Sponsors Link

111 Dampak Positif dan Negatif Internet

Sponsors Link

Internet, tentu saja saat ini sudah merupakan salah satu kebutuhan, yang mungkin adalah sebuah kebutuhan primer bagi banyak kalangan, tua muda, bahkan dari tingkatan sosial. Hampir semua orang saat ini sudah mengetahui mengenai internet, dan juga memahami bagaimana menggunakan internet.

ads

Sejarah Internet

Sejarah dari perkembangan internet tidak lepas dari sejarah jaringan komputer, serta perkembangan jaringan komputer dari masa ke masa. Ketika jaringan internet berkembang, maka jaringan internet pun juga ikut dikembangkan secara luas. Pada awalnya, perkembangan dari internet diawali oleh kemunculan salah satu network atau jaringan bernama ARPA net, yang pada saat itu terbentuk dan dikembangkan oleh departemen pertahanan AS yang bekerja sama dengan UCLA, Stanford, UCSB dan juga University of Utah.

1972

Setelah pengembangan jaringan yang dilakukan oleh ARPA net berhasil, seorang bernama Roy Tomlison pada tahun 1972 kemudian melakukan penyempurnaan terhadap jaringan ARPA net, dengan menambahkan sistem surat elektronik, yang dikenal dengan nama E-Mail. Sistem surat elektronik ini kemudian menjadi salah satu fitur yang membuat intenet dapat berkembang pesat, karena dapat membantu mempermudah komunikasi.

Pada tahun 1972, dua orang ilmuwan, yaitu Vinton Cerf dan juga Bob Kahn mencetuskan ide berupa jaringna yang bisa digunakan secara internasional alias international network. Pencetusan ide dari international network ini merupakan cikal bakal dari terbentuknya internet, dan dengan jasanya itu, maka Vinton Cerf dan juga Bob Kahn saat ini dijuluki sebagai bapak internet dunia.

1982

Pada tahun 1982, sudah banyak sekali komputer yang saling terhubung di dalam jaringan internet, maka muncul sebuah gagasan untuk menciptakan standar tertentu, agar setiap komputer dapat saling mengakses data di dalam sebuah jaringan dengan mudah dan juga cepat. Maka DCA yang bekerja sama dengan DARPA kemudian meresmikan TCP atau Transmission Control Protocol dan juga IP atau Internet Protocol, sebagai sebuah protocol jaringan standar dalam ARPA net. Protocol jaringan ini memungkinkan setiap komputer bisa dapat terhubung ke dalam jaringan yang sama dalam satu waktu di seluruh dunia, dengan cepat dan mudah.

1988

Pada tahun 1988, dimana pengguna komputer yang sudah terhubung ke dalam jaringan ARPA net sudah lebih dari 10000 pengguna, Jarko Oikarinen, yang berkebangsaan FInlandia kemudian memperkenalkan apa yang dikenal dengan istilah IRC atau Internet Relay Chat. Internet Relay Chat memungkinkan setiap user komputer dapat melakukan komunikasi dan chatting dengan memanfaatkan jaringan komputer.

1990

Pada tahun 1990, muncullah browser dan juga www alias world wide web, yang merupakan hasil pengembangan dari Tim Bernes Lee. Browser dan www mempermudah user dalam mengakses situs dan halaman yang sudah terdaftar dalam jaringan. Pada tahun 1992, situs – situs internet mulai banyak dikembangkan, salah satunya adalah Yahoo dan juga situs – situs e-retail, yang merupakan cikal bakal dari e-commerce


Pengertian Internet

Internet saat ini dikenal sebagai interconnection tework, atau banyak juga dikenal sebagai international network memiliki banyak sekali pengertian. Berikut ini adalah beberapa pengertian internet menurut para ahli :

1. Strauss, El-Ansary, dan Frost (2003)

Pengertian internet lainnya muncul dari pendapat yang dikemukakan oleh Strauss, El-Ansary, dan juga Frost (2003). Mereka mengatakan bahwa yang dimaksud dengan Internet adalah keseluruhan jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain. Beberapa komputer – komputer yang saling terhubung di dalam jaringan ini menyimpan dan juga memiliki beberapa file yang bisa diakses dan digunakan, , seperti halaman web, dan juga data lainnya yang bisa digunakan dan juga diakses oleh berbagai komputer yang saling terhubung dengan Internet

2. Randall & Latulipe

Randall & Latulipe (dalam Nafisah, 2001) mendefinisikan apa yang kita kenal dengan nama internet sebagai suatu jaringan global yang terdapat di dalam jaringan komputer. Jadi, internet tak ubahnya merupakan sebuah jaringan global yang terdiri atas beberapa jaringan komputer, yang bisa diakses dimana saja.

3. O’Brien (2003)

Internet merupakan sebuah jaringan komputer yang saat ini berkembang pesat dari berbagai macam kepentingan bisnis, pendidikan, hingga ke dalam jaringan pemerintahan yang dapat saling berhubungan satu sama lain, dimana dengan jumlah penggunanya bisa berkembang melebihi dari 200 negara (O’Brien, 2003).

4. Greenlaw & Hepp (2002)

Pengertian lain dari internet diungkapkan oleh Greenlaw & Hepp (2002), yang menyatakan bahwa internet merupakan sebuah sistem informasi global yang tehubung secara logika oleh address atau alamat yang unik yang berbasis Internet Protocol / IP, dan memiliki dukungan komunikasi TCP / Transmission Control Protocol. Hal ini menyebabkan internet dapat digunakan, diubah, dan juga diakses baik secara umum, maupun secara khusus.

Itulah beberapa pengertian internet. Untuk lebih jelasnya agar dapat memahami pengertian internet, anda dapat membaca artikel mengenai pengertian internet menurut para ahli.


Dampak positif internet

Intenet sendiri, sebagai salah satu jaringan komputer yang paling banyak digunakan secara luas di seluruh dunia saat ini memiliki banyak sekali manfaat. Ada beberapa aspek yang bisa dilihat mengenai dampak dan juga manfaat positif dari internet. Berikut ini adalah beberapa aspek yang terkena dampak positif dari adanya penggunaan internet :

Aspek Sosial

Aspek pertama dari dampak positif intenet adalah aspek sosial. Berikut ini adalah beberapa manfaat internet apabila dilihat dari aspek sosial :

  1. Mempermudah komunikasi antar personal
  2. Menghemat waktu dan biaya dalam melakukan komunikasi
  3. Video call dan juga internet call
  4. Membantu menemukan teman lama
  5. Membantu mendapatkan pasangan hidup
  6. Penggunaan jejaring sosial untuk keperluan sharing dengan teman
  7. Menunjukkan kemampuan diri dengan dunia luar
  8. Mendekatkan dan juga mempererat komunikasi dari kerabat yang tinggal sangat jauh
  9. Mempermudah penyampaian informasi terkini
  10. Mampu membantu menyatukan komunitas dengan hobi yang sama
  11. Menambah banyak relasi dan juga teman
  12. Memungkinkan usernya dalam bertemu dengan orang – orang baru
  13. Fitur chatting antar user di seluruh dunia
  14. Mencegah seseorang menjadi kuper aluas kurang pergaulan
  15. Menambah dukungan sosial bagi user, misalnya gerakan petisi dan juga dukungan dana
  16. Diskusi antar user internet di dalam forum tertentu
  17. Saling tolong dan juga saling membantu untuk memecahkan masalah tanpa harus terikat lokasi dan tempat

Aspek Ekonomi dan Bisnis

Apabila dilihat dari aspek kedua, yaitu aspek ekonomi dan juga bisnis, maka internet juga memiliki banyak sekali manfaat dan juga dampak positif. Berikut ini adalah beberapa manfaat dan juga dampak positif dari internet bagi ekonomi dan juga bisnis

  1. Promosi bisnis melalui internet (internet marketing)
  2. Online shop
  3. Pengembangan start up dan juga bisnis yang berhubungan dengan teknologi informasi
  4. Layanan jasa online, seperti taksi, ojek dan juga berbagai layanan jasa lainnya yang ditawarkan secara online
  5. Pemasangan iklan dari barang yang dijual, seperti rumah dan juga kendaraan
  6. Memperlancar proses transaksi keuangan, melalui internet banking
  7. Memudahkan siapapun untuk menjual dan juga membeli barang, baik secara nasional maupun internasional
  8. Mengembangkan bisnis jasa kurir dan pengantar paket kiriman
  9. Sumber bagi para pencari kerja
  10. Sebaliknya, merupakan sumber pula bagi perusahaan untuk mencari karyawan
  11. Pembuatan website dan juga blog yang dapat menghasilkan uang
  12. Memunculkan lapangan pekerjaan baru, seperti admin sosial media, data entry dan juga banyak lainnya
  13. Perusahaan ISP akan memperoleh untung yang besar, yang hasil keuntungannya masuk ke dalam pembangunan Negara melalui sistem pajak
ads

Aspek Pengembangan diri Individu

Aspek pengembangan diri individu merupakan salah satu dampak positif dari penggunaan internet yang sangat penting. Melalui aspek ini, kita dapat melihat apa saja yang dapat dilakukan oleh internet kepada diri kita sendiri, dan bagaimana internet dapat membantu mengembangkan diri kita sendiri. Berikut ini adalah dampak posistif internet bagi individu :

  1. Menambah kepercayaan diri individu
  2. Dapat menjadi media relaksasi bagi individu, sehingga dapat membantu mengurangi ketegangan dan juga depresi atau stress
  3. Dengan bertambahnya koneksi dan juga relasi dengan user lain di internet, individu akan menjadi lebih berkembang, terutama sebagai makhluk sosial
  4. Dapat membantu individu memperoleh berbagai keteampilan, yang dapat dengan mudah dilihat dari berbagai video tutorial
  5. Dapat membuat individu menjadi lebih bahagia
  6. Bisa membantu meningkatkan kesejahteraan hidup manusia
  7. Dapat memotivasi individu agar bisa berkarya lebih baik lagi
  8. Menambah pengalaman individu

Aspek Akademis dan pendidikan

Dari aspek akademis dan juga pendidikan, tentu saja internet memiliki banyak sekali dampak positif. Berikut ini adalah beberapa dampak positif dari internet bagi pendidikan

  1. Mampu membantu meningkatkan prestasi belajar siswa
  2. Mempermudah siapapun mengakses jurnal dan juga hasil penelitian secara online
  3. Membantu mencari referensi, seperti ebook
  4. Membantu user dalam memperoleh buku, dengan cara membelinya secara online
  5. Membantu siswa dalam mengerjakan tugas secara mandiri
  6. Membantu guru dan juga tenaga pengajar agar menjadi lebih up to date
  7. Beberapa universitas mensyaratkan mahasiswanya untuk melakukan upload penulisan agar mendapatkan nilai di universitas
  8. Pengaplikasian dan juga implementasi dari perpustakaan online
  9. SIswa dapat memperoleh ilmu tambahan selain yang sudah diperoleh di sekolah atau universitas
  10. Fenomena penggunaan internet yang sering sekali menjadi bahan penelitian secara ilmiah
  11. Membantu siswa dalam mengerjakan pembuatan tugas makalah
  12. Membantu seseorang memperoleh informasi dengan cepat

Baca juga mengenai peran internet terhadap prestasi akademik siswa.

Aspek Kognitif

Aspek kognitif merupakan bagian dari individu yang masuk ke dalam perkembangan kognitif, pola pikir, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan sisi kognitif seseorang. Ternyata, internet bisa saja memberikan dampak positif terhadap aspek kognitif seseorang. Berikut ini adalah dampak positif internet terhadap aspek kognitif seseorang :

  1. Meningkatkan kreativitas individu
  2. Memperluas cara berpikir indvidu
  3. Mampu memperluas cara pandang dari individu
  4. Mampu meningkatkan kecerdasan dan juga kecakapan individu
  5. Banyak alat tes intelegensi yang bisa diakses dengan menggunakan bantuan koneksi internet
  6. Mengoptimalkan kinerja otak
  7. Mengembangkan pola pikir individu

Dampak negatif internet

Meskipun memilki banyak sekali dampak positif bagi pengguna alias usernya dari berbagai aspek, namun ternyata, internet juga memilki dampak negatif. Hal ini membuat internet sama seperti dua buah mata pisau, sehingga terkadang bermanfaat, namun juga bisa membuat penggunanya meras rugi akibat dampak negatifnya. Berikut ini adalah beberapa dampak negative dari internet :

Aspek sosial

Meskipun sudah disebutkan bahwa internet memiliki dampak posistif dari aspek sosial, namun demikian ternyata internet juga bisa berdampak buruk bagi kehidupan sosial seseorang. Berikut ini adalah beberapa dampak negative internet bagi kehidupan sosial seseorang :

  1. Merasa tidak aman
  2. Mudah di-stalking atau di pantau melalui media sosial
  3. Meningkatkan model kejahatan cyber crime
  4. Meningkatkan resiko terjadinya tindak kejahatan, terutama ketika dua atau lebih user internet melakukan kopi darat dengan teman chatting yang belum dikenal
  5. Prostitusi online
  6. Meskipun mampu mendekatkan yang jauh, namun internet seringkali membuat seseorang menjadi jauh dengan lingkungan sekitarnya
  7. Banyak konten – konten internet yang mungkin tidak pantas, seperti konten pornografi dan juga SARA
  8. Banyak konten dan situs internet yang mudah memprovokasi dan mempengaruhi banyak kalangan
  9. Banyak munculnya informasi hoax mengenai banyak hal
  10. Black campaign, yang digunakan untuk menjelekkan kalangan dan juga kelompok masyarakat tertentu
  11. Meningkatkan peredaran obat – obatan terlarang
  12. Prostitusi online
  13. Penyebaran paham – paham ekstrimis dan juga menyimpang dari norma yang sudah ada
  14. Privasi individu yang dibongkar habis – habisan, terutama melalui media sosial
  15. Dapat merusak hubungan seseorang, misalnya sahabat yang menjadi bertengkar karena kesalah pahaman di dalam dunia internet
  16. Meningkatkan resiko terjadinya cyber bullying
  17. Pencemaran nama baik
  18. Perang di dalam media sosial dan juga blogging site
  19. Kejahatan hacking dan juga cracking
  20. Pembajakan hak intelektual, seperti pembajakan film, lagu, dan juga pembajakan software
  21. Membuat individu menjadi orang yang acuh tak acuh, serta tidak peduli dengan kehidupan nyata yang ada di sekitarnya
  22. Hanya digunakan sebagai topeng, mereka yang lemah di dunia nyata, bisa saja menjadi orang yang berpengaruh di dunia internet, yang menyebabkan kepercayaan diri nya menjadi menurun
  23. Membuang – buang waktu sia – sia

Aspek kesehatan

Internet memiliki beberapa dampak negative, terutama berhubungan dengan kesehatan seseorang. Berikut ini adalah beberapa dampak negative dari internet, apabila dilihat berdasarkan aspek kesehatan diri individu :

  1. Dapat merusak mata, akibat terlalu lama menatap layar komputer
  2. Lupa waktu, sehingga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh menjadi tidak terkontrol
  3. Radiasi dari sinyal yang dapat berbahaya bagi kesehatan tubuh
  4. Tubuh menjadi cepat merasa lelah
  5. Terkadang, terlalu lama melakukan akses internet dalam posisi tertentu dapat mempengaruhi kondisi tulang belakang tubuh, seperti duduk selama berjam – jam dengan posisi yang tidak tepat
  6. Jam tidur yang tidak teratur

Aspek pendidikan dan pengembangan diri individu

Apabila dilihat berdasarkan aspek pengembangan diri individu dan juga aspek pendidikan, internet juga memiliki banyak dampak negative. Berikut ini adalah beberapa dampak negative dari penggunaan internet bagi pengembangan diri individu dan juga aspek pendidikan individu :

  1. Dapat menurunkan prestasi akademik siswa
  2. Menurunkan konsentrasi dan focus siswa terhadap mata pelajaran
  3. Membuat sisiwa mengabaikan tugas yang sudah diberikan
  4. Meningkatkan resiko penggunaan fitur copy paste pada tugas – tugas yang diberikan
  5. Membuat siswa menjadi malas untuk belajar
  6. Terkadang, informasi yang tidak akurat dapat membuat seseorang menjadi merasa bingung dan berpengaruh terhadap sisi kognitif individu
  7. Dapat menghambat dan juga mengganggu perkembangan moral individu
  8. Berdampak buruk bagi perkembangan kognitif anak – anak, terutama ketika dihadapkan dengan konten internet yang tidak sesuai
  9. Beberapa kasus malahan membuat seseorang menjadi ketinggalan informasi

Baca juga mengenai bahaya internet bagi anak sekolah.

Sponsors Link

Aspek ekonomi

Aspek ekonomi pun ternyata bisa terkena dampak negative dari pengunaan internet. Apa saja dampak negative dari penggunaan internet dari aspek ekonomi? Berikut ini adalah beberapa dampak negative internet dari aspek ekonomi :

  1. Penipuan dengan mengatasnamakan toko online / online shop
  2. Meningkatkan konsumerisme dan juga perilaku konsumtif pada masyarakat dan juga user
  3. Membuat usaha – usaha toko offline secara fisik menjadi menurun, bahkan bangkrut
  4. Ada ketidaksesuaian antara produk yang dipajang di toko online, dengan produk yang sebenarnya, sehingga sangat merugikan konsumen
  5. Perlindungna konsumen terhadap e-commerce yang masih sangat min im dan juga kurang
  6. Beberapa industry dunia menjadi lesu dan menurun perkembangannya, contohnya adalah industry music di Indonesia, akibat banyaknya situs download music bajakan
  7. Banyak kasus, dimana karyawan dipecat ketika ketahuan sedang berinternet ria pada jam kerja
  8. Pembobolan situs perbankan, dan juga penipuan yang mengatasnamakan situs perbankan
  9. Pembobolan terhadap berbagai macam situs, sehingga menyebabkan pengembang situs menjadi mengalami kerugian
  10. Banyak terjadi penipuan, seperti penipuan pengundian hadiah

Aspek keamanan

Dari segi kemanan, internet juga sangat mempengaruhi dampak negatifnya. Berikut ini adalah beberapa dampak negative dari internet apabila dilihat berdasarkan aspek keamanan berinternet :

  1. Data personal, seperti alamat rumah, foto, keluarga, dan juga informasi lainnya dapat tersebar dengan mudah, baik sengaja ataupun tidak
  2. Banyak bermunculan hacker untuk meretas situs
  3. Sebagai lokasi yang sangat rawan terhadap virus untuk menginfeksi komputer anda
  4. Beberapa situs memaksa anda untuk menginstall berbagai macam software yang dapat memberatkan kinerja komputer anda
  5. Pembobolan database melalui proses hacking, sehingga server bisa mengalami kegagalan dan juga error
  6. Lokasi dari seseorang bisa dilacak dengan mudah, sehingga dapat meningkatkan kemungkinan mengalami tindak kejahatan (biasanya sering terjadi ketika melakukan proses check in pada media sosial)

Bagaimana menggunakan internet dengan bijak?

Apabila melihat dampak positif dan juga negative dari internet di atas, maka pastinya, kita sebagai user yang baik harus mampu untuk menggunakan internet dengan bijak dan juga tepat, agar dapat meminimalisir pengaruh dan juga dampak negative dari internet bagi kita, dan juga meningkatkan dan memaksimalkan dampak posotif internet untuk diri kita juga.

Maka dari itu, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa anda lakukan untuk dapat menggunakan internet dengan bijak :

  • Selalu melakukan manajemen waktu ketika sedang berinternet, agar tidak terlalu lama dan membuat tugas – tugas anda terbengkalai
  • Gunakan internet service provider atau ISP yang menyediakan keamanan jaringan internet yang baik
  • Gunakan program anti malware dan juga antivirus pada komputer anda
  • Hindari situs – situs yang tidak terpercaya
  • Jangan mudah terprovokasi akan suatu informasi, cari tahu terlebih dahulu kebenaran dari informasi tersebut
  • Apabila ingin melakukan transaksi online, pastikan online shop yang anda gunakan benar – benar recommended
  • Usahakan jangan menyimpan password pada komputer yang multi user, seperti komputer warnet
  • Jangan mudah percaya dengan orang baru yang kita temui di media sosial
  • Selalu melakukan pengawasan penggunaan internet, terutama pada anak – anak

Awasi penggunaan internet pada anak – anak, terutama yang dibawah umur!

Saat ini, anak – anak, bahkan yang dibawah umur pun sudah mahir dalam menggunakan internet. Maka dari itu, tugas semua orang agar mampu mengawasi penggunaan internet yang dilakukan oleh anak – anak. Cara yang paling ampuh adalah melakukan pemblokiran terhadap dns – dns yang dianggap tidak pantas bagi anak – anak.

Cara lainnya yang bisa dilakukan adalah dapat melihat history browsing yang dilakukan oleh anak – anak. Namun demikian, hal yang terpenting adalah, anak – anak harus diberi pengertian mengenai dampak – dampak dari internet, sehingga mereka sudah tahu dan akan paham, apa saja yang dapat merugikan mereka ketika sering berinternet ria.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 28th, September 2015 / 23:18 Oleh :
Kategori : Internet