11 Perangkat Untuk Mengakses Internet dan Fungsinya

Sponsors Link

Dalam melakukan akses ke dalam jaringan internet, maka sudah pasti ada banyak sekali perangkat yang dibutuhkan oleh user. Paling tidak, ada dua jenis perangkat yang harus kita miliki untuk dapat mengakses internet. Kedua perangkat tersebut dibagi menjadi perangkat keras jaringan komputer dan perangkat lunak jaringan komputer, yang sama-sama sebagai komponen penghubung jaringan internet. Berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya mengenai perangkat yang digunakan untuk mengakses internet:

Perangkat Keras

Perangkat keras merupakan perangkat yang secara fisik bisa dipegang dan juga dilihat secara nyata, yang membantu kita sebagai user untuk menikmati konektivitas internet. Apa saja prangkat keras yang harus kita miliki untuk dapat melakukan akses internet? Berikut ini adalah beberapa perangkat keras yang harus kita miliki untuk mengakses internet dan fungsinya :

  1. Modem

Modem merupakan salah satu perangkat keras jaringan komputer yang banyak digunakan untuk melakukan koneksi internet. Modem sendiri merupakan kependekan dari modulator dan demodulator. Apabila dijelaskan sesuai dengan namanya, modem memiliki fungsi dua arah, yaitu untuk menerima sinya analog, lalu merubahnya menjadi sinyal digital agar bisa digunakan pada device tertentu, seperti komputer.

Fungsi Utama Modem

Modem memiliki beberapa fungsi utama. Berikut ini adalah beberapa fungsi utama dari modem:

  • Menerima sinyal dari ISP atau internet service provider
  • Membuat koneksi device ke dalam jaringan internet

Saat ini, penggunaan modem sudah umum digunakan, baik dalam bentuk model ADSL yang menggunakan kabel telepon, modem USB sticks, hingga jenis modem wifi atau MiFi. Fungsi modem ADSL sendiri berguna untuk membagi penghantaran frekuensi pada koneksi dial up dalam sebuah jaringan. Hardware jaringan ini sangat memilik peran penting dalam koneksi internet terlebih untuk kelompok maupun individual.

  1. Access Point

Access point merupakan perangkat keras jaringan kompter berikutnya yang penting dalam melakukan akses internet. Access point merupakan perangkat keras yang berfungsi untuk memancarkan sinyal nirkabel dari sebuah ISP. Fungsinya sama seperti modem, namun access point lebih banyak digunakan sebagai apa yang kita kenal dengan hotspot.

Accss point akan menerima sinyal dan juga paket data dari ISP, kemudian memancarkan sinyal tersebut dalam radius tertentu, sehingga client atau user bisa melakukan akses terhadap konten internet.

  1. Komputer dan Device

Perangkat keras berikutnya yang paling penting, tentu saja adalah komputer dan jga device yang kita gunakan untuk mengakses internet. Setiap device atau compute, seperti laptop, PC, smartphone, tablet dan juga PDA akan terkoneksi dengan jaringan internet, sehingga kita akan bisa mengakses internet dengan menggunakan komputer dan juga device.

  1. Kabel jaringan

Meskipun saat ini sudah banyak beredar konektivitas menggunakan teknologi nirkabel, namun kita tidak boleh meremehkan kabel jaringan. Penggunaan kabel jaringan saat ini banyak digunakan sebagai home broadband, yang banyak digunakan pada rumah dan juga perkantoran. Banyak jenis-jenis kabel jaringan komputer sesuai dengan kebutuhan user serta ruang lingkup yang digunakan, sehingga berbeda ruang lingkup berbeda pula jenis kabel yang digunakan.

Sponsors Link

Kabel jaringan akan mentransmisikan paket data yang disediakan oleh ISP dari server untuk kemudian diteruskan ke dalam receiver, yang dapat berupa modem, dan juga akses point. Ketika modem dan juga access point menerima sinyal melali kabel, maka modem dan juga access point dapat mentransmisikan jaringan internet ke client, baik secara wireless maupun dengan menggunakan kabel.

  1. Server

Server merupakan perangkat keras yang sangat penting dalam jaringan omputer, dan juga internet. Server merupakan komputer khusus yang dibuat sebagai pusat data. Nantinya, seluruh data dan juga informasi yang dimiliki oleh server ini akan ditransmisikan ke client dan juga usernya, dengan menggunakan internet.

Jadi, tanpa adanya server, kita tidak akan menemukan konten apa – apa, meskipun kita sudah terkoneksi ke dalam jaringan tersebut. Selain itu, server juga menentukan kecepatan akses, karena biasanya, semakin jauh lokasi sever, bisa jadi kecepatan akses yang diperoleh oleh user menjadi tidak optimal.

  1. Router

Router merupakan salah satu perangkat keras jaringan yang juga banyak digunakan untuk mengakses internet. Router atau yang dalam bahasa indonesianya dikenal dengan nama penghala, merupakan salah satu perangkat keras yang bertugas untuk melakukan proses penghalaan dan juga penyaluran koneksi internet melalui protocol.

Fungsi router ini sebagai pendukung efisiensi dari jaringan komputer, agar jaringan yang disalurkan lebih baik. Biasanya, router akan menyalurkan koneksi internet ke user atau access point tertentu, sesuai dengan tabel routing yang sudah ada. Tabel routing menentukan kemana saja sinyal dan juga paket data akan ditransmisikan.

  1. Wireless Network Adapter

Wireless network adapter merupakan perangkat keras yang berada di dalam komputer user atau klien yang akan melakukan akses internet. Wireless network adapter dibutuhkan agar komputer, PC, ataupun device lain mampu menangkap sinyal wireless yang dipancarkan oleh access point. Dengan adanya wireless network adapter ini, maka setiap koputer akan terhubung dengan internet secara wireless.

  1. Port USB

Jangan anggap port USB hanya bisa digunakan untuk flash drive dan juga harddisk eksternal saja. Dalam koneksi dengan jaringan internet, Port USB merupakan salah satu perangkat keras komputer yang vital. Dengan adanya port USB, maka user atau client dapat kelakukan akses internet di PC atau komputernya dengan menggunakan USB Stick modem. Fungsi port pada komputer lainnya dapat mendukung jalannya koneksi agar lebih memberikan jaringan yang lebih optimal terhadap akses internet.

  1. Antena Eksternal

Antena eksternal merupakan perangkat keras dalam mengakses internet yang bersifat insidentil. Ini artinya, antenna eksternal hanya diperlukan dalam kondisi tertentu. Berikut ini adalah beberapa kondisi yang mengharuskan adanya antenna eksternal untuk mengakses internet:

  • Lokasi bangunan yang terhalang tembok tinggi
  • Lokasi BTS atau pemancar yang jauh
  • Sinyal yang buruk

Antenna eksternal banyak digunakan untuk konektivitas mobile broadband, yang menggunakan pemancar wireless, seperti penggunaan dalam modem mobile broadband, ataupun smartpone.

Perangkat Lunak

Selain perangkat keras, ada beberapa perangkat lunak yang wajib dimiliki untuk dapat melakukan akses internet. Apa saja? Berikut ini adalah beberapa perangkat lunak yang harus dimiliki agar bisa melakukan akses internet :

sponsored links

  1. Web Browser

Yang pertama adalah web browser. Web browser berfungsi untuk melakukan surfing di internet dengan menggunakan WWW atau world wide web. Dengan menggunakan web browser, anda dapat melakukan berbagai kegiatan yang berhubungan dengan akses internet. Saat ini, sudah banyak sekali web browser yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan anda, baik mobile maupun PC.

  1. Driver

Driver merupakan software yang membuat perangkat keras di dalam sebuah komputer dapat berjalan. Paling tidak, agar dapat melakukan akses internet, anda harus memilki salah satu atau semua driver di bawah ini:


Driver wireless network adapter

Driver wireless network adapter merupakan perangkat lunak yang berfungsi untuk menjalankan fungsi dari wireless network adapter. Dengan driver wireless network yang sudah terinstall, maka komputer dan juga PC anda bisa melakukan akses internet dengan media wireless. Perlu diperhatikan, karena stiap tipe adapter membutuhkan driver yang berbeda – beda, jadi pilih dengan tepat.


Driver USB Stick Modem

Biasanya, driver ini sudah sepaket dengan modem USB stick yang anda beli. Perangkat lunak ini akan menginstall USB Stick modem di dalam PC atau Laptop anda, sehingga modem USB stick anda bisa bekerja dengan baik, dan berfungsi secaa optimal.


  1. Sistem Operasi

Jangan lupakan sistem operasi. Tanpa adanya sistem operasi, semua perangkat tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sistem operasi seperti windows, linux, dan juga mac merupakan hal yang wajib dimiliki untuk bisa mengakses internet, dan menginstall berbagai perangkat lunak untuk mengakses internet.

Sponsored Links

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 08th, October 2015 / 09:41 Oleh :
Kategori : Internet