Perbedaan Data dan Informasi Beserta Contohnya

Data, pasti sudah sangat akrab di telinga anda begitu pula dengan informasi, akan tetapi terkadang kita seringkali tumpang tindih dalam menyebutkan data dan juga informasi. Banyak hal yang seharusnya kita sebut sebagai data, malah kita sebut sebagai informasi dan sebaliknya.

ads

Memang, pada dasarnya, data dan juga informasi adalah suatu kontinum, dimana informasi akan diperoleh dari data, dan data akan diolah menjadi informasi. Akan tetapi, ternyata antara data dan informasi terdapat beberapa perbedaan, dan mungkin saja apa yang sering kita sebut sebagai informasi ternyata adalah data, dan begitu pula sebaliknya. sebelum membahas mengenai perbedaan antara keduanya, maka ada baiknya kita membahas mengenai pengertian masing-masing terlebih dahulu.

Pengertian Data

Bagi anda yang sering melakukan penelitian dan menggunakan banyak instrument teknologi, pasti sudah sangat mengerti dengan apa itu yang dinamakan data. Data sendiri merupakan suatu fakta-fakta ataupun rincian peristiwa yang sifatnya masih mentah dan juga belum diolah. Data adalah hasil yang kita peroleh di lapangan, tanpa adanya pengolahan terlebih dahulu. Istilah data banyak kita gunakan pada ilmu-ilmu statistic, dan cabang ilmu lain yang menggunakan metode statistic, ilmu eksakta, juga ilmu komputer.

Secara pengertian lain, data sendiri merupakan sebuah kata yang memiliki sifat jarak luas plural. Data merupakan bentuk jamak dari istilah datum. Datum merupakan satu buah fakta atau rincian peristiwa. Lebih tepatnya adalah satu bagian saja dari fakta atau rincian peristiwa yang terjadi. Karena setiap peristiwa dan fakta tidak hanya terdiri dari satu buah fakta dan penjelasan, maka dari itu, kita jarang menggunakan istilah datum untuk mencerminkan fakta dan rincian dari peristiwa tersebut.

Contoh dari Data

Untuk lebih memahami mengenai pengertian dan juga memahami apa itu yang dimaksud dengan data atau datum, maka berikut ini adalah beberapa contoh pengimplementasian dari data :

  1. Ketika kita mengambil data dengan menggunakan kuesioner, hasil skoring pada kuesioner, dan juga hasil dari kuesioner yang telah diisi itu adalah sebuah data. Hasil kuesioner tidak akan memiliki arti apabila tidak diolah terlebih dahulu
  2. Seorang akuntan yang akan membuat laporan keuangan, akan melihat riwayat transaksi perusahaan. Riwayat transaksi perusahaan ini merupakan data, karena tidak memiliki arti apa – apa, sebelum diolah.
  3. Karyawan X hanya masuk 10 hari dalam satu bulan, hal ini juga hanyalah merupakan sebuah data, namun terkadang sering disalah artikan sebagai sebuah informasi.

Nah, itulah beberapa contoh-contoh dari data. Melihat contoh  yang telah disebutkan diatas mengenai data, maka kita bisa menyimpulkan beberapa hal mengenai ciri-ciri dari data itu sendiri. Berikut ini adalah beberapa ciri-ciri dari data berdasarkan pengertian dan contoh diatas:

  • Data, terdiri atas beberapa bentuk data tunggal atau datum yang dihimpun dari fakta suatu peristiwa, baik dari pengamatan (observasi) ataupun wawancara
  • Data tidak dapat memiliki arti apapun, sebelum diolah sedemikian rupa
  • Seberapa banyak dan seberapa lengkap pun data yang dimilki, apabila belum diolah, maka data tersebut belum dapat menjadi alat bukti yang sah megnenai kejelasan suatu peristiwa.

Pengertian Informasi

Lalu, apa itu yang dimaksud dengan informasi? Nah, kalau kita melihat ke atas, yaitu mengenai data, maka kita pun sudah bisa mengetahui apa itu arti dari informasi. Informasi adalah kumpulan data, yang sudah diolah sedemikain rupa, sehingga nantinya dapat memberikan informasi dan juga manfaat bagi kalangan tertentu ataupun bagi semua orang. Dalam prosesnya, data yang sudah dihimpun dan juga sudah dimiliki, kemudian diolah sedemikian rupa, sehingga data tersebut kemudian dapat menghasilkan sesuatu yang berguna dan juga informative. Ada beberapa cara pengolahan data yang bisa kita lakukan, yaitu:

  • Pengolahan data menggunakan metode statistic (banyak digunakan pada disiplin ilmu sosial)
  • Pengolahan data dengan melakukan analisa dan membandingkan dengan teori dan fakta lain
  • Melakukan pengolahan data dengan menggunakan bantuan komputer (seperti membuat laporan, menghitung, dan sebagainya).

Itu adalah beberapa penjelasan mengenai pengertian dari informasi. Nah, untuk semakin memperjelas definisi dan pengertian mengenai informasi ini, ada beberapa contoh informasi. Berikut ini adalah beberapa contoh dari informasi :

  1. Kueseioner yang berperan sebagai data diolah dengan menggunakan metode tertentu, yang akan memberikan hasil, berupa diterima atau ditolaknya hipotesis, sehingga bermanfaat untuk peneliti ataupun kalangan lain
  2. Pengolahan data keuangan kantor, akan menjadi bermanfaat setelah diolah. Informasi yang diperoleh seperti keuntungan, kerugian, dan segala bentuk transaksi keuangan akan menjadi bermanfaat ketika data keuangan sudah diolah menjadi laporan keuangan
  3. Dalam proses penyidikan dan penyelidikan polisi, temuan data dan juga fakta di lapangan, akan diolah dan dianalisa, sehingga menjadi informasi yang berguna untuk mengungkap siapa pelaku, tersangka, dan juga orang yang bertanggung jawab atas sebuah perbuatan criminal.

Berdasarkan definisi dan pengertian mengenai informasi yang sudah dibahas, maka ada beberapa hal yang bisa kita simpulakan, terutama mengenai ciri – ciri dari informasi, yaitu :


  • Informasi adalah data yang sudah diolah dengan berbagai metode dan teknik
  • Informasi sudah pasti akan bermanfaat bagi satu orang, dan lebih
  • Informasi mampu menjawab dugaan, hipotesis, keyakinan, dan juga memastikan suatu hal dari sebuah periwtiwa
  • Dengan adanya informasi, maka suatu fakta dan juga peristiwa akan menjadi jelas
  • Dibutuhkan kemampuan khusus dalam memperoleh informasi, seperti kemampuan analisa, berpikir kritis, kemampuan logika, dan kemampuan statistika.

Perbedaan antara data dan juga informasi

Itu adalah definisi dari data dan juga informasi. Dari penjelasan panjang di atas mengenai definisi dari data dan juga informasi, maka berikut ini kita dapat menyimpulkan perbedaan antara keduanya. Berikut ini adalah beberapa perbedaan dari data dan juga informasi :

Data :

  • Data tidak memilki makna apapun
  • Data dapat berbentuk fakta, rincian, dan juga segala bentuk pengamatan empiris (observasi dan wawancara) terhadap suatu peristiwa
  • Bagi orang awam, data tidak dapat dipahami maksudnya

Informasi:

  • Informasi sudah memiliki suatu makna tertentu
  • Informasi adalah data yang sudah diolah dengan menggunakan beragam teknik tertentu
  • Bagi orang awam, ketika membaca suatu informasi, maka mereka sudah mampu memahami arti dari informasi tersebut.

Itulah perbedaan antara data dan juga informasi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca juga artikel terkait lainnya:

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Monday 15th, February 2016 / 08:22 Oleh :
Kategori : Sistem Informasi