Printer HP Tidak Bisa Menarik Kertas, Begini Loh Cara Mengatasinya !

Printer adalah salah satu perangkat yang sangat penting terutama untuk wilayah perkantoran dan dunia pendidikan (khususnya anak kuliahan). Jenis-jenis printer pun bermacam-macam tergantung dengan kebutuhan. Pada umumnya harga printer ada yang terjangkau sampai paling lengkap (tersedia scanner, fotocopy, dsb).  Oleh sebab itu, beberapa orang pun ingin membeli printer dengan mengikuti tips membeli printer yang bagus dan awet dan tips membeli printer yang bagus dan murah.

ads

Akan tetapi, permasalahan muncul ketika saat kita sedang mencetak kertas, tiba-tiba kertasnya susah untuk keluar. Tentu saja hal tersebut membuat kemacetan saat akan mencetak kertas. Otomatis proses pencetakan akan berhenti saat hal seperti itu terjadi. Contohnya pada printer HP. Lantas bagaimana solusi untuk masalah seperti ini? Berikut 7 cara mengatasi printer HP yang tidak bisa menarik kertas berikut ini.

1. Cek Printer

Sebelum diputuskan apakah printer akan diservis atau tidak sebaiknya di cek terlebih dahulu. Cobalah untuk membuka cover printer untuk segera memeriksa bagian dalam printer. Sehingga, bisa ketahuan apakah di dalam printer ada benda asing atau tidak. Jika memang ditemukan benda asing, Maka segera hilangkan benda asing tersebut. Jika sudah, tutup kembali dan cek apakah sudah bisa kembali normal atau tidak.

2. Cek roller printer

Jika poin pertama sudah dilakukan dan kertas masih tidak bisa ditarik, maka cobalah cek rooler printer. Bisa jadi penyebab kertas tibak bisa ditarik adalah karena roller pada printer sudah aus sehingga jangkauan ke letak kertas tidak sampai. Kalau memang seperti itu hanya dua cara yaitu memperbaiki secara manual atau mengganti roller printernya.

3. Perbaiki roller printer secara manual

Jika kamu berkeinginan untuk memperbaiki roller printer secara manual, maka alat-alat yang diperlukan antara lain isolasi atau selotip. Cara memperbaikinya adalah sebagai berikut.

  • Pertama lepaskan dulu roller printer dan karet pada roller.
  • Berikutnya buka selotip dan lilitkan pada bagian roller yang tepat berada di bawah karet. Lakukan sebanyak dua lilitan.
  • Jika sudah, pasang kembali karet roller dan roller printer kembali seperti semula.
  • Setelah langkah-langkah tadi sudah dilakukan, selanjutnya test printer untuk mengecek apakah berhasil atau tidak.

Apabila masih belum berhasil, ulangi kembali dari tahap pertama sampai selesai.

4. Instal ulang aplikasi printer

Jika ketiga cara sudah dilakukan dan masih belum berhasil, maka cobalah untuk menginstal ulang aplikasinya. Pertama adalah uninstal terlebih dahulu aplikasinya, kemudian pasang CD instal (biasanya printer HP punya CD instal tersendiri) ke dalam CD driver. Selanjutnya, instal seperti biasa. Jika sudah menginstalnya, selanjutnya cobalah cek apakah printer sudah bisa digunakan kembali.


5. Cek Kabel Data 

Berikutnya adalah cek kabel data yang menghubungkan printer dengan komputer. Kabel data yang sudah rusak biasanya jadi salah satu penyebab printer not responding. Cobalah untuk mengganti kabel data yang lama dengan yang baru. Jika pada saat menggunakan kabel data baru printer bisa menarik kertas, maka penyebab utamanya adalah pada kabel data tersebut.

6.  Cek bagian output printer

Setelah bagian dalam sudah diperiksa, maka berikutnya adalah memeriksa bagian output atau pada bagian saat kertas keluar. Cara-cara melakukannya adalah sebagai berikut.

  • Apabila masih melakukan pencetakan, tekan tombol Cancel pada printer untuk membatalkan semua perintah print.
  • Kedua, cabut kabel power untuk mematikan arus listrik.
  • Jika ada kertas yang menyangkut, segera keluarkan secara perlahan menggunakan kedua tangan agar kertas tidak robek.
  • Setelah kertas sudah dikeluarkan, lihatlah pada output kertas. kalau bisa gunakan senter untuk melihatnya lebih teliti.
  • Bersihkan bagian output menggunakan tisu atau kapas.
  • Jika sudah selesai, hubungkan kembali printer dengan arus listrik.

Setelah itu, cobalah untuk kembali melakukan pencetakan ulang.

7. Cek bagian Catridge (tinta)

Pada beberapa kasus, permasalahan macetnya kertas pada printer juga dipengaruhi oleh catridge atau tinta pada printer. Cara untuk mengeceknya adalah sebagai berikut.

  1. Pertama tekan tombol Cancel pada printer untuk membatalkan perintah cetak (kalau sedang tidak digunakan, tahap ini bisa dilewat).
  2. Lalu matikan printer dengan mencabut kabel powernya. Pastikan arus listrik benar-benar tidak ada pada printer agar menghindari sengatan listrik.
  3. Setelah itu, buka bagian penutup.
  4. Jika posisi catridge berada di tengah, tinggal digeser ke kanan secara perlahan-lahan.
  5.  Nyalakan kembali printer.
  6. Setelah printer dnyalakan, perhatikan posisi catridge, biasanya catridge akan bergerak ke tengah dan akan berhenti di sebelah kanan. 

  7. Apabila catridge tidak bergerak, bisa dipastikan ada yang menghalangi jalannya catridge.
  8. Jika seperti itu, segera matikan printer dan cabut kabel arusnya. Pastikan kalau arus listrik tidak mengalir pada printer agar terhindar dari sengatan listrik.
  9. Setelah memastikan arus listrik tidak mengalir di dalam printer, pindahkan catridge ke samping. Baik samping kiri atau kanan secara perlahan-lahan.
  10. Perlu diperhatikan! jika saat kamu susah menggeser catridge, maka dipastikan pengganjalnya ada pada bagian itu. Segera kamu cek (kalau memungkinkan gunakan senter) untuk segera membersihkan penghalang tersebut.
  11. Jika kamu sudah membersihkannya, pastikan kalau catridge bisa bergerak melintasi lebar printer dengan lancar.
  12. Setelah itu, tutup bagian penutup catridge.
  13. Hubungkan kabel pada arus listrik
  14.  Silakan coba kembali melakukan pencetakan ulang.

Itulah 7 cara mengatasi Printer HP yang tidak bisa menarik kertas. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

, ,
Oleh :
Kategori : Printer