Sponsors Link

Fungsi Session Layer Jaringan Komputer

Sponsors Link

OSI Layer Reference Model atau model referensi OSI merupakan salah satu model yang umum digunakan dalam membangun sebuah jaringan. Terdapat 7 layer atau lapisan yang masuk kedalam OSI layer reference model ini. Salah satunya adalah session layer. Session layer yang menjadi bagian dari model OSI layer yang berfungsi untuk menampilkan data dari jaringan komputer pada setiap komputer yang terhubung. Lalu apa itu yang dimaksud dengan session layer, dan apa saja fungsinya?

ads

Berikut ini adalah beberapa fungsi dari session layer, dan penjelasan lengkapnya:

  1. Melakukan komunikasi pada sebuah jaringan

Fungsi pertama dari session layer jaringan komputer adalah membangun komunikasi pada sebuah jaringan. Sebuah jaringan, merupakan bentuk komunikasi antar komputer dengan host, klien, dan sesama komputer pada umumnya. Nah, untuk dapat membangun komunikasi antar komputer inilah, dibutuhkan sebuah lapisan yang dapat mengolah sistem komunikasi yang terjalin diantara semua komputer tersebut. Di sinilah session layer memainkan perannya yang sangat vital.

Dengan adanya lapisan session layer ini, maka setiap komputer yang terhubung di dalam jaringan, bisa saling berkomunikasi satu sama lain, dalam proses transmisi data di dalam sebuah jaringan. Untuk proses komunikasi sendiri, terjadi beberapa jenis komunikasi pada sebuah jaringan, yang akan dijelaskan lebih lanjut pada poin berikutnya.

Baca juga: Perbedaan komunikasi data dengan jaringan komputer

  1. Pembentukan hubungan

Apabila session layer sudah berhasil untuk membentuk komunikasi antar komputer di dalam sebuah jaringan, maka tugas session layer berikutnya adalah membentuk hubungan diantara tiap-tiap komputer. Hubungan antar setiap komputer ini berkaitan dengan bagaimana setiap komputer dapat terhubung satu sama lain, dan bagaimana kedudukan setiap komputer di dalam jaringan, dengan fungsi ini maka jaringan komputer akan bekerja dengan baik, karena setiap komputer sudah mengetahui kedudukannya di dalam jaringan, serta mengidentifikasi hubungan yang akan terjadi antar komputer.

  1. Pemindahan dan pertukaran data

Fungsi session layer berikutnya adalah melakukan proses pemindahan dan juga pertukaran data. Perlu diingat, ketika terjadi komunikasi antar komputer di dalam sebuah jaringan, maka pada saat itu pula terjadilah suatu proses transmisi data, yang tidak lain merupakan salah satu bentukd ari proses pertukaran data di dalam sebuah jaringan, proses pertukaran data ini lah yang kemudian dihandle oleh lapisan session layer di dalam jaringan komputer. Dengan adanya session layer, maka setiap data yang akan ditransmisikan akan dipindaakan dan juga dilakukan proses pertukaran, untuk kemudian dilanjukan ke proses berikutnya.

  1. Pemutusan hubungan di dalam sebuah jaringan

Anda serig mengalami masalah pada koneksi anda? bisa jadi masalah tersebut disebabkan karena lapisan layer session tidak dapat mengidentifikasi komputer dan tidak mampu membangun hubungan dan juga komunikasi yang terjadi di dalam jaringan komputer. Apabila hal ini terjadi, maka sudah menjadi tugas dan fungsi dari session layer untuk memutus dan menyudahi hubungan di dalam sebuah koneksi jaringan komputer.

Sponsors Link

Biasanya hal ini terjadi karena adanya time out, dimana host ataupun server terlalu lama melakukan respon terhadap permintaan klien, sehingga session layer tidak mampu untuk membuat hubungan dengan komputer server atau host, yang membuaqt session layer kemudian mengambil keputusan untuk memutuskan atau menyudahi suatu koneksi di dalam jaringan komputer.

Jenis Komunikasi pada Session Layer

Seperti sudah disinggung sebelumnya, session layer mengadopsi beberapa macam jenis komunikasi. Jadi, ketika bekerja, session layer akan langsung mengidentifikasi jenis komunikasi seperti apa yang akan digunakan dalam membangun hubungan antar komputer di dalam suatu jaringan. Berikut ini adalah beberapa jenis komunikasi yang umum digunakan oleh session layer :

  1. Simplex

Simplex merupakan salah satu jenis komunikasi di dalam jaringan yang simple dan juga sederhana. Sesuai dengan namanya, sistem komunikasi yang simple ini mengadopsi sistem komunikasi satu arah, diaman tidak terdapat hubungna timbal balik. Sehingga komputer hanya mampu berperan sebagai penerima pesan ataupun pengirim pesan saja, tidak bisa keduanya.

  1. Half-Duplex

Half-duplex merupakan jenis sistem komunikasi yang lebih modern dibandingkan simplex, karena sudah mengadopsi sistem komunikasi dua arah, yang berarti bisa saling melakukan hubungan timbal balik ketika berkomunukasi. Akan tetapi, ketika melakuakn timbal balik dalam komunikasi half-duplex, tidak dapat dilakukan secara bersamaan, sehingga harus dilakukan secara bergantian. Hal ini disebabkan karena sistem komunikasi half duplex merupakan sistem komunikasi yang masih terbatas, sehingga hubungan timbal balik tidak dapat dilakukan secara smultan.

  1. Full-Duplex

Full duplex merupakan sistem komunikasi yang paling banyak digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Sistem komunikasi full duplex memungkinkan tiap kompoter di dalam jaringan mampu berkomunikasi secara simultan, sheingga tidak perlu menunggu waktu tertentu, seperti layaknya half – duplex. Komputer bisa saling melakukan komunikasi timbal balik setiap saat, tanpa harus menunggu respon terlebih dahulu. (baca juga: pengertian komunikasi data full-duplex)

Protokol pada Session Layer

Sama seperti beberapa layer yang sudah pernah dibahas sebelumnya, session layer juga bekerja dengan memanfaatkan beberapa protokol-protokol tertentu. Berikut ini adalah protokol pada session layer :

Sponsors Link

  1. NETBIOS

NETBIOS merupakan protocol yang difungsikan untuk mengirimkan pesan secara serempak ke dalam komputer lain yang terkoneksi dengan jaringan komputer yang sama.

  1. NETBEUI

NETBEUI merupakan pengembangan dari NETBIOS, memiliki fungsi yang sama persis dengan NETBIOS, hanya saja memiliki sedikit kelebihan dibandingkan dengan NETBIOS, yaitu memiliki kompatibilitas degnan perangkat keas dan juga perangkat lunak yang lebih bervariasi.

  1. ADSP

ADSP merupakan kependekan dari Apple Talk Data Stream Protokol, diaman protocol ini bertugas untuk memeriksa dan juga mengecek apakah terdapat jalur komunikasi yang putus atau tidak, dan memastikan bahwa jalur komunikasi telah terhubung dan juga berfungsi dengan baik sebagaimana mestinya.

  1. PAP

Printer Access Protocol atau PAP ini merupakan protocol pada session layer yang bertugas untuk melakukan pencetakan terhadap postscript pada jaringan Apple talk.

artikel terkait lainnya:

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 16th, February 2016 / 04:44 Oleh :
Kategori : Teknologi Informasi