Fungsi Telnet Pada Jaringan Komputer

Sponsors Link

Telnet merupakan kependekan dari Telecommunication Network, yang merupakan salah satu bentuk dari protocol pada jaringan komputer. Telnet banyak digunakan sebagai salah satu protocol jaringan komputer yang melayani pengimplementasian dari client to server connection network. Yang berarti membutuhkan paling tidak dua perangkat keras jaringan komputer, yaitu user dan juga komputer server.

Telnet atau telecommunication network ini juga seringkali disamakan degnan virtualisasi ataupun emulasi dari sebuah terminal yang dapat mengakses komputer secara remote, atau jarak jauh.

Bagaimana Telnet Bekerja?

Dalam aplikasinya, sebuah protocol telnet akan bekerja dengan cara membuat login user di dalam komputer lain, agar dapat mengakses sebuah informasi di dalam jaringan internet. Secara singkat, telnet mirip seperti dua orang yang memilki kunci rumah yang sama, dimana satu orang bisa membuka kunci rumah tersebut dari jarak jauh.

Pada intinya adalah dengan menggunakan protocol telnet, seorang user dapat melakukan login dan juga masuk ke dalam jaringan melalui komputer lain secara remote, atau jarak jauh. Dalam beekerja, protocol telnet menggunakan implemntasi dari dua buah program, masing-masing program merupakan program milik server dan juga milik komputer user atau client.

Cara kerjanya adalah sebagai berikut:

  • Software pada komputer client atau komputer user meminta pelayanan atau request dari sebuah komputer server
  • Dengan menggunakan protocol telnet, maka komputer server akan menanggapi dan memproses request layanan yang diminta oleh komputer user atau client
  • Dengan adanya protocol Telnet ini, maka setiap orang bisa melakukan akses terhadap sebuah komputer server secara remote dan juga jarak jauh.

Dalam penggunaannya, komputer user atau client ketika melakukan proses request melalui protocol telnet, memiliki fungsi sebagai berikut:

  • Melakukan koneksi ke dalam jaringan, dengan menggunakan protocol TCP kepada server
  • Melakukan formatting pada inputan user (sekarang komputer client sudah menjadi terminal) dan mengirimkannya ke komputer server
  • Menerima output yang diberikan oleh server, sebagai hasil respon dari request yang dilakukan oleh client
  • Melakukan formatting pada output yang diterima, dan menampilkannya ke dalam layar
  • Melakukan check dan juga recheck, lalu mengkonfirmasi bahwa komputer sudah bisa menerima koneksi kepada software jaringan komputer

Fungsi dari Telnet

Karena perkembangan jaringan komputer yang dari waktu ke waktu semakin lebih baik maka, mengendalikan fungsi telnetpun dapat dilakukan tak harus dimana letak telnet berada. Protokol Telnet sendiri memilki beberapa fungsi utama yang banyak digunakan. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari protocol Telnet:

1. Mengakses server atau host secara remote

Dengan meggunakan telnet sebagai protocol, maka seorang user akan mampu untuk melakukan pengaksesan data dan juga informasi dari server secara remote atau dari jarak jauh. Misalnya, ketika sebuah server berada di lokasi yang berbeda ruangan, dan komputer user dan juga server sama-sama terkoneksi, maka user dapat menggunakan protocol telnet ini untuk mengakses server.

Sponsors Link

2. Mengubah komputer user menjadi komputer terminal

Komputer user juga dapat beralih fungsi menjadi komputer terminal. Jadi, dengan menggunakan protocol telnet, sebuah komputer user biasa, dapat menjadi terminal dan juga workstation, yang bisa mendukung koneksi ke beberapa komputer user lainnya.

3. Menjalankan komputer menggunakan telnet jarak jauh

Komputer user juga dapat menjalankan program apa saja yang terdapat di Dalam komputer server dengan cara login jarak jauh. Misalnya, seseorang ingin mengganti dan mengubah database di dalam server, maka dengan menggunakan protocol telnet manajamen pada database server bisa dilakukan, tanpa harus mengutak atik komputer server.

Dengan fungsi-fungsi utama telnet tersebut, maka sudah pasti protocol telnet akan membuat manjamen data dan juga pengaksesan informasi menjadi jauh lebih baik dan juga jauh lebih efisien.

Cara Menggunakan Telnet

Untuk menggunakan Telnet, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menggunakan protocol telnet pada jaringan komputer yang kita gunakan :

  1. Menggunakan Putty

Putty merupakan software yang mendukung pembuatan koneksi jaringan dengan menggunakan protocol Telnet. Karena merupakan software tambahan, maka tentu saja anda dapat melakuakn download dari software ini terlebih dahulu.

Setelah software Putty terinstall, maka anda bisa langsung menjalankan program tersebut, dan kemudian dapat melakukan koneksi jaringan secara remote dengan menggunakan protocol Telnet. Berikut ini adalah langkah-langkah dan penjelasan singkat dengan menggunakan Software Putty untuk melakukan koneksi menggunakan protocol Telnet:

  • Jalankan software Putty yang sudah terinstall di dalam komputer anda
  • Setelah software berjalan, anda tinggal memasukkan alamat dari server host yang ingin anda tuju dan akan anda lakukan proses remote hosting
  • Gunakan pilihan protocol Telnet, dan gunakan default Port 32
  • Setelah itu, anda tinggal mengklik “Open”
  • Setelah itu, biasanya akan langsung muncul window baru dengan menu yang bersikan menu Login
  • Anda tinggal melakukan login dari software Putty ini, dan proses selesai, kini anda bisa melakukan remote terhadap host yang akan anda tuju.

Penggunaan software ini tentu saja sangat praktis dan juga sangat membantu anda yang ingin menggunakan protocol telnet untuk melakukan akses remote terhadap host ataupun server.

sponsored links

2. Menggunakan Command Pada Windows

Bagi anda yang menggunakan sistem operasi Windows, maka untuk melakukan konfigurasi dari koneksi menggunakan protocol Telnet ini dapat dilakukan dengan Command bawaan yang ada di sistem operasi berlogo jendela tersebut. Berikut ini adalah langkah – langkah untuk melakukan koneksi menggunakan protocol Telnet pada sistem operasi Windows dengan menggunakan Command Prompt :

  • Buka Command Prompt pada windows anda, dengan cara pilih start, lalu cari Command Prompt. Atau bisa juga dengan menggunakan Start – RUN – ketik cmd, kemudian enter
  • Jendela Command Prompt kemudian akan terbuka.
  • Pada saat command prompt suah bisa digunakan, anda tinggal mengetikkan :\telnet (alamat host yang akan menjadi tujuan anda) lalu kemudian tekan tombol Enter.
  • Setelah itu, akan muncul notice, Welcome to Microsoft Telnet Client
  • Ketika muncul Command “You are about to send your password information to a remote computer in internet zone. This might not be safe. Do you want to send anyway? (y/n) pilih saja n, yang artinya NO.
  • Setelah proses tersebut selesai, maka akan muncul menu tampilan login. Masukkan account anda, lalu enter
  • Maka anda sudah bisa melakukan remote pada server dengan menggunakan omputer anda.
Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 12th, October 2015 / 09:19 Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan