3 Cara Mengembalikan Akun Gmail Yang Dinonaktifkan

Jika anda kehilangan akses terhadap akun Gmail yang anda miliki tentu anda akan kesulitan mengelola email anda ataupun melakukan aktivitas lainnya yang membutuhkan akun Gmail anda. Untuk dapat mengembalikannya tidak semudah cara membuat email baru.

ads

Jika anda telah melanggar salah satu satu dari kebijakan baik secara sengaja ataupun tidak. Anda akan menemukan akun Gmail anda dinonaktifkan. Seringkali Google melakukan proses menonaktifkan account tanpa ada peringatan. Namun kabar baiknya ada metode sederhana yang dapat anda lakukan untuk mendapatkan kembali akun anda. Jika akun anda telah kembali anda akan bisa menikmati kelebihan dan kekurangan email yang ditawarkan pada Gmail.

Mengapa Google Menonaktifkan Akun?

Apakah anda penasaran mengapa Google menonaktifkan suatu akun yang dimiliki seseorang? Sebenarnya ada berbagai jawaban yang merupakan kemungkinan dari pertanyaan tersebut. Secara umum keputusan Google tersebut dibuat dengan tujuan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi semua pihak yang ada didalamnya.

Satu hal yang perlu untuk diingat bahwa Google ingin selalu memastikan bahwa semua pihak yang menggunakan platform milik mereka memiliki kesempatan untuk dapat terhubung serta berkomunikasi dengan aman dan terjamin. Untuk membantu proses  ini Google memiliki hak untuk menonaktifkan akun Google yang menggunakan suatu layanan yang telah disediakan oleh pihak Google dengan cara yang melanggar persyaratan layanan, persyaratan layanan khusus produk, ataupun kebijakan yang telah dikeluarkan oleh pihak Google.

Dengan kata lain menutup akun pengguna kapan saja, karena alasan apapun, dengan atau tanpa pemberitahuan. Ketika akun Gmail anda dinonaktifkan beberapa fitur yang berkaitan dengan Gmail seperti Youtube dan Playstore beberapa diantaranya akan ikut dinonaktifkan. Dengan mengaktifkan akun Gmail, secara tidak langsung anda akan melakukan cara mengaktifkan play store. Dalam pembahasan berikutnya kita akan membahas cara mengembalikan akun Gmail yang dinonaktifkan.

Mengembalikan Akun Google yang dinonaktifkan Sementara

Unuk mengembalikan akun Google yang dinonaktifkan anda dapat melakukan langkah – langkah berikut

  • Coba lakukan login ke account Google anda pada halaman Gmail.
  • Jika akun Gmail anda dinonaktifkan untuk sementara, anda akan ditunjukkan pemberitahuan mengenai hal tersebut ketika anda mencoba melakukan login kepada akun Google anda.
  • Masukkan nomor ponsel yang anda gunakan pada akun Google anda, nantinya pihak Google akan mengirimkan anda SMS yang berisi kode verifikasi.
  • Jika anda sudah menerima pesan singkat berupa SMS dari Google yang berisi kode verifikasi akun proses pengembalian. Masukkan kode verifikasi tersebut ke dalam kotak verifikasi yang telah tersedia dan kemudian tekan tombol verifikasi.
  • Dan selanjutnya akun anda akan diaktifkan kembali dan siap untuk digunakan.

Akun Gmail dinonaktifkan karena melakukan pelanggaran yang serius terhadap ToS (Term of Service/ Kebijakan Layanan).

Jika akun Gmail anda dinonaktifkan dengan alasan yang lain seperti pelanggaran terhadap kebijakan layanan yang dimiliki oleh Google (Term of Service). Penting untuk diingat bahwa sebaiknya anda membaca kebijakan layanan (Term of Service) yang dikeluarkan oleh Google secara menyeluruh sehingga pelanggaran yang mungkin anda lakukan tersebut tidak akan terjadi lagi di masa mendatang. Nantinya anda memberikan alamat email anda untuk mengembalikan akun anda yang ternonaktifkan.


Kejadian akun Gmail dinonaktifkan oleh pihak Google biasanya dilakukan karena ditemukannya pelanggaran serius terhadap persyaratan perjanjian layanan, serta kebijakan yang dimiliki Google yang mengawasi akun anda. Salah satu contohnya adalah  pelanggaran yang terjadi apabila akun Adsense terlibat dalam kegiatan invalid klik.

Jika apa yang terjadi itu dianggap sebagai pelanggaran yang tidak terlalu serius, maka anda harusnya bisa untuk mendapatkan kembali akun anda dalam waktu 24 sampai 48 jam tergantung pada keadaannya. Untuk mendapatkan akun Gmail anda yang telah ternonaktifkan sebelumnya karena permasalahan ini anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut. Langkah berikut dapat anda lakukan apabila anda masih memiliki akses terhadap akun Gmail anda.

  1. Klik ikon roda gigi di kanan atas dari halaman Google.
  2. Pilih setelan, untuk membuka halaman pengaturan
  3. Klik Akun, untuk membuka halaman akun anda.
  4. Klik Ubah opsi pemulihan sandi di bagian “Ubah setelan akun”
  5. Nantinya anda akan diminta untuk memasukkan kembali sandi anda untuk memverifikasikan bahwa benar andalah pemilik akun dan membantu google melindungi akun yang anda miliki.
  6. Perhatikan bagian tambahkan alamat email atau nomor telepon, pada bagian ini masukkan alamat email atau nomor telepon yang  digunakan adna agar dapat membantu anda pada bagian pemulihan akun ini apabila terjadi masalah di kemudian hari.
  7. Cara alternatifnya adalah dengan mengklik Edit di bagian samping opsi pemulihan anda saat ini apabila anda berpikiran untuk mengganti perangkat pemulihan yang digunakan sebelumnya.
  8. Klik simpan untuk membuat perubahan.
  9.  Cara alternatifnya adalah dengan mengklik Edit di bagian samping opsi pemulihan anda saat ini apabila anda berpikiran untuk mengganti perangkat pemulihan yang digunakan sebelumnya.

Mengaktifkan kembali akun Gmail anda apabila anda tidak memiliki Akses Gmail

Cara ini merupakan metode yang dapat anda lakukan untuk mengaktifkan kembali akun Gmail anda apabila anda tidak lagi memiliki akses terhadap akun Gmail anda.

1.  Langkah awal yang dapat anda lakukan adalah dengan mengunjungi halaman pemulihan sandi.

2. Masukkan nama pengguna(email yang anda gunaka) dan perangkat pemulihan yang digunakan untuk mengaktifkan kembali akun anda.

3. Kemudian klik kirim untuk melanjutkan ke langkah selanjutnya


4. Jika anda menggunakan email pilih Ikuti langkah selanjutnya

  • Pilih tombol radio yang menyatakan “Email ke ****@****.com”
  • Google akan mengirimkan email secara otomtis ke alamt email pemulihan anda
  • Masuk ke alamat email pemulihan anda dan ikutilah petunjuk yang telah dikirimkan oleh google.
  • Apabila anda tidak menemukan email yang dikirimkan oleh pihak Google coba periksa folder spam karena kadang email yang terkirimkan akan disalah artikan sebagai spam.

5. Jika anda menggunakan telepon ikuti langkah berikut

  • Pilih tombol radio yang menyatakan “Pesan teks ke  ***********xx”
  • Nantinya anda akan dikirimkan sebuah pesan yang berisikan kode untuk mengatur ulang kata sandi anda yang dikirimkan ke nomor telepon yang anda gunakan.
  • Setelah anda menerima pesan teks yang berisikan kode dari Google, masukkan kode tersebut ke bagian verifikasi pesan teks.

6. Jika anda tidak menggunakan opsi pemulihan yang sudah disebutkan diatas, klik “Saya tidak lagi memiliki akses…”

7. Dengan melakukan hal tersebut anda akan dihadapkan dengan pertanyaan yang anda buat pada waktu registrasi awal untuk memverifikasi bahwa anda memang benar adalah pemilik akun Gmail yang sedang dinonaktifkan.

Fungsi mengajukan pertanyaan yang sulit digunakan utnuk memverifikasi identitas anda sebagai pengguna. Jawab sebanyak mungkin pertanyaan tersebut dan pastikan anda menjawabnya dengan tepat. Pertanyaan ini merupakan kumpulan pertanyaan yang dimabil dari pertanyaan yang anda buat ketika melakukan melakukan akun google pertama kali. Jadi lain kali apabila anda melakukan cara mendaftar akun Google adalah hal yang bijak untuk mengingat semua informasi yang anda masukkan pada waktu melakukan hal tersebut.

Ketika anda sudah mendapatkan kembali akun Google anda maka anda juga akan dapat menikmati fungsi search engine dari Google menjadi lebih baik lagi. Pertanyaan ini merupakan kumpulan pertanyaan yang dimabil dari pertanyaan yang anda buat ketika melakukan melakukan akun google pertama kali.

Demikian artikel mengenai cara mengembalikan akun gmail yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi yang terdapat pada artikel ini dapat bermanfaat dan selamat mencoba.

, ,
Oleh :
Kategori : Google