Ciri ciri Komputer dari Generasi ke Generasi yang Pertama Hingga Terkakhir

Komputer, sebuah alat yang digunakan manusia sejak beberapa puluh tahun lamanya. Mungkin generasi sekarang adalah yang paling beruntung bisa merasakan komputer yang jauh lebih canggih dibandingkan dengan beberapa tahun lamanya. Mengapa begitu? Perlu kamu ketahui, perangkat komputer pada saat awal itu tidak seringan dan sekecil di zaman sekarang.

ads

Berdasarkan sejarah komputer, perkembangannya dibagi menjadi lima generasi. Generasi-generasi ini dilihat dari segi teknologi dan pengembangan yang telah digunakan sehingga membuat komputer tersebut dapat beroperasi. Maka dari itu, berikut adalah ciri ciri komputer dari generasi ke generasi yang perlu diketahui.

Komputer Generasi Pertama 

Inilah komputer generasi pertama sekaligus awal mula komputer diciptakan. Pertama kali dibuat pada tahun 1946. Elemen dasar yang digunakan adalah menggunakan tabung berbentuk vakum. Tabung yang berbentuk vakum ini sebenarnya bukanlah material yang tepat dan efisien. Sebab, material ini menghasilkan panas yang berlebihan. Selain itu, material ini sangat membutuhkan daya listrik yang lumayan besar agar dapat bekerja maksimal. Agar lebih mengerti berikut ciri-ciri komputer generasi pertama.

  1. Komponen yang digunakan adalah tabung berbentuk vakum atau bisa juga disebut tabung hampa udara.
  2. Sering mengeluarkan panas yang cukup banyak sehingga diperlukan alat pendingin yang cukup banyak juga.
  3. Daya listrik yang digunakan sangat besar.
  4. Dari sisi proses datanya lambat.
  5. Kapasitas dalam menyimpan data masih kecil dan sangat terbatas.
  6. Ukurannya terlampau besar, bahkan besarnya sanggup untuk satu ruangan.
  7. Untuk bahasa programnya dibuat ke dalam bahasa program mesin yang artinya hanya mesin yang mengerti bahasanya.
  8. Tujuan utama untuk pengoperasian aplikasi untuk bisnis.
  9. Memori yang digunakan untuk menyimpan data adalah magnetik disk dan juga magnetic tape.

Berikut adalah contoh komputer-komputer yang digunakan pada generasi pertama.

  • EDVAC – EDVAC atau merupakan singkatan dari Electronic Discrete Variable Automatic Computer adalah sebuah komputer generasi pertama yang menggunakan sistem nomor pada binari. Selain itu, komputer ini menggunakan konsep program tersimpan atau stored program concept. 
  • EDSAC – EDSAC  atau singkatan dari Electronic Delay Stoage Automatic Calculator adalah sebuah komputer generasi pertama yang memperkenalkan penggunaan merkuri atau raksa Merkuri atau raksa sendiri di masukan ke dalam tabung sehingga dapat menyimpan sebuah data.
  • ENIAC – ENIAC atau singkatan dari Electronic Numerical Integrator and Calculator  adalah sebuah komputer generasi pertama yang terdiri dari lima juta titik pada soldier, 70.000 resistor, serta 18.000 tabung hampa udara. Komputer ini juga mengonsumsi listrik sekitar 160.000 Watt sehingga komputer ini sangat boros listrik.
  • UNIVAC 1 – UNIVAC 1 atau singkatan dari Universal Automatic Calculator adalah komputer generasi pertama yang fokus pada proses dara bagian perdagangan. Komputer ini diciptakan pada tahun 1951 oleh Dr Mauchly dan Eckert.

Meskipun begitu, kelebihan dan keekurangan komputer generasi pertama membuat para ilmuwan  resmi mengakhirinya pada tahun 1959 dan selanjutnya akan digantikan komputer generasi kedua.

Komputer Generasi kedua 

Setelah komputer generasi pertama berakhir, pengembangan berikutnya adalah komputer generasi kedua pada tahun 1959. Pada generasi kedua ini teknologi yang digunakan adalah transistor. Teknologi transistor digunakan sebagai pengganti tabung vakum yan digunakan komputer generasi pertama. Untuk lebih jelasnya, berikut ciri-ciri komputer generasi kedua.

  1. Pada bagian sirkuitnya menggunakan transistor untuk penguat sinyal sekaligus pengganti tabung vakum.
  2. Untuk program yang digunkan adalah bahasa program yang lebih tinggi yakni CBOL (Common Business-Oriented Language) dan juga FORTAN (Formula Translator).
  3. Kapasitas memori yang digunakan lumayan besar dan merupakan pengembangan dari magnetic core storage.
  4. Memori penyimpanannya di luar magnetic tape dan juga magnetic disk dan bentuknya bisa dicabut alias tidak ditanam pada komputer.
  5. Daya listriknya tidak sebesar generasi pertama
  6.  Ukurannya lebih kecil dibandingkan komputer generasi pertama
  7. Panas yang tidak berlebihan
  8. Memiliki kemampuan pada prose berbagi waktu secara nyata

Berikut adalah contoh dari komputer generasi kedua.

  • IBM 7090
  • ILLIAC-11
  • IBM 1401

Komputer generasi kedua berakhir pada tahun 1965 dan kemudian digantikan oleh komputer generasi ketiga.

Komputer Generasi Ketiga

Pada komputer generasi ketiga, teknologi yang digunakan adalah IC atau integrated Circuit sebagai pengganti transistor. Komputer generasi ketiga mulai berjalan pada tahun 1965. Untuk lebih memahaminya, berikut adalah ciri-ciri komputer generasi ketiga.

  1. Teknologi yang digunakan adalah IC (integrated Circuit) sebagai pengganti transistor.
  2. Software mulai ditingkatkan.
  3. Kapasitas memori juga ditambah lebih besar.
  4. Daya listrik lebih bisa ditekan.
  5. Ukurannya jauh lebih kecil dibandingkan dua generasi sebelumnya
  6. Pertama kalinya keyboard dan monitor digunakan.
  7. Sistem Operasi juga diciptakan. 

Contoh dari komputer generasi ketiga ini adalah berikut ini.

  • IBM System 360
  • DEC PDP-8

Komputer generasi Ketiga ini berakhir pada tahun 1971 dan selanjutnya akan berkembang ke generasi keempat.

Komputer Generasi Keempat

Di sinilah kita baru merasakan teknologi komputer di negara Indonesia. Pengembangan komputer yang saat ini sedang kita pakai merupakan salah satu hasil dari buah tangan sebuah perusahaan bernama Intel. Chip yang dibuat oleh Intel ini telah menciptkan 4004 chip yang menjadikannya langkah awal pada perkembangan teknologi komputer saat ini. Akibatnya komponen komputer yang dulunya sebesar ruangan sekarang hanya sebesar batu bata saja. Untuk lebih mudahnya, berikut ciri-ciri komputer generasi keempat.

  • Mulai mennggunakan LSI atau Large Scale Integration. yakni sebuah chip yang merupakan padatan dari ribuan IC.
  • Ukurannya lebih kecil.
  • Mulai dipakainya Mikroprosesor.

Contoh dari komputer generasi keempat adalah berikut ini.

  • PC Apple II
  • CYBER
  • CRAY I

Sampai saat ini komputer generasi keempat masih digunakan oleh banyak orang meskpiun komputer generasi kelima sudah muncul.


Komputer Generasi kelima

Pada generasi inilah kita benar-benar merasakan teknologi paling canggih di dalam sebuah komputer. Ciri-ciri pada komputer generasi kelima adalah sebagai berikut.

  • Teknologi LSI masih tetap digunakan
  • Kecepatan proses informasi jauh lebih cepat
  • Banyak fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna
  • Ukurannya bahkan bisa sebesar buku tulis
  • Penggunaan keyboard mulai digantikan oleh touchscreen.
  • Daya listrik bisa lebih hemat

Contoh dari Komputer generasi kelima ini adalah sebagai berikut.

  • Komputer Desktop
  • Laptop
  • PDA (Personal Digital Assistant)

Itulah ciri ciri komputer dari generasi ke generasi yang perlu diketahui. Sampi saat ini masih dikembangkan komputer generasi keenam yaitu sebuah AI atau singkatan dari Artificial Intelligence yaitu sebuah bahasa program yang mengubah bahasa manusia menjadi bahasa program sehingga dapat dibaca oleh komputer. Mudah-mudahan saja di masa depan nanti kita bisa merasakan teknologi ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semua.

, ,