7 Cara Mengatasi Wifi Limited Access Windows 8 Paling Mudah

Sebagaimana koneksi pada umumnya, WIFI juga bisa mengalami kondisi Limited Access atau kondisi dimana terganggunya koneksi WIFI, ataupun terkoneksi tetapi akses Internet tidak bisa berjalan dengan baik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan koneksi WIFI ini bermasalah, baik dari sisi software maupun hardware.

ads

Kondisi Limited Access sendiri merupakan kondisi dimana device terhubung dengan jaringan WiFi tetapi fungsi nya dibatasi, seperti koneksi Internet yang tidak terhubung dengan baik, sehingga tentu saja tidak dapat digunakan untuk melakukan aktivitas berinternet. Untuk faktor penyebab nya sendiri bervariasi tergantung kondisi jaringan WiFi dan atau device yang terkoneksi didalamnya. Pengecekan bisa dilakukan dengan sistematis, dengan menganalisa dari penyebab yang paling mudah ditemui, berlanjut ke tahap berikut nya hingga selesai. Oleh karena itu di artikel kali ini akan dibahas mengenai cara mengatasi wifi limited access windows 8 :

Baca Juga :

1. Reset Koneksi WiFi

Langkah pertama dalam proses troublehooting koneksi jaringan Inernet dengan media WiFi adalah melakukan reset pada koneksinya sendiri. Hal ini bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset WIFI melalui panel taskbar yang. Caranya :

  1. Masuk pada ikon Network Connections;
  2. Pada bagian Wi-Fi, klik nama WIFI aktif saat ini;
  3. kemudian kik tombol Disconnect;
  4. kemudian Connect kembali koneksi Wi-Fi nya, kemudian tes dengan coba lakukan browsing seperti biasa;

2. Restart Adapter WIFI.

Reset adapter WIFI, dilakukan dengan mematikan adapter Wireless di Laptop / PC, kemudian di nyalakan lagi. Jika adapter Wireless berbentuk fisik seperti di PC misalnya, maka lakukan restart hardware dengan tombol Power Off yang ada, untuk laptop, cukup reset Wireless Adapter melalui tombol fungsi Fn disertai icon Wi-Fi di function key ba (untuk Asus bisa digunakan Fn + F2).

3. Ganti IP Address

IP Address dirancang untuk penggunaan yang bersifat unik dalam 1 subnet yang sama. Artinya dalam 1 subnet mask atau network tidak boleh ada 1 IP Address yang sama. Jika ada 2 device client yang menggunakan IP Adress yang sama, kemungkinan bentrok bisa terjadi. Jika demikian, pasti ada 1 device yang tidak berfungsi, dalam hal ini Limited. Biasanya, perangkat yang tidak berfungsi adalah perangkat ke-2 yang menggunakan IP yang sama.

Jika device menggunakan IP DHCP, lakukan langkah ke-4 dibawah untuk mengoptain IP Address baru. Untuk IP manual, silahkan ganti IP melalui control Panel dengan cara :

  1. Masuk ke Control Panel;
  2. 2x pada Network and Internet;
  3. Klik pada Network and Sharing Center;
  4. Pada panel kiri, klik pada Change Adapter Settings;
  5. Pada list yang muncul klik kanan di koneksi Wi-Fi yang akan disetting kemudian klik Properties;
  6. Pada Properties, klik list paling bawah Internet Protocol Version 4 (TCP/Ipv4), kemudian klik Properties;
  7. Sesuaikan IP Address dengan IP Address ISP, atau IP Address yang bisa digunakan, dan klik OK;
  8. Tutup semua kotak dialog setting tadi yang masih terbuka;
  9. Biasanya butuh waktu beberapa menit sampai settingan IP baru diterapkan ke sistem.

4. Restart Laptop / PC

Restart Laptop / PC bisa menjadi solusi dimana Wi-Fi limited atau tidak terkoneksi, biasanya masalah yang terjadi akibat ini adalah dikarenakan temporary cache yang membebani sistem, fungsi Wireless Adapter notebook / PC yang bermasalah atau hang, dan bisa juga karena konfigurasi DNS cache yang bermasalah, dimana itu semua bisa di-clear atau dibersihkan dengan cara melakukan soft-reset atau restart notebook / PC.

5. Menghentikan service Bonjour

Service Bonjour merupakan service yang bisa berpotensi mengganggu stabilitas koneksi internet pada jaringan WiFi. Adapun salah satu solusinya adalah dengan mematikan service tersebut melalui Control Panel Windows 8. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Masuk menu Start >> ke bagian Accessories >> Klik Run;
  2. Pada kotak isian Run, ketikmsc, kemudian tekan Enter;
  3. Pada kotak dialog yang muncul, klik kanan pada item Bonjour Service, klik Properties
  4. Pada kotak dialog yang muncul, klik Stop, kemudia atur menjadi Disabled, dan klik OK untuk menyimpan pengaturan, dan tutup semua kotak dialog pengaturan yang masih terbuka.

Baca Juga :


6. Setting Terminal

Pengaturan tambahan dilakukan melalui terminal dengan menambahkan skrip melalui langkah berikut ini :

  1. Buka menu Start >> ketik Command Prompt, lalu klik kanan pada hasil pencarian untuk Command Prompt >> dan klik Run As Administrator;
  2. Jika muncul kotak konfirmasi untuk menjalankan sebagai Administrator, klik untuk menyetujui;
  3. Pada kotak Terminal atau Command Prompt, ketik script berikut Satu-persatu agar jangan sampai ada yang terlewat :

netsh int tcp set heuristics disabled
netsh int tcp set global autotuninglevel=disabled
netsh int tcp set global rss=enabled

4. Kemudian setelah semua diisi, tekan tombol Enter di Keyboard;
5. Setelah selesai, untuk melakukan pengujian, ketikkan script di bawah ini di Terminal atau Command Prompt :

netsh int tcp show global

Setelah selesai, lakukan restart pada notebook atau PC, dan coba jalankan WiFi kembali. Kemudian lakukan browsing seperti biasa untuk melakukan pengujian.

7. Restart Modem / Wireless Router

Modem sendiri merupakan perangkat induk dimana bandwidth utama Internet dari ISP disalurkan, sedangkan Wireless Router biasanya berupa perangkat Wireless yang berfungsi membagikan bandwidth dari perangkat utama-dalam hal ini “Modem”-ke perangkat Client melalui jaringan wireless atau kita sebut Wi-Fi. 


Masalah pada Modem atau Wireless router merupakan alternatif terakhir jika semua tahapan diatas sudah dilakukan dan koneksi masih sama seperti sebelumnya, atau masih Limited. Dan solusinya dilakukan dengan cara merestart hardware Wireless Router, kemudian merestart Modem, tunggu 5-10 menit. Setelah itu coba nyalakan lagi kedua perangkat tersebut dan coba tes koneksi Internet melalui perangkat Client.

Demikianlah artikel tentang penanganan wifi yang limited di windows 8, semoga dapat menambah wawasan seputar troubleshoting network berbasis wireless di sistem jaringan Windows. Adapun untuk penyebab koneksi WiFi yang limited sebenarnya ada banyak dan bervariasi,akan tetapi apa yang tercantum diatas, sudah cukup merupakan tahapan dan penanganan yang paling umum terjadi pada masalah koneksi WiFi yang limited.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 19th, September 2017 / 06:12 Oleh :
Kategori : Teknologi Jaringan