9 Kelebihan dan Kekurangan 4G LTE

Sponsors Link

Bagi anda yang senang mengikuti perkembangan teknologi, terutama teknologi broadband dan juga telekomunikasi wireless menggunakan handphone dan sejenisnya, pasti anda sudah mendengar mengenai istilah 4G dan juga LTE. Ya, 4g LTE saat ini sedang menjadi pembicaraan ahangat, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia, karena merupakan sebuah generasi baru yang menggantikan perang 3G HSDPA di dalam dunia broadband seluler dan juga smartphone.

Apa itu 4G LTE? Apakah 4G sama dengan LTE atau berbeda?

Pertanyaan ini pasti banyak muncul di benak anda yang baru megnenal dunia telekomunikasi wireless, terutama broadband. Ada yang mengatakan bahwa 4G dan juga LTE adalah hal yang berbeda, namun ada juga yang mengatakan bahwa 4G dan juga LTE adalah istilah yang sama. Bahkan para ISP broadband juga menggunakan istilah 4G LTE untuk memasarkan produk – produk mereka. Sebenarnya untuk memahami antara 4G dan juga LTE, kita bisa membahas secara singkat megenai pengertian antara keduanya, yaitu 4G dan LTE.

4G sendiri merupakan kependekan dari 4th generation alias generasi ke empat. 4G ini sendiri mengacu kepada generasi teknologi mobile cellular atau telepon seluler yang sudah dikembangkan selama 4 generasi, mulai dari teknologi awal berupa GSM, GPRS, 3G HSDPA hingga akhirnya saat ini dikembangkanlah 4G. generasi ke 4 dari teknologi telepon seluler ini menawarkan berbagai macam kelebihan dan juga keunggulan dibandingkan generasi sebelumnya, yan gmungkin sudah kita rasakan sehari – hari dengan menggunakan smartphone kita.

Lalu apa itu LTE? LTE sendiri merupakan kependekan dari Long Term Evolution, mengacu pada bagian dari teknologi seluler 4G yang belum sempurna. Karena pada dasarnya 4G merupakan salah satu teknlogi seluler yang mengharuskan batasan kecepatan minimal sebesar 100 Mbps. Nah, pada saat ini, tidak semua provider dapat mencapai kecepatan seperti itu, maka penggunaan LTE pun akhirnya digabungkan dengan 4G, dimana LTE merupakan bagian dari 4G, namun belum benar – benar mencapai kecepatan yang hausnya dimiliki oleh 4G murni, namun sudah jauh lebih cepat dibandingkan dengan teknologi 3G.

Jadi pada dasarnya, 4G dan juga LTE tidak jauh berbeda, karena LTE juga merupakan bagian dari teknologi selular 4G. Karena itulah, terkadang teknologi ini sering disebut sebagai teknologi 4G / LTE.

Kelebihan dan kekurangan 4G LTE

Nah, tentu saja sebagai salah satu jenis teknologi terbaru yang masih hangat untuk diperbincangkan dan juga dicoba, banyak komentar dan juga respon – respon yang menunjukkan kinerja dan juga performa dari teknologi seluler 4G LTE ini. Respon – respon tersebut kemudian menjadi pro dan kontra, serta kelemahan dan juga kelebihan dari teknologi 4G LTE ini sendiri. Berikut adalah pembahasan Kelebihan dan Kekurangan 4G LTE dalam dunia internet.

Kelebihan dari jaringan 4G LTE

Ada banyak kelebihan dari teknologi jaringan 4G LTE ini, terutama apabila dibandingkan dengan teknologi seluler lainnya, yaitu :

  1. Kecepatan download seluler sebesar 100 Mbps atau lebih

sponsored links
Salah satu hal yang paling hebat dari koneksi jaringna 4G LTE pada smartphone anda adalah kecepatan download yang jauh lebih cepat dibandingkan dengan 3G pada umumnya. Ya, biasanya, kecepatan mendownload pada smartphone tidaklah fantastis, namund dengan adanya jaringan 4G LTE ini, kecepatan download menjadi jauh lebih fantastis, bahkan bisa menyamai kecepatan download dari layanan internet rumah.

  1. Streaming anti buffering dengan menggunakan telepon seluler anda

Selain mendownload menjadi lebih cepat, penggunaan jaringan 4G LTE ini juga membuat streamin menjadi jauh lebih cepat, dan tidak akan menemukan buffering pada saat anda melakukan streaming dengna menggunakan jaringan 4G LTE.

  1. Pengalaman internet menjadi lebih cepat

Dengan menggunakan 4G LTE pada smartphone anda, maka akan sangat meningkatkan pengalaman berinternet anda menjadi lebih baik dan juga lebih memuaskan. Tentu saja anda dapat membuka situs – situs web dengan menggunakan smartphone anda dengan lebih mudah, lebih cepat dan juga lebih stabil dari pada hanya menggunakan teknologi 3G.

  1. Video call menjadi lebih lancar dan sangat mempermudah komunikasi

Penggunaan teknologi 4G LTE juga sangat berpengaruh kepada penggunaan internet telephone dan juga video call. Saat ini, penggunaan video call menggunakan smartphone dan juga jaringan operator seluler sudah banyak digunakan, seiring dengan banyaknya aplikasi mobile yang mendukung hal ini. karena itu, dengan menggunakan jaringan 4G LTE, anda akan lebih mudah dalam berkomunikasi dengan menggunakan internet call dan juga video call menggunakan smartphone anda.

Meskipun dinilai memiliki banyak kelebihan, terutama dalam hal kecepatan akses internet dengan menggunakan ponsel seluler, namun demikian, jaringan 4G LTE dinilai masih memiliki beberapa kekurangan yang cukup mengganggu. Berikut ini adalah beberapa kekurangan dari jaringan 4G LTE, terutama yang berada di wilayah Indonesia :

  1. Masih sedikit cakupan wilayah yang tercover oleh jaringan 4G LTE

Kekurangan pertama dari jaringan 4G LTE ini dalah dari segi cakupan wilayahnya. Ya, karena masih merupakan jaringan baru yang diimplementasikan di Indonesia, maka hal ini menjadi salah satu kendala beroperasinya jaringan 4G LTE di Indonesia. Berbeda dengan 3G, yang mana hampir seluruh wilayah Indonesia sudah tercover, maka untuk teknologi jaringna 4G LTE ini hanya sedikit wilayah Indonesia yang sudah tercover jaringan 4G. Beberapa lokasi di Pulau Jawa, serta bebrapa ibukota di berbagai pulau di Indonesia sudah bisa merasakan teknologi jaringna 4G LTE ini. Namun beberapa daerah belum bisa meraskaan bagaimana fantastisnya jaringan 4G LTE ini.

  1. Untuk dapat menikmati jaringan 4G LTE harus melakukan proses penukaran SIM Card Terlebih dahulu

Sebenarnya bukan masalah untuk mnukarkan SIM Card terlebih dahulu untuk dapat menikmati jaringan 4G LTE ini. namun demikian, terkadang hal ini cukup merepotkan, karena kartu SIM bawaan yang lama memang belum dapat menerima jaringan 4G LTE, karena masih berbeda jaringan. Karena itu, apabila anda ingin menikmati kecanggihan teknologi 4G LTE ini, anda tidak bis menggunakan sim card lama anda, dan harus menukarkannya ke operator seluler kepercayaan anda di kota – kota anda.

  1. Jaringan 4G LTE masih cenderung belum stabil, terutama ketika dibawa berpergian keluar kota atau daerah

Kelemahan lainnya dari jaringan 4G LTE ini adalah masih belum stabil. Lagi – lagi hal ini disebabkan karena area cakupan 4G LTe yan gbelum merata di seluruh Indonesia. Hal ini menyebabkan, ketika anda berpergian keluar kota, kemungkinan jaringna 4G LTE yang anda gunakan bisa saja mengalami gangguan, karena daerah yang akan anda kunjungi belum tercover sepenuhnya oleh jaringan 4G LTE yang anda gunakan.

  1. Keterbatasan perangkat handheld atau smartphone yang kompatibel dengan jaringan 4G LTE

sponsored links

Untuk dapat mencoba menggunakan jaringan 4G LTE ini, tentu saja anda tidak dapat menggunakan handphone biasa. Bahkan tidak semua smartphone saat ini sudah mendukung jaringan 4G LTE. Karena itu, anda pun tidak bisa langsung menggunakan dan juga menikmati jaringan 4G LTE ini di handphone anda. anda harus menganti handphone anda dengan smartphone yang sudah support dengan jaringan 4G LTE. Dan beberapa handphone yang sudah mendukung 4G LTE biasanya memiliki harga beli yang cukp tinggi, belum ada handphone 4G LTE yang bisa anda peroleh dengan harga dibawah 1 juta rupiah, berbeeda degnan ponsel 3G yang bahkan dengan 500 ribu pun sudah bisa anda peroleh.

  1. Penggunaan internet kebanyakan masyarakat Indonesia yang masih berfokus pada media sosial, dan sedikit yang memanfaatkan 4G LTe untuk kepentingan lainnya.

Kelemahan lainnya dari teknologi jaringan 4G di Indonesia ini adalah dari segi utilitas. Saat ini pengguna internet di Indonesia masih berfokus pada penggunaan yang konsumtif, seperti media sosial, belanja online, dan juga browsing – browsing konten yang tidak menambah ilmu. Padahal, dengan adanya jaringan 4G LTE ini, user bisa memanfaatkan kecepatannya untuk meningkatkan kualitas hidup, seperti mencari referensi pendidikan, ilmu populer terbaru, dan mengembangkan bisnis internet baru. Dengan focus masyarakat Indonesia yang masih banyak menggunakan internet hanya untuk bermain media sosial, maka teknologi 4G LTE tidak terlalu cocok dengan karakter masyarakat Indonesia, meskipun tidak semuanya seperti itu.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

Post Date: Monday 21st, December 2015 / 13:11 Oleh :
Kategori : Internet