6 Fungsi Arsitektur Komputer dan Jenisnya

Ketika kita sedang membuat sesuatu, pastinya kita sudah memikirkan seperti apa konsep yang ingin kita buat. Contohnya saja, bentuk modelnya seperti apa, bagaimana cara kerjanya, sistem apa yang akan digunakan, bagaimana caranya agar alat ini dapat bekerja secara maksimal, dan lain-lain.

ads

Nah, konsep-konsep yang sudah disebutkan di atas memiliki kesamaan dengan arsitektur komputer. Jadi, pada dasarnya arsitektur komputer merupakan salah satu ilmu di dalam dunia komputer yang lebih fokus pada perencanaan sistem komputer yang nantinya akan dibuat dengan biaya yang sudah ada.

Di dalam arsitektur komputer, seorang teknisi ataupun desainer komputer harus memikirkan agar semua komponen-komponen di dalam komputer dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Fungsi arsitekur komputer

Arsitektur komputer memilki banyak fungsi terutama buat seorang programmer maupun teknisi komputer. Fungsi-fungsinya adalah sebagai berikut.

1. Perencanan awal sebuah komputer

Dengan mempelajari arsitektur komputer, para programmer ataupun teknisi dapat mengetahui seperti apa rancangan komputer itu dibuat. Dengan begitu, ketika ada masalah yang terjadi pada komputer, para teknisi sudah mengetahui bagian mana yang harus diperbaiki tanpa harus membongkar lebih jauh.

2. Prossesor yang dibutuhkan bisa lebih banyak

Pada umumnya, prosessor komputer hanya dibutuhkan satu komponen saja. Akan tetapi, dengan adanya arsitektur komputer, sebuah unit komputer dapat ditanam dua bahkan 3 prossesor. Dengan banyaknya prossesor yang ditanam dapat memberikan kemudahan untuk komputer sehingga kinerjanya bisa lebih maksimal.

3. Pengguna bisa lebih banyak

Fungsi lainnya adalah dapat digunakan pada banyak user. Jika pada umumnya satu komputer hanya digunakan untuk satu user, maka dengan menggunakan arsitektur ini, sistem komputer bisa digunakan banyak user. Konsep komputer server-client juga merupakan salah satu arsitektur komputer yang saat ini terus digunakan.

4. Dapat melakukan multitasking

Mungkin kamu tidak sadar bahwa salah satu tujuan mempelajari arsitektur komputer adalah dapat melahirkan sistem yang membuat komputer membuka banyak aplikasi. Pada awal komputer dibuat, saat itu hanya dapat membuka satu aplikasi saja. Setelah adanya arsitektur komputer, kini tidak hanya membuka satu aplikasi saja. Bahkan, satu komputer juga dapat membuka banyak aplikasi dalam waktu yang sama. Hal ini tentunya sangat menguntungkan dari sisi waktu sehingga pengerjaannya jauh lebih cepat.

5. Memastikan komponen-komponen komputer dapat bejalan lancar

Dengan menggunakan arsitektur komputer, para teknisi dapat memastikan jika semua komponen-komponen komputer yang sudah dirancang atau yang sudah dibuat dapat berjalan dengan baik dan sudah siap dipakai. Jangan sampai ketika komputer akan digunakan malah terjadi error atau kesalahan-kesalahan lainnya.

6. Memberikan gambaran aplikasi yang dibuat programmer

Untuk para programmer, arsitektur komputer ini sangat membantu mereka dalam pembuatan aplikasi maupun software yang nantinya akan dibutuhkan oleh umat manusia. Dengan begitu, kita dapat mengenal berbagai macam aplikasi maupun software yang saat ini sering digunakan sehari-hari.

Jenis-jenis arsitektur komputer

Berdasarkan komponen-komponen komputer yang digunakan saat ini, ada beberapa jenis arsitektur yang digunakan antara lain.

  • Komputer SISD

Komputer SISD atau singkatan dari Single Instruction Single Data ini merupakan sebuah model komputer yang dibuat oleh Von Neumann. Ciri khas yag ada pada model komputer ini ada pada prosesor yang digunakan berjumlah satu buah.  Konsep komputer SISD adalah setiap menjalankan skema aritmatika maupun logika dapat dilakukan hanya satu kali perhitungan saja. Sebab, ketika terjadi satu instruksi, mesin komputer hanya membaca data sebanyak satu kali saja. Contoh komputer SISD adalah komputer mini dan juga PC.


  • Komputer SIMD

Komputer SIMD atau singkatan dari Single Instructin Multiple Data ini adalah jenis arsitektur komputer yang dibangun secara paralel. Konsep komputer ini dapat menegndalikan semua prosesor dala satu unit kontrol saja. Contoh mesin yang dapa menggunakan konsep ini adalah ILC, Star-100, DRAY-1, dan juga ILLIAC IV.

  • Komputer MISD

Komputer MISD atau singkatan dari Multiple Instruction Single Data merupakan jenis arsitektur komputer yang memiliki fungsi dalam mengeksekusi satu data yang dapat diproses oleh prosesor yang berbeda-beda. Secara struktur, komputer MISD tidak jauh berbeda dengan komputer SISD. Hanya saja,  Perbedaannya ada pada prosesor yang digunakan lebih dari satu unit.

  • Komputer MIMD

Komputer MIMD adalah jenis komputer yang konsepnya secara paralel. Jenis komputer ini memiliki fungsi prosessor yang masing-masingnya diatur oleh satu unit sebagai pengontrol. Selain itu, perintah-perintah yang masuk ke dalam prosesornya dapat dijalankan meskipun perintahnya berbeda-beda. Maka dari itu jenis komputer MIMD termasuk komputer yang dapa menjalankan aplikasi khusus yang membutuhkan operasi tingkat tinggi.

Itulah fungsi arsitektur komputer dalam dunia komputer. Setelah melihat fungsi-fungsi yang ada pada konsep arsitektur ini, kita dapat bersyukur bahwa perkembangan komputer saat ini juga tidak terlepas dari srsitektur komputer yang sudah dibuat sejak generasi pertama dibuat. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kamu semua.

, , ,