4 Cara Mengatasi Printer Canon IP2770 Lampu Kuning Berkedip 3 Kali

Printer Canon IP2770 digadangkan sebagai printer rumahan yang memberikan kualitas cetak professional dengan harga yang relative murah, saat pemunculannya dulu. Dari banyak review pemakainya, dikatakan benar bahwa kualitas printer ini cukup bagus, termasuk untuk mencetak foto. Selain pada catridge yang dikatakan cepat rusak, selebihnya performa printer ini terbilang baik (baca juga : fungsi printer pada komputer,  Penyebab Laptop Restart Sendiri)

ads

Meskipun canon IP2770 dikatakan tidak rewel, namun kesalahan pemakaian tetap akan mengakibatkan permasalahan hingga kerusakan pada printer. Biasanya ketika mengalami permasalahan, printer akan memberikan kode blink atau kedipan lampu indikator (baca juga: cara mengatasi scanner tidak terdeteksi)

Meskipun kode blink tersebut pada dasarnya dibuat untuk pihak intern pabrik pembuatnya, namun sebagian besar arti kode blink tersebut telah disebar luaskan. Sehingga kita bisa mengetahui penyebab permasallahan yang menimpa printer kita berdasarkan kode blink lampu indikator yang muncul  (Baca juga: cara mengatasi hasil print bergaris , perbedaan hacker dan cracker)

Rata – rata printer, termasuk printer canon, memasang tiga lampu indikator pada body printer. Lampu indikator berwarna hijau, kuning, dan merah. Pada mode normal, ketika printer dihidupkan, lampu hijau lah yang menyala. Menandakan printer tidak ada masalah, dan dapat mencetak dengan baik (baca juga: kelebihan printer laser dibanding inkjet , fungsi mouse pada perangkat komputer)

Namun kadangkala kita akan menemukan lampu indikator lain menyala, misalnya lampu indikator berwarna kuning yang berkedip – kedip. Kali ini dosenIT akan mengulas permasalahan pada printer canon IP2770 yang lampu indikator kuningnya berkedip sebanyak 3 kali. Apa artinya, serta bagaimana mengatasinya.Baca : Cara Memperbaiki Error Number 5100 Printer Canon IP 2770)

1. Bersihkan kertas/ benda yang menyangkut

Pada Printer Canon IP2770, berkedipnya lampu indikator berwarna kuning sebanyak 3 kali artinya Paper Jam. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya kertas atau benda lain yang menyangkut didalam mesin printer. Ini bisa terjadi, jika ketika kertas yang diletakkan dalam mesin printer tidak benar posisinya, menggulung/ menggumpal diujung, atau saling menempel karena pernah kebasahan. Sehingga ketika anda menggunakannya untuk mengeprint, scroll print tidak bisa menariknya dengan baik, dan akhirnya tersangkut didalam. Tidak meluncur keluar seperti biasanya (baca juga: fungsi sistem operasi, ciri ciri lcd laptop rusak) Untuk itu anda harus membersihkan kertas yang tersangkut tersebut hingga bersih. Usahakan jangan melakukan kekerasan/ paksaan atau pencongkelan yang dapat merusak komponen. Jika anda kesulitan menarik kertas yang tersangkut, lebih baik anda bongkar penutup printer tersebut. (baca juga: fungsi printer pada komputer , fungsi stabilizer)


2. Bersihkan sensor dan area sekitarnya

Jika setelah membersihkan kertas yang menyangkut dan memastikan tidak ada lagi benda lain, sekecil apapun yang menyangkut; namun printer tetap tidak mau mengeprint dan lampu indikator kuning tetap berkedip, coba anda bersihkan komponen sensornya. Sensor yang kotor bisa menyebabkan kotoran yang menempel pada sensor dideteksi sebagai benda yang menyangkut. Akibatnya sensor tetap mendeteksi gangguan meskipun kertas yang menyangkut telah habis dibersihkan. (baca juga: cara mengatasi printer error). Untuk mengatasi ini, anda harus membuka penutup printer agar dapat membersihkan sensor pada printer. Lap dengan kain halus. Pastikan tidak ada potongan tissue yang tertinggal jika anda membersihkannya menggunakan tissue. Bersihkan juga area sekitar sensor, bersihkan bekas – bekas tinta yang menggumpal (baca juga : penyebab printer bergaris).

3. Reset printer

Setelah anda membersihkan kertas atau benda lain yang menyangkut serta membersihkan sensor pada printer, lakukan reset printer jika printer masih saja belum dapat beroprasi seperti seharusnya (baca juga : penyebab printer offline,  Perbedaan Browser dan Search Engine) Untuk mereset printer anda dapat mengikuti langkah – langkah berikut:

  1. Download file program resetter printer canon IP2770
  2. Matikan printer.
  3. Tekan lalu tahan tombol resume.
  4. Setelah tiga detik, tekan pula tombol power.
  5. Tahan tekanan pada kedua tombol selama sedetik, setelah itu lepaskan tombol resume. Namun tombol power tetap anda tekan. (Baca Juga: penyebab monitor berkedip)
  6. Tekan tombol resume sebanyak 5 kali. Lampu akan menyala bergantian.
  7. Lepas kedua tombol secara bersamaan.
  8. Jalankan program resetter
  9. Pilih Main & Plate, lalu tekan tombol Set (baca juga: fungsi freehand tool)

4. Ganti sensor

Penggantian sensor perlu dilakukan jika sensor mengalami kerusakan, sehingga menyebabkan lampu indikator tetap berkedip meskipun tidak ada kertas/ benda lain yang menyangkut, atau kotoran yang menempel pada sensor. Penggantian sensor akan memerlukan penyolderan. tidak sulit memang, bagi yang telah biasa. Namun jika anda merasa tidak kompeten, lebih baik meminta bantuan pada ahlinya (baca juga: fungsi touchpad,  Perangkat Input dan Output Komputer) Alat dan bahan:

  1. Obeng
  2. Timah
  3. Solder
  4. Sensor yang baru

Langkah  mengganti sensor:

  1. Matikan printer dan cabut semua sumber listrik yang terhubung.
  2. Bongkar printer, buka penutupnya (cover atas).
  3. Ada 4 baut yang harus anda buka dengan menggunakan obeng, 2 di atas dan 2 didepan (baca juga: manfaat komputer dalam bidang industri).
  4. Setelah baut dilepas, buka penutup printer dengan hati – hati.
  5. Ambil/ keluarkan sensor, lalu lepaskan rangkaian sensor dengan bantun solder.
  6. Setelah sensor yang rusak terlepas, gantilah dengan sensor yang baru. (Baca Juga: Jenis Scanner Dan Fungsinya)
  7. Pasang kembali sensor menggunakan solder dan timah yang sebelumnya sudah dipersiapkan
  8. Pasang kembali sensor ke dalam printer
  9. Tes, apakah printer telah ‘sembuh’
  10. Jika tidakada masalah lagi, pasang kembali penutup printer.
  11. Printer siap digunakan kembali. (baca juga: fungsi lcd proyektorfungsi bluetooth pada komputer)

Agar printer bisa bertahan lama, anda harus merawatnya dengan baik. Gunakan printer secara berkala. Jangan biarkan printer mengganggur terlalu lama, atau juga bekerja terlalu lama. Manfaatkan Clean head, untuk membuat kualitas print tetap baik. Matikan printer jika tidak dipakai, isi tinta sebelum benar – benar habis, dan jangan menyentih chip catridge dengan tangan (baca juga : tips memilih printer yang bagus dan awet, fungsi control panel)

Demikian ulasan beberapa cara mengatasi printer Canon IP2770 lampu kuning berkedip 3 kali ini. Bersihkan kertas/ benda lain yang tersangkut, bersihkan sensor, lakukan reset printer dan terakhir, ganti komponen sensor jika ketiga cara sebelumnya tidak berhasil mengatasi masalah pada printer Canon IP2770 anda (baca juga : tips memilih printer yang bagus dan murah , Cara Mengatasi Scanner Macet)

Akhir kata, semoga artikel ini bisa memberikan informasi yang anda butuhkan. Jika ada pertanyaan, pemambahan, atau komentar yang membangun, silahkan tinggalkan pesan, dan jangan lupa berbagi ya jika anda merasa artikel ini bermanfaat. Sekian dan Terimakasih..

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 07th, March 2017 / 12:32 Oleh :
Kategori : Printer