Home » Hardware » Keyboard » 10 Fungsi Ctrl pada Keyboard

10 Fungsi Ctrl pada Keyboard

by Dadan Abdullah, S.Kom.

Keyboard, sebenarnya berasal dari dua kata yaitu key yang berarti “kunci” dan board yang berarti “papan”, dan seperti namanya keyboard berupa alat berbentuk papan yang padanya terdapat banyak “kunci” (tombol), dan diantara banyak tombol pada keyboard, terdapat satu tombol yang (bisa dibilang) keberadaannya sangat penting, saking pentingnya tombol tersebut dibuat dua  buah (sebelah kiri dan kanan), ia adalah tombol “Ctrl”.

Baca Juga:

Nama “Ctrl” merupakan kependekan dari “Control”, sebagian orang umumnya menyebut tombol tersebut dengan sebutan “Control” tapi ada pula yang menyebut dengan nama seadanya yaitu “Ce-te-er-el”, pemendekkan nama Control menjadi Ctrl dikarenakan (salah satunya) ukuran tombol pada keyboard tidak terlalu besar, apalagi pada notebook (mini laptop), ukurannya tidak lebih dari 1,5cm. (Baca juga: Fungsi tombol Keyboard Komputer)

Kombinasi Tombol Ctrl Berfungsi Sebagai Shortcut

Shortcut, dalam bahasa Indonesia berarti (kurang lebih) “jalan pintas”, dalam arti suatu aksi yang dilakukan oleh pengguna dengan menekan tombol tertentu dengan tujuan mempercepat dilakukannya aksi tersebut, misalnya untuk menyeleksi semua file yang ada pada suatu folder atau menyeleksi semua teks yang ada pada perangkat lunak pengolah kata cukup dengan menekan tombol Ctrl + A, untuk lebih memperkaya referensi, berikut Saya sajikan beberapa shortcut dengan kombinasi tombol Ctrl. (Baca juga: Jenis Kerusakan Keyboard Laptop)

1. Ctrl + A (Menyeleksi Semua Obyek, Select All)

Menekan tombol Ctrl dan A (keduanya ditekan bersamaan) merupakan shortcut untuk menyeleksi semua obyek, obyek yang terseleksi bisa teks, gambar, file dan lain sebagainya, kombinasi huruf A diambil dari nama aksi yang dilakukan yaitu “Select All” (A dari awalan kata All), kenapa tidak Ctrl + S? (S dari awalan kata Select) karena Ctrl + S digunakan untuk shortcut aksi lain, simak poin selanjutnya.(Baca juga: Ciri-ciri Keyboard Laptop Rusak)

2. Ctrl + S (Menyimpan File, Save)

Pada banyak perangkat lunak (Office Word, Office PowerPoint, Office Excel) memberlakukan shortcut Ctrl + S untuk menyimpan hasil kerja pengguna misalnya Documents, Presentasi dan lain sebagainya, bahkan bisa dibilang semua perangkat lunak menggunakan kombinasi tombol Ctrl + S sebagai shortcut untuk menyimpan (S dari awalan kata Save), selama ini Saya belum pernah menemukan perangkat lunak yang menjadikan Ctrl + S sebagai shortcut lain (selain untuk Save). (Baca juga: Fungsi Tombol F1 Sampai F12)

3. Ctrl + C (Menyalin Obyek, Copy)

Sudah jelas, fungsinya adalah untuk menyalin (menduplikasi) obyek, tanpa shortcut pengguna diharuskan menyeleksi obyek kemudian klik-kanan dan pilih Copy, namun dengan shortcut cukup seleksi obyek yang ingin diduplikasi kemudian tekan Ctrl + C (C dari awalan kata Copy) untuk menyalin obyek. (Baca juga: Fungsi Tombol ESC)

4. Ctrl + X (Memotong Obyek, Cut)

Shortcut ini Saya yakin sudah familiar (sama halnya dengan shortcut untuk Copy), namun ada yang unik dari kombinasi tombolnya yaitu penggunaan huruf X yang entah diambil dari kata apa, yang pasti bukan C untuk Cut karena shortcut Ctrl + C sudah digunakan untuk Copy. (Baca juga: Penyebab Tombol Keyboard Komputer Tidak Berfungsi)

5. Ctrl + V (Menempel Obyek, Paste)

Shortcut ini juga unik, kombinasi huruf V tidak diambil dari  awalan kata Paste karena kombinasi huruf P sudah digunakan untuk shortcut dengan aksi lain, simak poin selanjutnya. (Baca juga: Jenis-jenis Keyboard Komputer)

6. Ctrl + P (Mencetak, Print)

Untuk mencetak, Anda dapat langsung menekan Ctrl + P pada perangkat lunak yang mendukung fitur ini misalnya Office Word, PowerPoint, Excel bahkan pada web browser seperti Chrome dan Firefox. (Baca juga : Cara Menjaga Keyboard Agar Tidak Cepat Rusak)

Beberapa shortcut diatas hanya sebagian kecil dari sekian banyak shortcut yang ada (yang merupakan kombinasi tombol Ctrl), masih banyak shortcut lain seperti Ctrl + L, Ctrl + E, Ctrl + R dan Ctrl + J (Untuk mengatur Alignment), Ctrl + O (Membuka Obyek, Open), Ctrl + N (Membuat Obyek Baru, New), Ctrl + I, Ctrl + U dan Ctrl + B (Untuk mengatur style teks), Ctrl + F (Pencarian Obyek, Find) bahkan yang menggunakan kombinasi 3 tombol seperti Ctrl + Shift + Del (untuk membuka Task Manager pada Sistem Operasi Windows). (Baca juga: Fungsi Keyboard dan Mouse)

Tombol Ctrl Digunakan Untuk Menyeleksi Obyek Acak

Acak? Ya, mungkin Anda sedikit bingung dengan sub-judul pada bagian ini, Kita coba terapkan pada suatu contoh kasus untuk memudahkan pemahaman, misalnya dalam satu folder ada 10 buah foto dengan nama Foto1, Foto2 hingga Foto 10 yang semuanya terurut secara alfanumerik dan Anda bermaksud menghapus Foto1, Foto5 dan Foto7 secara bersamaan (sekali tekan tombol Delete/Del). (Baca Juga: Fungsi Tombol pada Keyboard)

Dalam contoh kasus diatas Anda hanya perlu menekan tombol Ctrl (tahan, jangan dilepas) lalu meng-klik foto yang ingin diseleksi (dalam hal ini Foto1, Foto5 dan Foto7) dalam keadaan tombol Ctrl ditahan (ditekan), setelah selesai menyeleksi lepas tombol Ctrl lalu tekan tombol Delete/Del (karena dalam contoh diatas kita akan menghapus file).(Baca juga: Penyebab Keyboard Laptop Mengetik Sendiri)

Tombol Ctrl Digunakan Untuk Menunjukkan Posisi Pointer

Apa itu pointer? Pointer adalah obyek yang bergerak saat mouse atau touchpad digerakkan, pointer umumnya berbentuk tanda panah namun kondisional (tergantung kondisi), lalu kenapa posisi pointer harus ditunjukkan? Ya, mungkin untuk beberapa pengguna dengan perangkat monitor (layar) yang berukuran cukup besar atau yang menggunakan lebih dari satu monitor (layar) dalam satu komputer  nampaknya akan sedikit kesulitan untuk mengetahui posisi pointer sehingga pemanfaatan fitur ini untuk mengetahui posisi pointer pada layar akan sangat membantu. (Baca Juga: Jenis Kerusakan pada Keyboard , Penyebab keyboard rusak)

Dalam Sistem Operasi Windows (Saya contohkan menggunakan Windows 7, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan versi Windows yang lain), untuk mengaktifkan fitur ini Anda hanya perlu membuka Mouse Properties (cari dengan keywordmouse” pada Start Menu) kemudian buka tab Pointer Option, dibagian bawah ada checkbox dengan label “Show location of pointer when I press the CTRL key”, check opsi tersebut lalu klik OK. (Baca Juga: Tips Merawat Keyboard , Jenis Kerusakan pada Keyboard)

Dengan demikian setiap kali Anda menekan (tekan lalu lepas) akan tampil obyek lingkaran (yang mengecil secara animated) dengan pointer dibagian tengahnya, jadi pengguna tidak lagi kebingungan mencari lokasi pointer. (Baca juga: Penyebab Keyboard Laptop Rusak)

Baiklah, demikian beberapa fungsi Ctrl pada keyboard, masih banyak shortcut yang dapat dilakukan oleh kombinasi tombol Ctrl dengan satu atau lebih tombol lain, membiasakan diri menggunakan shortcut keyboard (menurut pengalaman Saya) akan sangat membantu mempercepat proses pengerjaan suatu pekerjaan, namun shorcut tidak perlu dihafal dengan sengaja, cukup biasakan diri menggunakan dua atau tiga shortcut saat bekerja.

Baca Juga :

Misalnya saat Anda mengetik di perangkat lunak pengolah kata (sebut saja Office Word) biasakan secara berkala menekan tombol Ctrl + S untuk menyimpan hasil kerja, selain untuk membiasakan diri menggunakan shortcut (dan menghapalnya), juga mengantisipasi komputer tiba-tiba hang atau mati sedangkan pekerjaan belum tersimpan.

You may also like