4 Metode Cara Menghapus Akun Gmail di HP yang Mudah Dilakukan

Kebanyakan HP modern saat ini seperti HP smartphone telah memilki sistem pintar yang mampu mengintegrasikan perangkat mereka dengan akun – akun aplikasi yang ada di internet. Contohnya akun Gmail yang mana telah banyak digunakan pada sistem smartphone berbasis android. Akun Gmail merupakan akun yang esensial bagi pengguna smartphone. Akun Gmail biasanya digunakan untuk mendownload aplikasi lainnya yang ada di Playstore dan aktifitas – aktifitas lainnya.

ads

Akun Gmail pada sebuah perangkat android memilki peranan penting yang membantu anda untuk mengakses semua produk yang telah terintegrasi dengan Google seperti Gmail, Youtube dan masih banyak lagi. Tentu dengan membantu akun Gmail anda juga akan terbantu dalam proses cara update Google Play.

Salah satu smartphone yang memanfaatkan fitur akun Gmail dengan baik dalam penggunaannya adalah smartphone yang berbasis android yang mana telah digunakan oleh banyak orang. Untuk dapat memaksimalkan performa dan juga fitur – fitur yang dimiliki oleh android anda tentunya anda harus memiliki smartphone yang tersambung dengan akun Gmail.

Akan tetapi tidak selamanya seseorang akan menggunakan satu buah akun Gmail untuk setiap saat. Adakalanya ketika seseorang memilih untuk menjual hp smartphone berbasis android mereka kepada orang lain. Mereka akan memilih untuk menghapus akun Gmail milik mereka dari Hp yang hendak dijual tadi atau sebaliknya.

Alasan untuk mengganti akun Gmail di android seringkali dilakukan karena alasan tertentu. Selain hal yang sudah disebutkan sebelumnya biasanya tindakan ini juga dilakukan untuk melaksanakan cara mengatasi playstore error.

Cara Menghapus Akun Gmail di HP

Bagi orang yang awam dengan penggunaan smartphone pasti anda akan kebingungan untuk mencarikan solusi atau mengganti akun Gmail tersebut. Dan jika anda tidak tahu cara untuk melakukannya tentu anda akan mengalami kesulitan dalam hal tersebut. Sama seperti cara membuat email baru, kalau anda tidak tahu harus memulai dari mana anda tidak akan bisa melanjutkannya.

Sebenarnya ada cara yang paling mudah yang dapat dilakukan untuk menghapus akun Gmail yang tidak anda bisa akses pada hp smartphone anda. Anda bisa melakukan hard reset atau mengembalikan fitur kembali ke pengaturan pabriknya. Dengan melakukan hal tersebut anda tidak hanya akan menghapus akun Gmail anda akan tetapi juga mengembalikan semua program dan juga pengaturan yang ada pada HP smartphone anda ke pengaturan awal.

Perlu diingat juga proses penghapusan akun Gmail akan secara otomatis membantu cara logout playstore. Jadi anda tidak perlu untuk melakukan logout dari masing – masing aplikasi yang telah terinstall pada aplikasi HP anda. Berikut merupakan beberapa cara yang dapat dilakukan menghapus akun Gmail di Hp.

1. Cara menghapus akun Gmail dengan melakukan proses Remove Account

Untuk dapat menghapus akun Gmail di HP dengan cara ini ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan yang diantaranya sebagai berikut :

  • Pertama buka menu setting atau pengaturan pada smartphone anda.
  • Kemudian scroll ke bawah dan cari menu Accounts dan klik pilihan menu Google dilanjutkan dengan memilih akun email yang ingin anda hapus. Setelah itu klik Remove Account.

  • Jika sudah buka aplikasi Gmail anda dan coba login kembali dengan akun email yang baru yang ingin diasosiasikan dengan HP tersebut.

2. Cara Menghapus akun Gmail dengan melakukan Clear Data

Jika cara pertama tidak berhasil untuk menghapus akun Gmail pada hp tersebut anda bisa mencoba cara kedua yang mana sebagai berikut :

  1. Buka menu setting yang ada pada smartphone anda, kemudian pergi ke bagian Application Manager/ Manage Application.
  2. Setelah itu cari Google Apps dan pilih Clear Data.
  3. Nantinya akan muncul peringatan “All information you saved in this application will be deleted permanently “.
  4. Seperti dengan yang disebutkan pada peringatan tadi dengan melanjutkan ke tahap selanjutnya anda akan menghapus semua informasi yang berkaitan dengan aplikasi Google. Dengan kata lain anda akan menghapus akun Gmail dari Hp yang anda gunakan.
  5. Jika anda sudah paham klik OK.
  6. Tunggu hingga proses penghapusan selesai dilakukan.
  7. Jika anda ingin memasukkan akun baru pada HP anda silahkan menuju ke tahap selanjutnya
  8. Pilih “Back”, kemudian pilih bagian “Data Synchronize”.
  9. Anda juga bisa mengaksesnya dengan memilih menu Home, dilanjutkan dengan Menu, kemudian Settings dan yang terakhir adalah Data Synchronization.
  10. Setelah terbuka nantinya anda akan bisa memasukkan akun Gmail yang baru.
  11. Ada juga cara alternatif untuk melakukan langkah diatas.
  12. Buka aplikasi Gmail dan tambahkan email baru yang ingin anda asosiasikan dengan HP anda yang baru tadi.

3. Cara Menghapus Akun Gmail dengan dengan Factory Reset Smartphone atau mengembalikan HP ke pengaturan Pabrik

Cara selanjutnya merupakan menghapus akun Gmail dengan menggunakan Factory Reset. Proses ini akan memungkinkan anda mengembalikan semua pengaturan pada HP anda kembali ke settingan pabrik. Ini juga berarti anda akan kehilangan data yang tersimpan pada memori internal anda.

Langkah ini merupakan langkah alternatif yang dapat dilakukan jika beberapa cara sebelumnya tidak dapat berhasil menghapus akun Gmail anda. Oleh karena itu jika anda sudah memahami resiko dengan menggunakan metode ini silahkan melanjutkan ke langkah – langkah pelaksanaannya. Berikut merupakan cara menghapus akun Gmail dengan factory reset :

  1. Pilih menu Home pada smartphone anda
  2. Pilih bagian menu kemudian selanjutnya pilih bagian settings (pengaturan_
  3. Jika sudah pergi ke bagian privacy
  4. Kemudian pilih fitur Factory data reset
  5. Jika anda diminta untuk memasukkan password, masukkan password standar yang anda gunakan utnuk mengembalikan HP anda ke pengaturan pabrik.
  6. Tunggu hingga prosesnya selesai.
  7. Jika sudah masukkan akun Gmail baru yang ingin anda gunakan.

4. Cara Menghapus akun Gmail dengan melakukan proses Root.

Cara ketiga merupakan cara terakhir yang dapat anda lakukan untuk menghapus akun Gmail di HP anda. Dengan cara ini anda tidak perlu melakukan Factory Reset untuk mengganti email, cukup lakukan cara berikut ini khusus untuk smartphone yang sudah di Root

  • Buka aplikasi Root Explorer (jika anda tidak memilikinya anda dapat mendownloadnya via Playstore).
  • Kemudian masuk ke data sistem smartphone yang anda miliki.
  • Cari file “account.db” lalu hapus file tersebut secara manual.
  • Setelah terhapus, restart HP anda untuk melihat hasil yang sudah anda coba.

Itu tadi pembahasan cara menghapus akun Gmail di Hp dengan mudah. Semoga pembahasan ini dapat membantu anda dalam menyelesaikan permasalahan yang anda hadapi. Sampai jumpa lagi di pembahasan selanjutnya.

, , ,
Oleh :
Kategori : Google