Sponsors Link

10 Kelebihan dan Kekurangan Power Point Presentasi

Microsoft power point adalah sebuah software yang secara spesifik digunakan untuk melakukan pembuatan slide yang digunakan untuk presentasi. Pembaca sekalian pasti pernah paling tidak sekali menggunakan software ini. Karena tidak banyak software yang memiliki level kemudahan dan hasil sebagus microsoft power point yang dapat digunakan untuk membuat slide presentasi. Di dalam power point juga dapat diselipkan animasi, video dan juga gambar yang membuat power point sebuah software yang sangat berkualitas. ( Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan OpenOffice )

ads

Berikut ini kelebihan dan kekurangan power point :

Kelebihan: 

1. Memudahkan pembuatan slide presentasi
Bagi yang sering melakukan presentasi didepan umum, apalagi menggunakan alat bantu berupa screen projector sudah pasti membutuhkan software ini. Dengan menggunakan microsoft power point hanya dalam hitungan jam bahkan menit, seseorang dapat menyiapkan sebuah alat bantu presentasi yang memiliki kualitas baik. Keberadaan alat bantu presentasi tentunya akan memudahkan si presentator menyampaikan point presentasi kepada para audiencenya.

2. Dilengkapi banyak tools untuk membuat sebuah presentasi yang bagus
Microsoft power point dilengkapi dengna banyak tools seperti image import, video import, animation import, text art dan masih banyak lagi fitur atau tools lainnya yang akan membuat slider presentasi yang kita buat menjadi lebih bagus dan terasa hidup. bahkan jika dibutuhkan, pembuat presentasi dapat menyelipkan suara yang dapat mengbangkitkan suatu emosi tertentu ketika melakukan presentasinya. Tentu hal ini merupakan suatu hal yang sangat baik untuk sebuah software presentasi.

3. Dilengkapi fitur export ke pdf
Ketika kita membutuhkan selebaran atau pegangan bagi para audience, kita dapat melakukan sharing dokumen presentasi kita ke audience. Namun terkadang banyak dari audience yang tidak menggunakan platform microsoft sehingga audience tidak dapat membuka file yang telah kita distribusikan. Dengan adanya fitur export ke pdf, akan menjamin bahwa setiap audience akan dapat melihat slide presentasi yang kita bagikan.

Selain itu, fitur export ke pdf ini juga sangat berguna pada saat kita akan melakukan print atau cetak slide yang dimiliki. Dengan menggunakan format pdf yang sudah dissupport oleh banyak platform, kita dapat melakukan print lewat platform mana saja dan mesin apa saja. ( Baca Juga : Cara Merubah JPEG ke PDF)

4. Fitur Kolaborasi
Bagi para pekerja yang sedang dikejar oleh deadline, pasti akan sangat memerlukan bantuan unutk dapat mengerjakan sebuah dokumen bersama-sama. Dengan fitur kolaborasi yang dikeluarkan microsoft ini, seseorang dapat melakukan editing dari sebuah file presentasi power point secara berasamaan dari tempat atau komputer yang berbeda. Hal ini tentunya akan mempercepat dan memudahkan pembuatan sebuah slide presentasi, apalagi jika waktu yang di miliki untuk menyelesaikan suatu pekerjaan pembuatan slide presentasi sangat terbatas.


5. Dilengkapi Fitur Cloud service dari microsoft
Saat ini microsoft sedang menggalakkan seluruh upaya mereka untuk memperkenalkan produk cloud service mereka yaitu one cloud service. Microsoft tidak mau kalah terhadap pesaingnya seperti google dan juga dropbox. Microsoft sengaja menyelipkan secara embedded service dari one cloud ke microsoft power point dengan cara menyediakan pilihan save to one cloud bahkan dengan menerapkannya sebagai default penyimpanan sebelum user menentukan pemilihan untuk menyimpan data dokumen yang sedang dikerjakannya ke local storage.

6. Memiliki fitur authoring yang sangat advanced
Ingin melindungi dokumen anda dari pihak tak bertanggung jawab dan juga tindak kejahatan hak cipta lainnya? Microsoft menawarkan berbagai solusi untuk memenuhi kebutuhan ini. Mulai dari para trainer kepribadian, hingga trainer teknik yang tidak ingin konten dari presentasi jatuh ke tangan orang yang tidak berhak sampai dengan menjaga keauthentikan isi presentasi. Semua dapat dijawab kebutuhannya dengan fitur authorisasi dari microsoft power point. Pemilik dokumen dapat menandai, memberi password, hingga meng-enkripsi isi dari presentasi yang telah dibuat menggunakan software microsoft power point. ( Baca Juga: Pengertian Cloud Server)

Kekurangan

1. Tidak dapat digunakan oleh platform lain selain microsoft
Microsoft power point hanya dapat digunakan pada platform windows, dan microsoft tidak menyediakan atau mengeluarkan versi software ini untuk digunakan pada platform lainnya seperti linux dan mac. Hal ini membuat pekerjaan yang telah ada dan dibuat menggunakan software ini tidak dapat dibuka dan dilanjutkan pada platform lainnya diluar windows. Padahal banyak sekali perusahaan ataupun perseorangan yang tidak memiliki akses ke platform operating system milik microsoft yaitu windows karena harganya yang tergolong mahal untuk sebuah software

2. Ketidakstabilan dari dokumen untuk tiap versi power point
Kelemahan yang satu ini sering sekali ditemui pada software yang dikembangkan oleh microsoft. Entah karena faktor apa, biasanya dokumen yang dihasilkan dari software office microsoft versi lama semisal tahun 2007 tidak dapat digunakan secara sempurna pada software versi yang lebih baru misal versi tahun 2010 begitupun juga sebaliknya. Hal ini pun juga terjadi pada microsoft power point ini. Hal ini juga sering membuat bingung dari sisi pembuat dokumen ketika tiba tiba terjadi update software office yang digunakannya untuk bekerja.

3. Harga Microsoft Office Terlalu Mahal
Bagi pemilik usaha kecil ataupun perseorang yang tentu kadang membutuhkan software semaca ini, harga dari software asli keluaran microsoft ini tentunya akan terasa sangat mahal dan tidak sebanding. Hal ini dikarenakan microsoft mengeluarkan software software nya dengan target pasar kalangan pengusaha dan perusahaan besar. Namun dengan supoort dan juga update software yang terus menerus dilakukan oleh microsoft. Hal ini tentunya membuat software yang dikeluarkan oleh microsoft tetap bertahan dan digunakan oleh sebgaian besar kalangan masyarakat.


4. Tergolong software yang berat
Untuk dapat mengoperasikan software microsoft office ini, komputer harus memiliki spesifikasi yang baik. komputer komputer jadul dengan spesifikasi hardware yang rendah akan kesulitan menjalankan software ini bahkan mungkin terjadi crash atau hang.

Demikian kelebihan dan kekurangan dari microsoft power point yang dapat saya rangkum. kesimpulannya adalah microsoft power point merupakan sebuah software untuk membuat presentasi yang berkualitas dan menurut saya belum ada tandingannya. kemudahan penggunaan digabung dengan banyakknya variasi tools yang terdapat pada microsoft power point membuatnya layak untuk dimiliki meskipun memiliki harga yang mahal.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Sunday 10th, September 2017 / 05:08 Oleh :
Kategori : Microsoft