3 Cara Mengetahui Password Wifi di Laptop Paling Mudah

Ada beberapa kasus yang berhubungan dengan Wifi yang mungkin bisa terjadi pada komputer, laptop atuapun perangkat keras lainnya yang kamu miliki. Salah satunya adalah, kamu melupakan password wifi pada jaringan tertentu yang telah terkoneksi sebelumnya di laptopmu, padahal kamu butuh untuk memberikan password tersebut pada teman ataupun keluargamu yang lain agar mereka juga dapat mengakses jaringan yang sama, padahal kamu sudah menginstall aplikasi penguat sinyal wifi di laptop agar koneksi wifimu bisa dimanfaatkan oleh teman-temanmu. Tidak hanya itu, kamu juga sudah membantunya mengatasi wifi limited dengan cara mengatasi wifi limited Windows 10 atau cara mengatasi wifi limited acces Windows 8 sebagaimana yang telah kamu pelajari sebelumnya.

ads

Sayangnya kamu lupa apa passwordnya, dan kabar buruknya kamu tidak bisa meminta password tersebut dari orang lain karena mereka sedang tidak ada di rumah atau karena hanya kamulah satu-satunya orang yang sebenarnya mengetaui tentang password tersebut, padahal jaringan wifinya juga tidak dibatasi layaknya cara membatasi pengguna wifi bolt.

Beriku ini adalah beberapa cara mengetahui password wifi di laptop yang bisa kamu terapkan pada laptopmu. Dengan menggunakan cara berikut ini kamu bisa mengetahui apa password jaringan wifi yang sebelumnya telah terhubung ke laptopmu dengan mudah dan cepat.

1. Menggunakan Control Panel pada Windows untuk Mengetahui Password Wifi di Laptop

Di dalam jaringan internet yang mengandalkan media wifi, tentu saja password WiFi adalah salah satu hal yang paling penting dan menentukan apakah kamu dapat mengakses jaringan tersebut atau tidak baik itu jaringan wifi di tempat umum seperti kampus, area pemerintahan, restoran, ataupun di tempat pribadi, seperti misalnya rumahmu sendiri atau di rumah teman-temanmu. Jangan lupa menggunakan aplikasi penguat sinyal wifi laptop.

Ketika kamu sedang berinternetan ria dengan jaringan tersebut dan lupa apa password dari jaringan tersebut, tentu akan menyulitkan apabila kamu ingin menambahkan perangkat yang terhubung ke jaringan tersebut. Oleh karena itu kamu perlu mengetahui apa password jaringan wifi yang telah terkoneksi pada laptopmu. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan Control Panel apabila kamu menggunakan OS Windows.

Membuka Control Panel

Pertama-tama kamu perlu membuka Control Panel, dengan meng-klik Start Menu, lalu pilih Control Panel. Setelah itu kamu akan dibawa pada jendela Control Panel yang akan menampilkan banyak pilihan pengaturan dan informasi-informasi yang lain seperti misalnya tentang Display, Sound, Drivers, dan lain sebagainya. Control Panel juga bisa digunakan sebagai cara mengatasi wifi limited Windows 10.

Mengakses Menu “Network and Internet”

Untuk mengetahui password wifimu kamu bisa menggunakan menu pengaturan Network and Internet pada jendela Control Panel yang muncul. Pada jendela Network and Internet yang muncul akan ada beberapa pilihan, kamu bisa memilih Network and Sharing Center untuk mengetahui jaringan apa saja yang pernah terkoneksi ke laptopmu. Pada jendela baru yang muncul, pilihlah menu atau tulisan “Manage Wireless Networks”.

Membuka Manage Wireless Network

Pada jendela yang muncul, kamu bisa melihat daftar semua jaringan wifi yang sudah pernah terhubung ke laptop yang kamu miliki. Cara mengetahui password wifi di laptop berikutnya adalah dengan cara kliklah pada salah satu jaringan yang ingin kamu ketahui passwordnya, maka akan muncul jendela tab baru, bukalah pada tab security dan centang pada opsi show characters pada bagian password, maka akan terlihat password wifi yang dimiliki oleh jaringan tersebut. Dengan demikian kamu bisa menggunakan password itu untuk menambahkan perangkat lain yang mungkin ingin kamu hubungkan pada jaringan yang sama. Kalau kamu merasa processormu lemot ketika mengakses menu ini, cobalah untuk menerapkan cara upgrade processor laptop.


2. Menggunakan command prompt

Pada sistem operasi Windows, terdapat sebuah aplikasi yang mirip dengan shell pada linux atau MacOS yang bernama command prompt. Aplikasi yang satu ini memiliki banyak fitur atau kekuatan yang dapat kamu gunakan untuk melakukan berbagai macam pekerjaan salah satunya adalah mengetahui apa password wifi pada jaringan wifi yang sebelumnya telah terhubung ke laptopmu. Cara mengetahui password wifi di laptop berikut ini juga lumayan mudah untuk dilakukan karena kamu tidak memerlukan aplikasi lain selain command promt. Lalu bagaimana cara menggunakannya?

Membuka Command Prompt

Pertama tentu saja kamu harus membuka aplikasi command prompt itu sendiri. Caranya adalah dengan meng-klik start menu atau menekan tombol dengan logo windows yang ada di keyboadmu. Kemudian carilah aplikasi run atau tinggal ketik saja “run” di jendela start menu yang muncul. Setelah itu ketikkan “cmd”, lalu tekan ok atau enter. Setelah itu akan muncul jendela command prompt yang bisa kamu manfaatkan untuk mencari banyak hal tentang komputermu.

Menginput Perintah Netsh

Pada jendela command prompt, ketikkan perintah “netsh wlan show profiles” lalu tekan enter pada keyboardmu. Setelah itu, tidak berapa lama kemudian akan dimunculkan daftar jaringan wifi yang telah kamu koneksikan sebelumnya pada laptopmu. Amatilah pada jaringan yang telah ditampilkan, dan kamu dapat menggunakan daftar jaringan tersebut untuk mengetahui wifi apa yang akan kamu cari tahu passwordnya.

Ketikkan kembali perintah “netsh wlan show profiles [nama wifi yang telah diidentifikasi oleh laptopmu, misalnya “joko”] key=celar”, lalu tekan enter pada keyboard. Setelah itu pasti akan muncul key content yang menjadi kata kunci atau password wifi pada jaringan wifi yang telah kamu pilih untuk dibuka passwordnya. Dengan cara inilah kamu bisa mengetahui password wifi di laptop yang sebelumnya pernah terhubung ke laptopmu. Lewat CMD kamu juga bisa melakukan cara pengaturan bandwidth wifi dengan cara mengatur bandwidth wifi atau cara membagi bandwidth wifi router dan cara membatasi kecepatan wifi yang telah kita bahas di lain kesempatan.

3. Menggunakan Cain and Abel

Cain and Abel adalah salah satu aplikasi cracking password yang mungkin paling populer digunakan pada Windows. Aplikasi ini memiliki banyak fitur, salah satunya adalah untuk membuka password akun administrator windows, membuka password jaringan, merecover password file yang terlupakan, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan aplikasi ini, salah satu hal yang dapat kamu lakukan adalah mengetahui password wifi yang telah terhubung ke laptopmu sebelumnya baik menggunakan enkripsi WEP atau pun WPA/WPA2 yang telah populer digunakan sebagai salah satu pengaman jaringan wifi yang ada di sekitarmu.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara mengetahui password wifi di laptop yang bisa kamu lakukan secara manual dengan menggunakan laptopmu. Bagi kamu yang memiliki sistem operasi yang berbeda, misalnya GNU/Linux ataupun MacOS, kamu bisa menerapkan prinsip yang sama, yaitu membuka sistem pengaturan jaringan untuk mengetahui apa saja jaringan yang terhubung dan memilih jaringan apa yang ingin kamu buka kata kunci atau passwordnya. Semoga dengan cara ini kamu bisa mengetahui password wifi yang telah kamu lupakan ya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 26th, October 2017 / 03:37 Oleh :