9 Cara Brute Force WiFi Menggunakan Aircrack Metode yang Lengkap

Setiap orang yang pernah bersentuhan dengan WiFi pasti akan tertarik untuk mengetahui cara melakukan hack WiFi. Entah itu dengan alasan untuk mencari cara agar bisa mengakses WiFi tetangga atau hotspot tertentu. Ataupun hanya sekedar melakukan tantangan tertentu.

ads

Salah satu metode yang digunakan untuk memecahkan password WiFi pada suatu router adalah dengan metode bruteforce. Secara singkat proses brute force akan menggunakan kombinasi password ataupun kumpulan serangan dictionary yang digunakan untuk memecahkan kemungkinan – kemungkinan password pada sebuah router. Cara mengetahui password wifi di laptop dapat digunakan metode brute force apabila anda tidak bisa mencari tahunya dengan cara yang biasa.

Kecepatan brute force dengan menggunakan pada sebuah komputer akan sangat bergantung dari spesifikasi komputer yang digunakan, kecepatan jaringan yang ada serta faktor – faktor lainnya. Semakin tinggi spesifikasi yang dimiliki komputer yang digunakan untuk memecahkan kata sandi maka akan semakin proses dan semakin lancar proses yang dapat dilaksanakan.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas cara melakukan brute force wifi dengan menggunakan Aircrack untuk mencapai hal tersebut. Mengenai langkah – langkah untuk melakukannya akan dibahas pada pembahasan selanjutnya. Cara yang dilakukan ini dapat juga dibandingkan cara mengatur bandwidth wifi.

Cara brute force WiFi dengan menggunakan Aircrack-NG melalui sistem operasi.

Sebelum melanjutkan dengan metode ini ada beberapa hal yang perlu anda siapkan untuk melakukan metode brute force. Hal – hal tersebut adalah

  • Sebuah sistem operasi Kali Linux (anda dapat menggunakan live CD, OS yang terinstall, ataupun dengan menggunakan virtual machine).
  • Sebuah WiFi adapter yang memungkinkan untuk melakukan injeksi paket data dan dapat melakukan mode “monitor”. Kecuali anda beruntung telah memiliki sebuah komputer dengan network cards pabrikan yang memiliki kemampuan ini, anda perlu untuk membeli sebuah WiFi adapter eksternal. Fungsi WiFi adapter eksternal serupa fungsi ethernet card.
  • Berbagai macam wordlist yang beragam sebagai upaya untuk memecahkan hasil dari handshake password WPA yang telah diperoleh melalui proses airdump-ng.
  • Penting untuk memiliki sumber daya komputer yang baik dan juga cukup tinggi agar proses pemecahan passwordnya tidak berlangsung sangat lama. Waktu, dedikasi, konsistensi dan kesabaran dibutuhkan untuk dapat menyukseskan proses ini.

Jika beberapa hal yang sudah disebutkan diatas telah disiapkan kita bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya.

    1. Siapkan program kali untuk memulai proses cracking. Proses memasuki jaringan wireless dimulai dengan melakukan login ke kali. Untuk melakukan login anda harus memasukkan informasi login default yang dimilikinya. Informasi deafaultnya tersebut berupa root(untuk username), dan toor (untuk password).
    2. Masukkan sebuah kartu paket injeksi WiFi (Packet Injection WiFi) pada port USB komputer anda. Maksud dari kartu paket injeksi WiFi ini merupakan sebuah eksternal WiFi adapter yang dipasangkan pada bagian port USB. Jika komputer anda telah memiliki perangkat ini dari pabrikan anda tidak perlu lagi memasangnya. Untuk anda yang menggunakan software virtualisasi, akan ada sebuah icon yang perlu anda klik dan kemudian pilih perangkat ini untuk mengaktifkannya sehingga dapat digunakan. Pastikan untuk menambahkan USB device filter jika anda menggunakan Virtual Box.
    3. Buka terminal yang ada di Kali.   

    4. Cari Wireless card chipset dan drivernya dengan menggunakan Airmon-ng.
    5. Pada terminalnya, ketikkan: airmon-ng. Ini akan menunjukkan semua kartu WiFi yang dapat melakukan mode monitor. Jika anda tidak menemukan WiFi adapter eksternal pada komputer anda, putuskan dan sambungkan kembali adapter tersebut via USB port.
    6. Atur interface dari Wireless Card anda menunju mode monitor dengan menggunakan Airmon-ng. Untuk melakukannya pada terminal ketik: airmon-ng start interface0. Jika Interface WiFi card anda adalah Wlan0, ketikkann airmon-ng start wlan0.
    7. Jika berhasil nantinya akan muncul pesan “monitor mode enabled” yang mengidentifikasikan bahwa wireless card telah berhasil memasuki mode monitor.
    8. Gunakan perintah ifconfig untuk mengecek apakah interface monitor telah ditetapkan. Untuk melakukannya pada terminal ketik: ifconfig.
    9. Anda akan melihat informasi interface monitor baru ( entah itu menunjukkan mon- atau wlan1mo). Proses ini akan mengindikasikan bahwa interface WiFi card yang anda gunakan telah berhasil diatur menuju mode monitor menggunakan preseding perintah Airmon-ng. Langkah ini merupakan langkah yang perlu dilakukan untuk memperlihatkan akses point yang tersedia di lokasi anda.

Menggunakan Airodump untuk memonitor jaringan WiFi yang ditargetkan.

  1. Gunakan Airodump untuk menampilkan semua jaringan WiFi yang ada di lokasi anda. Pada bagian terminal, ketik: interface airodump-ng. (Gantikan interface yang anda gunakan dengan interface monitor yang mana dapat berupa mon0 ataupun wlan1mon seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.
  2. Langkah selanjtunya adalah memperhatikan informasi yang ditampilkan didalam terminal.
  3. Airodump akan menampilkan semua jaringan WiFi yang berada di lokasi anda bersama dengan informasi lainnya yang berkaitan dengan jaringan tersebut.
  4. Cari jaringan yang anda ingin pecahkan passwordnya.
  5. Setelah anda menemukannya, tekan Ctrl+C pada keyboard komputer anda untuk menghentikan proses keyboard . Jangan lupa untuk mengingat channel pada jaringan tersebut.
  6. Biarkan terminalnya terbuka, dan kopi BSSID dari jaringan WiFi tersebut.
  7. Gunakan Airodump untuk memonitor jaringan WiFi yang hendak anda targetkan. Anda dapat melakukannya dengan menggunakan perintah berikut airodump-ng - c (nomor cahnnel yang sudah disebutkan pada jaringan wifi yang ditargetkan) -bssid (bssid yang dimiliki target oleh jaringan WiFi target) -w/root/Desktop (nama interface monitor yang digunakan).
  8. Tekan enter untuk menjalankan perintah pada terminal tadi.
  9. Contoh bentuk perintah tersebut adalah sebagai berikut airodump-ng
    -c 1-bssid 00:00:00:00:00:00 -w/root/Desktop mon0
  10. Setelah perintahnya dijalankan terminal yang anda gunakan akan membantu anda untuk mengumpulkan informasi mengenai jaringan WiFi yang ditargetkan.
  11. Tunggu hingga perangkatnya berhasil menyambungkan ke bagian jaringan wireless yang ditargetkan. Hasil informasi tadi akan disimpan pada lokasi yang anda tentukan ketika berhasil diselesaikan. Penting untuk diperhatikan untuk tidak menghapus file tersebut hal yang perlu diperhatikan disini adalah bagaimana membuat perangkat digunakan dapat mengelabui upaya untuk membuat sambungan ke jaringan yang ditargetkan.
  12. Biarkan terminal yang digunakan untuk menjalankan airodump tetap terbuka.
  13. Buka sebuah terminal baru dan jalankan aireplay dengan cara mengetikkan perintah berikut pada terminal: Aireplay-ng
    -0 2 a (router's BSSID) -c (BSSID dari klien) (monitor interface)
    .
  14. Untuk dapat menyelesaikan proses ini, seseorang yang mengetahui password dari pemilik jaringan WiFi, atau yang pernah terhubung dengan jaringan tersebut haruslah tersambung dengan jaringannya. Anda tidak perlu mengetahui ip adress ataupun fungsi ip address karena saat ini perangkat anda belum bisa tersambung secara sepenuhnya pada router yang ditargetkan.
  15. Perhatikan airodump untuk melihat apakah ada perangkat yang benar – benar tersambung dengan router yang ditargetkan. Jika perangkat seperti itu belum muncul anda harus menunggu hingga perangkat yang memiliki password sebenarnya tersambung dengan jaringan WiFi tersebut.  Ada dua kemungkinan yang dapat terjadi apabila anda masih belum menemukan perangkat seperti yang sudah disebutkan salah satunya adalah kemungkinan karena memang belum ada perangkat klien yang tersambung atau anda berada terlalu jauh dari router yang ditargetkan.
  16. Jika anda sudah melihat WPA handshake telah selesai diperoleh dari langkah sebelumnya tekan Ctrl+C pada terminal airodump untuk menghentikan proses monitoring. Adalah hal yang bijak untuk tetap membiarkan terminal airodump tetap terbuka pada jendela sebelumnya karena nantinya informasi ini akan berguna pada penggunaan selanjutnya. Saat ini kita sudah memiliki password tersebut dan hal yang perlu dilakukan adalah melakukan proses caracking dengan brute force.

Menggunakan aircrack bersama dictionary wordlist untuk memecahkan password yang sudah didapatkan.


Pada proses ini kecepatan yang akan dilakukan bergantung pada pilihan kata wordlist yang anda gunakan serta sumber daya dan kekuatan yang dimiliki oleh komputer anda.

  • Untuk memulainya ketik perintah berikut pada terminal yang anda gunakan: aircrack-ng -a2 -b 00:00:00:00:00:00 -w /root/Desktop/rockyou.txt /root/Desktop/*.cap

  • Untuk parameter 00:00:00:00:00:00, disesuaikan dengan BSSID target jaringan WiFi yang anda gunakan.

  • Salah satu dictionary wordlist yang telah disediakan dalam Kali Linux adalah “rockyou.txt” yang terletak pada “usr/share/wordlists”.  Untuk mengekstracknya dapat dilakukan dengan mudah, masukkan perintah gzip -d/usr/share/wordlists/rockyou.txt.gz. Pastikan untuk menambahkan password “established weak” digunakan dalam proses cracking. Selain itu pastikan juga bahwa kumpulan password ini pada pilihan paling atas untuk memastikan bahwa ini digunakan yang pertama kali.

  • Tekan enter untuk menjalankan perintahnya.

Menunggu Aircarck untuk memecahkan WPA handshake. 

Jika proses – proses diatas telah dilaksanakan semua, saatnya anda menunggu aircrack untuk memecahkan password WiFi menggunakan wordlist yang anda telah pilih. Proses ini membutuhkan kesabaran anda, karena seperti yang sudah disebuktan sebelumnya untuk melaksanakannya akan bergantung pada sumber daya dan kekuatan komputer anda. Jika telah selesai terminal yang anda gunakan akan memunculkan password yang telah berhasil di crack.

Itu tadi pembahasan mengenai cara brute force WiFi dengan menggunakan aircrack. Semoga dapat membantu anda. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Security Jaringan