13 Kelebihan dan Kekurangan Jualan Online Bagi User

Sponsors Link

Jualan online saat ini merupakan salah satu pilihan bagi banyak orang untuk mempromosikan dan menjual barang dagangan. Kemudahan aplikasi dan perkembangan teknologi merupakan salah satu hal yang menjadi pemicu jualan online menjadi salah satu pilihan yang banyak diambil oleh para pebisnis.

Dengan menggunakan manfaat jaringan komputer dan internet yang semakin canggih akan membuat para pebisnis merasakan manfaat online shop dalam sekala besar akan lebih banyak. Terlebih bagi yang menggunakan media sosial dalam pemasarannya, karena sebagian besar masyarakat Indonesia pastinya lebih melihat media sosial karena lebih mudah untuk di akses. (baca juga: manfaat facebook)

Jualan online sendiri tentu saja memiliki beberapa kelebihan dan juga kekurangan. Apa saja kelebihan dan juga kekurangan dari jualan online? Berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan dari jualan online:

Kelebihan Berjualan Online

  1. Tidak perlu mengelurkan biaya lebih untuk menyewa toko secara fisik

Kelebihan jualan online yang pertama adalah anda tidak perlu repot-repot memiliki sebuah toko ataupun menyewa toko secara fisik. Ya, toko online anda bisa menggunakan berbagai macam platform dan media yang tersedia di dalam dunia internet. Karena itu, saat ini banyak sekali user yang berjualan online, karena kelebihan dari jualan online yang satu ini, yaitu tidak perlu membayar biaya tambahan untuk menyewa ataupun membeli sebuah toko yang ada secara fisik, yang pasti harganya akan jauh lebih mahal dibandingkan hanya mengembangkan sebuah toko di dunia maya.

  1. Tidak perlu membayar pajak penjualan ataupun pajak penghasilan dari berjualan online

Saat ini, regulasi mengenai penjualan online masih dibatasi hanya dengan UU ITE saja. Belum ada regulasi mengenai sistem perdagangan yang dilakukan secara online. begitu pula mengenai sistem pembayaran pajak. Karena itu, bagi anda yang merupakan pemain besar alias retail, membuat toko offline merupakan salah satu keuntungan yang sangat penting, karena dari egi pajak, anda tiadk perlu menyetorkan pajak penghasilan anda dari hasil berjualan di toko online tersebut.

  1. Dapat menekan harga, sehingga membuat harga jual menjadi lebih murah

Keuntungan dan juga kelebihan jualan online berikutnya adalah user alias penjual toko online mampu menekan harga, sehingga harga jual sebuah barang di pasaran bisa menjadi lebih kompetitif. Anda bisa menggunakan insting anda dalam berjualan, agar harga dari barang yang anda jual bisa ditekan semaksimal mungkin, namun tetap memberikan keuntungan bagi anda selaku pemilik toko online.

  1. Omzet yang tinggi

Omzet dari penjualan menggunakan pemanfaatan dari toko online juga tergolong tinggi. toko online yang sudah memilik target pasar yang jelas, serta sudah berkembgan, bisa memiliki omzet yang sangat besar, sehingga hal ini akan menyebabkan banyak sekali orang tergiru akan kesuksesan berjualan dengan menggunakan sistem toko online, ataaupun e-commerce. Anda bisa memperoleh omzet 2 hingga 3 kali lipat apabila anda membuka toko online, dibandingkan dengan ketika anda hanya membuka sebuah toko fisik saja yang hanya mengandalkan sistem offline.

Sponsors Link

  1. Cakupan wilayah yang sangat luas

Nah, ini merupakan kelebihan yang sangat hebat, yang bisa kita temui dari berjualan menggunakan toko online. ya, cakupan wilayah yang bisa digapai oleh penjual yang meggunakan sistem toko online sangatlah luas. Tidak hanya cakupan wilayah dalam kota saja, bahkan luar kota, luar pulau dan juga luar Negara pun bisa dicapai. Jadi apabila kita lihat dari segi penjualan, target marketing dan juga target pasar dari produk yang kita jual sangat beraqgam dan juga tentunya sangat luas cakupan wilayahnya.

  1. Gratis

Tentu saja, toko online adalah salah satu bentuk sistem jual beli yang gratis. Meskipun anda juga bisa mengembangkan sendiri toko online secara independen dengan membayar sejumlah dana untuk mengembangkan bisnis dan juga sistem tersebut. Namun, apabila kita berbicara mengenai sistem jual beli toko online di situs e-commerce dan media sosial, maka anda tidak perlu membayar sepeser pun untuk mempromosikan iklan anda di media sosial. Anda bebas membuat banyak username dan juga prduk jualan anda di media sosial ataupun di situs e-commerce.

  1. Tidak perlu membutuhkan banyak modal yang besar dan memberatkan

Modal? Modal yang harus anda miliki hanyalah dua, ketekunan dan juga stok barang saja. Bahkan anda bisa juga berjualan online dengan sistem dropship, yang membuat anda bisa berjualan online tanpa harus melakukan stocking pada barang jualan anda. menarik bukan? Tidak perlu repot dalam mengatur modal, apalagi modal untuk menyewa toko dan juga membangun sebuah toko.

  1. Mudah dalam mengaplikasikan

Aplikasi untuk berjualan online pun sangat mudah. Anda bisa menggunakan smartphone anda dengan mudah. Sudah banyaks ekali smartphone yang mendukung situs – situs jual beli online, e-commerce, dan juga mendukung penggunaan web browser. Anda bisa melakukan itu semua hanya dengan sekali sentuh pada layar smartphone anda, dan keuntungan serta penjualan akan masuk ke dalam rekening anda.

  1. Bisa dilakukan dalam waktu luang dan senggang, sehingga bisa tetap focus pada pendidkan ataupun pekerjaan lain secara real (bukan online)

Enaknya lagi, yang merupakan kelebihan dari jualan online adalah segi waktu yng dibutuhkan. Anda dapat berjualan online di waktu senggang, hal ini karena anda hanya perlu mengecek handphone anda saja untuk melihat pesanan, lalu anda bisa melakukan packing pengiriman barang pada sore hari. Siang harinya, anda bisa bekerja di kantor, kuliah, dan melakukan kegiatan normal anda sehari – hari. Bagi ibu rumah tangga, berjualan online juga merupakan salah satu cara yang tepat untuk menghasilkan tambahan uang dan juga mengisi waktu luang ketika bosan berada di rumah.

sponsored links

Kekurangan dari Jualan Online

  1. Teknik marketing yang agak sulit apabila tidak memahami

Meskipn terlihat mudah, namun tetap saja berjualan online membutuhkan bakat dan juga trik khusus dalam aplikasinya. Misalnya saja adalah bagaimana kita mempromosikan toko online kita, baik di media sosial maupun situs e-commerce. Teknik marketing dan penjualan ini bisa dipelajari, namun terkadang cukup sulit untuk dipahami, dan tidak bisa dilakukan secara instan.

  1. Butuh kemauan keras dan ketekunan

Bagi anda yang memiliki semangat juang dan juga ketekunan, serta kemauan yang rendah, ada baiknya anda jangan mencoba berjualan online. meskipun terlhat mudah dalam mengaplikasikannya, namun apabila anda tidak memiliki semangt tingi dalam membangun bisnis toko online, maka bisnis toko online anda tidak akan berjalan dengan mulus.

  1. Sabar dalam menghadapi pelanggan

Kesabaran dalam menghadapi pelanggan juga harus bisa kita latih sebagai penjual toko online. banyak pelanggan yang cerewet dan juga banyak bertanya dan juga banyak melakukan complain, sehingga sangat mengganggu kenyamanan kita sebagai seller.

  1. Rawan akan penipuan

Penipuan merupakan salah satu penyakit yang paling sering terjadi pada sistem jual bel online, baik menggunakan mesia sosial maupun e-commerce.

artikel terkait lainnya:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, February 2016 / 09:51 Oleh :
Kategori : Internet