Inilah Cara Merendam Cartridge dengan Air Panas yang Mudah Dilakukan

Cartridge adalah benda penting di dalam sebuah printer. Fungsinya adalah sebagai penampung tinta dan juga sebagai perantara tinta ke dalam kertas. Saat printer digunakan, maka cartridge ini harus dipasang. Sebab hasil cetak tidak akan muncul jika cartridege tidak dipasang.

ads

Di zaman sekarang penggunaan printer sangat dibutuhkan terutama unuk kalangan pelajar, mahasiswa, bahkan pekerja. Sebab, saat ini hasil cetakan dari komputer lebih dibutuhkan dibandingkan tulis tangan secara manual. Selain untuk cetak dokumen, fungsi printer pada komputer juga dapat mencetak berbagai media lain seperti, foto, gambar, dan bahkan sekarang pun sudah ditemukan jenis-jenis printer yang dapat mencetak benda dalam bentuk 3D.

Berbicara mengenai cartridge, sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya. Akan ada masanya cartridge tidak dapat mengeluarkan tinta. Cartridge yang tidak bisa mengeluarkan tinta bisa terjadi karena faktor cartridge yang sudah mengering. Cartridge yang mengering memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Hasil pencetakan putus-putus
  • Jika mencetak dengan warna, maka warnanya cenderung pudar
  • Ketika sudah diisi ulang, tintanya tidak keluar

Nah, kamu janglah buru-buru untuk menggantinya sebab ada salah satu cara mencairkan tinta printer yang kering, yakni dengan air panas. Emang bisa ya pakai air panas? Bisa dong! Namun, kamu harus persiapkan dulu barang-barang berikut ini.

  • Air Panas secukupnya
  • Lepek atau baskom, atau juga bisa piring
  • Satu buah suntikan kosong yang sudah dibersihkan
  • Karet Keni
  • Tisu

Jika barang-barangnya sudah disiapkan, selanjutnya adalah menggunakan salah satu cara memperbaiki cartridge yaitu dengan direndam dengan air panas.

  1. Pertama adalah lepaskan cartridge dari printernya. Bagaimana caranya? Buka saja penutup printernya.
  2. Kedua, bersihkan terlebih dahulu pada bagian bawah cartridge menggunakan tisu kering
  3. Setelah bagian bawahnya sudah dibersihkan, sekarang bersihkan juga bagian lapisan emasnya menggunakan tisu kering. Hal ini bertujuan untuk membersihkan bekas tinta yang sudah belepotan. Tapi perlu diperhatikan, jangan sampai mengotori lapisan emas yang ada titik-titiknya. Sebab titik – titik itu digunakan sebagai kode untuk membaca perintah dari komputer kepada cartridge. Jadi jangan sampai bagian itu kebasahan.
  4. Jika sudah, berikutnya masukan air hangat pada lepek/baskom/piring. Ingat! Air yang dimasukan janganlah terlalu panas ataupun kurang hangat. Pastikan air sehangat kuku jari saja.
  5. Kemudian, letakkan cartridge ke dalam air tersebut. Ingat! jangan sampai air mengenai titik-titik emas seperti yang sudah diingatkan pada poin ketiga. JIka sampai kebasahan, maka cartridge tidak dapat digunaan lagi.
  6. Setelah itu, diamkanlah di dalam lepek/baskom/piring tersebut. Biarkan lebih kurang 30 menit. Hal tersebut dimaksudkan untuk mengeluarkan semua tinta-tinta yang sudah mengering.
  7. Jika sudah sampai 30 menit, bagian bawah yang sudah dibasahi tadi langsung ditutup dengan tisu kering. Tujuannya agar cartridge benar-benar sudah bersih dari tinta-tinta yang sudah mengering tadi.
  8. Ketika cartridge sudah benar-benar bersih dan juga kering, isi kembali cartridge menggunakan suntikan isi ulangnya.

  9. Cobalah dorong pada bagian lubang pengisian tinta dengan suntikan yang sudah diberi karet pada ujungnya. Jangan lupa bagian bawahnya ditutup menggunakan tisu.
  10. Isilah sampai penuh, namun jangan sampai isinya juga sampai meluber. Kamu harus bisa memperkirakan apakah cartridge sudah terisi penuh atau tidak.
  11. Setelah cartridge sudah merasa terisi penuh, pasang kembali pada printer. Perlu diperhatikan pada bagian titik-titik emasnya benar-benar menyentuh bagian lempeng besi di bagian dalam printernya.
  12. Apakah cartridge sudah kembali normal? Cobalah terlebih dahulu dengan melakukan pengecekan. Pengecekan yang biasa dilakukan adalah melihat hasil cetaknya.
  13. Ketika hasil cetak masih terlihat belum sempurna, cobalah untuk lakukan Head Cleaning pada printer. Untuk hasil yang maksimal, lakukan Head Cleaning sampai dua kali.
  14. Setelah lakukan Head Cleaning sebanyak dua kali, diamkanlah printer selama lebih kurang dua menit.
  15. Jika sudah didiamkan selama dua menit, cobalah kembali untuk mencetak dokumen dengan ditingkatkan kualitasnya ke mode High atau mode tinggi. Caranya adalah ke menu Properties, lalu pilih tab utama/Advanced, kemudian gantilah dari standard menjadi tinggi/high. Setelah itu tekan OK dan kembali mencoba cetak dokumen.
  16. Apabila masih belum bisa, cobalah untuk bagian menu lalu klik “printer and fax”.  Setelah itu geser kursor pada printer yang digunakan kemudian klik kanan dan pilih “printing preferences”.
  17. Setelah itu, klik tab “maintenance” dan lakukan “cleaning” dan juga “deep cleaning”. Lakukan sampai tuilsan muncul serta jelas. Setelah itu, silakan kembali mencetak ulang dokumen.
  18. Jika hasilnya sudah sempurna maka cartridge sudah berhasil diperbaiki.

Itulah cara merendam cartridge dengan air panas yang mudah dilakukan. Perlu diperhatikan, jika kamu sudah melakukan semua langkah-langkah yang sudah di jelaskan tapi cartridge tetap tidak bisa mengeluarkan tinta, maka permasalahannya ada pada cartridge tersebut. Jika sudah seperti itu, solusinya adalah membeli cartridge yang baru. Pada umumnya, umur cartridge berahan sekitar dua sampai tiga bulan dengan pemakaian setap hari. Jika tidak banyak digunakan, umur cartridge bisa lebih lama lagi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Printer