Sponsors Link

Perbedaan Intranet, Internet dan Extranet

Sponsors Link

Apa itu Intranet?

Intranet. Mungkin banyak dari anda yang jarang mendengar nama intranet ini, dan banyak yang menyamakan bahwa intranet adalah sama seperti internet. Akan tetapi, ternyata hal ini salah. Ya, intranet bukanlah internet. Sebeumnya akan dibahas terlebih dahulu mengenai intranet, dan apa itu intranet.

Intranet sendiri merupakan kependekan dari internal network. Nah, seperti kepanjangannya, berarti intranet adalah sebuah jaringan komputer yang sifatnya adalah internal. Jadi, dengan begitu, hanya user tertentu saja yang bisa mengakses jaringan intranet ini. Biasanya, intranet ini juga sering kita samakan dengan istilah jaringan local atau LAN. (baca juga: pengertian LAN menurut para ahli)

Akan tetapi, biasanya LAN juga terhubung ke dalam jaringan internet. Tidak demikian dengan jaringan intranet. Jaringan intranet tidak terhubung dengan jaringan internet, dan merupakan sebuah jaringan yang berdiri sendiri untuk kepentingan internal suatu organisasi, perusahaan ataupun suatu kelompok tertentu.

Fungsi LAN untuk membangun koneksi internet berbasis WLAN ini menjadi keutamaan dalam membangun jaringan LAN, untuk itu jaringan ini paling sering di gunakan baik itu untuk koneksi luar maupun koneksi antar sesama.

Apa itu Internet?

Lalu internet. Pasti kalau yang satu ini anda semua sudah mengenalnya, ya, Internet adalah sebuah jaringan komputer yang terluas yang ada di bumi ini. Internet perupakan kependekan dari interconnection network, atau banyak juga yang mengistilahkan internet sebagai international network. Hal ini menunjukkan bahwa internet adalah sebuah jaringan komputer yang sangat luas, dengan cakupan wilayah internasional. Selain itu biasanya internet juga jauh lebih kompleks apabila dibandingkan dengan jaringan biasa, seperti intranet.

Setiap user di dunia bisa melakukan akses terhadap internet, namun tidak bisa melakukan akses terhadap intranet. Hal ini menunjukkan bahwa internet mampu mendukung kebutuhan jaringan komputer secara luas dan internasional di kalangan usernya. (baca juga: pengertian internet menurut para ahli)

Apa itu Extranet?

Istilah berikutnya yang mungkin jarang sekali anda dengar adalah extranet. Ya, memang jarang sekali istilah extranet ini muncul ke permukaan. Extranet sendiri pada dasarnya hanyalah sebuah paduan hybrid alias gabungan antara internet dengan intranet. Apabila diartikan secara teknis, ekstranet atau extranet bisa diartikan sebagai sebuah jaringan pribadi atau personal (internal . intranet) yang dihubungkan ke dalam protocol internet, sehingga jaringan personal atau intranet tesebut bisa diakses oleh siapapun yang terhubung ke dalam jaringan internet.

Itulah definisi singkat dan beberapa penjelasan mengenai ketiga jenis jaringan komputer tersebut.

Sponsors Link

Apa saja perbedaan antara internet, intranet, dan extranet?

Nah, dari definisi yang sudah disebutkan sebelumnya mengenai internet, intranet dan juga extranet, maka kita dapat menyimpulkan beberapa perbedaan yang mendasari ketiga jenis jaringan komputer tersebut. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari jaringan intranet, extranet, dan juga internet dari beberapa segi.

  1. Berdasarkan Jangkauan Jaringan

Perbedaan pertama dari ketiga jenis jaringan ini, dan yang merupakan hal yang paling utama adalah mengenai jangkauan atau cakupan wilayah jaringannya. Ketiga jenis jaringan komputer ini masing – masing berbeda luas cakupan dan juga jangkauan jaringannya. Berikut ini adalah perbedaan intranet, internet, dan extranet bedasarkan cakupan atau jangkauan wilayahnya:


Apabila dilihat berdasarkan cakupan dan jangkauan wilayahnya, intranet memiliki cakupan juga luas wilayah yang paling kecil. Biasanya cakupan wilayah dari intranet sama seperti cakupan wilayah LAN dan paling luas adalah WAN. Hanya mencakup interneal organisasi, perusahaan ataupun institusi tertentu saj, dan tidak bisa diakses secara umum.

Fungsi WAN sendiri dalam jaringan komputer menjadi salah satu penggunaan jaringan yang penting, telebih dalam jangkauan yang luas, telebih untuk instansi atau perusahaan yang membutuhkan koneksi internet dalam jumlah besar.


Internet adalah jaringan dengan cakupan wilayah yang paling luas. Internet bisa diakses oleh siapa saja, dimana saja dan kapan saja. Seluruh informasi yang bergerak di dalam jaringan internet bisa dibaca juga diakses oleh siapa saja tanpa batasan apapun. Singkatnya, cakupan wilayah atau jarignan internet adalah seluruh dunia, dan merupakan yang terluas.


Extranet sebenarnya memiliki cakupan yang sama seperti internet, namun memiliki tambahan fungsi yang lebih kompleks, karena menyertakan jaringan intranet ke dalamnya. Dengan demikian, cakupan dan jangkauan wilayah yang digunakan oleh extranet sama sepeti internet, yaitu seluruh dunia, dan bisa diakses secara luas oleh siapa saja.


  1. Berdasarkan perangkat keras yang digunakan

Jaringna komputer sudah pasti tidak akan terlepas dari penggunaan perangkat keras jaringan komputer. Nah, berdasarkan perangkat keras jaringan yang digunakan, ketiga jaringna ini memiliki beberapa perbedaan, yaitu :

sponsored links


Intranet membutuhkan perangkat keras komputer yang lebih sedikit, lebih simple dan lebih sederhana. Karena kebutuhan yang hanya bersifat local dan internal, maka jaringan intranet hanya membutuhkan sedikit perangkat kerasm seperti hub, switch, router, kabel, NIC, dan beberapa perangkat keras lainnya.

artikel terkait:


Internet tentu saja membutuhkan perangkat keras yang lebih canggih daripada perangkat keras yang digunakan oleh intranet. Internet membutuhkan komputer server dengan spesifikasi yang menengah ke atas, sistem transmisi yang kuat, karena mencakup seluruh dunia, dan kualitas perangkat keras yang juga lebih baik dibandingkan dengan intranet.


Extranet membutuhkan perangkat keras tambahan, yang dapat menghubungkan jaringan intranet dengan jaringan internet. Perangkat – perangkat tambahan itu antara lain adalah router, access point, modem, dan sebagainya.


  1. Berdasarkan tujuan dibuatnya jaringan

Perbedaan antara ketiga jaringan ini juga dapat dilihat berdasarkan tujuan pembuatan jarignan tersebut. Berikut ini adalah perbedaan antara ketiganya :


Jaringan intranet hanya dibutuhkan untuk kebutuhan internal atau kebutuhan local dari sebuah perusahaan, institusi, ataupun organisasi. Biasanya intranet dibuat untuk mempermudah user dalam membagi file juga dokumen internal perusahaan dan organisasi.


Internet dibuat dengan tujuan agar setiap komputer dan user di dunia bisa saling terhubung satu sama lain tanpa adanya batasan ruang dan juga waktu. Secara umum, internet dibuat dengan tujuan utama untuk mempermudah komunikasi dari seluruh user yang ada di dunia secara bebas dan terbuka.

(baca juga: manfaat internet bagi perbankan)


Extranet biasanya dibuat untuk tujuan mensosialisasikan atau memberikan informasi internal milik perusahaan ke dalam jaringan internet. Biasanya bagi perusahaan yang memiliki program – program,s eperti program CSR, program bakti sosial, dan sebagainya menggunakan jaringan ekstranet ini.


  1. Berdasarkan isi dan informasi yang disimpan di dalam jaringan

Yang terakhir, perbedaan antara ketiga jaringan tersebut juga bisa kita lihat berdasarkan isi dan juga informasi yang tersimpan dan mengalir di dalam jarignan tersebut. Berikut ini adalah perbedaan intranet, ektranet, dan juga internet berdasarkan isi dan juga informasinya :


Biasanya informasi yang disimpan di dalam jaringan intranet adalah informasi – informasi yang sifatnya penting, urgent, rahasia, dan tidak boleh dibocorkan ke public. Informasi tersebut biasanya berisi, transaksi – transaksi, laporan keuangan, juga lobi – lobi dan hasil rapat internal dari para pemilik dan petinggi organisasi atau perusahaan.


Jauh berbeda dengan intranet, biasanya informasi dan data yang tersimpan di dalam internet lebih terbuka, mudah diakses dan sifatnya bukanlah sebuah rahasia yang bila terbongkar akan sangat merugikan. Hal – hal simple, seperti artikel kesehatan, informasi umum tentang diri sendiri, obrolan – obrolan serta email adalah informasi dan juga data yang tesimpan di dalam jaringan internet.


Informasi dan data yang tedapat pada jaringan extranet biasanya adalah informasi mengenai perusahaan atau organisasi yang ingin dikeluarkan ke public. Misalnya adalah profil perusahaan, karir, kegiatan sosial, laporan laba rugi, juga struktur organisasi adalah beberapa hal yang umum, yang berasal dari lingkungan internal, namun disebarkan ke public melalui koneksi extranet.


Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 04th, January 2016 / 09:28 Oleh :
Kategori : Internet