Cara Memperbaiki Monitor Mati Total pada Bagian Luar dan Dalam

Monitor adalah salah satu bagian terpenting dari suatu perangkat komputer. Monitor atau layar berfungsi memvisualkan apapun yang kita lakukan pada komputer. Pentingnya monitor ini kadang tidak sesuai dengan banyaknya perawatan yang kita lakukan. Misalnya untuk membersihkan monitor kadang kita tidak melakukannya dengan teratur. Padahal monitor yang kotor juga akan mempengaruhi kinerjanya.

ads

Masalah pada monitor sering membuat kita gusar. Karena untuk memperbaiki ke tempat servise kadang membutuhkan biaya yang tidak murah. Namun untuk memperbaikinya sendiri pun kita belum mampu. Masalah-masalah ini pada umumnya adalah monitor yang mati total, monitor yang memiliki bintik hitam/biru/merah/putih, monitor yang bergaris, monitor yang blank dengan warna putih, monitor blank dengan warna gelap, dan sebagainya.

Monitor yang bermasalah biasanya langsung kita bawa ke tempat servise dan itu membutuhkan biaya. Kali ini kami akan menguraikan bagaimana cara memperbaiki monitor mati total dengan cara yang sederhana yang bisa anda lakukan sendiri. Namun sebelum kami menguraikan bagaimana caranya, mari kita pelajari dulu bagian-bagian yang penting dalam monitor suatu komputer.

  • Bagian Luar Monitor

Bagian luar monitor maksudnya adalah bagian yang berada diluar yang terlihat oleh kita. Bagian luar monitor terdiri dari :

  1. Power Switch. Bagian ini berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan monitor. Power Switch bisa berbentuk tombol atau touchscreen.
  2. Power indocator. Setela monitor menyala, maka power indikator juga akan menyala. Karena fungsi dari bagian ini adalah untuk mengetahui keadaan monitor sedang mati atau menyala. Biasanya untuk komputer yang menyala beserta monitornya, memiliki indikator berwarna hijau. Sedangkan ketika komputer mati tapi monitor tidak mati, akan memiliki indikator berwarna merah dan berkedip. Namun warna indikator berbagai merk monitor bisa saja berbeda-beda.
  3. Tombol menu. Tombol menu pada monitor bisa berupa tombol maupun touchscreen yang terdiri dari :
  • Brightness Control, yaitu untuk mengatur terangnya atau kecerahan monitor.
  • Contras control, yaitu untuk mengatur ketajaman warna
  • Horizontal size control, yaitu untuk mengatur lebar tampilan monitor.
  • Vertical size control, yaitu untuk mengatur ketinggian tampilan monitor.

Itulah bagian-bagian luar dari monitor. Beberapa jenis monitor mungkin memiliki bagian tambahan atau bahkan tidak memiliki semua bagian yang di atas. Tetapi semua monitor tetap mempunyai kontrol untuk mengatur kebutuhan anda saat memakai monitor.

  • Bagian Dalam Monitor

Bagian dalam monitor memegang peranan yang paling penting dalam suatu monitor. Di bagian dalam monitor, terpasang berbagai peralatan yang lebih rumit dan riskan jika terjadi kerusakan. Inilah beberapa bagian monitor yang ada di dalam :

  1. Front Panel Display. Bagian ini berfungsi untuk menghasilkan cahaya putih di seluruh permukaan LCD. Terdapat backlight dan diffuser yang berfungsi sebagai filter backlight.
  2. Inverter. Bagian ini berfungsi untuk mengubah tegangan DC menjadi tengan AC. Tegangan yang dirubah biasanya adalah 12 VDC menjadi 1000-4000 VAC.

  3. TCON FRC Board. Di dalam LCD terdapat banyak elemen atau pixel. Setiap pixel memiliki satu transistor yang berfungsi untuk menyalakan dan mematikan pixel tersebut. TCON atau FRC Board berfungsi untuk mengontrol penyalaan pixel-pixel tersebut. Alat ini menentukan pixel mana yang mati dan menyala.
  4. Main Board. Bagian ini bisa disebut sebagai otak dari monitor komputer. Main Board berfungsi untuk memproses semua kode dan sinyal.
  5. Scaler. Bagian ini berfungsi untuk mengubah sinyal RGB analog menjadi digital.
  6. Power Supply. Alat ini berfungsi untuk memberikan tegangan pada monitor. Tegangan output yang tersedia umumnya adalah 12 V dan 5 V.
  7. Regulator Utama. Bagian ini berfungsi untuk merubah tegangan AC menjadi DC.
  8. Low Voltage Diferencial Signal (LVDS). Bagian ini berfungsi sebagai kabel konektor antara Video Prossessor ke Block LCD TCON.

Setelah mengetahui bagian-bagian dan fungsi dari suatu monitor komputer, maka kita bisa menganalisa bagian mana yang bermasalah ketika monitor mengalami mati total. Berikut ini beberapa cara untuk memperbaiki monitor mati total.

  1. Sebelum memulai langkah yang lain, pertama anda harus mematikan monitor anda dan memastikan bahwa tidak ada kabel yang masih terkait. Copot semua kabel yang menyambungkan monitor ke sumber tegangan dan kabel yang menyambung pada CPU.
  2. Lakukan langkah sederhana yaitu membersihkan semua bagian dari monitor anda. Monitor yang terkena debu dan kotoran menyebabkan monitor tidak bekerja dengan maksimal.
  3. Bukalah bagian cover atau casing monitor LCD belakang. Pastikan anda melakukan langkah nomor 2 sehingga ketika anda membuka casing, monitor anda tetap terjaga kebersihannya.
  4. Periksalah regulator utama. Regulator utama berfungsi untuk merubah tegangan AC menjadi DC. Karena itu langkah untuk memeriksa regulator utama adalah dengan memeriksa tegangannya apakah masih sesuai dengan tegangan output yang tertulis.
  5. Pada regulator utama terdapat kapasitor atau elco yang berbentuk tabung. Periksalah apakan elco ini kembung atau terlihat tidak normal. Jika ada elco yang tidak normal, maka anda harus menggantinya dengan yang baru. Anda bisa membelinya di toko-toko komputer dengan membawa contoh kapasitor yang bermasalah tersebut.
  6. Jika regulator utama tidak ada masalah, lanjutkan ke langkah berikutnya.
  7. Cek inverter backlight. Anda bisa mengukur tegangan output pada bagian transistor fet dan bagian blok IC. Tegangan yang terukur harusnya 5 V hingga 12 V. 

  8. Pada inverter backlight terdapat fuse yang biasanya mengalami kerusakan pada kasus monitor yang mati total. Cek fuse dengan menggunakan ohmmeter. Jika jarum bergerak, maka fuse masih normal. Tetapi jika jarum tidak bergerak, maka gantila fuse dengan yang baru karena fuse tersebut jelas telah rusak.
  9. Yang terakhir adalah mengecek panel LCD. Memang jarang sekali terjadi kerusakan pada bagian ini. Tapi melakukan pengecekan pada panel LCD tidak ada salahnya untuk memaksimalkan perbaikan pada monitor anda.
  10. Setiap melakukan pengecekan setiap komponennya, lakukan pengecekan dengan menyalakan monitor anda. Jika monitor anda telah menyala, maka perbaikan pada monitor komputer anda telah selesai.

Itulah beberapa langkah cara memperbaiki monitor mati total. Biasanya kerusakan terjadi pada kapasitor di bagian regulator utama. Selain itu kerusakan juga sering terjadi pada fuse yang hambatannya tidak lagi berfungsi. Dengan mengetahui bagian monitor dan cara memperbaikinya, maka anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk servise monitor komputer anda. Memperbaiki monitor komputer yang mati total bisa jadi hal yang penting seperti memperbaiki kerusakan monitor yang lain yaitu monitor bergaris, bintik pada LCD, dan sebagainya.

, ,
Oleh :
Kategori : Monitor