6 Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Scan yang Dapat Kamu Tangani

Di zaman sekarang, teknologi printer sudah lebih pesat. Jika dulu printer hanya digunakan untuk mencetak dokumen saja, maka sekarang printer juga digunakan untuk scanner. Hal ini dilakukan untuk menghemat tempat dan biaya. Jika dulu mesin scanner dan printer itu terpisah, sekarang bisa dilakukan dalam satu perangkat.

ads

Seperti perangkat elektronik lainnya, kendala yang biasa dialami oleh printer adalah fungsi scanner yang tidak berfungsi. Sebenarnya apa yang menyebabkan hal tersebut bisa terjadi, dan apa solusinya? Tenang, tidak perlu panik dan buru-buru di bawa ke tempat servis karena sebenarnya kamu pun bisa memperbaikinya selama itu memang masih bisa diperbaiki sendiri. Sebab kasus ini tidak jauh berbeda dengan cara mengatasi scanner tidak bisa scan maupun cara mengatasi scanner tidak terdeteksi. Berikut cara mengatasi printer tidak bisa scan yang dapat kamu tangani.

     1. Reset Printer

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mereset kembali printer. Lakukan hal-hal berikut ini.

  1. Jika printer belum menyala, maka tekan tombol power untuk menyalakan printer.
  2. Setelah printer sudah menyala, cabut kabel power dari sumber listrik.
  3. Tunggulah sampai 15 detik, setelah itu colok kembali kabel power ke sumber listrik.
  4. Jika sudah dimasukan kembali ke sumber listrik maka printer akan menyala otomatis.
  5. Kalau printer belum bisa menyala otomatis, maka tekan tombol power untuk menyalakannya.
  6. Cobalah lakukan scanning kembali.

Jika kamu dapat mengikuti cara pertama dengan benar, maka scanner di dalam printer bisa berjalan normal kembali.

     2. Instal ulang program printer

Jika cara pertama tidak berhasil, cobalah cara berikutnya, yaitu menggunakan CD instal. Setiap printer pasti punya CD intal masing-masing pada saat awal instalasi. Nah, di sini kita akan mencoba instal ulang printer. Langkah-langkahnya ikuti petunjuk berikut.

  • Pertama, uninstal dulu program printer di komputer kamu.
  • Kemudian itu masukan CD instalnya ke dalam CD Driver
  • Tunggu sampai muncul halaman instal
  • instal seperti biasa.

Setelah semua tahapan instal sudah dilakukan, cobalah untuk kembali menggunakan scanner. Langkah ini adalah cara yang paling umum dilakukan jika scanner pada printer tidak bisa digunakan.

     3. Cek Driver

Jika tahap kedua scanner belum juga bisa digunakan, bisa jadi ada salah satu instalasi yang tidak sempurna. oleh sebab itu terjadilah driver corrupt. Oleh sebab itu, Scanner tidak bisa maksimal dalam melakukan scanning. Untuk mengatasi hal tersebut, kita hanya menginstal ulang kembali driver seperti yang dilakukan pada poin kedua.  Jika terjadi error pada saat instalasi, sebaiknya segera batalkan. Uninstal terlebih dahulu program yang sebelumya sudah error. lalu kembali untuk menginstal ulang. Setelah selesai menginstal ulang, jangan lupa untuk melakukann restart.


     4. Salah penempatan instalasi

Biasanya instalasi selalu dilakukan pada drive C. Namun, pada beberapa kasus ada juga yang menginstalnya pada drive selain C. Seperti yang telah diketahui bahwa drive C adalah drive default dari semua program yang di instal pada komputer. Jika menginstal suatu program pada komputer selain drive C, maka aplikasi tidak akan maksimal dalam menjalankan programnya. Oleh karena itu cobalah kamu periksa apakah program printernya diinstal pada drive C atau tidak. Jika memang diinstal pada drive lain, segera uninstal dan lakukan instal ulang.

     5. Cek port Kabel 

Jika poin keempat masih belum berhasil juga, sebaiknya periksa port kabelnya. Kabel yang rusak juga bisa mempengaruhi mesin printer terutama pada bagian scanner. Oleh sebab itu, untuk mengetahui port kabelnya masih bagus atau tidak adalah dengan menggunakan port kabel lain. Jika pada saat menggunakan port kabel justru proses scanning bisa bekerja, maka permasalahan ada pada port kabel dan mesin printer tidak ada masalah.

Untuk mengatasi hal ini, kamu tinggal membeli kabel yang sesuai dengan jenis kabel printernya.

     6. Periksa Scannernya

Apabila semua poin sudah dilakukan dan printer masih tidak bisa untuk melakukan scanner, maka bisa dipastikan telah terjadi sesuatu dengan scannernya. Bisa jadi scannernya ada kerusakan di dalam sehingga tidak bisa melakukan proses scanning. Kerusakan pada bagian scanner pada umumnya meliputi bagian cahaya, prosesor, perangkat penangkap hasil scan, dan bagian-bagian yang membuat scanner tidak dapat berfungsi dengan baik. Jika memang scannernya yang rusak hanya ada dua cara yaitu membawanya ke tempat servis. Atau kalau kamu punya uang yang lebih, bisa juga dengan membeli printer yang baru.

Perlu Diingat! Untuk membeli barang-barang elektronik yang cukup penting seperti printer, scanner, komputer, dan barang elektronik lainnya, usahakan belilah barang yang masih baru atau bergaransi. Dengan membeli barang yang masih bergaransi selain bisa meringankan dari sisi keuangan, penanganan barang oleh orang yang ahli dapat mempercepat perbaikan barang tersebut. Kalaupun kamu kekurangan dalam segi keuangan, kamu bisa baca tips memilih printer yang bagus dan awet dan juga tips memilih printer yang bagus dan murah.

Itulah cara mengatasi printer tidak bisa scan yang dapat kamu tangani. Semoga artikel ini bisa bermanfaat buat kamu semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Printer