4 Cara Cek Processor Android Tanpa Aplikasi Paling Cepat

Memastikan bahwa perangkat telepon genggam yang kamu beli memiliki spesifikasi perangkat keras yang sesuai dengan yang disampaikan ketika promosi oleh para penjual telepon genggam tersebut adalah sebuah keharusan agar kamu dapat menghindarkan diri dari penipuan dan niat buruk yang lain, atau untuk sekadar mengetahui informasi tentang telepon genggammu lebih dalam lagi. Apalagi bila kita berbicara tentang processor, padahal fungsi processor sangat penting untuk perangkat Androidmu, layaknya processor laptop pada laptop sekalipun terdapat berbagai jenis processor AMD, ataupun Intel sekalipun terdapat perbedaan antara Intel dan AMD misalnya pada jenis socket processor yang digunakan.

ads

Oleh karena itu kamu harus mengetahui bagaimana cara untuk mengecek isi perangkat keras telepong nggemmu, termasuk mengetahui bagaimana cara cek processor Android tanpa aplikasi apabila kamu memiliki sistem operasi Android pada telepon genggam pintar yang kamu miliki. Dengan mengetahui bagaimana cara cek processor Android tanpa aplikasi berikut ini maka kamu dapat mengetahui sejauh apa kemampuan processor Android yang tertanam pada perangkat keras telepon genggam yang kamu miliki saat itu.

Jadi bagaimana saja cara cek processor Android tanpa aplikasi yang bisa kamu lakukan? Berikut ini adalah beberapa alternatif cara untuk mengetahui spesifikasi processor telepon genggam yang kamu miliki tanpa perlu menginstall aplikasi-aplikasi tertentu untuk mengetahui spesifikasi processor telepon genggammu.

1. Menggunakan menu pengaturan

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengetahui informasi tentang processor telepon genggam Android yang kamu miliki adalah dengan memanfaatkan fitur internal dari menu pengaturan yang pasti terdapat pada semua telepon genggam dengan sistem operasi Android. Caranya cukup sederhana. Kamu hanya perlu membuka menu pengaturan, atau dalam bahasa Inggrisnya “Setting”, kemudian dari menu yang muncul carilah menu dengan nama “About phone” atau dalam bahasa Indonesianya adalah “Tentang ponsel”.

Menu yang satu ini biasanya terdapat pada bagian yang paling bawah dari menu-menu yang terdapat pada pengaturan. Setelah masuk ke menu tentang ponsel, maka langkah yang perlu kamu lakukan berikutnya adalah membuka pada bagian informasi perangkat atau “Device information”. Pada bagian itulah akan ditampilkan berbagai macam informasi tentang perangkatmu seperti RAM, ROM, model atau tipe ponsel, termasuk juga salah satunya adalah jenis processor, kecepatan processor, dan aspek-aspek lain yang dimiliki oleh sebuah processor pada sistem telepon Android. Bila kamu sulit menemukan ini, coba jelahi dulu ponselmu karena memang terdapat macam-macam user interface Android yang membuat letak menu menjadi berbeda-beda.


2. Menggunakan terminal

Selain menggunakan menu pengaturan biasa, kamu juga dapat menggunakan aplikasi built-in dari Android untuk mengetahui informasi-informasi yang berkaitan dengan processor yang Anda miliki dalam telepon genggam Anda. Cara untuk menggunakannya pun cukup mudah, kamu hanya perlu membuka terminal, kemudian dalam jendela yang terbuka, kamu tinggal mengetikkan perintah “cat /proc/cpuinfo”, dan setelah itu akan ditampilkan informasi-informasi yang berkenaan dengan processor yang kamu miliki. Dengan perintah ini biasanya kamu sekaligus akan melihat jenis bit prosesormu, dan beberapa informasi yang memuat perbedaan 32 bit dan 64 bit Android.

Apabila kamu ingin mengetahui informasi yang lain, kamu bisa memanfaatkan perintah yang lainnya, seperti “cat /proc/meminfo” atau “cat /proc/version”, yang akan menampilkan informasi berkaitan dengan memori yang kamu pakai dan tersedia serta menampilkan versi sistem operasi yang digunakan dalam telepon genggam yang kamu gunakan. Informasi tersebut dapat kamu gunakan untuk mengetahui tentang telepon genggammu dengan lebih detail lagi, pastinya. Command terminal ini tidak hanya merupakan kelebihan Android Lollipop saja lo, tetapi hampir semua Android memiliki fitur ini.

3. Menggunakan panduan dari perusahaan

Cara cek processor Android tanpa aplikasi berikutnya adalah dengan menggunakan buku panduan atau manual book yang biasanya diberikan ketika kamu membeli telepon genggam Android tersebut dari pabrik atau dari perusahaan yang menjual aplikasi tersebut. Dengan menggunakan buku panduan ini, biasanya kamu akan lebih mudah mencari informasi-informasi yang kamu perlukan tanpa perlu membuka telepon genggammu sendiri.

Akan tetapi tentu saja hal ini tidak akan bisa dilakukan apabila kamu tidak memiliki buku panduan tersebut karena kamu membeli telepon itu dari orang lain yang telah membeli telepon tersebut dan tidak lagi memiliki buku panduan yang sama. Buku panduan ini juga bisa menjelaskan apa saja kelebihan dan kekurangan OS Android yang digunakan pada telepon genggammu tersebut.

4. Menggunakan situs informasi telepon genggam secara online

Selain menggunakan buku panduan dari perusahaan pembuat telepon genggam yang kamu miliki, kamu juga bisa memanfaatkan situs-situs gawai online yang menyediakan berbagai macam informasi tentang perangkat telepon genggam dimulai dari processor, sampai dengan memori, tipe kamera, fitur kamera, dan lain sebagainya. Dengan menggunakan situs online ini kamu bisa mengetahui spesifikasi telepon genggam yang kamu miliki dengan mudah tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan, walaupun tentu saja kamu membutuhkan aplikasi browser dan juga kuota internet untuk mengakses internet. Kalau kamu tidak bisa mengakses situs semacam ini, cobalah untuk mengubah DNS dengan cara setting DNS di Android yang telah kita bahas sebelumnya.

Selain menggunakan cara-cara di atas, kamu juga menggunakan cara lain akan tetapi menggunakan perangkat software untuk mengetahui fitur processor yang kamu miliki. Akan tetapi keunggulannya antara lain adalah kamu bisa mengetahui aspek informasi perangkat keras yang lain dengan relatif mudah, dan juga cepat. Kamu bisa melihatnya hanya dengan menggunakan satu aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melihat informasi perangkat keras telepon genggam dengan baik, dimulai dari RAM, processor, tipe, dan lain sebagainya adalah sebagai berikut:

  • Droid Hardware Info
  • CPU-Z
  • Hardware Info
  • Phone Doctor Plus
  • AIDA64

Apabila kamu tertarik untuk menggunakan perangkat lunak di atas, tentu saja kamu perlu meinstallnya terlebih dahulu dengan cara mengunjungi Google Play. Kalau play store mu belum aktif, aktifkan juga dengan cara mengaktifkan Play Store Dengan demikian kamu bisa menggunakan salah satu di antara aplikasi di atas untuk mengetahui lebih detail tentang telepon genggam yang kamu miliki.

Itulah beberapa cara cek processor Android tanpa aplikasi yang bisa kamu coba untuk mengetahui spesifikasi processor ponsel yang kamu miliki. Semoga kamu bisa mengecek informasi processor di telepon genggammu dengan cepat dan mudah ya!

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 26th, October 2017 / 04:42 Oleh :
Kategori : Andoid