Home » Jaringan Komputer » Hardware Jaringan » 3 Cara Menentukan Spesifikasi Hardware Server yang Dibutuhkan Saat Ini

3 Cara Menentukan Spesifikasi Hardware Server yang Dibutuhkan Saat Ini

by Elang Hendy Subrata

Di berbagai perusahaan maupun instansi-instansi penting, penggunaan komputer server sangat dibutuhkan saat ini. Kemajuan teknologi informasi membuat sebagain perusahaan bergantung dengan kebutuhan komputer server. Bagi Anda yang sudah paham mengenai dunia teknologi informasi mungkin sudah tidak aneh dengan komputer server.

Akan tetapi, bagi orang awam yang tidak paham teknologi informasi akan mengalami kesusahan mengenai spesifikasi komputer yang dibutuhkan untuk jaringan server. Oleh sebab itu, untuk lebih memahaminya lagi, kita ulas satu persatu.

Ketahui jenis server yang digunakan

Sebelum mengetahui beberapa perangkat keras yang dibutuhkan untuk komputer server, kita harus mengetahui terlebih dahulu jenis komputer server yang dibutuhkan. Dengan memahami jenis server, kita dapat fokus untuk memaksimalkan server tersebut. Ada tiga jenis server yang digunakan saat ini, tiga jenis server tersebut adalah dibawah ini.

  • Server Web

Jenis yang pertama adalah server web. Jenis yang satu ini sering digunakan untuk menunjukan halaman serta dapat menjalankan aplikasi menggunakan browser web. Server yang menggunakan web browser memiliki tugas untuk mengirimkan berbagai halaman yang sedang kita lihat. Beberapa browser terbaik yang digunakan oeh klien seperti internet Explorer, Google Chrome, Mozilla Firefox, Opera, dan Safari.

Server web ini digunakan untuk dapat melayani segala macam hal untuk client. Contonya seperti mengirimkan teks, gambar, atau bisa juga untuk menuduh maupun unggah file secara online melalui sistem cloud server.

  • Server email

Jenis server yang kedua adalah server email. Jenis server yang ini lebih difokuskan untuk fasilitas pengiriman dan juga penerimaan email. Apabila Anda memiliki beberapa klien di dalam email pada komputer, maka software ini akan terhubung pada server email IMAP ataupun server POP. Dengan begitu, client dapat mengunduh pesan ke dalam komputer. Ditambah lagi, server SMTP memliki tugas untuk dapat mengirimkan kembali pesan menggunakan server email.

  • Server FTP

Jenis server yang terakhir adalah server FTP. Server ini dapat memindahkan beberapa file menggunakan sebuah software protokol transfer file. Server FTP dapat diakses melalui sistem jarak jauh menggunakan program klien jenis FTP. Dengan begitu, client dapat masuk ke dalam server tersebut tanpa harus berada di dalam server karena client dapat mengaksesnya menggunakan aplikasi khusus.

Spesifikasi khusus komputer server

Cukup banyak orang uang menyangka bahwa untuk spesifikasi komputer server sama dengan komputer gamer. Padahal baik komputer gamer dan server memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa hal yang harus diperhatikan.

1. Bagian CPU

Tentunya hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah bagian CPU. Biar bagaimanapun processor merupakan bagian paling penting di dalam komponen komputer. Saat ini, sudah ada dua prosessor yang digunakan di Indonesia, yakni Intel dan AMD.

Sebenarnya ada satu jenis processor lagi yang cukup sering digunakan pada netbook. Processor tersebut bernama processor ARM. Akan tetapi, jenis processor ini masih kalah dari Intel dan AMD dalam segi ketahahanannya. Perlu diketahui bahwa processor yang digunakan untuk server harus memiliki ketahanan yang tinggi karena akan sering digunakan hampir setiap hari bahkan hampir jarang dimatikan.

Meskipun perbedaan Intel dan AMD bisa terlihat dari segi performanya. Akan tetapi kedua processor tersebut sangat layak digunakan untuk kebutuhan server. Maka dari itu, sebaiknya Anda pertimbangkan processor mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda untuk komputer server.

2. Bagian RAM

RAM komputer merupakan salah satu komponen penting lainnya. jika kita menganggap processor adalah bagian otak komputer, maka RAM adalah “pelumas” otak komputer agar dapat bekerja lebih optimal. Contohnya saja kita sudah memilih processor yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya. Akan tetapi, RAM yang digunakan menggunaka kapasitas memori yang kecil. Tentunya kinerja processor akan sia-sia.

Untuk penggunaan RAM yang paling pas digunakan minimal menggunakan kapasitas 4 GB.  Hal ini kembali pada kebutuhan Anda sendiri pada komputer server. Jika kebutuhan komputer server tinggi, maka kapasitas RAM yang digunakan pun juga lebih besar.

3. Bagian penyimpanan data

Bagian terakhir yang perlu diperhatikan adalah bagian penympanan data atau storage. Untuk bagian ini, Anda juga perlu memikirkan jenis harddisk mana yang akan digunakan. Saat ini, ada dua jenis yang sering digunakan, yakni HDD dan SSD. Baik SSD maupun HDD kedua-duanya memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Akan tetapi, karena komputer server yang dibutuhkan adalah sisi kecepatan, maka tentunya SSD memiliki keunggulan tersebut. Dengan begitu, SSD merupakan jenis harddisk yang paling pas untuk dijadikan komputer server.

Akan tetapi, jika Anda lebih banyak penyimpanan-penyimpanan file pada server dan membutuhkan ruang memori yang lebih besar, maka HDD adalah jawabannya. Untuk itu, hal ini dikembalikan dengan kebutuhan Anda.  

Itulah 3 cara menentukan, spesifikasi hardware server yang sangat dibutuhkan saat ini. Anda bisa pelajari lagi beberapa sistem operasi server yang sering digunakan sebagai komputer server. Semoga artikel ini bermanfaat.

You may also like