5 Perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo Paling Mendasar

Selain AMD, Intel adalah perusahaan lainnya yang merajai dunia prosesor komputer ataupun laptop dari dulu hingga saat ini. Ada banyak sekali varian prosesor yang mereka buat untuk memenuhi kebutuhan komputer rumahan ataupun komputer dan laptop server di dunia ini. Meskipun demikian fungsi processor pada dasarnya tetap sama.

ads

Saking banyaknya, mungkin beberapa prosesor yang mereka buat tidak diketahui apa saja perbedaannya. Berbagai jenis processor AMD ataupun Intel menghiasi pasaran. Memang sih terdapat perbedaan antara Intel dan AMD misalnya pada jenis socket processor yang digunakan, akan tetapi ada kalanya mereka dianggap sama. Salah satu jenis prosesor yang mungkin sering dianggap sama adalah prosesor Intel Dual Core dan Intel Core 2 Duo. Apa sih memang bedanya dua jenis prosesor ini? Kok sama-sama ada ‘dua’-nya? Mungkin itulah yang menjadi pertanyaan di dalam benakmu.

Tanpa perlu memperpanjang lagi, berikut ini adalah beberapa perbedaaan antara prosesor Dual Core dan Core 2 Duo yang bisa kita ketahui.

1. Tempat kerja

Perbedaan pertama adalah dari segi tempat kerja. Tempat kerja yang dimaksud ini bisa kamu bayangkan sebagai sebuah lokasi atau perangkat tertentu yang memungkinkan prosesor untuk mengolah data dan instruksi. Prosesor dual core, memiliki dua core prosesor sekaligus dua tempat kerja yang berbeda ‘lokasinya’. Hal ini menyebabkan prosesor dual core harus bisa berkomunikasi dengan efektif untuk menghindari gap atau celah waktu tamabahan yang diakibatkan karena perbedaan waktu tersebut.

Sementara itu, prosesor Core 2 Duo, sama-sama memiliki dua core prosesor akan tetapi memiliki lokasi kerja yang sama, alias dua prosesor dalam satu lokasi kerja, dan oleh karenanya prosesor Core 2 Duo diklaim lebih efisien dalam melakukan pekerjaan serta lebih hemat daya karena tidak ada celah dalam melakukan komunikasi antar prosesor tersebut. Walaupun dijual dengan adanya perbedaan processor box dan tray, akan tetapi secara fisik kedua processor ini tetap memiliki tempat yang sama jenisnya sesuai dengan kategori processor tersebut.

2. Arsitektur prosesor

Sesuai dengan kode nama yang berbeda, maka perbedaan yang paling mendasar dari dua jenis prosesor ini adalah pada arsitektur pembuatannya. Dari segi sejarah, prosesor Dual Core adalah generasi pertama dari prosesor Intel dengan arsitektur Core, karena intel telah meninggalkan arsitektur Pentium. Sementara itu masih ada banyak lagi macam macam prosesor Intel di luar sana.


Kinerja prosesor dual core secara matematis berada di bawah Core 2 Duo karena kecepatan FSB yang diturunkan dan juga L2 Cache yang dipotong. Akan tetapi, model dual core bisa memaksimalkan penggunaan core ke dua dari prosesor, dan telah memiliki fitur pengecekan panas bagi inti prosesor kedua yang dibuat dengan litografi 90nm-65nm. Akan tetapi arsitektur yang digunakan dalam model dual core masih menggunakan arsitektur Netburst yang memiliki kelemahan seperti boros daya, panas, nggak efisien, performa yang tidak terlalu cepat, dan lain sebagainya.

Sementara itu, prosesor Core 2 Duo merupakan generasi kedua dari arsitektur core yang memiliki kecepatan latency lebih kecil dari generasi dual core, dan juga memiliki memori cache paralel dengan tiap inti core memiliki memori cache masing-masing yang diproduksi dengan litografi 65nm dan terdapat pula versi yang memiliki empat jumlah core prosesor.

Besar cache Core 2 Duo relatif lebih besar apabila dibandingkan dengan prosesor Dual Core. Dengan teknologi paralel cache itu, maka tiap core bisa memroses dengan lebih efisien sekaligus bisa memanfaatkan cache dengan baik karena memiliki kemampuan untuk saling berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Kamu bisa menemukan hal ini pada prosesor AMD yang setara dengan Intel Core i3 juga lo.

3. Harga

Perbedaan antara prosesor dual core dan core 2 duo berikutnya adalah dari segi harga. Dengan arsitektur yang lebih baik dan fitur yang lebih baik, serta efisiensi dan juga pengelolaan daya yang lebih baik, tentu saja prosesor core 2 duo relatif lebih mahal daripada prosesor dual core. Dengan kata lain, harga yang dimiliki oleh kedua jenis prosesor ini relatif akan menyesuaikan dengan fitur dan kemampuan yang dimiliki oleh prosesor tersebut.

Oleh karena itu, apabila bujet yang kamu miliki terbatas tetapi sebenarnya kamu memerlukan prosesor dengan kemampuan yang baik, maka sebaiknya kamu menabung lagi agar kamu bisa mendapatkan uang yang cukup untuk membeli prosesor tersebut. Dengan perkembangan teknologi yang sangat cepat, bukan tidak mungkin sekitar satu atau dua tahun ke depan harga prosesor core 2 duo akan sangat murah.

4. Kecepatan

Dengan arsitektur yang berbeda, maka perbedaan berikutnya yang akan jelas terlihat pada prosesor dual core dan core 2 duo adalah pada segi kecepatan yang mereka miliki. Prosesor Core 2 Duo relatif memiliki kecepatan proses yang lebih baik karena memiliki cache paralel yang saling terhubung dan bisa berkomunikasi dengan baik, walaupun katakanlah kecepatan hertz prosesor Dual Core lebih besar, walaupun hal ini sangat jarang ditemui.

5. Kehandalan dalam multithreading

Dengan hadirnya cache paralel, komunikasi antar core yang lebih efisien, dan juga berbagai keunggulan lainnya, membuat Core 2 Duo relatif lebih baik dalam menangani pekerjaan-pekerjaan multithreading yang membutuhkan kinerja prosesor yang handal dan juga baik dalam menangani berbagai macam instruksi secara bersamaan.

Dengan dua core, atau bahkan empat core yang tertanam di dalam prosesor Core 2 Duo, kecepatan dalam memproses instruksi dan juga data akan lebih cepat serta lebih efektif, dengan demikian kamu bisa merasakan performa yang lebih baik dalam hal multithreading pada prosesor Core 2 Duo apabila dibandingkan dengan prosesor Dual Core.

Kesimpulan

Itulah beberapa perbedaan Dual Core dan Core 2 Duo yang bisa kamu ketahui dari artikel kali ini. Pada prinsipnya, prosesor Core 2 Duo memiliki kemampuan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan prosesor Dual Core, dan oleh karena itulah harga, dan berbagai hal lainnya akan menyesuaikan dengan performa yang dimiliki oleh prosesor Core 2 Duo tersebut.

Bila kamu hanya menggunakan komputer untuk pekerjaan low-level, maka Dual Core pun sudah cukup. Hanya saja sekarang ini jajaran prosesor tersebut telah tergantikan dengan Core i-series yang pastinya juga menghadirkan berbagai keunggulan lainnya. Kedua prosesor ini juga bisa diupgrade apabila kamu mengetahui cara upgrade yang benar, seperti misalnya cara upgrade processor laptop. Kamuu juga bisa mengoverclock mereka dan mempertahankan performa mereka asalkan bisa penyebab kerusakan processor pada laptop agar hasil overclock mereka maksimal.

Sampai bertemu di artikel selainnya ya, selamat belajar komputer!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Tuesday 31st, October 2017 / 20:40 Oleh :
Kategori : CPU