukan request, dan juga software yang digunakan untuk menampilkan informasi yang direquest tersebut. Software yang biasa digunakan, seperti web browser yang biasa kita gunakan.

sponsored links

Selanjutnya, setelah megnenal apa itu web, maka kita akan mengenal mengenai server. Ada beberapa pendapat para ahli mengenai definisi dari server.

Pengertian server menurut beberapa ahli secara garis besar. Berikut ini adalah beberapa pengertian dari server menurut beberapa ahli, secara garis besarnya :

  • Nugroho, 2004

Nugroho (2004) mendefinisikan mengenai server sebagai sebuah pusat, dan juga difungsikan sebagai pelayan yang berguna untuk pengeriman dan juga penerimaan data, serta mengatur proses pengiriman dan juga penerimaan data diantara komputer – komputer yang tersambung, atau dengan kata lain, server memiliki fungsi utama sebagai penyedia sebuah layanan bagi client atau user.

Sedikit sekali memang tokoh yang mendefinisikan arti dari sebuah server. Namun demikian, dapat disimpulkan bahwa yang dimaksud dengan server adalah sebuah pusat data, yang berisi berbagai macam informasi penting, yang mana nantinya server akan berperan sebagai penyedia data terhadap klien atau user. Dengan kata lain, server berperan sangat penting dalam sistem jaringan komputer, dan membantu agar setiap komputer klien atau user dapat mengakses data dengan cepat.

Pengertian Web Server

Setelah mengetahu sedikit ringkasan mengenai server dan juga web, maka ada beberapa tokoh dan juga ahli komputer yang memberikan sedikit pengertian dan juga definisi mengenai web server. Berikut ini adalah beberapa pengertian dan definisi web server menurut beberapa tokoh:

  1. Solochin

Solichin, dalam diktat kuliah pemrograman website mengatakan bahwa yang dimaksud dengan web server adalah sebuah perangkat lunak yang terinstall di dalam komputer server, yang berfungsi untuk menerima permintaan dan juga request berupa halaman website melalui HTTp atau HTTPS dari user atau client, dan kemudian mengirimkannya kembali dalam bentuk halaman web yang berbentuk dokumen HTML.

  1. Khairil

Khairil dalam modul mengenai jaringan dan juga web komputer mengatakan bahwa yang dimaksud dengan web server adalah suatu software atau perangkat lunak yang menjadi tulang belakang atau tulang punggung dari sebuah www atau world wide web. Lebih lanjut disebutkan pula bahwa web server akan menunggu permintaan dari client yang menggunakan browser, kemudian melakukan pemrosesan terhadap request tersebut, dan kemudian menampilaknnya kembali dalam sebuah browser, sebagai hasil dari pemrosesan data yang telah dilakukan.

  1. Nugroho (2004)

Nugroho (2004) mengatakan bahwa yang dimaksud dengan web server adalah sebuah bentuk dari server yang khusus digunakan untuk menyimpan halaman website atau home page. Sebuah komputer dapat dikatakan sebagai web server apabila komputer tersebut memilki suatu program server yang disebut PWS atau Personal Web Service. PWS ini kemudian nantinya difungsikan agar halaman web yang ada di dalam sebuah komputer server dapat dipanggil oleh komputer klien.

Itulah 3 pendapat dari para tokoh mengenai apa itu web server. Apabila didefiniskan menurut konsep web dan jga server, maka yang dimaksud dengan web server merupakan suatu fungsi server sebagai penyedia layanan informasi yang mendukung penyediaan informasi dan juga data yang dibutuhkan oleh website dalam beroperasi.

Setiap website membutuhkan beberapa hal untuk dapat menampilkan informasi. Jadi, tanpa adanya web server, maka sebuah web tidak akan bisa memproses permintaan atau request yang dilakukan oleh user. Hal ini membuat web server merupakan salah satu hal yang harus dimilki oleh sebuah website.

Sponsors Link

Contoh Penggunaan Web Server

Untuk lebih jelasnya mengenai web server, berikut ini adalah contoh dari cara kerja web server secara konkret:

  • User mengawali dengan melakukan koneksi terhadap internet.
  • Setelah komputer terhubung ke dalam internet, maka user akan memasukkan alamat internet URL dengan base www di dalam browsernya.
  • Ketika user menekan enter, maka secara teknis user sudah melakukan request atau perminataan dari konten tertentu yanga akan dia akses.
  • Ketika user sudah melakukan request tersebut, maka request tersebut akan diteruskan ke dalam web server, dan kemudian akan diproses oleh web server.
  • Pada saat web server menerima request, maka web server akan mengolah request tersebut, dan mencari semua informasi yang dibutuhkan oleh user pada saat proses reuest berlangsung.
  • Setelah pemrosesan yang dilakukan oleh web server selesai, maka web server akan mengirimkan kembali hasil dari pemrosesan data yang sudah dilakukan.
  • Hasil dari pemrosesan data yang sudah dilakukan oleh web server kemudian akan muncul pada layar dan juga tampilan browser yang dimiliki oleh user.

Begitulah kira-kira proses yang terjadi ketika web server bekerja dan menangani proses request yang diinginkan oleh user pada saat melakukan browsing. Browsing  merupakan salah satu kegunaan internet berkat manfaat jaringan komputer yang telah berkembang pesat saat ini. Menggunakan browser terbaik sangat mendukung kegiatan antara browsing dan juga kegiatan aktivitas internet lainnya.

Fungsi dari Web Server

Pada dasarnya web server adalah salah satu elemen vital pada sebuah website, dan sudah pasti memilki banyak sekali fungsi utama. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari sebuah web server:

  • Untuk memproses permintaan user di sebuah web
  • Sebagai penyedia data dan juga informasi yang dimiliki oleh sebuah web
  • Menyimpan konten sebuah website
  • Penentu kecepatan pemrosesan informasi dari sebuah halaman web
Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 10th, October 2015 / 05:29 Oleh :
Kategori : Komputer Dasar