8 Jenis Sistem Operasi Jaringan yang Umum Digunakan

Perkembangan teknologi menuntut kita untuk ikut andil dalam penggunaannya. Mulai dari segala jenis gadget hingga peralatan elektronik yang kini telah menjadi kebutuhan utama. Semua jenis gadget umumnya memiliki banyak fitur yang bisa kita manfaatkan utamanya dalam berkomunikasi dan bekerja. Menu-menu yang ditampilkan di sebuah gadget, misalnya handphone dan laptop, bisa dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Bagaimana tampilan dan munculnya menu tersebut tergantung sistem operasi jaringan gadget yang kita gunakan. Sistem operasi terdiri dari sistem operasi server dan jaringan. Masing-masing memiliki fungsi khusus, namun tetap ada persamaan.

ads

Apakah yang disebut sistem operasi jaringan? Sistem operasi jaringan adalah sistem operasi yang bertujuan untuk menangani segala jenis jaringan dalam suatu perangkat komputer, laptop, dan berbagai jenis gadget. Sistem operasi jaringan menangani bagaimana sebuah gadget terhubung dengan perangkat lain. Misalnya sebuah perangkat komputer yang harus terhubung dengan printer, scanner, kamera, speaker, dan sebagainya. Selain itu, sistem operasi jaringan adalah jalan untuk mengkoneksi sebuah gadget dengan internet, yaitu layanan DNS dan HTTP. Kasarnya, kita tidak bisa menggunakan sebuah laptop tanpa sistem operasi jaringan. Karena itulah, sistem operasi memiliki harga tersendiri ketika kita membeli laptop atau komputer.

Untuk memberikan Anda gambaran lebih jauh, ini lah beberapa ciri atau karakteristik sistem jaringan :

  1. Merupakan pusat pengendalian sumber daya jaringan sebuah gadget.
  2. Merupakan akses yang aman ke sebuah jaringan.
  3. Memungkinkan pengatur atau remote user tersambung ke jaringan.
  4. Menyambungkan user ke internet.
  5. Memback up data dan menyimpannya untuk bisa digunakan setiap saat.

Secara garis besar, sistem operasi jaringan terbagi menjadi dua jenis. Pertama adalah macam-macam sistem operasi berbasis cli atau text. Selanjutnya adalah sistem operasi berbasis gui atau grafis.

a. Sistem Operasi Jaringan Berbasis Text

Sistem operasi berbasis text disebut juga dengan Command Line Interface (CLI). Ini adalah sistem operasi yang menampilkan antarmuka berupa huruf, angka, dan karakter khusus.

Kelebihan sistem operasi berbasis text :

  1. Pengoperasiannya cenderung mudah karena berupa text.
  2. Tidak terlalu membutuhkan banyak space karena text lebih kecil ukurannya daripada grafis.
  3. Tidak memerlukan banyak memori.
  4. Sesuai untuk hampir semua jenis software.

Kekurangan sistem operasi berbasis text :

  1. Kurang menyenangkan dari segi tampilan karena berupa text.
  2. Kurang memudahkan untuk pengguna apabila tidak tersedia native language.
  3. Tidak sesuai dengan software grafis.

b. Sistem Operasi Jaringan Berbasis Grafis

Disebut juga sebagai Graphical User Interface (GUI). Artinya adalah sistem operasi ini menggunakan grafis sebagai dasar pengoperasian. Sebenarnya GUI adalah perkembangan dari CLI. Karena itulah GUI terasa lebih mudah, apalagi disertai dengan grafis yang pastinya user friendly.

Kelebihan sistem operasi jaringan berbasis grafis :

  1. Desain grafis menjadikan lebih menarik ketika menggunakan.
  2. Mudah digunakan karena disertai dengan grafis yang menyenangkan.
  3. Penggunaan grafis yang bervariasi membuat minat pengguna bertambah.
  4. Menyatu dan berinteraksi dengan gadget lebih baik.
  5. Memiliki resolusi gambar yang lebih tinggi.

Kekurangan sistem operasi jaringan berbasis text :

  1. Membutuhan space dan memori yang lebih besar.
  2. Bergantung pada spesifikasi hardware.
  3. Tidak selalu kompatibel dengan semua jenis gadget atau komputer.

Ada banyak macam sistem operasi jaringan yang digunakan dalam komputer atau laptop. Inilah beberapa sistem operasi jaringan pada komputer :

1. Windows

Windows adalah sistem operasi jaringan yang paling banyak digunakan sekarang. Keunggulan dari sistem operasi ini adalah pengoperasian yang sangat mudah. Ini karena sistem operasi jaringan Windows adalah sistem operasi jaringan berbasis grafis atau GUI. Ternyata Windows adalah sistem operasi perkembangan dari Ms-DOS. Sekarang telah banyak versi Windows yang tersedia dengan keunggulan masing-masing. Tentunya versi terakhir adalah versi terbaru yang melengkapi versi sebelumnya. Yang paling umum digunakan hingga saat ini adalah Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan sekarang yang terbaru adalah Windows 10.

2. UNIX

Pernah mendengar sistem operasi UNIX? Mungkin ini asing bagi beberapa orang, karena biasanya orang awam hanya mengenal Windows saja. UNIX adalah siste operasi berbasis text. Sehingga sistem ini jarang digunakan. Pengoperasian UNIX dengan menggunakan Line Command Based sehingga tidak user friendly. UNIX adalah dasar dari OS yang lain yaitu Linux.

3. Linux

Linux adalah perkembangan dari UNIX dan merupakan gabungan dengan MINIX yang juga salah satu perkembangan dari UNIX. Berbasis grafis, Linux banyak digunakan di jaringan besar seperti pengaksesan berkas pada perusahaan atau lembaga pendidikan. Linux berbeda dengan OS lain karena kernel dan komponen-komponen lainnya bebas. Seperti dasarnya, UNIX, Linux baik digunakan untuk workstation dan server. Ini karena Linux sangat stabil dalam jangka waktu yang lama dan tahan terhadap malware. Kelebihan Linux yang lainnya adalah bisa didapatkan dengan gratis, walaupun tetap ada yang berbayar. Tidak seperti Windows, yang harus membayar.

4. IBM

Sistem operasi ini dibuat oleh Microsoft dan IBM, namun kini dikelola oleh IBM. IBM digunakan sebagai pengganti DOS dan menggunakan kemampuan penuh dari Mikroprosessor Intel 80280. Termasuk di dalamnya adalah modus proteksi yang mampu menjalankan perintah secara simultan. Selain itu juga mendukung memori virtual sehingga Anda tidak perlu susah payah mengulang perintah yang sama persis. IBM merupakan gabungan dari Linux dan Windows. Namun penggunaan IBM dihentikan pada tahun 2006.

5. MAC

Siapa yang tak mengenal MAC? OS yang memiliki kepanjangan Macintosh Operating Sytem ini memang khusus digunakan pada produk Apple Computer. Karena itulah MAC tidak kompatibel dengan IBM. MAC ternyata adalah sistem operasi jaringan berbasis grafis pertama dengan kelebihan yang lebih menguntungkan. MAC cenderung stabil karena menggunakan UNIX. Selain itu, MAC juga multitasking sehingga kuat menerima berbagai perintah dalam waktu yang bersamaan. Tampilan grafis yang sangat bagus juga didukung dengan kekebalan terhadap malware. Karena itulah memiliki OS MAC adalah impian sebagian orang. Namun jika Anda ingin menggunakan OS ini, Anda harus membeli produk Apple Computer.

6. Free BSD

Sistem operasi jaringan Free BSD adalah salah satu perkembangan dari UNIX yang bertipe UNIX bebas dan diturunkan oleh UNIX AT & T. Free BSD dibuat pada tahun 1993 oleh David Greenman dan beroperasi di atas Intel X6. Sistem operasi jaringan ini berkonstrasi untuk menyediakan berbagai software untuk berbagai kepentingan.


7. Solaris

Lagi-lagi ini adalah salah satu sistem operasi perkembangan dari UNIX. Solaris dikembangkan oleh Sun Microsystem pada tahun 1992. Seperti perkembangan UNIX yang lain, Solaris adalah sistem operasi jaringan yang cukup stabil. Solaris adalah salah satu dari macam sistem operasi opensource disebut sebagai OpenSolaris. Solaris bisa didistribusikan secara bebas. Tersedia sumber distribusi dan semua orang bisa mengakses serta mengubah kode lalu kembali mendistribusikan. Jika diperhatikan, Solaris menuntut pengguna untuk kreatif dalam penggunaannya. Karena itulah Solaris tidak begitu user friendly sehingga tidak umum digunakan.

8. Novell Netware

Sistem operasi ini dikembangkan oleh Novell. Dibuat berbasis tumpukan protokol Xerox XNS, sistem operasi ini umum digunakan untuk komputer IBM. Ternyata Novell sempat merajai sistem operasi dunia dengan jaringan sebutan NOS. Dahulu, Novelll dipakai untuk LAN-Based NOS dan dibuat oleh Novell Inc. Sistem operasi ini banyak digunakan pada tahun 1990. Konsep dari NOS adalah pembagian disk space dan printer. File sharing NOS menggunakan layanan modul file dan pencarian lokasi fisik dilakukan di server. NOS memiliki Netware Core Control atau NCP yang lebih efektif.

Itulah jenis-jenis sistem operasi jaringan. Jadi sebenarnya sistem operasi jaringan tidak hanya Windows dan MAC saja umumnya dikenal. Mereka hanya 2 dari banyak sistem operasi jaringan yang ada di dunia. Sebagai pelengkap, Anda juga bisa mempelajari jenis-jenis jaringan komputer dan jenis-jenis kabel jaringan jika sudah masuk ke ranah hardware.

, , ,