10 Manfaat Perangkat Komunikasi Digital untuk Kehidupan Manusia

Perangkat komunikasi terus berkembang pesat. Perkembangan awal komunikasi jarak jauh adalah melalui surat. Kemudian berkembang ke telepon, pager/pejer. Setelah itu, berkembang lagi menjadi telepon genggam yang bisa melakukan telepon dan juga pesan elektronik yang bernama SMS atau singkatan dari short Message service. Hingga sekarang, kita gunakan media sosial dan pesan instan melalui smartphone.

ads

Perkembangan perangkat komunikasi ini tujuannya tentu saja untuk mempermudah manusia melakukan komunikasi jarak jauh. Namun selain hanya mempermudah komunikasi antar manusia, masih ada manfaat lainnya. Berikut 10 manfaat perangkat komunikasi digital untuk kehidupan manusia.

1. Memudahkan komunikasi

Sudah jelas kalau manfaat utamanya adalah untuk memudahkan komunikasi sesama manusia. Selain mudah, waktunya pun lebih cepat. Ketika komunikasi masih menggunakan surat, waktu agar mendapatkan balasannya relatif lama. Contohnya, ketika kita kirim surat menggunakan pos, waktu tempuh surat itu sampai ke alamat yang dituju lebih kurang tiga hari. Itupun dengan catatan tidak ada halangan terhadap pengantar pos. Namun lamanya pengiriman surat juga bergantung dengan jarak dan medan yang dilalui. Semakin susah dijangkau, maka surat pun akan susah sampai ke alamat tujuan.

Sekarang dengan perangkat komunikasi berbasis digital, kita pun jauh lebih mudah serta cepat untuk menyampaikan pesan kepada orang yang kita tuju.

2. Mendapatkan informasi lebih cepat

Selain komuunikasi yang cepat dan mudah, manfaat lainnya adalah kita mendapatkan informasi yang lebih cepat. Jika dulu, kita mendapatkan informasi hanya melalui koran, buku, televisi dan juga radio saja. Kini kita mendapatkan banyak informasi melalui internet di manapun dan kapanpun.

3. Memudahkan pencari kerja

Saat ini, ketika kita ingin melamar pekerjaan kepada sebuah perusahaan, dapat dilakukan dari jarak jauh tanpa harus datang ke tempat yang dituju. Cukup siapkan berkas-berkasnya dan kirimkan melaui email. Hal ini tentu saja meringankan pencari kerja tersebut. Selain untuk melamar kerja, komunikasi digital juga memudahkan untuk mendapatkan pekerjaan secara lepas atau freelance.

4. Mengurangi biaya dan juga mempersingkat waktu

Di dalam bisnis, waktu adalah uang. Maka dari itu, dengan komunikasi digital, tugas-tugas bisa lebih cepat dikerjakan. Contohnya, sebelum internet ditemukan, pekerjaan kepada klien harus di antarkan ke tempatnya. Sekarang, kita bisa mengirimkan pekerjaan dalam bentuk file dan dikirimkan menggunakan email. Tentu saja jauh lebih efisien dan menghemat waktu dan biaya

5. Tempat menuangkan kreativitas

Di zaman sekarang, bermunculan orang-orang yang menggunakan situs video populer seperti Youtube maupun Instagram untuk menunjukan bakat, kreativitas, maupun sekadar lucu-lucuan. Sejak masyarakat internet mengenal internet dan juga media sosial, populasi warganet untuk menuangkan kreativitasnya semakin banyak. Tidak jarang salah satunya ada yang menjadi terkenal dan meraih popularitas. Selain itu, manfaat Youtube dan juga Instagram adalah memudahkan orang-orang dalam mencari informasi dan juga berbisnis.

6. Memudahkan transaksi perbelanjaan

Kamu mengenal toko online atau online shop atau pun transportasi online yang saat ini tengah digandrungi masyarakat? Salah satu manfaat online shop adalah pada transaksinya yang dipermudah. Contohnya untuk toko online, kita hanya beberapa klik saja untuk mendapatkan barang yang kita inginkan. Begitu juga dengan transportasi online, kita hanya tentukan arah dari tempat kita berdiri ke tempat yang kita tuju dengan beberapa klik saja. Bagaimana dengan sistem pembayarannya? Bisa menggunakan metode transfer melalui rekening.

7. Berbagi informasi lebih mudah

Dulu ketika kita ingin memberitahukan sebuah berita, artikel, maupun kejadian yang menarik, maka kita akan menceritakan kejadian tersebut melalui obrolan atau jika jaraknya jauh akan melalui surat. Sekarang kita bisa memberitahukannya melalui sms maupun telepon. Bahkan, di zaman sekarang bisa ditambah dengan foto, video, bahkan juga bisa dikirimkan tautannya melalui pesan instan.


8. Penggunaan kertas yang berkurang

Semakin berkembangnya perangkat komunikasi digital membuat penggunaan kertas pun lebih berkurang. Mengapa bisa seperti itu? Sebab, penggunaan kertas yang sebelumnya digunakan untuk membuat buku, dan beberapa dokumen lainnya bisa diganti dengan file yang berbentuk digital. Oleh sebab itu, dengan berkurangnya penggunaan kertas membuat pohon-pohon juga ikut terselamatkan. Sebab, bahan utama untuk membuat kertas berasal dari pohon.

9. Praktis untuk orang yang hobi baca

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya ketika buku dengan bahan kertas bisa digantikan dengan file yang berbentuk digital. Artinya, untuk kamu yang punya hobi membaca tidak perlu membawa banyak buku. Cukup dengan satu ponsel pintar, kamu dapat membaca puluhan buku bahkan ratusan hanya dalam satu perangkat. Tentu saja hal tersebut sangat praktis kan.

10. Membantu proses belajar mengajar

Tidak bisa dipungkiri jika manfaat lain penggunaan komunikasi digital juga merupakan salah satu metode untuk pembelajaran. Contohnya, untuk menerangkan sebuah pelajaran, guru bisa menggunakan laptop dan proyektor sebagai sarana untuk mengajar. Peran internet terhadap prestasi belajar siswa juga besar karena mereka mendapatkan banyak sekali informasi yang bermanfaat. Meskipun begitu, dampak positif dan negatif internet juga sangat berpengaruh terhadap siswa.

Itulah manfaat perangkat komunikasi digital untuk kehidupan manusia. Semoga artikel ini bisa bermanfaat untuk kamu semua.

Video Penunjang Pembelajaran

, , ,